DI Yogyakarta

21 Wisata Pantai di Jogja

21 Wisata Pantai di Jogja

Mendengar kata Jogja seolah membawa sebuah kenangan manis tersendiri. Tidak hanya karena tempatnya yang memang spesial namun Jogja dinilai memiliki keistimewaan mulai dai nilai historis hingga tempat wisata pantai di Jogja yang menakjubkan. Bagi traveller, Jogja harusnya menjadi daerah yang wajib dikunjungi. Terutama kalau ingin menjadikan liburan makin berkesan, masukkan nama daerah ini sebagai destinasi tujuan utama, ya! Bila perlu, Anda bisa menulis daftar pantai terbaik yang ada di Jogja.

Pantai identik dengan suasana libur yang dipenuhi dengan aktivitas santai dan menyenangkan. Misalnya seperti berjemur, berenang atau bermain pasir. Selain beberapa aktivitas ini, Anda juga bisa memotret keindahan alam yang tersaji di sana. Belum lagi dengan wisata kuliner yang seolah melengkapi keunikan Jogja.

Salah satu yang paling terkenal adalah pantai Parangtritis. Pantai yang membuat Anda bisa menikmati suasana romantis dengan pemandangan matahari terbenam. Ajak orang tersayang untuk berlibur di tempat wisata Jogja ini.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Yogyakar

Lokasi: Kec. Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Tour-yogyakarta.com

Objek wisata pantai yang paling terkenal di Jogja adalah Parangtritis. Destinasi ini seolah wajib untuk dikunjungi bagi siapa saja yang ingin berlibur ke sana. Apalagi dengan keindahan alam yang terhampar luas seolah cocok untuk siapa saja yang ingin memotret keindahan alam dari pantai tersebut.

Letak pantai ini berada di 27 km dari pusat kota Jogja. Tepatnya berada di Jalan Parangtritis km 28, Bantul. Anda bisa mengunjunginya tiap hari dari pagi hingga sore.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Lookjogja.blogspot.com

Wisaya pantai yang tak kalah tersohor adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini biasanya dikunjungi ketika musim liburan dan ke Gunungkidul. Bahkan keindahan dari pantai indrayanti sudah begitu terkenal hingga mancanegara. Sebutan lain pantai ini adalah pantai romantis karena suasa alam yang begitu sejuk dan cocok untuk tempat wisata berbulan madu bagi pasangan muda.

Lokasi pantai terbilang strategis karena berada di di sisi timur dari Pantai Sundak. Kedua pantai dibatasi oleh perbukitan karang dan memiliki bentang pasir putih yang mempesona.

3. Pantai Timang

Pantai Timang Yogyakarta

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Mytrip123.com

Nama yang unik untuk pantai yang indah. Pantai Timang adalah destinasi wisata yang dalam perjalanan menuju ke sana cukup menantang. Sebab, medan yang akan dilalui terbilang terjal dan berbatu. Jalan batuan di sepanjang perjalanan masuk hingga ke pantai tiang ini seperti pecahan karang yang cukup tajam dan lancip dengan jalan yang juga bergelombang. Tetap untuk keindahan pantainya juga tak kalah dengan yang lain.

Pantai Timang berada di kawasan pantai indah Gunung kidul. Karena kondisi jalan yang cukup sulit menjadikan para pengunjung yang datang tidak sebegitu banyak.

4. Pantai Ngelambor

Pantai Ngelambor Yogyakarta

Lokasi: Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Tempatwisata.co

Disebut sebagai pantai cantik karena destinasi wisata ini dikelilingi oleh dua bukit kapur yang mempesona. Para pengunjung bisa naik ke bukit dan melakukan aktivitas ringan seperti selfie atau sekadar menikmati pemandangannya. Anda akan leluasa untuk memandang keindahan alam tanpa terhalang apapun.

Lokasinya berada di Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus. Tidak hanya dari Indonesia tetapi banyak wisatawan yang datang dari luar negeri juga. Anda bisa mendapatkan pemandangan alam bawah laut sebagai spot snorkeling terbaik.

5. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Lokasi: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Traveloka.com

Ada satu ciri yang membedakan pantai ini dengan yang lain yakni memiliki pemecah ombak atau tetrapod yang menjorok. Pengunjung bisa melihat dan merasakan bagaimana deburan ombak yang terbawa angin dengan lebih dekat. Sementara di atas pemecah ombak ini para pemancing biasanya akan melemparkan umpan untuk sambaran ikan.

Letak Pantai Glagah berada di Desa Glagah, kecamatan Temon. Selain cantik, pantai ini juga terkenal di Kulon Progo. Anda bisa berlibur dengan suasana tenang.

6. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu Yogyakarta

Lokasi: Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Dakatour.com

Pantai dengan nama Pasir Kadilangu ini merupakan tempat wisata yang romantis. Ada beberapa spot foto selfie yang cukup populer. Akses menuju ke lokasi juga terbilang mudah karena jalannya sudah baik dan mudah dijangkau.

Lokasinya berada di Jangkaran, Temon. Tempat wisata ini dibuka dari tahun 2016 tepatnya pada bulan Mei. Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

7. Pantai Depok

Pantai Depok Yogyakarta

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Tempatasik.com

Salah satu pantai yang ada di Kabupaten Bantul adalah Pantai Depok. Pantai ini tidak hanya ramai dikunjungi para wisatawan yang akan mengambil banyak potret alam. Tetapi warga juga datang karena pantai depok mejadi pusat kuliner laut.

Letak pantai ini berada di Jalan Pantai Depok, Parangtritis. Anda bisa mencicipi hidangan laut dan melepas kepenatan karena bekerja.

8. Pantai Pandansari

Pantai Pandansari

Lokasi: Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Njogja.co.id

Wisata pantai berikutnya ternyata dilirik karena adanya mercusuar yang gagah di pinggir pantai. Untuk bsia masuk ke mercusuar ini Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang melingkar dan berujung di puncak. Pemandangan diatas mercusuar tentu menjadi target wisatawan yang datang.

Pantai Pandansari berada di Sanden, Gadingsari. Letaknya juga tak sulit untuk ditemukan karena banyak warga yang telah mengenalnya.

9. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Lokasi: Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Aldebaranhomestay.com

Nama pantai Goa Cemara ini ternyata karena adanya tumpukan pohon cemara yang terbentuk seperti goa dan mulut goa yang berlubang. Mulut goa inilah yang merupakan gerbang masuk untuk bisa mengakses menuju lokasi pantai.

Lokasi pantai ini berada di kawasan Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden. Anda bisa menikmati pemandangan antai dengan nuansa goa di bawah pohon cemara yang cukup rimbun.

10. Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Lokasi: Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Flickr.com

Sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini dulunya merupakan hamparan lahan pasir dengan rumah-rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan. Namun akhirnya oleh masyarakat di sekitar ditanami sebuah pohon cemara udang. Sekarang pantai Pandansimo berubah 180 derajat menjadi tempat wisata pilihan.

Pantai Pandansimo berada di Jalan Pandansimo, Kecamatan Srandakan. Pantai yang dikenal mistis karena sering dijadikan sebagai tempat melakukan tirakat sejak zaman Raja Hamengkubuwono ke VIII.

11. Pantai Baros

Pantai Baros Yogyakarta

Lokasi: Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Alodiatour.com

Jika Anda mendengar pantai ini sebagai tempat wisata yang baru, maka memang harus dikunjungi. Sebab, Anda bisa menikmati sunset dengan sempurna. Di Pantai Baros juga terdapat kawasan hutan mangrove yang eksotis. Cocok dikunjungi untuk mereka yang gemar berfoto.

Lokasinya ada di Tirtohargo, Kecamatan Kretek. Anda bisa menikmati kesejukan berada di pantai sekaligus mendapat spot foto indah yang alami.

12. Pantai Baru

Pantai Baru Yogyakarta

Lokasi: Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjatourandtransport.com

Nama pantai ini seolah menunjukkan keadaannya yang juga realitf masih bersih, bebas polusi dan nyaman. Kerindangan pohon cemara udang yang ada di pantai ini juga cocok untuk piknik keluarga. Pemandangan yang ditawarkan makin unik dengan adanya tugu selamat datang.

Lokasi pantai berada di Poncosari, Srandakan. Anda bisa melihat pemandangan yang tiada duanya. Jangan lupa membawa kamera canggih untuk mengabadikan momen liburan Anda.

13. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Lokasi: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Alodiatour.com

Pantai Watu Kodok memberi pemandangan indah dengan nuansa alaminya. Bisa dibilang eksotis karena memang masih baru dan tak terlalu banyak dijangkau para wisatawan. Dinamakan watu kodok karena pantai ini memiliki batu karang yang taman dan menyerupai kodok.

Anda bisa mendatangi pantai watu kodok yang berada di Desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari. Aksesnya juga sangat mudah karena masih masuk dalam wilayah pantai baron. Tertarik untuk mengunjunginya?

14. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng Yogyakarta

Lokasi: Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Blog.reservasi.com

Objek wisata pantai ini memiliki sejarah yang unik. Pantai Sadeng dipercaya merupakan muara sungai bengawan Solo Purba yang pernah mengalir ke arah selatan di zaman dulu. Pantai ini satu dari banyak jajaran pantai yang ada di Gunungkidul.

Lokasinya berada di Songbanyu, Girisubo. Anda bisa sampai di lokasi dengan bantuan google maps karena sudah terdaftar disana. Mudah, kan?

15. Pantai Seruni

Pantai Seruni

Lokasi: Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Lensanasrul.com

Pasti tak akan asing mendengar pantai Seruni. Tempat ini memang salah satu dari puluhan pantai indah yang ada di jejeran wisata pantai tepatnya di Gunungkidul. Dengan view yang tak kalah cantik, Anda bisa mengabadikan sunset disini. Juga dengan adanya deburan ombak yang memberi kesan romantis.

Pantai Seruni berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Letaknya ada di sisi timur pantai Pok Tunggal. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena aksesnya cukup sulit.

16. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Lokasi: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Alodiatour.com

Berkunjung ke Jogja untuk berlibur di pantai memang menjadi agenda yang menyenangkan. Namun tidak hanya Parangtritis yang begitu terkenal, Anda bisa mengunjungi Pantai Ngobaran yang diapit oleh dua pantai cantik yang ada di sisi barat yakni pantai Nguyahan dan juga di sisi timur pantai Ngrenehan. Ada yang berbeda dari Pantai Ngobaran yakni tidak ada pasir putih disana tetapi ada tebing yang curam dan menjadi pemandangan sangat eksotis.

Lokasinya berada di Desa Kanigoro, Saptosari. Pantai yang terkenal dengan nuansa bali ini memiliki pura khas Bali yang diketahui sebagai tempat ritual penganut kepercayaan tertentu.

17. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu

Lokasi: Nglaos, Kec. Dukuh Wiroso, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Jogjatransport.co.id

Nama pantai yang unik dan menjadi pantai yang masih begitu asri dan alami. Pantai ini bahkan disebut sebagai surga yang tersembunyi karena memang Anda bisa menikmati pengalaman berlibur dan pemandangan yang berbeda.

Pantai Wohkudu ini berada di Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso. Tepatnya ada di sisi timur Pantai Kesirat. Tiket masuk pantai ini juga cukup terjangkau yakni Rp. 3000/orang dan parkir motor sebesar Rp. 2000/orang.

18. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen

Lokasi: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Eksotisjogja.com

Dengan pemandangan indah luar biasa, pantai Sanglen memberi Anda sebuah tempat wisata yang masih alami dan asri. Di bibir pantai ini Anda bisa berteduh dan menemukan tanaman pohon cemara yang cukup lebat serta banyaknya pertumbuhan. Tidak hanya pohon cemara yang ada di pinggiran pantai tetapi Anda bisa melihat laut luas yang berwarna biru.

Lokasi pantai berada di Kemadang, Tanjungsari. Pantai ini juga berdekatan dengan pantai Pok Tunggal yang sudah ada di google maps. Dengan begitu, Anda akan mudah menemukan lokasi wisata ini.

19. Pantai Gesing

Pantai Gesing

Lokasi: Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pantainesia.com

Wisata pantai bernama Gesing ini terbilang menjadi wisata pantai yang begitu cantik dan menawarkan pemandangan yang tak bisa dielak keindahannya. Jika Anda ingin bertualang ke pantai ini seolah merupakan pilihan tepat untuk melepas kepenatan dari aktivitas seharian.

Pantai Gesing berada di Padukuhan Panjolomulyo, Desa Girikarto. Selain memancing, Anda bisa menikmati memotret keindahan alam yang tersaji di pantai gesing.

20. Pantai Mbirit Gunung Kidul

Pantai Mbirit Gunung Kidul

Lokasi: Krambil Sawit, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Eksotisjogja.com

Pantai Mbirit yang khas ini merupakan pemandangan yang masih begitu alami. Tak banyak pengunjung yang datang karena emang aksesnya masih sulit. Butuh melewati jalanan yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki dan menguras tenaga. Pantai Mbirit bisa ditempuh dengan susur pantai dan melalui jalan setapak.

Lokasinya berada di Desa Krambil Sawit. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Butuh. Anda bisa menemukan titik lokasi tepatnya melalui google maps.

21. Pantai Kukup

Pantai Kukup

Lokasi: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Njogja.co.id

Dengan keindahan alam yang berasal dari perpaduan bukit karang dan pantai berpasir putih, Pantai Kukup ini benar-benar menakjubkan. Pantai yang diapit oleh sebuah bukit kapur yang ada di sekitar pantai serta adanya batu karang raksasa dengan lokasi yang agak menjolok ke laut.

Lokasinya dihubungkan oleh jembatan. Tepatnya berada di Kemadang, kabupaten Gunung Kidul. Pantai Kukup juga diapit oleh Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Selama perjalanan untuk sampai di pantai ini Anda bisa melihat pepohonan rindang yang membuat sejuk dan adanya hembusan angin laut di sekitar pantai ditambah dengan biota laut beragam ikan hias dan berwarna indah.

Jika berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta, jangan lupa untuk singgah di salah satu rekomendasi wisata pantai di Jogja bersama keluarga dan kerabat.