15 Wisata Museum di Jogja yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Museum Jogja

Kota Jogja dengan julukan Kota Gudeg menawarkan beragam destinasi wisata museum menarik yang bisa anda kunjungi untuk belajar sejarah dan budaya.

Jogja sebagai provinsi bergelar istimewa ini juga terkenal dengan sebutan Kota Pariwisata. Banyak destinasi wisata yang dapat digunakan untuk menghabiskan waktu saat libur atau sembari mencari inspirasi. Dengan beragam destinasi yang disuguhkan, yakni mulai dari gunung hingga pantai, kota ini juga memiliki puluhan museum. Anda pun bisa mengunjungi museum tersebut untuk menambah pengetahuan sejarah. Berikut daftar museum di Jogja yang wajib anda sambangi.

1. Museum Affandi

Museum Affandi

Image Credit: Travelspromo.com

Siapa yang tidak mengenal sosok maestro seni lukis Indonesia, Affandi? Sesuai dengan namanya tempat ini menampilkan dan menyimpan berbagai koleksi koleksi lukisan karya Affandi. Di lokasi wisata satu ini memiliki 4 galeri yang memajang karya lukisan Affandi semasa hidupnya. Tidak hanya menikmati lukisannya saja, anda juga dapat berfoto di berbagai sudut yang Instagramable. Deretan lukisan atau patung bisa menjadi background foto anda agar tampak lebih menarik.

Destinasi wisata satu ini memiliki suasana yang sangat rindang dan sejuk. Membuat para pengunjung merasa betah berlama lama bermain di sini. Tempat ini tadinya merupakan tempat tinggal Affandi semasa hidupnya dan di sini tempatnya disemayamkan. Ketika anda berada di sana, anda dapat melihat lihat dan mempelajari sejarah sejarah yang ada. Anda juga dapat merasakan bagaimana Affandi ketika berada di kediamannya.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Image Credit: Mytrip.co.id

Tempat wisata sejarah dan budaya selanjutnya yang dapat anda kunjungi adalah Museum Gunung Merapi. Apabila anda ingin memperdalam dan mencari tahu lebih tentang gunung tersebut tidak ada salahnya untuk berkunjung di tempat ini. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan megahnya gunung dari dekat. Selain itu, anda juga dapat menyaksikan film pendek yang berjudul Mahaguru Merapi di dalam teater mini.

Dari sekian banyak koleksi benda yang ada, salah satu yang menarik adalah batu boma tau volcanic bomb. Batu ini sepintas terlihat seperti batu batu pada umumnya. Namun, siapa sangka, batu ini adalah bentuk lain lava pijar bersuhu sekitar 700 hingga 1200 derajat celcius. Di sana juga ada Lorong peraga simulasi LCD. Tempat ini bisa anda jadikan sebagai spot foto.

Destinasi wisata satu ini memperlihatkan beragam alat peraga, mulai dari display letusan dan erupsi Merapi dari tahun ke tahun. Sembari menyusuri tiap sudut tempat ini, terdapat juga spot foto yang instagramable. Spot menariknya berada di tengah tengah museum ini, yaitu berupa replika gunung Merapi yang terlihat mirip dengan aslinya. Disana anda juga dapat melihat sisa sisa hasil letusan gunung merapi pada tahun tahun sebelumnya.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman.

BACA JUGA:  15 Tempat Makan di Jogja Paling Enak & Murah

3. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali

Image Credit: Liburananak.com

Monumen Jogja Kembali atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monjali ini, menyimpan banyak informasi sejarah perjuangan pada masa kemerdekaan Indonesia. Tempat ini merupakan symbol kembalinya pemerintahan Republik Indonesia setelah kekalahan yang dialami Belanda. Selain memiliki koleksi yang lengkap, tempat wisata sejarah dan budaya ini memilii bentuk yang unik. Dengan bentuknya kerucut, menjadikan bangunan tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman.

4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Image Credit: Kumparan.com

Benteng Vredenburg ini, pertama kali dibangun pada tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Di benteng ini menjadi tempat belajar mengenai berbagai peristiwa sejarah yang telah terjadi di Yogyakarta. Museum satu ini menyediakan berbagai koleksi adegan peristiwa sejarah dalam bentuk diorama. Setiap ruang diorama menggambarkan peristiwa yang berbeda beda, seperti Perang Diponegoro, Proklamasi Kemerdekaan, Perjanjian Renville, dan Peristiwa Orde Baru.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

5. Museum Bahari

Museum Bahari

Image Credit: Genpijogja.com

Apabila anda ingin mencari tahu mengenai wawasan dan pengetahuan mengenai kemaritiman atau kelautan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Museum Bahari. Destinasi wisata satu ini didesain menyerupai kapal dan memiliki banyak koleksi seperti senjata meriam, bom laut, hingga teropong teropong radio komunikasi. Ada juga peralatan audio visual untuk pemutaran film yang berkaitan dengan laut. Selain itu, anda dapat berfoto baik di dalam ataupun luar kapal, tempat ini cocok untuk spot instagramable.

Lokasi: Jl. R. E. Martadinata No.69, Kec. Wirobrajan, Kab. Bantul.

6. De Mata Trick Eye 3D Museum

De Mata Trick Eye 3D Museum

Image Credit: Dwiwarna.web.ugm.ac.id

De Mata Trick Eye merupakan tempat yang unik dan menjadi favorit untuk anak zaman sekarang. Tempat ini tersedia berbagai macam mural dan gambar tiga dimensi yang cocok untuk dijadikan spot berfoto. Banyak sekali spot foto yang dapat anda pilih, mulai dari spot yang bertemakan alam, hewan, olahraga, dan banyak tema lainnya. Di sini memiliki 4 obyek yang dapat anda kunjungi, sepeti De Mata, De Walik, dan De Arca.

De Mata menawarkan gambar gambar tiga dimensi yang diletakkan dengan konsep labirin. Untuk De Walik merupakan museum dengan konsep rumah terbalik paling besar yang ada di Indonesia. Pengunjung dapat berinteraksi serta berfoto dengan semua properti yang ada di ruangan tersebut. Sedangkan De Arca menawarkan pengalaman berfoto bersama dengan replika manusia. Tentunya menarik ketika anda dapat berfoto dengan replikasi yang sangat menyerupai manusia.

Lokasi: Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

7. Museum Sasmitaloka

Image Credit: Oppobaca.news

Tempat satu ini dulunya merupakan kediaman resmi Jenderal Sudirman, setelah beliau dilantik menjadi panglima. Banyak barang yang digelar di ruangan pameran, barang barang tersebut sebelumnya pernah digunakan oleh Jenderal Sudirman. Anda bisa menyusuri setiap ruangan yang ada disini, mulai dari ruang tamunya hingga ruang sertifikat dan banyak lainnya. Tempat ini ditujukan untuk mengingat perjuangan beliau, maka para pengunjung dibebaskan dari biaya tiket masuk.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Kec. Pakualaman, Kota Yogyakarta.

8. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta

Image Credit: Alodiatour.com

Lokasi wisata satu ini, memiliki makna tersendiri disetiap bangunannya. Seperti bagian depan pintu masuk berjumlah 17, dan daun pintu masuk memilki 8 buah, serta jendela pada sekeliling dinding luar museum berjumlah 45 buah. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi relief dan beberapa patung kepala para pahlawan nasional. Salah satunya adalah patung kepala dari Pangeran Diponegoro dan R.A. Kartini.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

9. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga

Image Credit: Kotajogja.com

Destinasi wisata edukasi berikutnya yang dapat anda kunjungi ketika bermain ke Jogja yaitu Museum Anak Kolong Tangga. Sesuai dengan namanya tempat ini berada di kolong tangga dan menjadi tempat wisata anak di Yogyakarta. Tempat ini menyimpan berbagai koleksi mainan anak yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga, anda pun bisa mengunjungi museum ini saat sedang berlibur dengan si kecil.

Lokasi: Jl. Tirtodipuran No.26, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

10. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta

Image Credit: Paketwisata.id

Tempat wisata satu ini merupakan museum batik pertama yang ada di Yogyakarta. Rumah koleksi batik ini terletak di daerah Jalan Dr Sutomo. Di sini telah menyimpan lebih dari 1.200 koleksi perbatikan yang ada di seluruh Indonesia. Koleksi tersebut terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap, 124 canting (alat yang digunakan untuk membatik), dan 35 wajan serta bahan pewarna. Selain dapat belajar mengenai batik Indonesia, anda juga bisa belajar membuat batik sendiri.

Lokasi: Jl. Doktor Sutomo No.13A, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.

11. Museum Sandi

Museum Sandi

Image Credit: Rentalmobiljogja.id

Yogyakarta memiliki museum sandi dan tempat wisata edukasi ini merupakan satu satunya yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Tempat ini ada sekitar tahun 2008 dan telah memiliki banyak koleksi sandi. Di sini anda dapat mengetahui bagaimana sejarah persandian Indonesia dan dunia, sejarah perkembangan ilmu persandian. Mulai dari kriptografi klasik dan kriptografi modern, serta evolusi peralatan sandi buatan Indonesia dan luar negeri yang pernah digunakan dalam kegiatan persandian.

Museum di Jogja satu ini buka pada hari senin hingga kamis. Untuk weekend ataupun hari besar nasional maka tempat wisata ini tidak beroperasi. Apabila anda tertarik untuk mengenal sejarah persandian di Indonesia bahkan dunia, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat satu ini. Tempat ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan anda menjadi semakin luas.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

12. Museum History of Java

Museum History of Java

Image Credit: Jogjatravel.id

Mengunjungi destinasi wisata satu ini, anda akan mendapat banyak sekali pengetahuan sejarah yang belum anda tahu. Selain itu, tempat ini juga memiliki berbagai spot foto yang instagramable. Banyak pula fasilitas canggih yang terdapat di dalam museum satu ini. Kebanyakan orang berpikir bahwa museum ini merupakan tempat yang membosankan dan tidak ada bedanya dengan museum lainnya. Namun, anda pun akan merasakan keseruan ketika berada disini.

Museum yang dilengkapi dengan Augmented Reality Teknologi, dimana menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Teknologi tersebut mampu memproyeksikan benda benda maya ke dalam dunia nyata. Di sini juga terdapat ruang audio visual, area selfie, dan masih banyak lainnya. Museum ini juga menyediakan tempat tempat yang menarik, dimana anda bisa menggunakannya sebagai spot foto.

Lokasi: Jl. Parangtritis Km 5.5, Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

13. Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon

Image Credit: Yogyakarta.panduanwisata.id

Apabila anda berjalan jalan melintas di sekitar Jalan Raya Yogya Wonosari pada kilometer 7, jangan lupa untuk mampir ke Museum Wayang Kekayon. Tempat ini memiliki koleksi wayang dari abad ke 6 hingga abad ke 20. Beberapa diantaranya ada yang terbuat dari kayu, kulit, kain, bahkan hingga kertas. Selain itu, juga terdapat bangunan pendapa dengan arsitektur jawa yang indah. Di sini anda dapat lebih mengenal bagaimana wayang wayang yang ada di Indonesia.

Lokasi: Jl. Jogja-Wonosari Km 7 No 277, Kalangan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul.

14. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton

Image Credit: Merahputih.com

Destinasi wisata edukasi satu ini menawarkan berbagai koleksi kereta kereta milik keraton Yogyakarta. Berbagai macam kereta kuda dari abad abad lampau, terawat dengan baik di museum ini. Selain antik, bangunannya yang etnik ini mampu memberikan sensasi seperti anda sedang berada di masa lampau. Perlu anda tahu, pada momen tertentu seperti pada tanggal 1 suro sering diadakan ritual pemandian kereta pusaka. Kereta tertua yang ada di sini adalah Kereta Kanjeng Nyai Jimat.

Lokasi: Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta.

15. Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM

Image Credit: Direktorionlinemuseumdiindonesia.wordpress.com

Tempat yang berlokasi di Jalan Suktan Agung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata dan media pembelajaran. Museum Biologi UGM ini bisa anda jadikan sebagai sarana untuk belajar tentang flora dan fauna yang ada. Berbagai flora dan fauna yang ada berada di sini telah diawetkan sehingga memudahkan anda untuk belajar. Bukan hanya dari Indonesia saja, di sini juga telah disediakan berbagai koleksi dari luar negeri.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Tentunya seru dan menyenangkan bukan dapat mengunjungi berbagai museum di Jogja? Kota gudeg ini memang selalu berhasil dalam menawarkan sesuatu yang berbeda. Dengan berbagai destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam hingga wisata edukasinya, salah satunya yakni museum akan membuat para wisatawan tertarik untuk kembali datang ke kota indah satu ini.