Jogja memang terkenal sebagai kota wisata yang menyuguhkan banyak jenis wisata menarik, mulai dari wisata alam yang indah, wisata budaya yang kental, dan wisata di malam hari yang tidak kalah seru. Terlebih dengan tawaran suasana malam yang romantis dan syahdu, sangat cocok untuk berkunjung bersama pasangan. Banyak tempat wisata malam di Jogja yang bisa anda kunjungi dan tentunya sangat asyik untuk nongkrong.

1. Malioboro

Malioboro
Image Credit: Twitter Siryon

Siapa yang tidak kenal dengan kawasan wisata hits yang ada di Jogja ini. Malioboro seakan menjadi kawasan yang wajib dikunjungi ketika berwisata di Kota Pelajar dan menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini sudah menjadi ikon dari Jogja dan menawarkan banyak pemandangan menarik.

Saat malam hari, suasana di sini sangat berbeda dengan banyak warung di pinggir jalan, penjual, sekelompok orang yang bernyanyi, dan lain-lain. Hal inilah yang membuat anda wajib untuk mengunjungi kawasan ii di malam hari karena suasananya yang sangat asyik untuk nongkrong dan menikmati malam di Jogja.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sosromenduran, Kemantren. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja
Image Credit: Google Maps Muezza Kucing

Tugu Jogja adalah ikon dari Kota Jogja yang sangat direkomendasikan untuk wisata malam hari. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa belum sah jika belum berkunjung ke Tugu Jogja ini. Di malam hari, kawasan ini ramai dipadati wisatawan dan tersedia banyak angkringan kopi di sebelah selatan tugu, tepatnya di Jalan Mangkubumi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Alun-Alun Lor dan Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Lor dan Alun-Alun Kidul
Image Credit: Twitter Travelta Magazine

Alun-Alun Lor dan Kidul menjadi kunjungan wisata malam yang sangat seru untuk anda coba. Kawasan ini memang sering dikunjungi oleh para wisatawan di malam hari untuk menikmati malamnya Jogja yang syahdu dan romantis. Banyak hal yang bisa anda lakukan di sini, bisa sekadar nongkrong di warung pinggir jalan untuk menikmati kuliner hingga bermain sepeda hias.

Kawasan ini juga sangat identik dengan tradisi Masangin yang berkaitan dengan dua pohon beringin yang ada di Alun-Alun ini. Kabarnya, siapa yang bisa melewatinya dengan menutup mata, maka segala yang diinginkannya bisa terwujud menjadi kenyataan. Apakah anda juga ingin mencoba?

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer
Image Credit: Google Maps kue balok lumer

Kawasan wisata malam di Yogyakarta selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah Titik Nol Kilometer yang berupa bangunan peninggalan Belanda. Bangunan-bangunan di sini juga disebut dengan loji yang dihiasi oleh lampu merkuri kekuningan, sehingga memberikan kesan yang romantis.

Di sini ada banyak pedagang yang lalu lalang untuk menjajakan kopi dan camilan ringan yang bisa menjadi teman nongkrong bersama teman. Selain itu, banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan di sini untuk memotret kenang-kenangan berkunjung ke salah satu kota wisata di Indonesia ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Plengkung Gading

Plengkung Gading
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

Tempat wisata yang satu ini sering digunakan oleh para wisatawan untuk mengabadikan foto. Plengkung sendiri merupakan sebuah rumah yang sangat besar dengan halaman yang luas. Pintu gerbangnya berbentuk lengkungan dengan warna gading dan dihiasi oleh lampu kekuningan yang romantis. Tertarik mencoba?

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Patehan Kidul No.4, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. Angkringan KR

Angkringan KR
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

Angkringan menjadi salah satu daya tarik yang khas dan anda bisa menemui suasana malam yang syahdu di Angkringan KR. KR sendiri merupakan singkatan dari Kedaulatan Rakyat yang sekaligus merupakan nama koran legendaris di Jogja. Di sini, anda bisa menikmati banyak menu, termasuk nasi kucing yang menjadi andalan dan tentunya suasana malam yang syahdu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali
Image Credit: Google Maps Hasim Ikhwanudin

Destinasi wisata malam di Jogja selanjutnya adalah Taman Pelangi Monjali yang berada di kawasan Monumen Jogja Kembali. Di sini, anda bisa menikmati beberapa wahana, seperti perahu dayung, bola air, becak mini, rumah hantu, trampolin, speed boat, dan lain-lain. Jika anda suka dengan suasana malam yang penuh lampu, anda wajib untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Bukit Bintang

Bukit Bintang
Image Credit: Google Maps Megawan Handra

Anda suka dengan pemandangan dari ketinggian? Anda harus mencoba untuk berkunjung ke Bukit Bintang yang letaknya 15 km dari pusat kota. Dari sini, anda akan melihat keindahan Jogja dari atas ketinggian yang menawarkan pemandangan sangat indah. Banyak lampu yang kelap-kelip dan warung yang didesain terbuka.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang suka suasana malam terbuka sembari menikmati keindahan kota dari atas ketinggian. Di sini, anda bisa nongkrong dengan teman dan menikmati sajian makanan yang ada di warung-warung sekitar Bukit Bintang. Sangat menarik, bukan?

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Image Credit: Google Maps ONoy Channel

Pada mulanya, Tebing Breksi belum dijadikan wisata malam. Namun, dengan tawaran pemandangan yang sangat indah di malam hari, akhirnya tempat ini dibuka sebagai destinasi malam hari yang populer. Saat siang hari memang terasa panas, namun ketika masuk sore hingga menjelang malam, suasana di sini sangat tenang dan romantis.

Sebagaimana tempat wisata pada umumnya, di sini juga tersedia banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk kenang-kenangan kunjungan ke Jogja. Tentunya, anda juga akan mendapatkan suasana malam yang syahdu dan romantis melalui Tebing Breksi yang terletak di Sambirejo, Prambanan ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lengkong, Gunung Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Image Credit: Google Maps Thomas Toet

Hutan pinus memang menjadi salah satu daya tarik wisata di Jogja dan terkenal di kalangan para wisatawan. Sebab, suasana yang disajikan pada malam hari sangat indah dan memukau, maka tidak heran jika anda harus mengambil nomor antrean saat berkunjung ke sini. Pasalnya, Hutan Pinus Pengger selalu ramai pengunjung, terlebih saat akhir pekan. Tertarik mencoba?

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

11. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo
Image Credit: Twitter jogjaupdate.com

Tidak kalah eksotik dengan destinasi malam lainnya, Pintu Langit Dahromo yang terletak di Bukit Dahromo ini juga direkomendasikan untuk anda. Sebagaimana namanya, lokasi ini memang berbentuk pintu yang menyajikan pemandangan langit Jogja di malam hari.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan pintu ini untuk menghasilkan jepretan gambar yang apik dan estetik. Lokasi ini bisa anda jadikan tujuan wisata malam di kota ini bersama rekan dan orang tercinta. Pastikan tidak lupa membawa kamera untuk mendapatkan foto yang bagus di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dahromo, Karang Asem, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark
Image Credit: Google Maps Perjalanan Hadi

Tempat wisata malam yang sangat cocok jika anda datang bersama keluarga. Terdapat wahana bianglala raksasa yang bisa anda naiki dan melihat keindahan Kota Jogja dari atas ketinggian. Untuk menikmati wahana bianglala raksasa ini, anda bisa datang ke Jalan Magelang KM 2, Sinduadi Mlati.

Selain bianglala raksasa, di sini juga terdapat 10 wahana lain yang bisa anda nikmati bersama keluarga. Untuk harganya juga relatif murah dan banyak jajanan yang bisa anda beli untuk menemani kunjungan anda di sini. Apakah anda tertarik untuk menikmati wahana di Sindu Kusuma Edupark?

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambon Jl. Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

13. Puncak Becici

Puncak Becici
Image Credit: Google Maps Wisata Jogja 1277

Wisata malam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di malam hari. Pasalnya, anda akan melihat keindahan malam Kota Jogja dari atas ketinggian bagaikan bintang-bintang yang bertabur di bumi. Lampu-lampu di kota yang saling kelap-kelip terlihat sangat indah dari Puncak Becici ini.

Selain menikmati indahnya malam yang syahdu dan romantis, anda juga bisa memanfaatkan spot foto yang ada untuk memotret kenangan berkunjung ke Puncak Becici. Dengan latar belakang foto berupa lampu yang bertebaran, foto yang anda hasilkan dijamin kece dan keren. Tertarik mencoba?

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunungcilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

14. Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps Kartika Sari

Anda suka dengan barang-barang antik? Pasar Seni Gabusan ini sangat cocok untuk anda kunjungi untuk menikmati malam di Jogja. Pasar seni ini terletak di Jalan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta yang menyediakan banyak kerajinan seni dan barang-barang antik. Pasar ini harus menjadi kunjungan wajib untuk anda yang suka dengan barang seni dan antik.

Selain itu, di sini juga kerap digelar acar seni dan bisa dinikmati secara gratis oleh para wisatawan yang mampir. Anda akan mendapatkan suasana malam yang tenang, indah, syahdu, dan sangat khas dengan suasana Jogja. Anda bisa menikmati malam sembari belanja barang antik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

15. Bukit Paralayang, Parangtritis

Bukit Paralayang, Parangtritis
Image Credit: Google Maps Soul Incubator

Bukit Paralayang menawarkan keindahan pemandangan Kota Jogja dari atas ketinggian. Menikmati pemandangan kota dari atas ketinggian memang memiliki sensasi yang berbeda dan sangat menyenangkan. Tidak heran jika di kota banyak tempat wisata malam yang menawarkan pemandangan alam dari atas ketinggian.

Bukit Paralayang yang terletak di kawasan Pantai Parangtritis ini bisa menjadi opsi wisata yang menakjubkan. Pantai Parangtritis memang pantai legendaris yang ada di Jogja dan bukit ini bisa anda kunjungi di malam hari untuk menikmati indahnya malam. Di sini juga terdapat spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk kenang-kenangan. Tertarik ke sini?

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Melakukan wisata malam hari di Jogja memang sangat asyik dan menyenangkan. Pasalnya, kota yang kental dengan budaya Jawa ini memiliki banyak pesona indah yang bisa anda nikmati saat malam menjelang. Mulai dari angkringan, fotografi, hingga menikmati indahnya kota dari atas ketinggian pun bisa anda lakukan. Sudah tentukan pilihan?