15 Wisata Pantai di Cianjur yang Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Cianjur

Ingin Liburan di Cianjur? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Cianjur, Jawa Barat. Objek Wisata Bahari Terindah dan Kekinian yang Paling Hits Disinggahi oleh Wisatawan.

Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki beragam destinasi wisata menarik. Dari banyaknya sektor wisatanya yang cukup banyak digemari adalah wisata Pantainya. Beberapa pantai yang ada di Cianjur memang menawarkan keindahan yang unik sekaligus menawan. Hingga berbagai pelancong yang datang dari berbagai daerah sengaja untuk melihat kemolekan bahari yang dimiliki oleh Cianjur. Simak ulasannya berikut.

1. Pantai Karang Potong

Image Credit: Senengpiknik.com

Karang Potong merupakan salah satu pantai yang menawarkan keindahan sekaligus suasana romantis. Menjelang sore hari terutama ketika sunset sudah mulai muncul, keindahan dari pantai ini semakin berkali lipat. Pantai satu ini memang tidak sepopuler destinasi lain yang dekat dengan Cianjur. Namun jika berbicara perkara keindahan, tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sehingga Anda akan merasakan suasana yang masih terbilang asri dan masih terjaga.

Yang menjadi daya tarik selain pantainya yang masih sepi memang pemandangan matahari datang dan berpulangnya yang tidak terkatakan. Anda bisa menikmati hembusan angin dan deburan ombak lengkap dengan langit jingga yang mempesona. Jika ke Cianjur tidak ada salahnya untuk menjadikan tempat ini sebagai alternatif menghabiskan waktu liburan anda. Meskipun lokasinya masih terbilang baru namun tetap bisa diakses cukup mudah.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

2. Situs Batu Kukumbung

Situs Batu Kukumbung

Image Credit: Berita-cidaun.blogspot.com

Situ Batu Kukumung atau yang dikenal juga dengan pantai Batu Kukumung ini merupakan salah satu pantai yang dipercaya sebagai petilasan Prabu Siliwangi. Pantai satu ini menyuguhkan pemandangan yang terbilang masih asri dan juga indah. Terdapat batu karang yang berjajar layaknya sebuah kursi yang dipercaya sebagai tempat ritual Prabu Siliwangi. Bahkan terdapat telapak kaki Prabu Siliwangi dan juga kaki Harimau.

Pantai ini memang tidak terlalu populer keberadaannya namun pastinya akan memberikan Anda pemandangan yang mempesona. Selain itu di pantai ini juga ditemukan artefak yang berhubungan dengan zaman Purbakala. Nama Batu Kukumung sendiri diambil dari batu karang yang terletaj di pinggir pantai dan dikelilingi dengan batu mirip kursi. Mirip dengan Kukumung yang dalam bahasa Sunda adalah ritual khitanan pada zaman dahulu.

Hadirnya berbagai cerita ini menjadi daya tarik tersendiri selain keindahan yang ditawarkan oleh Pantai ini. Memang pantai ini tidak memiliki pasir putih seperti layaknya pantai pantai yang lain. Pantai satu ini memiliki pasir yang kehitam hitaman namun  tetap lembut dikaki. Selain menikmati pantainya, juga bisa melihat sendiri batu karang yang digunakan ritual oleh Prabu Siliwangi. Jarak pantai ini sekitar 15 km dari pusat Kabupaten Cidaun.

Lokasi: Cigebang, Karangwangi, Kec. Cidaun Kab. Cianjur.

3. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Image Credit: Pegipegi.com

Pantai Jayani menjadi pantai yang populer tak hanya dikalangan masyarakat sekitar namun juga dikalangan wisawatan. Bahkan pantai ini dianggap sebagai pantai yang wajib untuk dikunjungi karena keindahan yang dimilikinya. Ombak yang dimiliki oleh Pantai Jayanti ini mirip dengan pantai pantai yang ada di Jogja. Tak hanya memiliki ombak yang terbilang besar, pantai ini juga dijadikan sebagai tempat berlabuhnya kapal kapal nelayan.

BACA JUGA:  Taman Limo Jatiwangi, Destinasi Wisata Bernuansa Pedesaan di Bekasi

Semakin membuat pantai ini memiliki landscape yang cantik jika diabadikan dalam kamera. Karena memiliki ombak yang besar, ada baiknya Anda tidak melakukan kegiatan berenang di pantai ini. Pemandangan alamnya kian mempesona dengan hadirnya karang karang yang memenuhi beberapa area. Pantai Jayanti memiliki pasir yang sedikit kecoklatan dengan arus pantai yang juga deras. Namun pantai Jayanti tetap cocok untuk menghilangkan penat anda.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

4. Pantai Lugina

Pantai Lugina

Image Credit: Jurnalcianjurselatan.com

Cianjur juga memiliki pantai Lugina yang juga menawarkan keindahan pantai yang menyejukkan mata anda. letak dari pantai Lugina ini masih terbilang tersembunyi dan belum banyak yang mengetahuinya. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang memang ingin mencari ketenangan namun dihadirkan pemandangan yang mengagumkan. Tak heran jika banyak yang datang untuk mengambil gambar terbaik yang kemudian diunggah ke media sosial.

Meskipun belum banyak dikenal, namun bukan berarti Pantai Lugina ini tidak memiliki daya tarik. Justru pemandangan matahari tenggelam dan juga terbit menjadi daya tariknya yang luar biasa. Ketika akhir pekan pantai ini akan ramai didatangi oleh pengunjung dari berbagai tempat. Pantai Lugina menyajikan cukup banyak spot foto cantik yang banyak diburu oleh wisatawan. Selain memiliki suasana yang masih asri dan alami tentunya.

Lokasi: Jl. Pantai Lugina, Wanasari, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur.

5. Pantai Apra

Pantai Apra

Image Credit: Doyanjalan.com

Pantai Apra menjadi salah satu dari sekian pantai di Cianjur yang juga bisa Anda kunjungi ketikka ke Cianjur. Pantai ini merupakan pantai dengan ombak tinggi yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan seperti selancar. Bukan hanya itu Pantai Apra juga merupakan muara dari Sungai Cisadea. Selain bisa melihat bentang pantai lengkap dengan karangnya, namun juga bisa melihat secara langsung dari bentuk muara sungai Cisadea ini.

Belum lagi masih banyak masyarakat yang beraktivitas dengan menggunakan rakit untuk menangkap ikan. Sehingga akan membuat suasana pantai ini lebih tradisional dan juga asri. Pemandangan sunset di pantai ini juga terbilang cantik sehingga banyak pengunjung yang memang menunggu momen ini. Belum lagi pantai Apra juga memiliki musim ipun atau ikan kecil kecil yang semakin membuat ini memiliki pesona yang berbeda dengan pantai yang lainnya.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

6. Ciujung Beach

Ciujung Beach

Image Credit: Syadhahanita.blogspot.com

Pantai Ciujung merupakan salah satu pantai yang masih terbilang baru di Cianjur. Namun tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga atau sahabat menikmati keindahan pantai ini. Ciujung Beach memiliki pemandangan yang masih asri dan juga bisa melihat warna jingga yang mempesona ketika sunset. Sehingga bisa dipastikan jika mengunjungi pantai ini bisa menghempas penat dan stress Anda akibat aktivitas yang padat selama ini.

BACA JUGA:  15 Curug (Air Terjun) di Majalengka yang Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Jayagiri, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur Selatan.

7. Maleber

Maleber

Image Credit: Facebook.com @Maleber Olympic Center

Malaber juga bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menikmati suasana bahari yang asri. Berbagai kegiatan menarik bisa dilakukan di Maleber, seperti misalnya berkeliling dengan perahu. Bagi Anda yang gemar memancing juga bisa melakukan hobi ketika mengujungi Maleber. Untuk mendapatkan petualangan dan kegiatan seru yang lainnya, Anda hanya butuh menempuh jarak 20km dari pusat kota Cianjur.

Selain itu fasilitas yang dimiliki oleh Maleber juga terbilang memadai. Semakin membuat pengunjung merasa nyaman jika mengunjunginya. Bersantai dan menikmati alam baharinya juga kerap dilakukan oleh para pengunjung yang datang ke sini. Pemandangan yang ditawarkan juga akan menyejukkan indera penglihatan anda. sehingga tak ada salahnya untuk mengajak keluarga atau kerabat untuk menghabiskan liburan di Maleber.

Lokasi: Maleber, Kec, Karangtengah, Kab. Cianjur.

8. Pantai Cipanglay

Image Credit: Senengpiknik.com

Cipanglay merupakan pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Jayanti. Letaknya memang terbilang tersembunyi, namun banyak hal menarik yang ditawarkan. Anda bisa menikmati udara yang masih sejuk dengan nuansa yang asri.

Pemandangan sunset di Cipanglay juga sangat layak untuk Anda buru. Tak heran jika banyak yang menunggu momen ini di Pantai Cipanglay ini. Sangat cocok untuk mengambil gambar untuk diunggah di media sosial.

Lokasi: Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

9. Pantai Ciwidig

Pantai Ciwidig

Image Credit: Magnetindonesia.co

Pantai Ciwidig bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi yang menawakan keindahan yang tidak akan bisa Anda lewatkan. Berada cukup jauh dari pantai membuat Anda bisa menikmati berteduh di pepohonan yang rindang. Namun tetap saja bisa memandang pemandangan bahari mengagumkan. Berada di kawasan hutan milik Perhutani dengan perpaduan pohon jati juga pohon pinus dan juga pemandangan bahari yang menawan.

Lokasi: Kertajadi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

10. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Image Credit: Bisniswisata.co.id

Pantai Rancabuana bukanlah pantai yang berada di Cianjur melainkan berada di Garut. Namun tetap saja jika ditempuh dari Cianjur membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Sehingga tidka ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Rancabuana yang masuk dalam jajaran pantai populer. Keindahan yang ditawarkan juga sangat mempesona yang pastinya akan membuat Anda betah dan enggan untuk meninggalkan pantai satu ini.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

11. Pantai Sarongge

Pantai Sarongge

Image Credit: Sukabumiupdate.com

Wisata bahari di Cianjur selanjutnya yang belum banyak dikenal orang adalah Pantai Sarongge. Pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan pantai yang memukau. Namun Anda bisa melakukan berbagai hal menarik jika mengunjungi pantai Sarongge. Seperti berenang karena ombak yang tidak terlalu besar.  Untuk Anda yang hobi memancing juga bisa dilakukan, bahkan masyarakat mengatakan jika pantai ini merupakan tempat memancing terbaik.

Bagi Anda yang menyukai hunting foto, maka Pantai Sarongge sangat cocok untuk Anda kunjungi. Anda bisa berburu landscape landscape cantik untuk menyalurkan hobi memotret anda. Jejeran perahu perahu nelayan yang singgah membuat pantai ini memiliki keindahan yang eksotis. Karena belum banyak dikenal, maka Anda akan mendapatkan ketenangan dengan mengunjungi pantai Sarongge ini.

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Bandung yang Paling Hits

Lokasi: Mekar Sari, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur.

12. Pantai Agrabinta

Image Credit: Rendisaepulanwar.wordpress.com

Pantai Agrabinta mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Namun pantai ini juga tak kalah untuk dikunjungi ketika Anda pergi ke Cianjur. Masih memiliki suasana yang asri sangat cocok untuk tempat mencari ketenangan dan kedamaian. Udaranya yang masih segar semakin membuat Anda betah berlama lama. Bersantai di atas hammock dengan suara deburan ombak tentunya akan menjadi liburan yang menyenangkan untuk anda.

Pantai ini berada sekitar 150 km dari pusat kota Cianjur dengan pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra. Untuk menuju pantai ini memang dibutuhkan perjuangan, mengingat aksesnya masih cukup sulit. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang  untuk mencari surga surga tersembunyi. Namun semuanya akan terbayar dengan keindahan dan kebersihan yang dimiliki oleh pantai Agrabinta ini.

Lokasi: Sinarlaut, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur.

13. Pantai Cigebang

Pantai Cigebang

Image Credit: Wisataanakbandung.blogspot.com

Menikmati suara deburan ombak lengkap dengan pemandangan yang mempesona menjadi agenda liburan yang tidak bisa dilewatkan. Jika Anda merupakan orang yang gemar berpetualang,maka tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Cigebang ini. Cianjur memang termasuk dalam daerah yang memiliki garis pantai yang panjang. Sehingga Anda bissa menemukan banyak pantai yang masih perawan salah satunya pantai Cigebang ini.

Yang membuat pantai Cigebang ini semakin menarik adalah view sunsetnya yang mempesona. Cahaya kemerahan setengah jingga begitu memukau jika disaksikan di Pantai Cigebang ini. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang gemar melakukan kegiatan fotografi. Suasananya yang masih asri juga semakin mendukung Anda untuk melakukan banyak aktivitas yang menyenangkan. Apalagi suasananya jauh dari hiruk pikuk kota sehingga bisa menghempas penat.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

14. Pantai Sereg

Pantai Sereg

Image Credit: Tempatwisata.pro

Satu lagi surga tersembunyi di Cianjur yang belum banyak dijamah oleh masyarakat.Pantai  Sereg ini sebenarnya merupakan pantai yang memiliki pesona yang begitu melimpah. Alamnya yang masih asri dengan pantai yang bersih akan membuat Anda betah berlama lama. Hanya saja aksesnya untuk menuju Pantai Sereg masih terbilang sulit untuk Anda jangkau. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pantai cantik ini belum banyak terekspose.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur,

15. Muara Cisela

Image Credit: Senengpiknik.com

Cianjur masih punya surga tersembunyi yang layak untuk Anda kunjungi yaitu Muara Cisela. Muara Cisela menjadi salah satu pantai yang sering dijadikan lokasi untuk nyalawena atau menangkap ikan. Tradisi ini biasanya dilakukan di atas tanggal 25. Disamping sering dijadikan kegiatan tradisi, keindahan yang dimilikinya juga akan membius anda. Masih belum banyak dieksplore sehingga alamnya masih terjaga dan asri.

Lokasi: Karangwangi, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

Pantai-pantai cantik yang ada di Cianjur bisa dijadikan destinasi untuk menghabiskan liburan anda. Beberapa pantai memang belum terjamah sehingga sudah dipastikan jika memiliki keindahan yang masih alami dan asri. Bagi Anda yang suka berpetulang tidak ada salahnya untuk melihat sendiri keindahan surga bahari tersembunyi yang dimiliki oleh Cianjur. Jadi sudah tahu ingin mengunjungi pantai yang mana?