19 Wisata Pantai di Sukabumi Favorit Dikunjungi Wisatawan

Wisata Pantai Sukabumi

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi Wisata Bahari Terbaru yang Eksotis, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Sukabumi.

Menghabiskan waktu liburan bisa dilakukan dengan banyak hal yang menarik. Mulai mengunjungi tempat hiburan hingga wisata alam yang sangat banyak di Indonesia. Salah satu pilihan wisata yang banyak dikunjungi untuk menghabiskan liburan adalah pantai.

Untuk kamu yang berada di Sukabumi, Jawa Bara, ada beberapa pantai cantik yang wajib untuk dikunjungi. Lebih lengkapnya simak ulasan mengenai 19 pantai cantik di Sukabumi yang favorit dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Image Credit: Wikipedia.org

Nama pantai satu ini tentunya tidak asing dan menjadi pantai yang populer di Sukabumi. Pelabuhan Ratu tak hanya tersohor namun juga memiliki pemandangan yang mengagumkan. Bahkan karena keindahan panoramanya yang dimiliki berhasil membuat pengunjung dalam maupun luar negeri mengunjunginya. Selain untuk melihat keindahannya, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai cantik ini.

Kamu yang memiliki hobi surfing maka tidak akan menyesal mengunjungi pantai satu ini. Ada beberapa spot surfing yang terkenal memiliki ombak yang bagus untuk seperti. Spot tersebut diantaranya Karang Sari, Karang Haji, Sunset beach, Ujung Genteng hingga Cimaja dan spot lainnya. Ketika bulan Mei dan juga Oktober spot spot tersebut ramai dikunjungi untuk wisatawan yang akan surfing dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi Regency.

2. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu

Image Credit: Sky-adventure.com

Pantai Karang Hawu menjadi salah satu pantai yang favorit dan banyak dikunjungi. Pantai ini memiliki ciri khas dengan pantai yang luas dan juga bukit karang menjorok ke laut. Di sepanjang garis pantai kamu bisa melihat hamparan pasir putih yang membendang. Paduan pasir putih dan birunya air laut menjadi hal yang akan memanjakan indera kamu. Belum lagi bebatuan dan juga tebing karangnya yang membuat tempat ini begitu mengaggumkan.

Selain memang memiliki keindahan alam yang kaya, para pengunjung biasanya juga berlama lama untuk menyaksikan sunset yang mempesona. Ketika kamu mengunjungi pantai ini dan ingin berburu pantai berpulang, maka sebaiknya kamu datang ketika mendekati sore hari. Di akhir pekan pantai ini biasanya akan semakin banyak pengunjung dan melakukan beragam aktivitas untuk menghabiskan liburan. Jangan lupa untuk mengambil foto sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Caringin, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

3. Pantai Cipatuguran

Pantai Cipatuguran

Image Credit: Pinterest.com

Pantai satu ini masih dalam satu kawasan dengan pantai Pelabuhan Ratu. Selama perjalanan menuju perjalanan Anda sudah akan disuguhi pemandangan yang indah. Apalagi kita tiba di pantai Cipatugurun, Anda akan diharikan pemandangan yang indah. Fasilitas yang disediakan di pantai ini juga terbilang memadai, Anda bisa menyewa perahu sampan untuk menikmati keindahannya. Terutama sunsetnya yang begitu mempesona dan menakjubkan.

Lokasi: Jl. Pelita – Cipatuguran, Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

4. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya

Image Credit: Indonesiakaya.com

Dinamakan pantai Cibuaya karena dulu daerah pantai ini memang banyak dihuni oleh buaya muara. Kamu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tidak ditemui hewan reptil satu ini. Pantai Cibuaya masuh memiliki kondisi yang bersih dan juga asri dan banyak dikunjungi. Fasilitas yang ada di pantai Cibuaya juga terbilang lengkap.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Kawah Ratu Gunung Salak Bogor yang Memukau

Pantai Cibuaya juga tidak kalah populer dengan pantai di Sukabumi yang lainnya. Yang membuat pantau ini begitu menarik adalah adanya air yang jernih serta ombak yang tenang. Sehingga di pantai ini kamu bisa melakukan aktivitas seperti menyelam atau snorkeling. Apalagi karang dan juga biota lautnya masih terbilang terjaga sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling. Ombaknya yang tenang juga akan membuat kamu merasa aman.

Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan yang mengagumkan, kamu sebaiknya datang ketika pagi atau sore hari. Mengingat pantai Cibuaya menawarkan keindahan sunrise dan sunset yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun demikian kamu tetap harus memperhatikan cuacanya sehingga akan lebih baik jika datang saat musim kemarau. Di akhir pekan biasanya pantai ini akan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab.  Sukabumi.

5. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

Image Credit: Hotelmurah.com

Pantai Ombak Tujuh menjadi pantai yang paling populer terutama di kalangan wisatawan yang hobi surfing. Mengingat pantai ini memang memiliki ombak yang indah dan besar. Kamu akan menyaksikan bagaimana ombak datang silih berganti dan puas melakukan surfing. Tak hanya tu kamu juga bisa melihat akuarium alami, dimana ikan kecil atau biota laut yang lainnya terjebak di antara batu karang karena tersapu oleh ombak.

Lokasi: Cibenda, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi.

6. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Image Credit: Wwf.or.id

Mengunjungi pantai satu ini, kamu bisa berkesempatan untuk bertemu penyu hijau. Jika beruntung kamu bisa melihat mereka yang sedang bertelur. Yang membuat pantai ini semakin istimewa adalah pasir yang dimilikinya. Pasir dari pantai Pangumbahan memiliki kandungan Silika yang tinggi. Biasanya pasir ini digunakan sebagai bahan untuk membuat kaca maupun keramik. Di pantai ini juga terdapat penangkaran penyu hijau yang bisa kamu kunjungi.

Lokasi: Jl. Cipinang-Gunung Batu, Pangumbahan, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

7. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban

Image Credit: Yukpiknik.com

Pantai satu ini masih terbilang baru namun berhasil menarik perhatian banyak orang karena keindahannya. Pantai Cibangban memiliki pasir putih yang kecolkatan dengan air pantai yang jernih. Membuat kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain air atau sekedar berlarian di pinggir pantai. Selain itu pemandangan dan suasananya masih terbilang asri dan bersih. Kamu pasti akan betah berlam lama menikmati pantai ini saat berkunjung.

Lokasi: Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

8. Pantai Citepus

Pantai Citepus

Image Credit: Gloob-online.com

Pantai Citepus menjadi pantai yang sangat tersohor dan lokasinya juga dekat dengan Pelabuhan Ratu. Lokasinya yang strategis inilah yang membuat pantai satu ini begitu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Mempunyai panjuang pantai hingg 5 km membuat kamu bisa melakukan banyak hal di pantai ini. Apalagi garis panjang ini juga dilengkapi dengan hamparan pasir pantai yang putih dan juga landai.

BACA JUGA:  Bukit Baros, Menikmati Keindahan & Kesejukan Hutan Pinus di Sukabumi

Lokasi: Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

9. Pantai Cipanarikan

Image Credit: Backpackology.me

Pantai ini sering juga disebut dengan pantai Muara Cipanarikan karena memiliki hamparan pasir yang bersih dan luas. Pantai ini memiliki pasir putih kecolkatan yang memiliki tekstur yang lembut. Kamu juga bisa menemukan hutan bakau di Pantai Cipanarikan ini sehingga keindahannya semakin bertambah. Memang untuk menuju pantai ini kamu haru melakukan perjalanan panjang, namun semua akan terbayar lunas ketika kamu sampai di pantai ini.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

10. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Image Credit: Travelblog.id

Untuk memuaskan hobi surfing yang kamu miliki, kamu bisa mengunjungi Pantai Cimaja yang juga memiliki ombak yang besar. Kebanyakan yang surfing di sini memang dari pengunjung luar negeri. Keindahan pantai dan juga sunset dari pantai satu ini juga mengagumkan. Sehingga untuk kamu yang ingin menantang adrenalin dengan surfing, pantai Cimaja wajib masuk dalam daftar list yang harus kamu kunjungi.

Lokasi: Cimaja, Kec. Cikakak , Kab. Sukabumi.

11. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari

Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Karang Sari merupakan pantai yang terbilang tersembunyi namun aksesnya bisa dikatakan mudah untuk dijangkau. Pantai ini memiliki banyak wahana air yang bisa kamu jajal untuk membuat liburan kamu semakin seru dan menyenangkan. Kamu juga bisa melakukan kegiatan surfing mengingat pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Karang Sari juga terbilang lengkap dan juga memadai.

Lokasi: Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi.

12. Pantai Penganten

Pantai Penganten

Image Credit: Kurniayusup.blogspot.com

Jika kamu ingin mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang cantik, Pantai Penganten bisa menjadi alternatif. Pantai ini juga memiliki spot spot foto menarik yang bahkan sering dijadikan lokasi prewedding. Terdapat dua pulau kecil yang membuat pantai satu ini diberikan nama penganten atau dalam pengantin. Lokasinya juga mudha untuk dijangkau membuat banyak yang mengunjungi pantai cantik ini.

Lokasi: Puswasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

13. Pantai Ujung Genteng

Image Credit: Gotravelly.com

Satu lagi pantai yang terkenal di Sukabumi, yakni pantai Ujung Genteng. Pantai ini meskipun terkenal namun masih belum banyak yang mengunjungi. Sehingga kamu bisa mendapatkan pemandangan cantik namun masih asri dan terjaga. Tidak hanya menawarkan pemandangan cantik lengkap dengan pasir putih dan air jernih. Kamu juga bisa bertemu dengan ikan, rumput laut, bintang laut dan biota laut kecil yang  biasanya tertinggal di Karang.

Apabila kamu ingin berenang, sebaiknya berhati hati mengingat pantai ini memiliki ombak yang terbilang besar. Di Pantai ini kamu juga bisa melihat puing puing dermaga yang merupakan sisa zaman BelAnda lengkap dengan Mercusuarnya. Fasilitas yang ada di Pantai Ujung Genteng juga terbilang lengkap dan memadai. Kamubisa menemukan tempat makan, toilet, tempat ibadah dan juga penginapan dengan harga yang relatif terjangkau.

BACA JUGA:  20 Mall di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

14. Pantai Minajaya

Image Credit: Mediaindonesia.com

Pantai Minajaya merupakan kawasan pantai yang juga memiliki perkampungan untuk nelayan. Sehingga selain kamu bisa melihat pemandangan yang masih asri, kamu juga bisa membeli hasil tangkapan nelayan. Yang membuat pantai Minajaya begitu mempesona adalah hadirnya bayu karang yang diselimuti tumbuhan. Ketika melihatnya dari jauh nampak hijau dan memukau. Pantai ini juga menyediakan wisata kuliner yang layak kamu coba.

Lokasi: Pasiripis, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

15. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang

Image Credit: Senengpiknik.com

Pantai satu ini sangat cocok untuk kamu yang berniat berlatih surfing. Ombak yang dimiliki pantai Cikembang sangat cocok untuk yang ingin melatih kemampuan surfingnya. Di pantai ini kamu bisa menemukan gua karang dengan air laut yang jernih. Di pinggiran pantai juga banyak ditumbuhi pohon rindang sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Sebelum memasuki kawasan pantai kamu akan menemuka perkampungan Nelayan yang bisa kamu beli hasil lautnya.

Lokasi: Pasir Baru, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

16. Pantai Amandaratu

Pantai Amandaratu

Image Credit: Surade.co.id

Memiliki nama seperti resortnya yakni Amandaratu Resort kamu harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai pantai ini. Pantai satu ini mirip dengan Tanah Lot Bali yang juga memiliki pulau pulau kecil di tengah perairan. Untuk bisa menikmati keindahan pantainya lebih lama, kamu bisa menginap di resortnya. Pemandangan matahari terbenam dan terbit begitu menawan, sehingga kamu bisa dapatkan ketika menginap.

Lokasi: Jl. Raya Ujung Genteng, Purwasedar, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi.

17. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi

Image Credit: Smanistravelers.blogspot.com

Kamu yang ingin berenang di pantai, tidak dianjurkan untuk mengunjungi pantai satu ini. Sebab Pantai Cicaldi memiliki ombak yang tinggi bahkan hingga mencapai 15 meter. Namun soal keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Pantai ini juga bisa dikatakan sebagai pantai Karang Bolong, karena memang memiliki karang bolong, rumput luas dan juga tebing tinggi. Lebih baik kamu datang ketika pagi hari sebelum air laut pasang.

Lokasi: Cicaladi, Sukatani, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

18. Pantai Batu Naga

Image Credit: Penjajakata.com

Disebut dengan pantai Batu Naga karena memang memiliki bebatuan yang mirip dengan punggung naga. Bauan ini terbentuk karena sedimentasi yang sudah jutaan tahun lalu. Membuat pantai ini sering mendapatkan kunjungan peneliti, mahasiswa maupun wisatawan.Selain memiliki batuan unik yang kerap dijadkan lokasi swafoto, pemandangan Pantai Batu Naga juga sangat cantik dan mempesona.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi.

19. Pantai Keusik Urug

Pantai Keusik Urug

Image Credit: Pariwisata-sukabumi.blogspot.com

Pantai cantik satu ini memang belum banyak didengar oleh masyarakat. Namun pantai ini memiliki pemandangan yang begitu mengagumkan.Kamu bisa melihat perahu milik nelayan yang berjejar dengan air tenang dan pasir yang membentang. Memang pantai ini tidak memiliki pasir putih namun pasirnya memiliki kandungan besi. Belum lagi kamu juga bisa berwisata kuliner di Pantai Keusik Urug ini.

Lokasi: Buniasih, Kec. Tegal Buleud, Kab. Sukabumi.

Keindahan pantai di Sukabumi memang tidak diragukan lagi. Ada banyak pantai pantai cantik yang menawarkan berbagai hal unik yang dimilikinya. Jika kamu sedang di Sukabumi tidak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai pantai cantik ini. Namun perlu diingat untuk selalu menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan. Mengingat ada beberapa pantai yang memang masih sangat asri dan harus terus dijaga.