Jawa Tengah

16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya

 

Apa yang anda ingat jika mendengar kata Semarang? Selain Lawang Sewu yang begitu identik dengan cerita mistis, kota ini tentu memiliki banyak daya tarik yang bisa anda jelajahi. Seperti tempat-tempat wisata yang dipugar dan dijaga keunikannya. Ada Klenteng Sam Poo Kong, ada kawasan simpang lima, brown canyon dan masih banyak lagi. Namun, satu hal yang juga tak boleh terlewat adalah wisata pantai yang ada di Semarang bisa disebut sebagai kekayaan alam yang melimpah ruah.

Berwisata pantai juga menjadi wisata andalan para wisatawan asing yang datang berkunjung. Hal ini juga disebabkan karena Indonesia sendiri diketahui menjadi negara dengan wisata alam indah yang diakui oleh berbagai penjuru dunia. Letak geografis yang menguntungkan kita dengan kekayaan alam. Tetapi ini juga salah satu alasan mengapa sering terjadi gempa dan gunung meletus di Indonesia.

Jika merujuk pada beberapa pantai andalan yang dimiliki Indonesia, Pantai Kuta mungkin yang paling sering kita dengar. Padahal hampir di tiap wilayah memiliki pantai indah yang bisa menjadi daya tarik utama di sana. Semarang tak kalah indah seperti halnya di Jogja dengan pantai Parangtritis, ada juga pantai Malang Selatan dan lain sebagainya. Berikut daftar tempat wisata pantai di Semarang dan sekitarnya yang layak Anda kunjungi.

1. Pantai Marina

Pantai Marina

Lokasi: Yos Sudarso, Kec. Tawang Sari, Kab. Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisataholik.com

Menjadi Pantai yang paling populer, Pantai Marina ini letaknya benar-benar mudah dicapai oleh turis karena dekat dari pusat kota atau dari bandara. Jarak yang dibutuhkan hanya sekitar 15 hingga 30 menit saja. Pantai ini cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga atau berolahraga dan bermain air bersama anak-anak. Anda bisa menemukan banyak pepohonan yang menjadikan pantai marina ini terasa sejuk meski lokasinya berada di pinggir laut.

Pantai Marina berada di Jalan Yos Sudarso, Semarang. Untuk mengaksesnya, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Ada fasilitas yang bagus yang bisa anda gunakan di sana. Pantai Marina seolah menjadi ikon wisata dari Semarang sehingga siapa saja yang datang tentu tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pantai Marina.

2. Pantai Baruna

Pantai Burana

Lokasi: Kec. Tanjung Bringin, Kab. Semarang Utara, Jawa tengah. – Image Credit by Eljohnnews.com

Termasuk sebagai pantai yang baru, panta ini dulunya merupakan tempat rekreasi yang sekarang sudah tidak ada lagi. Setelah bangunan dibongkar, pantai Baruna makin terekspose dan keindahan alamnya makin terlihat. Ada ilalang yang indah dan batu pemecah ombak yang berjejer di tepi pantai. Meski sekarang pantainya makin populer, tetapi akses menuju pantai ini masih belum baik dan lici ketika musim penghujan.

Letak Pantai Baruna berada di Pelabuhan Mas Tanjung Bringin. Anda bisa mengaksesnya melalui jalan masuk arteri pelabuhan-bandara. Nanti setelah perempatan Puri Anjasmoro, anda bisa menemukan perempatan pertama kemudian belok kiri.

3. Pantai Cipta

Pantai Cipta

Lokasi: Cipta Timur, Kec. Bandarharjo, Kab. Semarang Utara, Jawa Tengah. – Image Credit by Dolandolen.com

Pantai di Semarang memang terkenal karena keindahan alamnya yang dulu tidak difungsikan sebagai pantai tetapi sebagai tempat rekreasi lain. Pantai Cipta berwarna coklat dan lautnya begitu biru. Meski jalur ke pantai Cipta ini masih belum mumpuni tetapi beberapa wisatawan juga tetap menyukainya. Letak pantai berada di belakang terminal peti kemas dan bukan dikondisikan sebagai tempat wisata. Maka dari itu ada yang menyebutnya sebagai pantai peti kemas.

Lokasi pantai ini berada di Jalan Kw. Cipta Timur, Bandarharjo. Anda bisa sangat betah karena suasana yang tenang bisa anda temukan di Pantai Cipta. Jangan lupa untuk membawa kamera canggih untuk mengabadikan liburan anda di pantai ini. Terutama ketika matahari tenggelam, anda bisa mendapatkan warna oranye yang begitu sempurna.

4. Pantai Tirang Menco Wedung

Pantai Tirang Menco Wedung Semarang

Lokasi: Menco, Kec. Wedung, Kab. Demak, Jawa Tengah. – Image Credit by Anekawisataseru.net

Pantai ini berada di Demak yang cara mengaksesnya pun tidak biasa. Agar bisa mencapai patainya yang begitu indah, anda harus menaiki perahu dan melewati Desa Menco terlebih dahulu. Barulah di sepanjang jalan anda bisa menikmati pemandangan hutan bakau yang berada di kawasan pantai ini sebelum memang benar-benar tiba di pantai Menco. Air lautnya terlihat masih begitu alami, terlihat biru.

Pantai Tirang Menco Wedung ini berada di Desa Menco Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Pantai ini dikenal juga karena digunakan sebagai desa nelayan dan hutan bakau. Cukup banyak wisatawan yang datang berkunjung. Sayangnya pantai Tirang ini dirasa kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat dan terkesan kumuh.

5. Pantai Maron

Pantai Maron

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kab. Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Piknikasik.com

Yang juga cukup populer di Semarang adalah pantai Maron. Sama seperti pantai Marina, pantai ini juga terkenal karena akses yang mudah dan dekat. Para wisatawan asing atau mereka yang datang dari luar kota bisa berangkat dari bandara atau dari perumahan Graha Padma. Bahkan saking populernya, pantai ini makin ramai di hari libur baik oleh turis domestik atau mancanegera.

Pantai Maron berada di Tugu, bersebarangan dengan pantai Tirang. Jika dari bandara Ahmad Yani, jaraknya sekitar 3 km dari jalan raya. Sementara dari tugu muda, anda bisa naik angkutan umum jurusan Mangkang atau Ngaliyan dan berhenti di Jerakah.

6. Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen Semarang

Lokasi: Tambakmulyo, Kec. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasenibudaya.com

Menjadi tempat favorit masyarakat khususnya Kebumen, pantai Suwuk Kebumen ini memiliki bibir pantai yang landai dengan pasir kecoklatan. Hal ini dikarenakan bibir pantai yang landai dimanfaatkan untuk bermain bola kaki atau bola voli pantai. Bahkan hanya untuk sekadar berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Juga menjadi hal menarik adanya bangkai pesawat boeing 737 milik dari Garuda Indonesia yang dijadikan sebagai tempat teater dan pelengkap Wahana Dirgantara Suwuk. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Suwuk Kecamatan Puring.

7. Pantai Morosari Sayung Demak

Pantai Morosari Sayung Demak

Lokasi: Bedono, Kec. Sayung, Kab. Grobogan, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatasia.com

Masih dengan pantai yang mudah diakses dari jalan raya, Pantai Morosari Sayung Demak ini memiliki pemandangan indah. Bahkan ada beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh pantai lainnya seperti hutan mangrove, restoran terapung dan fasilitas mumpuni lainnya.

Lokasi pantai ini berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung. Tiket masuk pantai ini seharga Rp. 5000. Sementara sewa perahu ke hutan mangrove seharga Rp. 15.000. Tak ada salahnya untuk membawa bekal agar bisa dinikmati selama di perjalanan atau saat tiba di lokasi wisata.

8. Pantai Empu Rancak Jepara

Pantai Empu Rancak Jepara Semarang

Lokasi: Karanggondang, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Id.wikipedia.org

Salah satu pantai yang dikelola dengan baik dan terlihat begitu bersih adalah Pantai Empu Rancak Jepara. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam dengan menikmati tempat makan seafood yang segar. Anda juga bisa menikmati hasil laut sesuai dengan keininan apakah dibakar, digoreng atau direbus.

Lokasi dari pantai berada di Karanggondang, Mlonggo. Jaraknya kurang lebih 20 km atau sekitar 30 menit dari Jepara. Pantai Empu Rancak Jepara cukup terkenal karena pemandangan alamnya yang masih terjaga dan bebas dari polusi.

9. Pantai Ngebum Kendal

Pantai Ngebum Kendal Semarang

Lokasi: Mororejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Wawanwawa.blogspot.com

Wisata pantai yang ada di Semarang berikutnya adalah pantai Ngebum Kendal. Pantai ini disertai dengan pemandangan ombak tinggi dan cukup keras. Letaknya ada di dekat dermaga dan beberapa kesibukan penduduk lokal terlihat disana. Anda bisa berkunjung tiap hari untuk melihat keindahannya yang tersaji di depan mata.

Letak pantai berada di Desa Mororejo, Kendal. Dimana membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara dari Kota Semarang. Harga tiket masuk pantai adalah Rp.3000 per orang dan biaya parkir Rp. 2000 per kendaraan. Biaya masuk yang terbilang sangat terjangkau dengan pemandangan memukau.

10. Pantai Cahaya Kendal

Pantai Cahaya Kendal

Lokasi: Klampok, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Kickstory.net

Dari namanya saja sudah cantik, ya? Pantai Cahaya ini memiliki banyak wahana wisata seru. Misalnya saja seperti kebun binatang mini, kolam renang hingga pertunjukan lumba-lumba. destinasi yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga tentunya.

Pantai Cahaya berada di Klampok, Kendal dimana para wisatawan bisa datag untuk berbagai macam wisata kuliner di sana. Ada keseruan yang tak bisa didapatkan di pantai lainnya. Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp. 30.000.

11. Pantai Moro

pantai moro

Lokasi: Gubugsari, Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Youtube.com (Pasti Kepo)

Pantai yang tak boleh terlewatkan saat anda berkunjung ke Semarang adalah Pantai Moro. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dari atas. Sayangnya akses menuju tempat wisata ini cukup ekstrem dan sarana prasarana belum begitu memadai.

Lokasi pantai ini berada di Gubugsari, Gempolsewu. Sebaiknya anda menyiapkan kondisi badan yang fit agar tidak kelelahan di perjalanan menuju Pantai Moro. Mengingat jalanan cukup ekstrem.

12. Pantai Karangmalang

Pantai Karangmalang

Lokasi: Karangmalang Wetan, Kec. Kangkung, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Organizerkendal.blogspot.com

Indonesia memang dianugerahi kekayaan wisata alam di tiap daerah. Semarang memiliki Pantai Karangmalang yang menakjubkan. Sayangnya memang pantai ini belum begitu populer dan akses jalannya juga cukup sulit. Kurang lebih 1 km menuju pantai kondisinya adalah jalan setapak untuk dilalui motor.

Lokasinya berada di Desa Laban atau Desa Karangmalang. Pantai ini memiliki daya tarik dengan dipenuhi tanaman ketela serta rasa yang unik. Kondisi alamnya juga masih begitu terjaga.

13. Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan

Lokasi: Tegalan Pidodo Kulon, Kec. Kendal, Kab. Kendal, Jawa Tengah. – Image Credit by Eksapedia.com

Pantai Muara Kencan sama seperti pantai kebanyakan yang memiliki laut lepas dengan pemandangan alam indah. Ada banyak pohon cemara dan menjadi sangat menarik ketika dalam keadaan surut. Anda bisa bermain-main di tengah pantai dengan keluarga. Sayangnya memang untuk sampai di lokasi tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Lokasi pantai berada di jalan Laut, Tegalan Pidodo Kulon. Kalau anda ingin singgah sejenak dan menikmati waktu santai, wisata ini cocok untuk dikunjungi.

 14. Pelabuhan Tanjung Mas

Pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Lokasi: Coaster, Kec. Tanjung Mas, Kab. Semarang Utara, Jawa Tengah. – Image Credit by Republika.co.id

Yang perlu anda ketahui adalah Pelabuhan Tanjung Mas ini cukup terkenal di seantero Semarang. Bahkan bisa jadi menjadi tempat ternama di Jawa Tengah. Disini tempat untuk aktivitas bongkar muat peti kemas dan pemandangan dari kapal-kapal kontainer berukuran jumbo memang lazim ditemukan. Untuk wisatawan yang tinggal jauh dari pantai, anda bisa menyempatkan diri berjalan-jalan di kawasan Pelabuhan Tanjung Mas ini. Santai dan menikmati aktivitas warga sekitar cukup membuat lega.

Lokasinya berada di Jalan Coaster, Tanjung Mas. Bagi mereka yang suka memotret kegiatan atau aktivitas warga maka anda bisa datang ke sini dan menemukan beragam aktivitas.

15. Kawasan Tambaklorok

Kawasan Tambaklorok

Lokasi: Tambak Mulyo, Kec. Semarang Utara, Kab. Semarang, Jawa Tengah. – Image Credit by Semarangdaily.com

Satu lagi yang unik dari Semarang yakni adanya kawasan Tambak lorok. Kawasan ini memang diketahui menjadi kawasan pantai di Kota Semarang. Terkenal karena sering terkena banjir roba atau banjir pasang air laut. Meski daerahnya terkesan kumuh namun ternyata kawasan ini akan dijadikan sebagai percontohan kampung bahari. Sebagian besar warga yang tinggal disana memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Dalam beberapa tahun ke depan dijadikan sebagai kampung wisata bahari dan wisatawan bisa melihat bagaimana proses pembangunan kampung wisata yang digarap oleh pemerintah kota namun dibantu pemerintah pusat. Lokasinya berada di Jalan Tambak Mulyo kecamatan Semarang Utara.

16. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Lokasi: Jl. Jepara-Bangsri Bandengan, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Piknikasik.com

Meski memang secara adminstrasi dari Kota Semarang tetapi Pantai Bandengan tak jauh dari Semarang. Anda bisa mengunjungi pantai yang berada di perbatasan dua wilayah ini sehingga jaraknya memang tak terlalu sulit untuk dijangkau. Nama asli pantai ini adalah Pantai Tirta Samudera dan menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Jepara.

Letaknya berada di Jawa Tengah dimana para pengunjung biasanya sangat suka untuk berenang. Kebersihannya juga terjaga sehingga membuat siapa saja betah untuk berada di tempat wisata ini. Ada fasilitas lengkap yang juga bisa anda gunakan.