12 Wisata Pantai Terhits di Banyuwangi yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Pantai Banyuwangi

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Banyuwangi, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi agar Menghadirkan Liburan yang Berkesan.

Banyuwangi adalah salah satu kota yang terkenal memiliki nuansa magis yang masih kental. Saat Anda berlibur ke Bali, Anda pasti akan melewati kota budaya ini. Kota ini memiliki beragam wisata favorit yang sering dikunjungi oleh warga lokal maupun mancanegara. Ada beragam wisata yang menakjubkan saat berkunjung ke kota di ujung timur Pulau Jawa ini. Salah satunya adalah wisata bahari yang mempesona.

Nah, berikut ini ulasan wisata pantai apa saja terhits di Banyuwangi.

1. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

Lokasi: Gumukremuk, Ketapang, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Watu Dodol adalah salah satu pantai yang terletak di Jalur Pantura sehingga ramai pengunjung. Anda bisa menemukan pantai ini dengan mudah saat perjalanan menuju Pelabuhan Ketapang. Jarak untuk menuju pelabuhan ketapang pun hanyalah 2 km saja. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang singgah sebelum berangkat menyebrang pulau.

Pantai Watu Dodol sendiri memiliki pemandangan alam yang sangat khas karena memiliki bongkahan batu besar, yang berdiameter 15 m dengan tinggi 10 meter. Konon katanya batu besar ini tidak bisa dipindahkan meskipun sudah dilakukan berbagai upaya. Tidak hanya batu besar yang menjadi keindahan panta ini, birunya laut pantai juga sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto anda.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Lokasi: Purworejo, Kalipait, Kec.Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Travel.kompas.com

Tidak hanya pantai pulau merah yang popular di kalangan para peselancar di Banyuwangi. Anda bisa berkunjung ke pantai plengkung yang lebih dikenal dengan nama G-Land. Pantai ini sendiri memiliki julukan “The Seven Giant Waves Wonder” oleh para peselancara mancanegara. Hal ini karena Plengkung memiliki tujuh gulungan ombak dengan ketinggian yang bisa mencapai 6 meter.

Tak hanya cocok untuk berselancar, pantai ini juga bisa membuat pikiran yang suntuk menjadi segar kembali. Birunya laut Plengkung dan putihnya pasir membuat pantai ini memiliki panorama yang memikat para pengunjungnya. Anda bisa berkunjung ke pantai ini sendirian atau bersama dengan keluarga dan orang tercinta.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Lokasi: Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Pantai yang juga memiliki sebutan “Green Bay” ini memiliki air laut yang berwarna biru kehijauan. Teluk hijau adalah salah satu pantai terfavort yang sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan alam yang dimiliki. Saat siang hari, air laut dari Teluk Hijau akan terlihat berkilauan karena adanya cahaya matahari.

Terletak di Sarongan, pantai ini juga memiliki wisata air terjun yang biasa digunakan wisatawan untuk membilas tubuh setelah berenang. Teluk Hijau sendiri masih berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Ada kawasan batu karang di pantai ini yang biasa dijadikan wisatawan sebagai spot foto yang unik dan instagramabale. Anda juga bisa melakukan kegiatan snorkeling, bermain dengan ikan dan juga menyaksikan terumbu karang yang indah di dasar laut.

4. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Lokasi: Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Katalogwisata.com

Dinamakan Pantai Pulau Merah karena adanya sebuah bukit di dekat bibir pantai yang tanahnya terlihat kemerahan. Anda bisa mengunjungi dan menyaksikan panorama pasir merah ini saat sedang surut. Banyak wisatawan mancanegara uang melaukan aktivitas selancar karena memiliki ombak yang cukup menantang.

5. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Lokasi: Kaliagung, Kendalrejo, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Berkunjung ke pantai yang sepi mungkin menjadi keinginan oleh beberapa orang. Nah Anda bisa berkunjung ke pantai triangguasi yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini memiliki pasir putih dan laut biru yang jernih dan jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga Anda bisa menenangkan diri dari keramaian. Setelah puas menghabiskan waktu di pantai ini, Anda bisa berjemur dan dan bersantai agar membuat pikiran menjadi lebih fresh.

6. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Lokasi: Jl. Sukomade No.99, Sukamande, Sarongan, Kec.Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kompas.com

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai Sukamade terletak pada keberadaaan penyu yang sering ada di daratan. Penyu laut ini kemudian akan bertelur di bibir pantai pualu Sukamade. Pantai yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Maru Betiri ini, akan memiliki aksi melepas penyu ke laut secara bersamaan.

BACA JUGA:  19 Wisata Pantai Terhits di Malang yang Wajib Anda Kunjungi

Biasanya penyu akan mendarat di Pantai Sukiamade pada pukul setengah delapan pada malam hari. Anda bisa melakukan aktifitas berfoto bersama dengan penyu sebelum dilepaskan ke laut. Setelah asyik bermain penyu Anda bisa mengambil beberapa foto karena pantai Sukamade memiliki keindahan alam yang tiada duanya.

7. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Lokasi: Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Wikipedia.org

Wisata bahari yang ada di Banyuwangi dan wajib Anda coba adalah Pantai Rejegwesi. Saat berkunjung ke pantai ini akan terlihat banyak kapal nelayan yang menyandarkan perahu di area pantai. Karena masih berada satu kawasan dengan Samudera Hindia, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga Anda harus berhati hati saat berenang.

Nama Rejegwesi sendiri berasal dari adanya batu karang besar yang ada di kawasan pantai. Dalam bahasan jawa rejeg memiliki arti tiang dan wesi memiliki arti besi. Sehingga rejegwesi diartikan sebagai pagar besi oleh masyarakat setempat. Pasir pantai Rejegwesi sendiri memiliki warna yang cenderung kecoklatan karena adanya endapan lumpur di sungai yang terbawa dan bermuara di pantai.

8. Pantai Boom

Pantai Boom

Lokasi: Kampung Mandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Pesonawisataindonesia.com

Apabila Anda sedang berada di Kawasan Alun Alun Blambngan, tak ada salahnya untuk datang berkunjung ke Pantai Boom. Anda bisa mendatangi pantai ini dengan berjalan kaki atau naik sepeda dari alun alun blambangan. Panorama khas dari pantai ini alah pasirnya yang hitam dan bisa menyaksikan pemandangan Bali dari kejauhan.

Pantai Boom sendiri kerapkali dijadikan sebagai tempat perayaan acara acara besar seperti Sewu Gandrung, Tari Kolosan Gandrung yang bisa dibawakan oleh seribu penari. Tak ketinggalan pula, acara Banyuwangi Jazz estival yang merupakan salah satu acara yang sering diadakan di Pantai Boom. Acara jazz ini kemudian dikalim sebagai satu satunya acara di Indonesia di pantai tersebut.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Terhits Dikunjungi

9. Pantai Pancur

Pantai Pancur

Lokasi: Jl. Brawijaya No.20 Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Ksmtour.com

Wisata Bahari yang belum terlalu ramai dikunjungi adalah Pantai Pancur. Pasir pantai pancur sendiri berwarna putih dan merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Warna dari pasir putih akan sangat bagus ketika berpadu dengan air laut yang masih biru jernih. Pancur sendiri sudah menyediakan beragam fasilitas yang tersedia seperti mushala, kamar mandi dan juga kantin.

Tak jauh dai Pantai pancur, terdapat gua yang sakral bagi masyarakat Banyuwangi. Gua ini beranama Gua Istana dan Sendang Srengenge. Biasanya aka nada beberapa ritual tertentu yang biasa dilakukan di gua tersebut. Gua Istana ini biasanya digunakan oleh mayoritas Hindu Bali untuk melakukan sembahyang. Sementara ada juga yang melakukan semedi di gua tersebut.

10. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Lokasi: Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangi.merdeka.com

Biasanya orang akan menyebut pantai wedi ireng sebagai salah satu replika dari Raja Ampat. Hal ini karena banyaknya tebing yang mengelilingi pantai tersebut. Pantai ini tidak memiliki letak yang jauh dari Panyai Merah. Anda hanya harus berjalan sejauh 4 km dari Pantai Merah untuk bisa berkunjung ke Pantai Wedi Ireng.

11. Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi

Lokasi: Pesanggaran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Topijelajah.com

Dinamakan sebagai pantai Parang Kursi karena terdapat karang besar yang menyerupai bentuk kursi. Masih jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai parang kursi ini. Hal ini karena akses untuk menuju lokasi masih sangat minim dan sulit untuk dilalui. Namun lelahnya perjalanan akan dibayar ketika melihat birunya air laut yang jernih dengan pasir pantai berwarna putih kemerahan.

Anda akan menemukan banyak batu karang yang berwarna hijau dan bisa dijadikan spot foto yang unik. Karena masih minim pengunjung, parang kursi sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri. Dengan keadaan pantai yang tenang Anda bisa dengan leluasa untuk menikmati kawasan pantai yang masih asri tersebut.

12. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan

Lokasi: Gladak Kembar, Purwoagung, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Ksmtour.com

Saat berkunjung ke pantai ini, Anda akan menemukan suasana yang hampir mirip dengan Pantai Sukamade. Di pantai ini Anda bisa menyaksikan berbagai jenis penyu yang bertelur saat malam hari, serta aktifitas untuk melepas penyu yang menetas ke laut. Di pantai ini ada empat jenis penyu yang bisa Anda lihat yaitu penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan jug apenyu hijau. Apabila Anda ingin menyaksikan aksi lepas penyu ini Anda bisa berkunjung pada bulan Mei.

Beberapa wisata bahari di Banyuwangi, sangat wajib disukai bagi Anda yang menyukai pantai untuk menyegarkan pikiran. Anda bisa mempersiapkan berbagai kebutuhan saat berkunjung ke Banyuwangi. Selain itu selalu pastikan membuat list tempat wisata saat berkunjung ke kota budaya ini. Rencakan list liburan Anda jauh jauh hari, untuk memperkirakan besarnya budget yang harus dikeluarkan saat travelling.