15 Wisata Museum di Bandung yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Museum Bandung

Bandung adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan segudang tempat wisatanya, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Selain itu, juga masih terdapat jenis wisata lainnya yang dapat Anda temui di kota ini. Wisata yang dimaksud ialah dengan berkunjung ke museum yang ada di Kota Kembang Bandung. Lalu apa saja museum yang ada di kota ini? Mari simak ulasannya berikut ini

1. Museum Geologi

Museum Geologi

Image Credit: Travelingyuk.com

Salah satu museum yang patut untuk dikunjungi di kota ini adalah Museum Geologi. Benda-benda yang ada di dalamnya juga berkaitan dengan cabang ilmu geologi itu sendiri. Seperti misalnya fosil, bebatuan, dan juga mineral. Keseluruhan benda-benda yang dipajang di museum tersebut juga didapatkan sejak tahun 1850 yang lalu hingga saat ini. Museum ini sendiri juga merupakan sebuah museum yang berusia cukup tua.

Waktu berdirinya museum ini sendiri ialah di tahun 1928 silam, tepatnya pada tanggal 16 Mei di tahun tersebut. Renovasi juga telah dilakukan pada museum dengan banyak sejarah di dalamnya ini. Tahap renovasi yang dilakukan ini juga merupakan bantuan dari JICA. JICA adalah kependekan dari Japan International Cooperation Agency. Setelah renovasi selesai museum ini kembali dibuka pada di tahun 2003.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika

Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Museum selanjutnya yang layak untuk Anda kunjungi saat berada di kota ini adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Dengan berkunjung ke museum tersebut Anda juga dapat mengenang sejarah terjadinya konferensi tersebut. Museum ini sendiri baru diresmikan pada tahun 1980 silam. Tahun 1980 ini sendiri merupakan peringatan konferensi tersebut yang ke 25. Di dalam museum Anda juga bisa menemui replika konferensi yang pernah dilakukan.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga

Image Credit: Teropongindonesia.com

Dulunya museum ini memiliki nama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat. Lalu baru di tahun 1990, nama dari museum tersebut berganti menjadi Museum Sri Baduga. Museum ini sendiri telah mengalami beberapa kali renovasi. Namun kegiatan renovasi yang dilakukan juga tetap berupaya untuk mempertahankan bentuk bangunan yang ada. Dengan berkunjung ke museum tersebut juga bisa menjadi sarana edukasi untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

4. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate

Image Credit: Tourism.bdgtoday.com

Museum yang satu ini adalah museum yang masih belum lama dibuka untuk umum. Pemerintah sendiri baru membuka Museum Gedung Sate untuk umum di tahun 2017 yang lalu. Banyak informasi terkait teknologi yang dapat Anda peroleh dengan mengunjungi museum tersebut. Letak dari museum ini ialah di bgaian Timur dari basement Gedung Sate yang begitu terkenal di Kota Bandung ini.

Banyak hal yang dapat Anda amati di dalam museum yang satu ini. Sebut saja interactive glass display dan juga wall video mapping. Di dalamnya Anda juga dapat melihat interactive 3D scale model of Gedung Sate serta kecanggihan teknologi berupa hologram di museum ini. Anda berminat untuk berwisata di museum yang memiliki teknologi canggih di daerah Bandung ini?

BACA JUGA:  Keseruan Bermain Salju di Snow World International, Kota Bekasi

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

5. Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pada mulanya museum ini dibuka pada tahun 1931 silam. Namun nama museum di awal berdirinya memiliki perbedaan dengan saat ini, yakni Museum Pos, Telegraf, dan Telepon atau PTT. Sebagian besar koleksi yang dipajang di museum tersebut adalahg perangko, baik dari dalam maupun luar negeri. Hingga akhirnya di tahun 1983 yang lalu, museum ini kembali diperbarui dan diresmikan kembali. Koleksi yang ada di dalamnya pun semakin bertambah.

Lokasi: Jl. Cilaki No.73, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

6. Museum Pendidikan Nasional

Museum Pendidikan Nasional

Image Credit: Ayoyogya.com

Museum Pendidikan Nasional adalah sebuah museum yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di kota ini. Waktu peresmian dari museum ini sendiri ialah di tahun 2015 yang lalu. Banyak informasi terkait sejarah pendidikan yang bisa Anda peroleh dengan berkunjung ke museum tersebut. Tidak hanya membahas mengenai sejarah saja, di dalam museum yang ada juga menawarkan wacana dari pendidikan di masa mendatang.

Selain kaya akan informasi, museum ini juga memiliki arsitektur bangunan yang menarik. Di dinding bagian luar Anda dapat menemui ukiran baik yang memiliki keindahan tersendiri. Hal lain yang tidak kalah unik ialah di bagian dalam ruangan pada museum tersebut. Jika Anda berjalan secara melingkar untuk mengelilingi gedung, maka tanpa disadari Anda akan berada di lantai lain dari gedung museum yang ada.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

7. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Image Credit: Yourbandung.com

Bagi Anda yang berminat untuk mengetahui bentuk senjata asli yang digunakan di masa penjajahan, maka museum ini adalah tujuan wisata yang tepat untuk dikunjungi. Di Museum Mandala Wangsit Siliwangi tersebut terdapat banyak koleksi senjata yang dulunya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melawan penjajah dari Jepang. Sebut saja senjata berupa pistol, bedug siriname, dan juga senjata laras panjang di kala itu.

Lokasi: Jl. Lembong No.38, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

8. Museum Kota Bandung

Museum Kota Bandung

Image Credit: Serbabandung.com

Sejarah terbentuknya Kota Bandung dapat Anda temui di museum yang satu ini. Di dalam museum tersebut, para wisatawan akan memperoleh banyak informasi penting mengenai peristiwa apa saja yang terjadi di kota nan asri ini. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memperoleh informasi terkait para pahlawan yang telah berjasa di masa lalu. Dengan informasi tersebut tentu akan menambah wawasan yang Anda miliki terkait sejarah bangsa ini.

BACA JUGA:  Berenang Sambil Menikmati Keindahan Alam Bukit Kacapi di Tasikmalaya

Lokasi: Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

9. Museum Nike Ardilla

Museum Nike Ardilla

Image Credit: Grid.id

Sedikit berbeda dengan museum yang lainnya, museum di Bandung yang satu ini berkaitan dengan artis ternama di masanya yakni Nike Ardila. Nike Ardila merupakan penyanyi yang begitu terkenal di Indonesia karena kepiawaiannya dalam hal tarik suara. Dengan berkunjung ke museum tersebut, Anda akan memperoleh banyak informasi terkait kehidupan sang artis tersebut.

Di museum ini, Anda juga bisa mengetahui bagaimana perjalanan karier yang dimiliki oleh penyanyi bersuara emas ini. Uniknya di dalam museum tersebut juga dipajang beragam benda koleksi yang erat kaitannya dengan sang mendinng. Anda juga bisa menemui foto dari Marylin Monroe. Hal ini dikarenakan semasa hidupnya Nike Ardila memang mengidolakan sang artis Marylin Monroe yang rupawan tersebut.

Lokasi: Jl. Aria Utama No.5, Cipamokolan, Kec. Rancasari, Kota Bandung.

10. Museum Inggit Garnasih

Museum Inggit Garnasih

Image Credit: Medcom.id

Museum ini merupakan bekas dari tempat tinggal sang tokoh yang bernama Inggit Garnasih. Banyak kisah sejarah yang telah terukir di rumah tersebut. Rumah ini juga pernah ditinggali oleh tokoh nasional yang begitu terkenal di tanah air, yakni Ir. Soekarno. Dengan berkunjung ke dalamnya, Anda akan menemui banyak foto masa lalu dari Inggit Garniasih tersebut. Beberapa kegiatan di masa lalu juga terekam di foto penuh kenangan tersebut.

Lokasi: Jl. Ibu Inggit Garnasih No.8, Nyengseret, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

11. Museum Barli

Museum Barli

Image Credit: Hargabelanja.com

Saat Anda berkunjung ke Bandung, juga dapat mampir ke museum yang satu ini. Museum Barli sendiri merupakan sebuah tempat yang didedikasikan untuk seorang tokoh bernama Barli Sasmita. Barli Sasmita sendiri merupakan seorang pelukis yang berasal dari Bandung. Di dalam museum yang ada, Anda dapat menemukan banyak lukisan karya sang tokoh hebat tersebut.

Jika dilihat karya dari sang tokoh ini memiliki beberapa aliran di dalamnya. Aliran yang dimaksud ialah realism, ekspresionisme, dan juga impresionisme dalam ranah seni. Sang tokoh yang bernama Barli Sasmita sendiri lahir di kota yang indah tersebut pada tahun 1921 silam. Tidak hanya sebagai pelukis, beliau juga merupakan seorang guru, dosen, dan juga ilustrator yang telah menghasilkan banyak karya.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

12. Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan

Image Credit: Yoanorvel.wordpress.com

Museum yang satu ini adalah jenis museum yang menawarkan beragam permainan edukatif dan juga interaktif di dalamnya. Permainan tersebut juga terbilang cocok bagi seluruh usia para pangunjung yang datang kesana. Keunikan dari museum ini juga bisa Anda lihat dari bentuk bangunan yang dimilikinya. Jika diperhatikan, bangunan museum akan terlihat seperti jam matahari berukuran raksasa.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Anda Coba

Dengan bentuk bangunan berupa jam matahari tersebut juga menjadikan museum ini masuk ke rekor MURI. Museum Puspa IPTEK Kota Baru Parahyangan ini telah dinobatkan sebagai jam matahari paling besar di Indonesia. Tidak hanya itu, gedung dari museum ini juga dinobatkan sebagai jam matahari horizontal dan vertikal yang ada pertama kali di Indonesia oleh MURI.

Lokasi: Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Padalarang, Kab. Bandung Barat.

13. Galeri Soemardja ITB

Galeri Soemardja ITB

Image Credit: Itb.ac.id

Anda juga bisa berkunjung ke tempat yang unik di daerah Bandung ini. Terlebih bagi Anda yang menyukai seni, maka Galeri Soemardja ITB adalah sebuah museum yang sangat patut untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan aneka karya yang ada di dalam museum tersebut. Saat Anda berada disana, Anda dapat menemukan banyak karya seni dari para mahasiswa dari ITB.

Para mahasiswa dari fakultas seni di institut tersebutlah yang merupakan tokoh dai balik beragam karya yang ada. Usia dari tempat ini juga terbilang cukup tua, yakni didirikan sejak tahun 1974 yang lalu. Pencetus dari berdirinya tempat yang penuh karya unik ini adalah seorang tokoh seni bernama Soemardja Syafe’i. Keberadaan galeri ini juga erat kaitannya dengan pendidikan di salah satu fakultas yang ada di ITB.

Lokasi: Jl. Ganesha No. 10, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

14. Museum Mainan

Museum Mainan

Image Credit: Thailand.panduanwisata.id

Museum selanjutnya yang sayang jika dilewatkan begitu saja saat Anda berada di kota ini ialah Museum Mainan. Museum yang juga sebuah toko ini juga memiliki cerita panjang di baliknya. Awal mula berdirinya museum dengan banyak mainan di dalamnya ini ialah dari perkumpulan yang bernama Zero Toys. Perkumpulan tersebut ialah tempat para kolektor dan penggemar mainan berkumpul.

Dari perkumpulan yang ada mulailah terbentuk sebuah toko sekaligus museum ini. Tidak tanggung-tanggung, koleksi mainan yang ada di dalamnya juga berasal dari puluhan tahun silam, yakni sejak tahun 1980 yang lalu. Pihak pengelola museum juga menawarkan beberapa jasa yang terbilang unik. Anda bisa menitipkan koleksi mainan yang dimiliki untuk dijual ataupun hanya untuk dipajang saja di museum tersebut.

Lokasi: Jl. Sunda No.39, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

15. Museum Wolff Schoemaker

Image Credit: Trepelin.com

Museum ini juga dikenal dengan sebutan Museum Hotel Preanger. Usia dari museum yang satu ini juga terbilang masih baru, yakni baru diresmikan pada tahun 2013 yang lalu. Museum ini sendiri juga didedikasikan kepada seorang tokoh arsitektur handal bernama Wolff Schomaker. Terdapat banyak foto dan juga keterangan dari karya sang arsitek. Banyak benda lain yang juga dapat Anda temui di museum ini.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.81, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Banyak tempat wisata museum yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota Bandung. Mulai dari Museum Geologi hingga Museum Wolff Schomaker. Setiap museum yang ada juga memiliki konsep yang berbeda-beda. Seperti misalnya Museum Nike Ardila yang memuat banyak cerita mengenai kehidupannya hingga Museum Kota Bandung yang memberikan banyak informasi terkait berdirinya kota ini.