Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Gresik, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari Populer, Eksotis & Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Kota Gresik merupakan salah satu daerah di Provinsi Jatim, yang mana sangat terkenal dengan sejuta pesona keindahan alamnya yang sangat menawan dan menakjubkan. Daerah satu ini telah menyimpan segudang destinasi wisata mulai dari wisata darat dan kuliner. Tak lupa ada berbagai wisata pantai tersembunyi yang sangat indah dan sejuk. Anda dapat mengunjunginya sebagai tempat untuk melepas lelah dan penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Tertarik berkunjung ke Kota Gresik? Berikut rekomendasi wisata pantai terhits yang menawarkan pemadangan alam memukau yang sayang jika dilewatkan.

1. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul
Image Credit: Instagram.com @gresiktourism

Objek wisata pertama yang dapat Anda kunjungi, dengan keindahan pemandangan yang ada adalah Pantai Mombhul. Destinasi wisata ini masih terbilang kawasan yang baru dan berada di Pulau Bawean. Meskipun area ini masih terbilang wisata baru, namun keindahan wisatanya tak kalau jauh dengan kawasan wisata pantai lainnya. Bahkan Anda dijamin tidak akan menyesal saat pertama kali tiba di sini.

Terkenal dengan ombak pantainya yang tenang, tak heran banyak orang yang mengunjunginya di sore hari. Sembari menghabiskan waktu dan melepas penat dengan menikmati suara deburan air pantai. Pantai yang memiliki luas sekitar 45 hektar ini, memang masih dalam proses perbaikan dan terus mengalami pembangunan. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung atau wisatawan dari luar kota yang akan berkunjung.

Di area ini telah disediakan beberapa spot foto dan akan terus ditambah, yang mana dapat Anda temukan dan dijadikan sebagai spot instagramable. Spot foto yang disediakan antara lain sarang burung, love, bahkan hingga gardu pandang. Bahkan untuk rencana kedepannya, kawasan ini akan ditambah dan dilengkapi wahana permainan.

Lokasi: Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

2. Pantai Makam Panjang

Pantai Makam Panjang
Image Credit: Twitter.com @inigresik

Destinasi wisata ini memiliki sebuah cerita sejarah, yang mana menurut masyarakat Gresik nama kawasan ini yakni Pantai Makam Panjang. Menurut masyarakat setempat diketahui bahwa ada sebuah makam panjang milik abdi setia dari Sang Adji Saka yang meninggal di kawasan ini. Dalam ceritanya Ia adalah seorang yang menjaga amanat untuk menjaga pusaka dan rela untuk mempertaruhkan nyawanya.

Terlepas dari cerita sejarahnya, Anda dapat menikmati keindahan dan pesona pantainya yang masih asri. Kesan asri dan sejuk ini tercipta dari hijaunya dedaunan pohon, yang mana sangat kontras dengan langit berwarna biru cerah. Ditambah lagi area ini selalu dilalui angin sepoi-sepoi yang secara perlahan menelisik ke dalam tubuh Anda. Dengan keindahan dan kesejukan yang disajikan sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat.

Lokasi: Lebak, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

3. Pantai Kutang

Pantai Kutang
Image Credit: Google Maps (Wahyudi Dwy Purwanto)

Ketika mendengar namanya pertama kali mungkin sedikit vulgar, namun jangan salah ternyata ada sebuah sejarah dibalik nama Pantai Kutang. Katanya dahulu banyak kutang yang berserakan dan warga setempat inisiatif untuk membersihkannya. Hingga pada akhirnya kawasan ini bersih dan dijadikan sebagai objek wisata yang tak kalah menarik dan indah. Sudah banyak sekali pengunjung yang berdatangan untuk menyaksikan keindahan alamnya.

Pantai ini memiliki pesona alam dan pasirnya yang sangat lembut. Bahkan airnya sangat jernih yang menjadi keunggulan dari kawasan ini. Terdapat sebuah jembatan kayu yang menjadi pemanis di kawasan wisata ini. Dapat Anda jadikan sebagai spot foto yang menarik, yang mana dapat disimpan sebagai kenangan . Selain itu, fasilitas yang ada sudah sangatlah lengkap.

Lokasi: Kentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kab. Lamongan.

4. Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara
Image Credit: Instagram.com @aguung8

Pantai Mayangkara merupakan salah satu pantai dengan keindahan pepohonan yang ada di sekitarnya. Dengan berbagai pepohonan yang telah tertanam di sekitarnya, mampu menciptakan dan menawarkan kesan yang sangat indah. Dikarenakan mempunyai pesona yang sangat memikat, objek wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi Anda para penikmat senja dan penggemar foto.

Lokasi: Diponggo, Kec. Tambak, Kab. Gresik.

5. Pantai Tanjung Ghe’en

Pantai Tanjung Ghe’en
Image Credit: Instagram.com @fauziyah_wulandari

Kawasan selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Tanjung Ghe’en. Lokasinya yang berada di Desa Kumalasa, yang mana tidak jauh dari perkotaan. Maka tak heran apabila banyak orang sekitar yang mengunjunginya hanya untuk melepas penat dan lelah setelah seharian bekerja. Namun, jangan salah banyak juga para wisatawan asal kota tetangga yang menyempatkan untuk mampir di objek wisata ini.

Posisinya yang berada kurang lebih 8 km dari Sangkapura, dengan akses yang berbelok-belok membuat Anda akan jauh merasakan sensasi selama di perjalanan. Bahkan lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan seperti sepeda motor, yang mana dapat mempermudah pergerakan untuk sampai di lokasi tujuan. Meskipun melalui perjalanan yang sulit tetapi semuanya akan terbayar dengan keindahan pantainya.

Terkenal dengan nama lain Tanjung Gaang, kawasan pantai ini memiliki hamparan batu-batu karang yang sangat luas. Hal inilah yang menjadi ciri khas dan menambah pesona keindahan dan kesan eksotis di daerah wisata ini. Bahkan air lautnya pun sangat jernih, sehingga dapat membuat Anda dengan mudah untuk melihat keindahan di bawah laut. Seperti ikan yang berlarian dan terumbu karang yang indah.

Lokasi: Kumalasa, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

6. Pantai Karang Kering

Pantai Karang Kering
Image Credit: Facebook.com @rizal dby

Pantai Karang Kering adalah salah satu dari sekian banyaknya pantai di Gresik yang sangat terkenal. Sesuai dengan namanya, pantai ini berlokasi di desa Karang Kering. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa lokasi ini sangat cocok dijadikan atau digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan langit di sore hari. Bahkan area ini dapat Anda jadikan untuk menghabiskan waktu sambil bercengkrama dengan teman.

Di kawasan ini, memiliki sebuah jembatan kayu yang di samping kanan dan kirinya tidak memiliki sisi untuk berpegangan. Bahkan spot ini menjadi area yang banyak dijadikan sebagai tempat berfoto. Dikarenakan Anda dapat berfoto dengan pemandangan sekitar pantai tanpa terhalang apapun. Terkadang di pinggiran pantai juga bersarang banyak kapal-kapal para nelayan. Yang dapat menambah kesan estetik di pantai ini.

Lokasi: Jl. Kapten Darmo Sugondo, Karang Kering, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

7. Pantai Delegan

Pantai Delegan
Image Credit: Google Maps (Den Dik)

Kawasan pantai selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk berlibur dan melepas adalah Pantai Delegan. Berada di daerah Desa Delegan, wisata ini telah menawarkan keindahan dan kecantikan pantainya. Yang mana dapat membuat Anda merasa senang dan betah saat pertama kali mengunjunginya. Saat berada di sini, maka dijamin tidak akan merasa kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan.

Terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang sangat bersih. Membuat banyak orang atau wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata satu ini. Bahkan tak jarang orang dari luar Kota Gresik juga menyempatkan untuk mengunjungi pantai ini. Hal ini disebabkan karena sudah banyak orang yang membicarakan keindahan pemandangan dan bersihnya pasir yang ada di sana.

Ketika Anda sedang berada di sini, dapat melakukan berbagai kegiatan dan menikmati seluruh fasilitas yang sudah disediakan. Fasilitas yang ada sudah lengkap dengan kondisi yang sangat terawat oleh pihak pengelola. Bahkan kawasan ini menjadi area untuk berburu sunrise dan sunset dengan pemandangan yang sangat indah. Dengan keindahan alamnya, mampu membuat Anda merasa nyaman dan dapat menjadi tempat pelepas lelah.

Lokasi: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Kec. Panceng, Kab. Gresik.

8. Pantai Noko Selayar

Pantai Noko Selayar
Image Credit: Twitter.com @bankocbcnisp

Tidak jauh berbeda dengan kawasan pantai lainnya yang ada di Gresik, Pantai Noko Selayar ini juga menyajikan keindahan panorama alam yang sangat menyejukkan mata. Sepanjang mata memandang, maka Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang sangat bersih bahkan sangat jauh dari kata kotor. Untuk sampah-sampahnya pun sangat terjaga oleh pihak pengelola pantainya.

Selain pasir yang bersih, air laut yang ada di sini sangatlah jernih. Bahkan kehidupan di lautnya dapat Anda lihat dengan mata telanjang. Terlihat layaknya seperti kaca, membuat Anda dapat memandang sangat jauh tentang keindahan air lautnya yang sangat tenang. Banyak para wisatawan yang menyatakan bahwa kawasan wisata ini merupakan daerah yang mirip dengan Papuma, hanya saja berada di daerah Jawa.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

9. Pantai Ria

Pantai Ria
Image Credit: Facebook.com @wisatagresik.id

Objek wisata satu ini sedikit berbeda dibandingkan dengan kawasan wisata pantai lainnya. Menawarkan panorama yang agak berbeda, yang mana memiliki keindahan pantai mirip layaknya seperti bahari Klayar. Sedangkan objek wisata satu ini berada di Pantai Ria yang berlokasi di Pandeglang. Dapat Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata untuk melepaskan penat.

Kawasan ini lebih banyak dihiasi hamparan bebatuan karang-karang hitam yang menjulang sangat tinggi. Selain itu, area ini memiliki banyak spot yang dapat Anda jadikan sebagai lokasi berfoto. Tak hanya itu, area ini juga dijadikan sebagai lokasi pengolahan ikan dan rumput laut. Sehingga banyak perahu yang bersandar di pinggiran pantai ini.

Lokasi: Dekatagung, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

10. Pantai Ngemboh

Pantai Ngemboh
Image Credit: Twitter.com @gresiknews

Untuk destinasi wisata pantai yang terakhir adalah Pantai Ngemboh. Objek wisata ini menjadi kawasan favorit yang kerap kali masyarakat setempat kunjungi. Masyarakat menjadikan area wisata ini sebagai tempat ngabuburit atau hanya sekedar menghabiskan waktu di sore hari sambil menikmati keindahan air pantainya yang sangat tenang. Bahkan pemandangan yang disajikannya juga sangat menawan dan indah.

Lokasi: Ngemboh, Kec. Ujungpangkah, Kab. Gresik.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai di Gresik yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk lokasi berlibur. Kawasan wisata yang telah kami sebutkan merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepaskan lelah dan menghabiskan waktu. Sembari menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh alam, maka dapat membuat Anda merasa nyaman. Sudah tertarik untuk mengunjungi pantai yang mana?

REKOMENDASI DESTINASI