10 Wisata Pantai di Indramayu Favorit Dikunjungi Wisatawan

Apa Saja Tempat Menarik di Indramayu? Periksa Daftar Wisata Pantai Terindah di Indramayu, Jawa Barat. Destinasi Wisata Bahari Kaya Pesona, Kekinian dan Paling Hits yang Patut Dikunjungi Saat Liburan Tiba.

Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan laut Jawa, Indramayu dikatakan sebagai daerah yang menyimpan potensi alam luar biasa. Garis pantainya yang melintang cukup panjang, kemudian dimanfaatkan sebagai kawasan wisata yang menawan.

Tawarkan pemandangan indah khas pantai, berhasil memikat hati siapapun yang melihatnya. Berikut 10 pantai terindah di Indramayu yang populer dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Cibugel

Pantai Cibugel

Image Credit: Iklantravel.com

Disebut sebagai destinasi wisata bahari terbaik yang ada di Indramayu, dimana pantainya menjadi tempat bermuaranya Sungai Bugel. Hal yang membuat pantai ini tampak menarik bukan karena warna pasirnya yang terlihat putih bersih, namun karena air laut serta deburan ombaknya yang cenderung tenang. Oleh karenanya, banyak wisatawan yang kemudian tertarik untuk bermain air di sekitar bibir pantainya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai indah satu ini yaitu sore hari. Sebab pemandangan matahari tenggelamnya tampak cantik nan menawan, dan biasa diburu oleh para pecinta fotografi. Tidak mengherankan bila kawasan wisata bahari satu ini, banyak dikunjungi meski bukan di hari libur. Bahkan jumlah pengunjungnya akan semakin meningkat, ketika menjelang akhir pekan ataupun di hari libur panjang.

Lokasi: Sukahaji, Kec. Patrol, Kab. Indramayu.

2. Pantai Karangsong

Pantai Karangsong

Image Credit: Travelblog.id

Bosan dengan wisata bahari biasa? Tampaknya anda harus mencoba mendatangi pantai Karang Song, yang menawarkan liburan unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Selain duduk manis dan berjalan di sekitar bibir pantai, disini pengunjung diajak untuk mengelilingi hutan mangrove yang tumbuh subur di sekitar pesisirnya. Tak perlu khawatir akan merasa bosan, karena terdapat berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat ini.

Salah satu daya tariknya, yaitu keindahan bawah lautnya yang bisa dieksplor oleh wisatawan umum. Untuk bisa menikmatinya, setidaknya membutuhkan perjalanan selama 30 menit menuju Pulau Buaya. Apabila tidak ingin melakukan snorkeling ataupun diving, pengunjung masih bisa berburu ikan segar ataupun memancing untuk melepaskan penat. Di tempat ini pula, pengunjung bisa mencari buah tangan terbaik bagi keluarga di rumah.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Garut Paling Hits

Lokasi: Jl. Wanasari, Karangsong, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu

3. Pantai Solikin

Pantai Solikin

Image Credit: Beritaindramayu.com

Termasuk objek wisata baru, namun sejak awal kehadirannya sudah berhasil memikat hati para wisatawan. Pantai satu ini tampak berbeda, dimana area bibir pantai dibangun tembok bebatuan dan terdapat sederet perahu nelayan yang mempercantik tampilan. Di garis pantainya pula, pengunjung bisa melihat berbagai tanaman mangrove serta beberapa gubuk yang menambah kesan asri.

Hutan mangrove nan cantik tersebut terlihat mengelilingi sepanjang jalan menuju pantai. Bahkan tersedia pula beberapa spot menarik, yang biasa diburu oleh para muda mudi untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Ternyata keindahan pantainya ini tidak hanya terkenal di masyarakat sekitarnya saja, sebab sudah banyak konten yang tersebar di berbagai jejaring sosial tengah membahas pantai cantik satu ini.

Lokasi: Desa Ilir, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramayu.

4. Pantai Tiris

Pantai Tiris

Image Credit: Dharmaayunagari.blogspot.com

Terkenal dengan keindahannya yang tiada dua, sayangnya masih banyak yang belum mengunjungi pantai cantik satu ini. Sebab akses menuju pantai dianggap berbahaya, sehingga masih dibutuhkan perawatan khusus dan perhatian lebih dari pihak pengelolanya. Ketika akses sudah cukup memadai, dijamin pantai ini akan semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Jl. Kali Cilik, Pabeanilir, Kec. Pasekan, Kab. Indramayu.

5. Pantai Lemah Abang

Pantai Lemah Abang

Image Credit: Wikipedia.org

Letaknya yang berdekatan dengan jalur pantai utara, membuat pantai cantik satu ini kerap dikunjungi wisatawan. Bukan hanya karena mudah dijangkau, namun keunikan dari pantainya sendiri berhasil memikat hati siapapun yang melihatnya. Keunikannya terletak pada warna pasirnya yang berwarna merah, dimana warna tersebut terlihat semakin jelas ketika terkena sinar matahari.

Lokasi: Eretan, Kec. Kandanghaur, Kab. Indramayu.

BACA JUGA:  14 Tempat Makan di Bogor Paling Enak & Murah

6. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya

Image Credit: Dianrentcarcirebon.com

Pesona alamnya seakan tak pernah luntur, meskipun terdapat berbagi legenda dan mitos yang mengelilinginya. Semilir angin yang menerpa kulit dengan lembut dan dipadukan dengan deburan ombak pantai, berhasil menghipnotis siapapun yang tengah berkunjung kesana. Pemandangan sunrise dan sunset, merupakan pemandangan yang banyak diburu ketika berkunjung ke pantai cantik satu ini.

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

7. Pantai Tanjung Pura

Pantai Tanjung Pura

Image Credit: Babehhelmi.com

Pantainya yang cukup lapang dan terkesan bersih, berhasil memikat wisatawan agar datang berkunjung. Oleh karenanya, pantai satu ini dianggap cocok dikunjungi bersama dengan keluarga yang memiliki buah hati. Anak anak bisa bermain pasir dengan puas dan bisa berlarian kesana kemari dengan riangnya. Bahkan ombaknya yang tidak begitu besar, pengunjung juga diperbolehkan bermain air di bibir pantainya.

Hanya saja, air lautnya cenderung berwarna cokelat karena memang tidak jauh dari sungai Citarum yang langsung mengalir ke arah laut. Meski begitu, tidak terlihat sedikitpun sampah hasil buangan dari sungai tersebut. Oleh karenanya, pantai satu ini pun tetap terlihat bersih dan terus dijaga kelestariannya. Jumlah wisatawan yang berkunjung pun cukup melimpah, terutama ketika memasuki akhir pekan ataupun liburan panjang.

Lokasi: DesaUjung, Gebang, Kec. Sukra, Kab. Indramayu.

8. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah

Image Credit: Indramayu.top

Salah satu pantai yang tak kalah populer untuk dikunjungi di Indramayu adalah Pantai Balongan Indah. Jaraknya cukup berdekatan dengan pantai Tirtamaya, membuatnya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di hari biasa pun, ada saja wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alamnya. Salah satu alasan pengunjung senang mengunnjunginya, karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Ombaknya yang cenderung tenang, sangat cocok digunakan sebagai lokasi berenang santai maupun sekedar bermain air di sekitar bibir pantainya. Bahkan para orang tua tak perlu khawatir membiarkan putra putrinya bermain di pantai indah satu ini, karena dirasa aman dan nyaman dikunjungi. Terdapat sederet kapal nelayan sekitar yang tengah bersandar di tepi pantainya, seakan menambah kecantikan pemandangan sekitarnya.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Cianjur yang Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

9. Pantai Glayem

Pantai Glayem

Image Credit: Jabarprov.go.id

Cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, dimana kecantikan pantainya dikatakan hampir serupa dengan pantai Indrayanti yang berada di Yogyakarta. Ternyata keindahan pantainya sudah terdengar hingga ke luar daerah, sehingga banyak para pelancong yang sengaja datang dari jauh untuk menikmati keindahannya. Setelah puas menelusuri keindahan pantainya, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner lezat yang ada di dekat kawasan wisatanya sendiri.

Lokasi: Pantai Glayem, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

10. Pantai Dadap

Pantai Dadap

Image Credit: Besoklusa.com

Berlokasi di kabupaten Indramayu, dimana nama pantainya sendiri kerap didengar bagi mereka yang sering melewati jalut pantura. Meski bukan di hari libur, pantai ini kerap kali dikunjungi untuk sekedar melepaskan penat. Bagaimana tidak, disini para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan mempesona yang menawan hati. Bagi para pelancong yang singgah di kota ini, akan sangat disayangkan bila tidak melihat pesona alamnya secara langsung.

Menjelang sore hari, jumlah pengunjung pantainya semakin membludak dan datang tiada henti. Hal ini sebenarnya cukup wajar terjadi, mengingat betapa indahnya pemandangan sekitar pantai ketika matahari perlahan mulai terbenam. Terdapat berbagai fasilitas yang memadai, seakan menambah rasa nyaman saat berlibur dan berasa betah berlama lama disana. Bahkan di sekitar pantai ini, terlihat beberapa penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Lokasi: Juntinyuat, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.

Itulah 10 rekomendasi pantai di Indramayu yang patut Anda kunjungi saat liburan. Dikenal sebagai kawasan yang menyuguhkan pesona alam luar biasa indah, salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini pun seringkali disinggahi oleh para pelancong. Daya tarik utamanya berasal dari letak geografisnya sendiri, yang mampu menghasilkan segudang tempat wisata bahari yang menawan. Para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang masih asri, dirasa cocok dikunjungi saat pikiran sedang suntuk.