Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Tegal juga memiliki tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi ketika liburan tiba. Dan salah satu yang paling menarik adalah Wisata Guci. Berada di kaki Gunung Slamet, keindahan yang disuguhkan akan membuat siapapun terpesona. Daya tarik Wisata Guci Tegal yang paling utama adalah pemandian air panasnya.

Berendam air panas di tengah tengah alam yang indah tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Pemandian air panas alami ini berada di kawasan yang berupa hutan, semak semak, ladang, pemukiman dan pertanian. Jika anda sedang berada di Tegal, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga atau teman teman untuk menelisik daya tariknya.

1. Memiliki Sejarah yang Menarik

Memiliki Sejarah yang Menarik
Image Credit: Google Maps Reza Maha

Menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Tegal, sejarah yang disimpan juga menarik untuk ditelusuri. Konon katanya nama Guci didapatkan sejak zaman Walisongo. Tujuannya jelas untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Tegal. Dalam cerita tersebut sang wali dibekali air dan ditempatkan dalam sebuah guci.

Pada saat itu masyarakat percaya jika air yang dibawa sang wali memiliki khasiat dan banyak yang memintanya. Hanya saja jumlah airnya terbatas, dan yang memintanya tentu banyak. Kemudian wali tersebut menancapkan tongkatnya pada tanah. Dan ajaibnya ketika tongkatnya dicabut, dari lubang bekas tongkat tersebut justru mengalir air panas.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, peristiwa tersebut terjadi di Malam Jumat Kliwon, tepatnya tengah malam. Hal ini juga yang menjadikan ketika malam Jumat Kliwon banyak yang berendam. Banyak yang percaya jika hajatnya bisa terkabul jika mandi pada saat tersebut. Daya tarik Wisata Guci ini bahkan sudah diceritakan secara turun temurun.

Ada juga yang percaya jika mandi di jam 12 malam, patung naga yang berada di sisi pemandian akan hidup. Kemudian akan bisa memberikan berkah pada siapapun yang mandi. Pada saat ini siapapun bisa mengunjunginya walaupun jam 12 malam. Sebagai pengunjung tentu anda bisa percaya ataupun tidak, tetapi hal ini tetap sebuah keunikan tersendiri.

2. Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang Indah
Image Credit: Google Maps Chanel Q

Yang membuat wisata di Tegal ini tidak pernah sepi adalah keindahan alam yang disuguhkan. Memang hal ini tidak dibantah lagi, sekelilingnya masih hijau yang membuat udaranya sejuk dan asri. Memiliki luas sekitar 210 ha, suasana pegunungannya begitu terasa. Membuat siapapun yang ingin menenangkan pikiran sangat cocok mengunjunginya.

Deretan pohon pinus menjulang membuat penglihatan siapapun akan dimanjakan. Sebenarnya sebelum sampai di lokasi anda juga akan menemukan panorama yang cantik. Hamparan kebun wortel, strawberry sampai dengan hutan pinus akan mengiringi perjalanan anda. Sangat direkomendasikan untuk anda yang memang sedang merindukan suasana pegunungan.

3. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas
Image Credit: Google Maps yadhie em

Daya tarik yang berikutnya terletak pada pemandian air panas alaminya. Air panas ini mengalir layaknya sungai dengan air yang begitu bersih. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mandi, karena airnya memang tidak berbau dan berwarna. Bahkan banyak yang percaya jika air panas di Guci Tegal ini memiliki khasiat.

Di kawasan wisata hits Tegal ini, anda bisa menemukan dua tipe pemandian air panas. Ada yang berbayar, ada juga yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Untuk pemandian gratisnya akan dilengkapi dengan pancuran yang tersebar alam 12 tempat yang ada di sekitarnya. Inilah mengapa anda akan menemukan nama nama pancuran yang dibagi sesuai nomornya.

Pancuran pancuran ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan dilewatkan oleh wisatawan. Sebenarnya, di sekitar taman wisata di Tegal ini, anda juga akan menemukan banyak pemandian yang serupa. Bahkan beberapa diantaranya juga telah dilengkapi dengan waterboom. Sementara yang berada di kawasan wisatanya sendiri akan berbentuk kolam yang terbuka.

Salah satu pancuran yang menjadi Daya Tarik Wisata Guci adalah pancuran 13. Seperti namanya, di kolam pemandian air panas ini anda akan menemukan 13 pancuran pendukung. Dengan jumlah pancuran yang begitu banyak, membuat banyak yang penasaran. Dan menjadikan pancuran 13 menjadi spot yang paling banyak dikunjungi.

Banyak yang mempercayai, jika air panas yang mengalir memiliki khasiat tersendiri. Terutama untuk kesehatan kulit yang konon katanya bisa disembuhkan. Selain pancuran 13, anda juga bisa menemukan pancuran 5 yang tidak kalah kondang. Pancuran ini memiliki 5 pancuran air panas, dan tentunya saja kolam berendamnya akan lebih sempit.

4. Kehadiran Curug Kembar

Kehadiran Curug Kembar
Image Credit: Twitter IG : TRIPHEMAT

Mengunjungi wisata populer di Tegal ini, anda tidak hanya akan disuguhkan dengan pemandian air panas saja. anda juga bisa menemukan curug atau air terjun yang juga bisa anda kunjungi. Seperti namanya, anda memang akan menemukan dua curug yang mengalir secara berdampingan. Untuk sampai Curug Kembar tentu wisatawan harus melakukan treking lebih dahulu.

Lokasinya memang tidak terlalu jauh dari Guci Tegal, anda harus melakukan perjalanan turun dengan hati hati. Memang tidak terlalu tinggi, ketinggian Curug Kembar hanya sekitar 5 meter saja. tetapi pesona yang ditawarkan tidak akan membuat anda kecewa. Debit airnya terbilang deras dengan air yang begitu jernih dan menjadi daya tarik tersendiri.

Kendati demikian masih terbilang aman jika ingin bermain air. Terbentuk kolam alami di bawah air terjun yang dijadikan wisatawan untuk bermain air. Ketika pagi hari, airnya tidak terlalu dingin sehingga sangat pas untuk dikunjungi. Alam sekitarnya masih asri, anda bisa menemukan tanaman hijau dengan tebing yang kokoh.

5. Memiliki Curug Jedor

Memiliki Curug Jedor
Image Credit: Google Maps Warjy Ortega

Masih belum puas menikmati Curug Kembar? Anda bisa mengunjungi Curug Jedor. Untuk menuju Curug Jedor, anda harus melakukan perjalanan sekitar 1 km dari pancuran 13. Lokasinya memang terbilang tersembunyi, tetapi cukup mudah untuk anda jangkau. Ketinggian air terjun cantik ini sekitar 15 menit dengan pesona yang luar biasa.

Airnya yang jernih dan udara yang sejuk akan membuat pengunjung ingin berlama lama. Anda bisa bermain air ataupun mengambil beberapa gambar gambar untuk diunggah di sosial media anda. Keindahannya termasuk masih alami, dan juga akan menambah Daya tarik Wisata Guci Tegal yang patut untuk dikunjungi.

6. Wisata Agrowisata untuk Keluarga

Wisata Agrowisata untuk Keluarga
Image Credit: Google Maps Agil Hidayat

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, destinasi wisata andalan Tegal ini juga menawarkan wisata agrowisata. Pengunjung akan menemukan area perkebunan yang semakin membuatnya alami. Mulai berkembang sejak tahun 2005, hingga saat ini tentu mengalami banyak perkembangan. Pengunjung bisa memetik buah strawberry secara langsung.

Aktivitas satu ini sangat menarik jika dilakukan dengan keluarga. Terutama jika dalam liburan kali ini anda membawa anak anak. Mereka pasti akan senang dan menambah pengalaman untuk memetik buah merah ini secara langsung. Selain bisa dinikmati langsung, banyak juga yang menjadikan buah asam manis ini sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

7. Menawarkan Fasilitas yang Memadai

Menawarkan Fasilitas yang Memadai
Image Credit: Google Maps kamal pasha

Daya tarik Wisata Guci yang ditawarkan pada pengunjung memang belum berakhir. Banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, terutama kalangan keluarga membuat fasilitas yang disuguhkan begitu lengkap. Wisatawan bisa menemukan hutan, lapangan sepakbola sampai dengan lapangan untuk tenis.

Begitu juga dengan fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi ataupun warung makan. Bagi anda yang masih ingin menikmati lebih lama di kawasan wisata indah ini, anda bisa menginap. Penginapan yang tersedia beragam dengan harga serta fasilitas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda tidak ingin menyewa villa atau hotel, anda juga bisa mendirikan tenda. Karena wisata Guci di Tegal ini memiliki area berkemah yang cukup luas. Menginap di kawasan wisata ini akan menjadi kagiatan yang menyenangkan, sebab anda akan menikmati udara sejuk dan suasana yang asri. Pengunjung juga bisa mengeksplore lebih dalam setiap sudutnya.

8. Aktivitas yang Menantang Adrenalin

Aktivitas yang Menantang Adrenalin
Image Credit: Google Maps Dedi Widi

Bukan hanya fasilitas, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas yang menantang adrenalin. Jika anda lelah untuk mengelilingi kawasan wisata di Tegal ini, anda bisa dengan berkuda. Mengelilingi kawasan wisata Guci akan lebih seru, dan anda juga akan ditemani oleh pemandu. Tenang saja, kuda kuda wisata ini juga sudah jinak juga terlatih.

Untuk berkuda, anda harus menyiapkan budget mulai Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribuan. Harga penyewaan kuda ini tergantung dari berapa jauh jarak tempuhnya. Apabila anda belum puas dengan berkuda, anda juga bisa mencoba Jeep Adventure. Jeep Adventure akan mengajak anda untuk menyusuri hutan dengan menggunakan jeep.

Tentu saja medan yang anda tempuh akan jauh lebih menantang. Daya tarik Wisata Guci Tegal ini akan mengajak anda menikmati indahnya panorama hijaunya hutan. Soal keamanan tidak perlu khawatir, anda sudah akan ditemani oleh pemandu wisata, safety riding juga asuransi. Perjalanan menantang ini bisa memakan waktu 1,5 jam lebih.

Tidak kalah ekstrim dengan Jeep Adventure, anda juga bisa menjajal aktivitas River Tubing. Anda akan diajak untuk menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Tentu saja aktivitas ini sangat menyenangkan, apalagi akan ada 12 jeram dengan kategori sedang yang bisa dilalui. Akan ada pemandu yang bersedia menemani anda agar lebih aman.

9. Menyuguhkan Banyak Spot Foto Kekinian

Menyuguhkan Banyak Spot Foto Kekinian
Image Credit: Google Maps Wanto nugroho

Rasanya tidak lengkap jika liburan tanpa mengabadikan foto kekinian. Liburan di Guci anda tetap bisa melakukan aktivitas seru ini. Karena ada beberapa spot foto kekinian yang bisa dijadikan lokasi berpose. Seperti Jembatan Kaca Baron Hill yang begitu hits di kalangan kawula muda.

Mengambil gambar di atas bukit ini, anda bisa menjadikan hamparan hutan pinusnya sebagai latar belakang. Untuk menaiki jembatan ini, pengunjung akan dibatasi dengan alasan keamanan. Daya tarik ini membuat wisata hits Tegal ini cocok dikunjungi oleh semua kalangan.

10. Memiliki Bukit Perkasa

Memiliki Bukit Perkasa
Image Credit: Google Maps aji baroto

Liburan anda di Guci Tegal juga akan makin sempurna jika anda melakukan trekking ke Bukit Perkasa. Dengan naik ke atas bukit, pengunjung akan disuguhkan panorama dari atas ketinggian. Belum lagi ada tulisan Taman Wisata Air Panas Guci yang jadi favorit untuk mengambil foto. Selain itu juga menjadi tempat ziarah ke Makam Kyai Klitik.

Dalam satu lokasi, anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas liburan yang menyenangkan. Dengan demikian anda tidak lagi penasaran mengapa Wisata Guci Tegal selalu penuh dengan wisatawan. Belum lagi harga tiket masuknya juga terbilang ramah kantong, mulai dari Rp 12.000 ribu saja untuk menikmati beragam keseruannya.