5 Wisata Pantai di Subang yang Hits & Populer

Wisata Pantai Subang

Ingin Liburan ke Pantai? Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Subang, Jawa Barat. Objek Wisata Pantai Populer, Eksotis & Terhits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Menyaksikan Pesona Alam yang Luar Biasa.

Jalur pantai utara menjadi salah satu kawasan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, baik dari luar maupun dalam negeri. Subang merupakan kota dengan sederet wisata menarik yang tak boleh Anda lewatkan, salah satunya wisata pantai. Ada sekitar beberapa pantai dengan daya tarik unik yang tak dapat Anda temukan di kawasan wisata lainnya. Berikut daftar wisata pantai di Subang yang menarik Anda jelajahi.

1. Pantai Kelapa Patimban

Pantai Kelapa Patimban

Image Credit: Facebook.com @rulle.maticuzztom

Seperti namanya, kawasan ini memiliki pesona utama pohon kelapa yang tumbuh di sederet pinggir pantai. Paduan keindahan pantai dan pohon kelapa yang tinggi menjulang membuat siapa saja betah untuk duduk di sekitarnya. Tumbuhan tinggi yang berdaun cukup lebat ini cocok sebagai tempat berteduh dan melepas lelah setelah berjalan jalan di sepanjang bibir pantai.

Menariknya, bagian daratan dari pantai ini sangat luas sehingga bisa dipakai berjalan jalan oleh para wisatawan. Anda juga bisa memakai area tersebut untuk bermain voli pantai bersama teman teman. Kawasan yang cukup luas ini membuat Anda bisa melakukan permainan yang membutuhkan anggota sebanyak tiga orang dengan bola voli sebagai alatnya.

Selain berjalan jalan, wisatawan juga bisa berenang di kawasan pantai yang terkenal aman karena ketenangan ombaknya. Menariknya, hal itu juga didukung dengan pantai yang landai sehingga membuat siapa saja tidak perlu was was saat bermain air. Akan tetapi, para orang tua yang membawa anak anaknya ke pantai ini harus tetap waspada saat mereka bermain di bibir pantai.

Para wisatawan bisa bermain di area pantai dengan pilihan yang beragam, seperti perahu atau sky boot. Anda bisa menyusuri sepanjang pantai dengan perahu yang disewakan oleh pengelola pantai Kelapa Patimban. Selain itu, sky boot juga akan menambah pengalaman Anda yang tak kalah menarik dan menantang adrenalin saat menyusuri pantai.

Seakan tidak cukup, pengelola pantai juga memberikan fasilitas area pemancingan yang bisa memuaskan para mancing mania. Anda bisa menangkap ikan dan membakarnya sekaligus bersama rekan atau keluarga. Terasa semakin lengkap bila santapan ini dinikmati dengan kesegaran air kelapa yang diambil langsung dari pohon yang tumbuh di sekitar pantai.

BACA JUGA:  Bukit Bintang Bandung, Menikmati Pemandangan Alam di Puncak Paris Van Java

Lokasi: Patimban, Kec. Pusakanagara, Kab. Subang.

2. Pantai Cirewang

Pantai Cirewang

Image Credit: Twitter.com @zonasubang

Lokasi dari pantai satu ini tidak jauh dari pantai sebelumnya, sehingga memudahkan Anda bila ingin berkunjung ke dua tempat sekaligus. Bahkan Pantai Cirewang diklaim sebagai salah satu wisata yang masih sangat asri dan terawat. Lokasi ini selalu dijaga dengan cukup ketat oleh masyarakat sekitar agar lingkungannya tetap terjaga secara baik.

Di setiap sudut lokasi wisata terdapat tempat sampah, sehingga kebersihan pantai ini dapat dipastikan sangat terjaga. Para wisatawan yang datang akan merasa puas dan panorama yang disuguhkan tidak akan rusak karena lingkungan yang kotor. Selain itu, dilihat dari segi kesehatan juga aman karena tidak terancam berbagai bakteri dari sampah yang menumpuk.

Pesona alam yang ditonjolkan dari pantai ini tentu dari segi kelestarian dan pepohonan yang tumbuh secara terawat. Itulah sebabnya lokasi ini sangat banyak pohon, sehingga terasa lebih sejuk dan dapat memanjakan mata para pengunjung. Anda dapat melepas penat dari kesibukan yang cukup padat, sehingga kembali segar dan dapat berakitvitas secara normal.

Tak hanya itu, di pantai ini juga terdapat tumbuhan bakau yang tumbuh cukup rapat di salah satu area. Dengan begitu, kawasan perairan jadi lebih tenang dan terhindar dari abrasi yang dapat mengikis daerah daratan secara perlahan lahan. Hutan bakau ini juga mulai dilirik sebagai spot foto prewedding masyarakat sekitar yang tampak eksotis.

Daya tarik lainnya yang tak kalah menarik, yaitu adanya Teluk Siadon yang cocok dipakai sebagai tempat memancing. Tak hanya itu, pihak pengelola juga telah melengkapi Pantai Cirewang dengan ekowisata yang menarik. Beberapa di antaranya, yaitu kolam sepeda air dan jalur jembatan kayu serta bambu yang cocok dipakai untuk berjalan jalan.

Lokasi: Pangarengan, Kec. Pamanukan, Kab. Subang.

3. Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali

Image Credit: Twitter.com @farizandihadip

Tempat satu ini memiliki sejarah yang cukup menarik bila dipelajari lebih lanjut, terutama oleh umat Islam. Dahulunya, lingkungan di sekitar pantai ini menjadi lokasi dakwah dan musyawarah para wali. Oleh sebab itu, nama untuk pantai ini memiliki makna rumah para wali karena pondok berarti rumah dan bali plesetan dari kata wali.

BACA JUGA:  Rumah Pohon Jatiasih, Wisata Alam & Outbond Kekinian di Bekasi

Lokasi wisata ini menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, baik dari dalam maupun luar kota. Tak heran di setiap akhir pekan selalu dipenuhi oleh para pengunjung, karena banyak yang ingin menikmati keindahan pantai ini. Anda akan disuguhi deburan ombak yang menenangkan hati dan lingkungan sekitar yang sangat asri.

Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini, yaitu bermain voli pantai di area daratan yang cukup luas. Bagi anak anak, tersedia kawasan bermain yang aman sehingga para orang tua bisa membiarkannya bermain sendirian. Bila Anda suka bermain pasir, maka akan mendapat pengalaman baru yang luar biasa karena pasir di pantai cenderung lebih gelap daripada pantai lainnya.

Tak kalah menarik, bagi para mancing mania juga dapat memuaskan hobinya di satu tempat yang sama. Telah tersedia fasilitas kolam pemancingan lengkap beserta persewaan alat pancing yang bisa dipakai oleh wisatawan. Di lokasi ini, Anda bisa mendapat berbagai jenis ikan dan membawanya pulang sebagai oleh oleh untuk keluarga atau teman dekat.

Lokasi: Mayangan, Kec. Legonkulon, Kab. Subang.

4. Pantai Plentong

Pantai Plentong Subang

Image Credit: Google Maps (Sulaiman 87)

Seperti layaknya pantai yang ada di kawasan pantai utara laut Jawa, kawasan satu ini menyuguhkan ombak sedang dan stabil. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati suasana yang sangat tenang untuk menjernihkan pikiran dan hati. Dengan begitu, liburan di tempat ini dapat membuat Anda segar kembali dan dapat menjalani aktivitas di pekan mendatang.

Daya tarik yang disuguhkan untuk para pengunjung, yaitu spot terbaik untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Hangat mentari dan pemandangan saat warna jingga tertoreh di langit menandakan mentari perlahan lahan naik. Para pecinta sunrise tentu tidak boleh melewatkan momen terbaik satu ini dan harus diabadikan sebagai bentuk kenang kenangan.

Tak heran bila pantai ini disebut Plentong yang berarti matahari terbit dalam bahasa Jawa. Anda bisa berkunjung di pagi hari bila ingin menikmati momen terbaik tersebut. Selain itu, para wisatawan juga dapat menginap agar tidak melewatkan panorama cantik tersebut. Itulah sebabnya di sekitar lokasi pantai ini terdapat penginapan yang dibanderol murah.

Semburat jingga di langit itu diperindah dengan siluet hutan bakau yang berjajar rapat di salah satu sisi pantai. Selain menambah keindahan Pantai Plentong, hutan bakau ini juga jadi penjaga ekosistem dan membuat perairan menjadi lebih tenang. Oleh sebab itu, pohon yang telah berusia kurang lebih 5 tahun ini tetap dijaga dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Cadas Gantung di Majalengka

Fasilitas lain yang tersedia untuk wisatawan, yaitu gubuk gubuk di sepanjang bibir pantai. Anda bisa memakainya untuk melepas lelah dan menikmati laut lepas dengan ombak yang bergulung gulung di kejauhan. Tak kalah menarik, sepeda air juga bisa dinikmati oleh para wisatawan mulai dari anak anak hingga dewasa dengan durasi sekitar dua putaran.

Lokasi: Tanjung Pura, Patimban, Kec. Pusakanagara, Kab. Subang.

5. Pantai Pondok Putri

Pantai Pondok Putri

Image Credit: Facebook.com @moehammad.firmansyah

Lokasi pantai satu ini tidak jauh dari Pantai Pondok Bali, tetapi jarang pengunjung yang datang ke tempat ini. Hal itu disebabkan oleh lokasinya yang cukup terpencil dan akses jalan yang cukup sulit. Anda tidak bisa memakai kendaraan bermotor, seperti mobil untuk masuk ke kawasannya karena jalan cukup terjal dan belum tersedia area parkir yang memadai.

Setelah memarkir motor, Anda masih harus berjalan sekitar 1 km dari area rumah warga ke tempat wisata yang dimaksud. Itulah sebabnya banyak orang yang enggan ke pantai satu ini atau bahkan belum tahu lokasi tepatnya. Jalan yang ditempuh cukup menantang adrenalin karena banyak bebatuan dan tidak ada pengaman untuk dijadikan pegangan saat berjalan.

Menariknya, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa dan setimpal dengan jalur atau perjalanan yang dilalui. Para wisatawan yang telah menempuh jalan jauh tidak akan merasa sia sia atau kecewa dengan suguhan panoramanya. Deburan ombak yang dapat menenangkan dan lingkungan yang masih terjaga mampu memuaskan mata Anda.

Tak hanya itu, lokasi ini juga sangat sepi dari pengunjung sehingga cocok dipakai untuk menyepi dari hiruk pikuk perkotaan. Anda bisa mengunjunginya di pagi hari untuk melepas penat dan menyepi dari kesibukan yang padat. Akan tetapi, para pengunjung juga harus membawa peralatan dan bekal makanan dari rumah karena fasilitas yang tersedia belum terlalu lengkap.

Lokasi: Legonwetan, Kec. Legonkulon, Kab. Subang.

Menikmati wisata bahari di kawasan Pantura laut Jawa memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan. Kabupaten Subang memiliki sederet rekomendasi pantai terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kawasan ini. Lokasinya saling berdekatan dengan daya tarik yang berbeda beda, sehingga memberikan kesan yang menarik di setiap tempat yang dikunjungi.