Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Banten. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer & Terhits yang Menarik Anda Jelajahi untuk Petualangan Liburan yang Seru.

Ketika mendengar kata Banten, tentunya identik dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Pada kenyataannya, daerah yang berada di paling barat Pulau Jawa ini mempunyai beragam pesona keindahan lainnya. Salah satunya adalah destinasi wisata pantai. Di provinsi ini, terdapat banyak sekali pantai dengan ciri khas dan keindahannya masing-masing. Saat Anda berkunjung ke Banten tak ada salahnya untuk mencoba datang di salah satu pantainya. Berikut rekomendasi wisata pantai populer di Banten yang dapat memberi kesan menenangkan dan melepas penat.

1. Pantai Anyer

Pantai Anyer
Image Credit: Ksmtour.com

Destinasi wisata pertama yang dapat Anda kunjungi dan dijadikan sebagai pilihan ketika berada di Kota Banten adalah Pantai Anyer. Kawasan pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer, yang mana sudah terkenal dengan keindahannya dan tidak perlu untuk diragukan lagi. Bahkan di seluruh Indonesia pun telah banyak yang mengetahui destinasi pantai satu ini, tak jarang juga ada turis dari negara lain yang menyempatkan datang berkunjung.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasir putihnya yang sangat bersih. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri dari Pantai Anyer. Tak hanya pasir putihnya yang sangat indah dan bersih, pemandangan di sekitar kawasan ini juga sangat mendukung. Saat pertama kali datang ke kawasan ini, tentunya akan disambut dengan hamparan pasir bersih dan air yang membentang sangat luas. Hal tersebut menjadi perpaduan yang sangat pas.

Airya pun sangat bersih sehingga Anda dapat menikmati pemandangan berupa batu karang yang dapat dilihat jelas dengan mata telanjang. Bahkan pesona matahari tenggelamnya juga menjadi spot terbaik yang tak boleh terlewatkan saat berada di sini .Selain keindahan yang disuguhkan, Anda dapat menikmati berbagai wahana yang telah disediakan. Wahana yang ada di sini tentunya berupa water sport, mulai dari snorkeling hingga surfing.

Lokasi: Jl. Raya Anyer, Kec. Anyer, Kab. Serang.

2. Pantai Carita

Pantai Carita
Image Credit: Ksmtour.com

Area pantai yang dapat Anda jadikan sebagai destinasi tempat berlibur favorit di Banten selanjutnya adalah Pantai Carita. Terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang sangat bersih dan air lautnya yang jernih. Telah menjadi sebuah perpaduan keindahan alam yang sangat pas dan mampu menciptakan kesan yang sangat menenangkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan beban lelah dan penat selama berada di perkotaan.

Terlebih lagi ketika Anda berada di pantai ini, maka akan merasakan hembusan angin yang semilir menyapa kulit badan. Anginnya yang berhembus mampu membuat rasa nyaman timbul sembari menikmati suara air yang bertabrakan dengan batu karang. Saat berada di tepi pantai, maka Anda akan disambut juga dengan keindahan dan gagahnya Gunung Krakatau dari kejauhan.

Selain pemandangan yang disuguhkan sangat indah, area ini juga menjadi kawasan wisata yang sangat bersih dan terawat. Yang mana terlihat dari berbagai fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan. Bahkan pantai ini juga menawarkan berbagai akomodasi yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari tempat penginapan yang sangat beragam. Sehingga dapat Anda sesuaikan dengan budget yang telah disiapkan.

Lokasi: Sukarame, Kec. Carita, Kab. Pandeglang.

3. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Image Credit: Google Maps (Rull Husain)

Kawasan wisata air selanjutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di sini adalah pantai sawarna. Daerah ini masih tergolong destinasi wisata pantai yang baru. Meskipun masih wisata yang baru ada, namun keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini sangatlah eksotis dan menawan. Yang mana dapat memanjakan Anda dengan panoramanya, tak kalah bila dibandingkan dengan destinasi pantai lainnya yang sudah ada sejak lama.

Pantai yang berada di Desa Sawarna ini, mempunyai ciri khasnya tersendiri yakni dengan keindahan hamparan pasir putih yang bersih nan berkilau. Bahkan saat pertama kali datang ke kawasan ini, sudah pasti Anda akan disambut dengan pasir putih yang akan disentuh secara langsung dengan telapak kaki. Yang mana Anda dapat merasakan kelembutan dari pasir yang ada di sana. Selain itu, air laut yang membentang sangat luas dan berwarna biru menjadi perpaduan yang pas dengan pasirnya.

Memiliki ombak yang besar ini juga disebabkan karena lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Yang mana ciri khas dari pantai di sekitar samudera ini mempunyai ombak dan arus yang sangat kuat. Tak hanya keindahan pasir dan air lautnya, di sini Anda dapat menikmati pemandangan dari banyaknya karang-karang yang menjulang tinggi. Tempatnya yang terpencil membuat pantai ini disebut sebagai surga tersembunyi bagi pecinta surfing dunia.

Lokasi: Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak.

4. Pantai Binuangeun

Pantai Binuangeun
Image Credit: Google Maps (Rohnia)

Lanjut ke destinasi pantai yang sering dikunjungi dan menjadi tempat favorit warga sekitar bahkan wisatawan dari luar Kota Banten. Berada di sebuah lokasi yang bernama Lebak Banten, menjadikan kawasan ini mempunyai kondisi yang relatif sepi dan nyaman. Sepi di sini bukan berarti tidak ada pengunjung yang mendatanginya. Hal ini dikarenakan setiap pengunjung yang datang ke sini lebih suka datang sendirian, sebatas hanya untuk menikmati ketenangan yang ada.

Meskipun banyak yang datang sendirian, bukan berarti tempat ini tidak dapat dikunjungi secara beramai-ramai. Anda dapat mengajak keluarga, sanak saudara, atau bahkan teman untuk diajak berkemah. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah. Dikarenakan di sini juga telah menawarkan wisata berkemah. Atau bahkan di sini juga telah disediakan fasilitas berupa hammocking.

Bahkan pemandangan saat matahari terbenam menjadi salah satu spot menarik, yang mana tidak boleh terlewatkan ketika Anda sedang berkemah. Hal ini dikarenakan perpaduan antara air laut yang mulai surut sehingga Anda dapat melihat karang-karang kecil serta ombaknya yang tenang, menjadikan sebuah kesan ketenangan. Saat berkemah pun, Anda dapat mengadakan atau melakukan bakar-bakar sembari menghabiskan waktu.

Lokasi: Muara, Kec. Wanasalam, Kab. Lebak.

5. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Image Credit: Twitter.com @zakyanakmuda

Salah satu pantai di Banteng yang berada di Desa Tanjung Jaya ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Kawasan yang memiliki nama Pantai Tanjung Lesung, saat ini telah terkenal sebagai destinasi wisata air yang mempunyai garis pantai mencapai kurang lebih sekitar 15 km. Tentunya menjadi sebuah keunggulan dan ciri khasnya tersendiri, yang mana memiliki kawasan atau area yang cukup luas untuk ukuran pantai.

Menariknya lagi, di kawasan ini terdapat sebuah Pulau Liwungan. Daratan ini terkenal dengan keindahan atau pesona bawah lautnya, yang mana sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi diving. Dari area tepi pantai ini, Anda perlu menyewa perahu lokal milik penduduk sekitar yang telah disewakan. Untuk dapat mencapai pulau tersebut membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Sama halnya seperti yang ada di Pulau Liwungan, pada Pantai Tanjung Lesung ini Anda dapat melakukan sebuah aktivitas air berupa snorkeling. Bila tidak ingin berenang namun masih ingin bermain air, maka Anda wajib untuk mencoba kegiatan satu ini. Anda dapat menggunakan perahu kano untuk menyusuri keindahan pantai ini. Bahkan di sini, juga telah disediakan wahana berupa banana boat yang dapat menambah keseruan.

Lokasi: Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang.

6. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Image Credit: Twitter.com @yihagames

Saat pertama kali mendengar namanya, yakni Pantai Karang Bolong. Tentunya akan terbayang seperti apa pantainya dan keindahan yang akan ditawarkannya. Atau bahkan tak jarang ada yang penasaran, apakah bentuknya sesuai dengan nama yang diberikan. Bila Anda mengira seperti itu, bahwa tebakan Anda adalah benar. Hal ini dikarenakan pantai satu ini mempunyai ciri khas berupa batu karang besar yang berlubang sehingga disebut sebagai karang bolong.

Kawasan pantai ini mempunyai bayang tebing karang, yang mana berfungsi sebagai tirai bebatuan yang berperan untuk menjadi perisai atau penghalang dari hantaman ombak. Saat pertama kali tiba, maka Anda dapat menikmati beragam panorama laut yang sangat indah dan sangat menyenangkan. Anda akan dibuat terpanah dengan keindahan laju dari ombak yang saling kejar mengejar dan menghantam karang kokoh di pesisir.

Lokasi: Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kab. Serang.

7. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih
Image Credit: Facebook.com @tempatwisatabanten

Bagi Anda yang ingin mencari sebuah lokasi wisata yang tak terlalu ramai pengunjung, maka tak ada salahnya untuk datang ke kawasan pantai satu ini. Area wisata ini memiliki nama yakni Pantai Ciputih. Sesuai dengan namanya, kawasan ini terkenal dengan ciri khasnya berupa pantai yang memiliki pasir putih sangat bersih. Yang mana warnanya sangat begitu kontras dengan warna air lautnya yang sangat jernih.

Suasana yang ada begitu terasa alami dan sangat sejuk, sehingga sangat cocok dijadikan lokasi untuk melepas beban dan penat. Sebagai tambahan informasi yakni untuk akses menuju ke kawasan ini masih terbilang belum cukup baik. Sehingga Anda perlu berhati-hati saat menggunakan kendaraan. Meskipun harus melalui perjalanan yang cukup jauh untuk dapat tiba di kawasan ini, namun perasaan lelah akan terbayang dengan keindahan yang disuguhkan.

Lokasi: Ujung Kulon National Park, Kertamukti, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang.

8. Pantai Cihara

Pantai Cihara
Image Credit: Facebook.com @thejourneyofojektravel

Kawasan satu ini bernama Pantai Cihara, yang mana lebih sering disebut sebagai Pasput. Hal ini dikarenakan kawasan ini memiliki kelandaian ideal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan air laut yang ada di sana sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Yang mana ketika Anda berada di sana maka dijamin tidak akan terbawa arus laut, dikarenakan pada ujung lautnya ada sebuah batu yang menjadi pelindung.

Lokasi: Ciparahu, Kec. Cihara, Kab. Lebak.

9. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur
Image Credit: Pantainesia.com

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Bagedur. Kawasan ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk menenangkan pikiran. Hal ini dikarenakan lokasinya yang terbilang cukup sepi pelanggan. Namun, perlu diketahui bahwa pantai ini memiliki ombak yang sangat kuat dan keras. Sehingga para pengunjung dilarang untuk berenang maupun bermain air. Meskipun begitu, Anda masih dapat menikmati pemandangan yang sangat menyejukkan dan asri.

Lokasi: Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak.

10. Pantai Mabak

Pantai Mabak
Image Credit: Google Maps (Cep Budhi Darma)

Untuk destinasi wisata pantai yang terakhir adalah Pantai Mabak. Area ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan pemandangan sunset di Banten. Meskipun terbilang sepi, namun pantai ini memberikan atau menawarkan keindahan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bahkan suasana yang ada masih terasa sangat alami. Saat menikmati sunset, maka Anda juga dapat melihat pulau-pulau kecil yang ada di sekitaran area airnya.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pulomerak, Kota Cilegon.

Itulah beberapa wisata pantai di Banten yang hits dan populer. Tentunya sudah tidak perlu meragukan lagi keindahan dan panorama wisata pantai di Banten, bukan? Saat ini Anda tidak perlu kebingungan untuk mencari area atau destinasi wisata yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat sembari menikmati pemandangan dan suara deburan ombak serta semilirnya angin.