15 Tempat Wisata di Geopark Ciletuh (Sukabumi) yang Hits Dikunjungi

Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Geopark Ciletuh Sukabumi, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Disebut sebagai surga bagi para pecinta alam, Geopark Ciletuh tawarkan pesona alam mempesona. Banyak yang mengatakan bila kawasan wisata ini, kurang cocok dikunjungi bagi mereka yang ingin merusak dan tidak mau menghormati alam beserta isinya. Sebab konsep yang diusung tempat ini khusus untuk pengelolaan kawasan dan menyerasikan keragaman geologinya.

Penasaran bagaimana cantiknya destinasi wisata satu ini? Berikut ulasan 15 tempat wisata di Geopark Ciletuh, Sukabumi yang terhits dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Image Credit: Gotravelly.com

Miliki Garis pantai memanjang dan terlihat landai, siapun yang berkunjung ke pantai cantik satu ini tak hentinya tetegun dengan pesona alamnya. Ditambah dengan warna pasirnya yang tampak putih nan bersih, selaras dengan ombaknya berderu nan menenangkan pikiran.

Beragam aktifitas bisa dilakukan seperti bermain air, mendirikan istana pasir, berjemur santai, dan masih banyak lagi. Karena keindahannya, tak jarang digunakan sebagai spot foto prewedding.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

2. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Image Credit: Travelblog.id

Para pecinta wisata air maupun pecinta olahraga air seperti surfing, Pantai Cimaja bisa menjadi opsi terbaik dikunjungi saat berada di Sukabumi. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang cukup besar, dikatakan ideal untuk berselancai santai.

Lokasi menuju tempat wisatanya pun cukup mudah dijangkau, karena memang tidak jauh dari pusat kota Sukabumi sendiri. Fasilitas pendukung selama liburan pun tersedia, membuat pengunjung semakin betah.

Lokasi: Cimaja, Kec. Cikakak , Kab. Sukabumi.

3. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Image Credit: Tripzilla.id

Jika dilihat sekilas, bukit yang tampak menggembung ini tampak tak asing terlihat. Benar, perbukitan tersebut bak bukit yang berada di salah satu acara populer bagi anak anak tahun 90 an,yang biasa digunakan karakter utamanya untuk bermain bersama.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Teletabis adalah sore hari, dimana pengunjung bisa bersantai sembari menikmati hembusan angin dan menunggu matahari terbenam sempurna.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Subang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

4. Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik

Image Credit: Ridwanderful.com

Dikatakan sebagai Curug tertinggi di Geopark, dimana pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan mempesona yang sayang untuk dilewatkan. Perpaduan tebing berbatu yang dibalut dengan  pepoginan hijau, berhasil menghasilkan kesan eksotis nan menawan.

Ditambah dengan derasnya air yang mengalir, membuat pikiran menjadi lebih segar kembali. Bahkan pengunjung sudah disapa dengan pemandangan cantik, selama perjalanan sebelum ke lokasi utama.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

5. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Image Credit: Passgal.blogspot.com

Meski lokasinya cukup tersembunyi, bukan menjadi alasan untuk tidak mendatangi pantai cantik satu ini. Tak hanya sekedar menawarkan pemandangan khas pantai semata, namun pengunjung juga bisa melihat keberadaan penyu hijau. Biasanya penyu tersebut menjadikan pantai ini sebagai tempat membuat sarang dan menetaskan telurnya. Selain itu, pantai ini dikatakan cocok untuk olahraga surfing karena ombaknya yang cukup besar.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

6. Muara Cipanarikan

Muara Cipanarikan

Image Credit: Backpackology.me

Untuk bisa melihat keindahan alamnya, dibutuhkan usaha keras tanpa menyerah selama perjalanan. Rasa letih tersebut akan menghilang dengan sendirinya, ketika sudah sampai di lokasi utamanya.

Hamparan pasir putih nan halus serta muaranya yang tampak cantik dengan airnya yang berwarna hijau segar, berhasil memberikan semangat untuk menikmati liburan. Pengunjung juga bisa berlarian di lokasi tersebut, karena memiliki bibir pantai yang cukup lebar.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang

Image Credit: Pesona.travel

Pemandangan alamnya tampak keren, dimana pantai satu ini disebut sebagai pintu masuk ke kawasan Geopark. Tawarkan pantai luar nan memanjang, sehingga sangat ideal sebagai spot bermain air ataupun sekedar bersantai di bibir pantainya.

Pantai ini juga kerap dijadikan sebagai tempat pendaratan terbaik untu kegiatan paralayang. Pagi hari dikatakan sebagai waktu terbaik untuk berkunjung kesini, karena bisa melihat matahari terbit dan melihat nelayan pulang melaut.

BACA JUGA:  20 Mall di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

8. Puncak Darma

Puncak Darma

Image Credit: Kedaipena.com

Apabila ingin menyaksikan keindahan pantai dan luasnya samudra, bukan berarti pengunjung harus mendatangi pantai. Memanfaatkan ketinggian Puncak Darma yang mencapai 230 mdpl, di tempat ini pengunjung bisa mengabadikan momen dengan latar belakang bak berada di pantai.

Panorama yang ditawarkan di puncak ini, selalu berhasil membius siapapun yang sudah pernah mengunjunginya.

Lokasi: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

9. Curug Cigangsa

Image Credit: Reresepan.com

Tawarkan tiga tingkatan air terjun, dimana debit air yang dikeluarkannya relatif lebih kecil daripada Curug di kawasan Geopark lainnya. Justru keunikannya tersebut, membuatnya tampil beda dan menarik untuk dikunjungi.

Air yang turun dari atas, memberi kesan bak tebing yang meleleh dan membentuk seperti tirai air alami. Karena aliran airnya cenderung tenang, pengunjung diperbolehkan untuk bermain air.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

10. Kasepuhan Ciptagelar

Kasepuhan Ciptagelar

Image Credit: Kumparan.com

Desa adat yang jauh dari kata modern, destinasi wisata anti mainstream satu ini mengajak pengunjung untuk mengenali budaya jaman dahulu. Tak hanya menikmati pemandangan sekitar saja, disini juga terlihat bagaimana kebudayaan lokal yang masih dijaga dengan baik di tengah pertumbuhan jaman. Struktur bangunan rumah adatnya yang terlihat unik, menambah keeksotisan pemandangan di sekitar lokasi wisata.

Lokasi: Sirnaresmi, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

11. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Image Credit: Kumparan.com

Panorama alamnya yang tampak asri nan megah, Curug Cimarinjung wajib masuk dalam daftar kunjungan. Tak hanya menawarkan pesona indah bak curug pada umumnya, karena disini pengunjung bisa merasakan suasana khas pedesaan yang masih alami. Dengan debit air yang cukup melimpah, pengunjung seakan digoda untuk merasakan kesegaran airnya sekaligus bermain air hingga puas.

Lokasi: Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

12. Puncak Tugu

Puncak Tugu

Image Credit: Youtube.com (Januar irfan)

Tawarkan panorama indah dan lokasi mudah dijangkau, kawasan wisata satu ini dikatakan sangat cocok dikunjungi bersama dengan orang tersayang. Dari puncak ini, pengunjung bisa melihat beberapa curug dan tebing menjulang tinggi yang membuat pemandangan sekitarnya tampak menarik. Apabila ingin melihat pemandangan denga view berbeda, pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda yang banyak disewakan.

BACA JUGA:  Pantai Karangsong, Destinasi Wisata Pantai & Hutan Mengarove di Indramayu

Lokasi: Mekarjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

13. Curug Awang

Curug Awang

Image Credit: Ridwanderful.com

Curug satu ini tampil unik nan menarik, karena air terjunnya memiliki bentuk bak tirai air. Pesonanya akan semakin terpancarkan, ketika debit air yang dikeluarkan semakin deras daripada hari biasanya. Ditambah dengan lanskap berbatu dan aliran air yang tidak terlalu deras, pengunjung pun diperbolehkan untuk bermain air di sekitarnya. Namun pastikan untuk tetap berhati hati, demi keselamatan diri sendiri dan orang di sekitar.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

14. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Image Credit: Kedaipena.com

Lokasinya berada tepat di kantor Paguyupan alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI), wisatawan merasa mudah untuk menemukan destinasi wisata satu ini. Karena letaknya yang cukup ditemukan, membuatnya populer dikunjungi oleh wisatawan lokal. Bukit satu ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto kekinian, yang rata rata banyak dikunjungi oleh anak muda yang ingin menambah koleksi foto.

Lokasi: Tamanjaya, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

15. Puncak Gebang

Puncak Gebang

Image Credit: Siipuljalanjalan.com

Keberadaan papan titian, mempermudah pengunjungnya untuk menikmati pemandangan sekitar secara menyeluruh. Dengan pesona alamnya yang luar biasa, destinasi wisata satu ini pun kerap dikunjungi oleh para pecinta fotografi ataupun para instagrammer untuk menambahkan koleksi foto. Ternyata lokasi ini dibangun sengaja oleh swadaya masyarakat lokal, dimana mereka ingin memaksimalkan potensi alam yang ada.

Lokasi: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

Itulah 15 tempat wisata di Geopark Ciletuh, Sukabumi yang wajib Anda kunjungi. Warisan geologi alamnya yang luar biasa indah, kawasan wisata ini pun telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu kepingan surga yang berada di bumi. Miliki pesona alam yang tampak istimewa, dimana pengunjug bisa melihat langsung keanekaragaman hayati dan budaya saat berada disana. Objek wisata yang bisa dikunjungi pun cukup beragam, yang tentu saja kondisi alamnya masih terjaga kelestariannya dan terlihat begitu menawan.