Tertarik Liburan ke Pantai? Periksa List Wisata Pantai Terbaik di Kebumen, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Populer & Terhits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan.

Indonesia yang menjadi negara kepulauan membuatnya kaya akan wisata baharinya. Ada banyak pantai pantai cantik yang siap untuk dijelajahi ketika liburan tiba. Begitu juga jika Anda berencana untuk mengunjungi Kebumen, kota ini memiliki beberapa pantai menawan yang harus dikunjungi.

Menghadirkan panorama alam yang memukau, dijamin Anda tak akan menyesal saat berpetualang ke daerah ini. Lebih lengkapnya, berikut deretan wisata pantai favorit di Kebumen yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong
Image Credit: Twitter.com @fiestaradio_

Pantai Karangbolong menjadi destinasi wisata bahari di Kebumen yang kondang. Begitu Anda menginjakkan kaki di pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mempesona. Memang pantai satu ini tidak memiliki pasir putih seperti pantai lainnya, namun justru pantai hitamnya membuat wajah Karangbolong makin eksotis.

Dinamakan dengan Pantai Karangbolong, karena ada karang besar yang di tengah tengahnya berlubang. Pengunjung bisa melalui lubang ini untuk menjangkau sisi pantai yang lain. Karang yang bolong inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. Mengunjungi pantai ini maka Anda bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Lokasi: Karangbolong, Kec. Buayan, Kab. Kebumen.

2. Pantai Menganti

Pantai Menganti
Image Credit: Instagram.com @mhnirosnita

Objek wisata bahari selanjutnya yang juga terkenal dan wajib untuk didatangi adalah Pantai Menganti.Panorama jempolan bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi pantai satu ini yang juga menjadi ikon dari Kebumen. Dihiasi oleh hamparan air laut yang buru dan juga dekat dengan pusat kota membuat Pantai satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

Kondisi pantainya yang bersih dan nuansanya yang masih asri semakin menambah daftar panjang mengapa pantai ini harus dikunjungi. Pantai Menganti juga dikelilingi perbukitan yang membuat siapa saja akan betah berlama lama di pantai ini. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik.

Salah satunya dengan mengintip keindahan pantai cantik di Kebumen ini dari atas bukit. Anda bisa melewati jembatan merah untuk tiba di bukit tersebut. Menariknya di bagian barat terdapat bukit Bidadari yang menyajikan pemandangan 4 buah air terjun. Panorama yang indah ini juga telah dilengkapi dengan beberapa wahana yang menarik.

Lokasi: Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

3. Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo
Image Credit: Facebook.com @asliwongkebumen

Pantai Laguna Lembupurwo bisa Anda jadikan tujuan wisata bahari selanjutnya. Pantai ini termasuk dalam pantai yang terkenal di Kebumen. Sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari wisata bahari dengan banyak spot foto instagramable. Pantai satu ini dilengkapi dengan pasir kecoklatan yang begitu lembut di kulit.

Yang paling menarik, pantai satu ini memiliki laguna seperti namanya. Terdapat juga gumuk pasir serta pohon bakau yang rimbun lengkap dengan hutan cemaranya. Mengunjungi pantai ini Anda bisa bersantai sembari menikmati pemandangan menawannya. Belum lagi Anda juga bisa berendam atau bermain air di lagunanya.

Lokasi: Desa Lembupurwo, Kec. Mirit, Kab. Kebumen.

4. Pantai Bopong

Pantai Bopong
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai di Kebumen yang juga memiliki pemandangan tak kalah cantik selanjutnya adalah Pantai Bopong. Pantai Bopong memiliki panorama eksotis dengan pasir pantainya yang berwarna hitam. Di tengah tengah hamparan pasirnya terbentuk laguna yang bisa digunakan untuk bermain air atau juga berendam sembari menikmati pemandangannya.

Berendam sembari memandang gulungan ombak yang menjilat pasir tentunya menenangkan. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang asri juga turut menambah keindahan pantai ini. Menariknya, pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk di pantainya. Karena Pantai Bopong masih belum menetapkan biaya retribusi selain biaya parkir.

Laguna yang terbentuk ini membentuk seperti sungai kecil yang juga dikelilingi dengan bukit bukit hijau. Daya tarik lainnya, Pantai Bopong menawarkan banyak spot swafoto yang berlatarkan pemandangan yang menawan. Tak hanya itu Anda juga bisa menikmati pesona ilalang dan gardu pandang yang membuat Anda leluasa menatap keindahan alamnya.

Lokasi: Surorejan, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

5. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis
Image Credit: Twitter.com @tyaa_diningrat

Wisata bahari Anda di Kebumen belum selesai, karena Anda masih harus mengunjungi Pantai Surumanis. Lokasi pantai ini masih terbilang tersembunyi, sehingga Anda membutuhkan perjuangan untuk menjangkaunya. Tetapi keindahannya akan sanggup melepas semua lelah yang melanda Anda.

Pantai satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang tinggi, sebab medannya yang terbilang terjal. Pantai Surumanis dikelilingi oleh perbukitan tinggi dan juga hijau. Membuat pantai ini semakin menawan dan layak untuk jadi bidikan kamera Anda. Selain itu ada banyak spot swafoto, sekalipun fasilitasnya masih terbilang terbatas.

Pantai Surumanis menawarkan nuansa yang tenang dan nyaman. Alamnya yang masih terjaga, membuat airnya begitu jernih. Suara deburan ombak dan belaian angin membuat Anda harus berhati hati ketika berenang. Liburan bersama teman atau keluarga bahkan pasangan akan sangat berkesan mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

6. Pantai Lampon

Pantai Lampon
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Lampon memang masih menjadi pantai yang baru. Kendati demikian pesona yang dimilikinya berhasil menarik perhatian pecinta bahari. Objek satu ini masih belum banyak dikunjungi, sehingga wajar jika Anda akan menemukan suasana pantai yang tenang dan asri. Pasir putih yang halus akan menyambut Anda ketika melepaskan alas kaki.

Bukan hanya itu, Pantai Lampon juga memiliki goa serta bukit Wanalela yang menjadi daya tarik tambahannya. Anda bisa menjadikan Lampon sebagai lokasi berburu foto foto yang keren. Pasalnya, terdapat jajaran kapal tradisional dengan spot spot lain yang tak kalah menarik. Jika ingin habiskan banyak waktu, Anda bisa ngecamp di pantai Lampon ini.

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

7. Watu Bale

Watu Bale
Image Credit: Twitter.com @arfathah

Lokasinya yang dekat dengan pantai Lampon, menjadikan Watu Bale tujuan tak kalah menarik selanjutnya. Anda akan disuguhkan dengan gardu pandang yang bentuknya seperti menara Eiffel. Selain itu juga terdapat bukit titanic yang menjadikannya sebagai spot swafoto andalan. Watu Bale sangat cocok untuk Anda yang gemar berburu foto menawan.

Lokasi: Pasir, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

8. Petanahan

Petanahan
Image Credit: Instagram.com @nanangtribudiharjo

Apakah sebelumnya Anda sudah mendengar Pantai Petanahan? Wisata bahari satu ini tidak luput dari misteri serta legenda yang berkaitan dengan asal usulnya. Sekalipun memiliki banyak mitos, tetapi pantai satu ini menjadi pantai dengan panorama sunsetnya yang menakjubkan. Ombak pantai Petanahan terbilang tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk berenang.

Lokasi: Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen.

9. Pantai Bocor

Pantai Bocor
Image Credit: Instagram.com @sultanaishuddi

Wisata pantai Bocor di Kebumen tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di kota satu ini. Dinamakan pantai Bocor karena memang lokasinya yang berada di Desa Bocor. Kendati pantai satu ini masih terbilang baru, tetapi keindahan yang ditawarkan akan membuat siapapun berdecak kagum. Gulungan ombak yang menyapu pasir putihnya sangat sayang dilewatkan.

Belum lagi suasananya yang tenang dan asri, akan membuat Anda betah berlama lama di pantai satu ini. Yang paling dinantikan, sunset pantai Bocor begitu indah dan wajib untuk Anda sempatkan. Cakrawala orange berpadu dengan suara debur ombak lengkap dengan belaian angin pantainya sayang untuk dilewatkan. Tenang saja pantai satu ini sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai.

Lokasi: Godi, Setrojenar, Kec. Buluspesantren, Kab. Kebumen.

10. Pantai Pacaron

Pantai Pacaron
Image Credit: Google Maps (Yadna Lala)

Wisata bahari di Kebumen masih belum akan berakhir, tenang saja pecinta wisata bahari akan sangat puas. Pantai selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah pantai Pacaron. Pantai satu ini mendapatkan julukan sebagai The Hidden Paradise. Julukan ini tentunya sangat tepat, mengingat panorama bahari yang ditawarkan begitu eksotis.

Pantai Pacaron memang tidak dianugerahi dengan pasir putih yang lengkap. Pasir pantainya cenderung hitam keabu abuan. Suasananya yang tenang, akan membuat siapapun enggan untuk pulang. Karena Pantai Pacaron memang masih terbilang baru seakan Anda berada di pantai pribadi. Dan justru hal inilah yang menjadikan pantai Pacaron wajib untuk Anda kunjungi.

Lokasi: Srati, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

11. Pantai Setrojenar

Pantai Setrojenar
Image Credit: Twitter.com @primanianan

Pantai Setrojenar menjadi pantai yang tidak pernah sepi, terutama ketika musim liburan tiba. Jajaran payung warna warni dengan gelaran tikar di bawahnya menjadi pemandangan yang akan Anda temukan. Bukan hal yang mengherankan, karena pantai Setrojenar memang memiliki pesona alam memukau yang tak bisa dilewatkan.

Memiliki pasir coklat yang lembut dengan gulungan ombak sedang membuat pantai satu ini begitu eksotis. Bukan hanya itu, Pantai Setrojenar juga sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai. Anda bisa menemukan kolam pancuran untuk anak dan arena bermain anak. Sangat cocok untuk Anda yang liburan bersama dengan keluarga.

Berbagai fasilitas menarik juga bisa Anda lakukan di pantai satu ini. Salah satunya adalah menaiki kuda untuk menjelajah keindahan Pantai cantik ini dari sudut yang berbeda. Jika Anda ingin menikmati pantai ini lebih leluasa, Anda bisa datang di hari biasa. Karena ketika musim liburan ataupun akhir pekan tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Godi, Setrojenar, Kec. Buluspesantren, Kab. Kebumen.

12. Pantai Tegal Retno

Pantai Tegal Retno
Image Credit: Google Maps (Ch Sumartono)

Apakah Anda penikmat sunset? Jika iya, maka Anda tidak boleh melewatkan pantai satu ini. Pantai Tegal Retno terkenal dengan panorama sunsetnya yang memikat. Tidak hanya perihal gambar semesta berwarna jingga saja, Anda juga bisa menemukan banyak hal menarik. Seperti adanya laguna, sungai lengkap dengan jembatan yang memudahkan pengunjung untuk tiba di pantai.

Lokasi: Tegalretno, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen.

13. Pantai Sawangan

Pantai Sawangan
Image Credit: Twitter.com @bambangirwant12

Penjelajahan bahari di Kebumen akan semakin lengkap jika mengunjungi pantai satu ini. Pantai Sawangan akan menyuguhkan panorama yang tidak akan bisa Anda tawar. Menginjakkan kaki di pantai ini, Anda bisa melihat kuasa sang Maha. Hamparan pasir coklat dengan air laut kebiruan akan memanjakan indera penglihatan Anda.

Gugusan bukit yang mengelilinginya juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. pantai Sawangan sudah terkenal di kalangan masyarakat Kebumen sendiri. Apalagi selain memiliki panorama yang indah, Pantai Sawangan juga memiliki hal menarik lainnya. Sederet spot unik keren seperti laguna hingga air terjun bisa Anda temukan di pantai ini.

Lokasi: Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

14. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk
Image Credit: Instagram.com @soim_mc

Pantai Suwuk lokasinya tidak jauh dari pantai Karang Bolong. Sehingga Anda bisa sekalian mengunjunginya setelah dari Karang Bolong. Panorama eksotis bisa Anda dapatkan di pantai Suwuk. Ombak yang dimiliki pantai ini memang terbilang besar, tetapi ketika menabrak karang memberikan keindahan tersendiri.

Pantai ini memang sempat tergerus gelombang pasang dan membuatnya harus mengalami perbaikan. Tetapi pasca perbaikan justru pantai ini menjadi pantai yang paling lengkap. Sejumlah fasilitas juga turut disematkan untuk membuat pengunjung semakin nyaman. Fasilitas tersebut seperti kolam renang, wahana permainan hingga kebun binatang.

Lokasi: Desa Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen.

15. Pantai Logending

Pantai Logending
Image Credit: Instagram.com @kebumenzone

Sebagai penutup perjalanan Anda menjelajah bahari Kebumen, Anda bisa mengunjungi Pantai Logending. Pantai satu ini memiliki pemandangan muara sungai yang berbeda dari pantai lainnya. Anda bisa menaiki perahu untuk bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Beberapa spot juga sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Desa Ayah, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

Itulah beberapa wisata pantai di Kebumen yang tidak boleh Anda lewatkan. Masing masing pantai memiliki keindahan dan juga ciri khas tersendiri. Memang masih ada banyak pantai lainnya yang juga menarik dikunjungi, tetapi yang disebutkan merupakan yang paling favorit. Jadi pantai mana dulu yang akan Anda kunjungi?