15 Wisata Pantai di Surabaya yang Hits & Populer

 

Wisata Pantai di Surabaya

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terbaik di Surabaya, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Terindah, Eksotis, Hits dan Populer yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya memang terkenal dengan julukan kota metropolitan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan modern yang berdiri kokoh, serta padatnya lalu lintas di sepanjang kota. Meskipun begitu, Surabaya tidak luput dari objek wisata alam yang menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi.

Bahkan tidak sedikit terdapat wisata pantai yang kini sedang hits dan populer di berbagai kalangan. Berikut deretan wisata pantai di Surabaya yang bisa Anda pilih untuk liburan yang berkesan.

1. Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran

Image Credit: Twitter.com @hafif_puye

Penat dengan aktivitas harian yang melelahkan? Tidak perlu khawatir, dengan mengunjungi salah satu wisata bahari di Surabaya bernama Pantai Ria Kenjeran bisa jadi solusi terbaik. Bisa dikatakan destinasi wisata satu ini paling banyak direkomendasikan oleh masyarakat sekitar. Bahkan tidak jarang pula terdapat orang dari luar daerah yang jauh jauh datang hanya untuk bertandang kesini.

Pasalnya, wisata bahari di Surabaya ini seringkali dianggap mirip dengan Pantai Ancol yang terletak di Jakarta. Apalagi dengan pemandangannya yang sangat indah, mampu membuat siapa saja terpesona tatkala memandangnya. Menariknya lagi, tak hanya menyuguhkan pemandangan semata, pihak pengelola juga menyediakan sederet fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Image Credit: Instagram.com @aditjangkung

Wisata bahari selanjutnya yang bisa Anda kunjungi tatkala bertandang ke Surabaya yaitu Pantai Klayar. Dengan panorama yang sangat indah, tak ayal jika Pantai Klayar menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong. Bahkan ketika pertama kali menginjakkan kaki disini, Anda akan disambut dengan keindahan batu karang yang menjulang tinggi.

Hebatnya lagi, ketinggian batu karang ini hampir sama dengan pohon kelapa yang berada di pinggiran pantai. Batu karang inilah yang digunakan sebagai ikon dari Pantai Klayar. Bukan sekedar untuk dipandang semata, tidak jarang pula pengunjung yang datang mendakinya guna menyaksikan pemandangan dari bentangan birunya air laut dan hamparan pasir putih nan memukau.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

3. Pantai Papuma

Pantai Papuma

Image Credit: Facebook.com @garudaindonesia

Pantai Papuma merupakan salah satu destinasi wisata bahari paling digemari oleh para pelancong, baik itu dari dalam maupun mancanegara. Hal ini tidak lain, pemandangan eksotis yang ditawarkan dari pantai. Terutama pesona air lautnya nan membiru serta pasir putih yang masih terjaga alami, membuat Pantai Papuma semakin memikat.

Ditambah lagi dengan adanya bebatuan karang yang tersebar di berbagai bagian tepi pantai, pastinya membuat pantai semakin menggoda untuk dikunjungi. Tidak sedikit pula para wisatawan yang datang memanfaatkan bebatuan tersebut sebagai spot foto yang instagenik. Selain bebatuan, pemandangan eksotis pantai juga layak digunakan latar belakang foto yang sangat menarik.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

4. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Image Credit: Twitter.com @wahyushant

Tak kalah cantiknya dengan Pantai Papuma, destinasi wisata bernama Pantai Buyutan ini pun menyuguhkan pemandangan yang indah nan eksotis. Terletak cukup jauh dari pusat kota, Pantai Buyutan memang sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menenangkan diri. Dengan suasana sepinya, Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda dibandingkan dengan wisata bahari lainnya.

Laut biru yang membentang luas dan hamparan pasir putih nan bersih, mampu membuat siapa saja merasa nyaman dan betah untuk berlama lama disini. Meski tidak dilengkapi dengan fasilitas yang mewah, namun di lokasi ini Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan seru lainnya. Mulai dari berenang, snorkeling, bermain air, bermain pasir, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

5. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak

Image Credit: Instagram.com @gililabak.id

Pantai Gili Labak terletak di salah satu pulau kecil di seberang Kota Surabaya. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, sehingga masih belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai satu ini. Meskipun begitu, masih banyak pengunjung yang datang kesini hanya untuk menyaksikan secara langsung keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Gili Labak.

Jernihnya air laut menggoda siapa saja yang datang untuk nyebur di dalamnya. Tidak perlu khawatir mengenai ombaknya, karena masih cukup tenang dan tidak berbahaya jika digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Bahkan tidak jarang orang yang menganggap pantai ini tidak kalah indah dengan Pantai Likupang yang ada di Manado, Sulawesi Utara.

Lokasi: Jl. Pulau Gili Labak, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

6. Pantai Plengkung atau Pantai G-Land

Pantai Plengkung atau Pantai G-Land

Image Credit: Instagram.com @experience.banyuwangi

Perlu Anda ketahui, jika Pantai Plengkung ini masuk ke dalam daftar “The Seven Giant Waves Wonder”. Tak hanya itu saja, Pantai G-Land yang terletak di daerah Surabaya ini juga dinobatkan sebagai pantai terbaik se-Asia Tenggara. Penobatannya ini tidak lain karena keindahan yang ditawarkan pantai, sungguh ampuh memikat perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apalagi dengan ombaknya yang cukup besar, seringkali dimanfaatkan untuk olahraga surfing. Jika diukur, mungkin ketinggian ombak yang dimiliki oleh Pantai Plengkung ini mencapai angka 5 hingga 6 meter. Tak ayal jika wisata bahari ini menjadi favorit para peselancar. Selain itu, Anda pun bisa berenang dengan puas di bibir pantai bersama dengan orang tersayang.

Lokasi: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi.

7. Pantai Nambangan

Pantai Nambangan

Image Credit: Facebook.com @donnytriutomo

Berdekatan dengan Pantai Kenjeran, Pantai Nambangan menyuguhkan pemandangan yang sangat berbeda. Dimana tatkala menginjakkan kaki disini, Anda akan menjumpai deretan perahu nelayan yang telah berjajar rapi. Hal ini dikarenakan Pantai Nambangan sangat dekat dengan Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Barisan perahu nelayan ini membuat suasana pantai tampak lebih ramai dibandingkan dengan pantai sebelumnya. Meskipun begitu, tidak sedikit para pengunjung yang datang kesini memanfaatkannya sebagai spot foto yang menarik. Bahkan tak hanya perahu saja, Anda pula dapat menjumpai bebatuan koral menarik yang tersebar di setiap sudut pantai.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Cumpat Kulon Baru I, Tanah Kali Kedinding, Kec. Kenjeran, Kota Surabaya.

8. Pantai Bulak

Pantai Bulak

Image Credit: Google Maps (Arif khunaifi)

Sejatinya wilayah Pantai Bulak ini merupakan pemukiman nelayan. Namun di tahun 2016, pemerintah setempat telah menyulap daerah ini menjadi destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi kala liburan tiba. Anda pun bisa menyaksikan secara langsung aktivitas yang dilakukan oleh para nelayan di pinggiran Surabaya ini.

Terdapat pula jembatan warna warni yang dibuat khusus untuk memberikan akses kepada para pengunjung menikmati keindahan dari Pantai Bulak. Menariknya lagi, disini Anda akan menyaksikan secara langsung pemukiman nelayan yang diberikan sentuhan berupa cat warna warni. Tidak sedikit orang pula menganggap keindahan tersebut layaknya konsep perumahan di Korea.

Lokasi: Jl. Abdulatif, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

9. Pantai Kenjeran Lama

Pantai Kenjeran Lama

Image Credit: Pegipegi.com

Siapa yang tidak mengenal Pantai Kenjeran Lama? Destinasi wisata bahari satu ini memang dulunya sempat terkenal di kalangan masyarakat setempat. Seiring berjalannya waktu, kini Pantai Kenjeran Lama ini telah dibangun jalanan yang melintas di atasnya. Meskipun begitu, keindahan yang dimiliki oleh pantai tidak akan pernah hilang begitu saja.

Bila Anda menginginkan suasana tenang dengan semilir angin yang sejuk, maka Pantai Kenjeran Lama bisa menjadi solusi terbaik. Ombak pantai yang cenderung datar, membuat para pengunjung yang bertandang kesini menjadi nyaman dan betah untuk berlama lama. Tak hanya bisa menyaksikan keindahan pantainya, Anda pun bisa menikmati wisata kuliner dan belanja sepuasnya disini.

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

10. Pantai Segara

Pantai Segara

Image Credit: Mantai.id

Sesuai dengan namanya, pantai ini memang terletak di depan Pura Segara yang termasuk ke dalam Kompleks TNI AL, Kenjeran. Dikelilingi dengan pepohonan nan rindang, tak heran jika wisata bahari ini menjadi favorit para wisatawan tatkala berkunjung ke Surabaya. Hamparan pasir putih yang bersih menambah daya tarik yang dimiliki salah satu pantai terkenal di Surabaya ini.

Bahkan adanya pura yang megah, menjadikan perpaduan yang sempurna dikala liburan tiba. Jika ingin pengalaman yang berbeda, cobalah untuk datang dikala Hari Raya Keagamaan Hindu. Pasalnya, suasana perayaan keagamaan umat Hindu di pantai ini seolah olah menyihir Anda berada di Pulau Bali. Tentunya hal ini akan sangat menarik bila Anda berkunjung bersama dengan orang tersayang.

Lokasi: Jl. Memet Sastrowirya, Komplek TNI AL, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya.

11. Pantai Gisik Cemandi

Pantai Gisik Cemandi

Image Credit: Youtube.com @yuda mbah

Anda gemar memancing di laut? Cobalah untuk bertandang ke salah satu pantai yang berada di daerah Surabaya bernama Pantai Gisik Cemandi ini. Tak hanya bisa memancing dengan leluasa, Anda juga akan menjumpai tempat pelelangan ikan yang sangat ramai. Meski memiliki suasana yang berbeda dibanding pantai sebelumnya, tak perlu khawatir Anda masih bisa menikmati keindahan yang disuguhkan.

BACA JUGA:  20 Minuman & Makanan Khas Madiun yang Wajib Anda Coba

Menariknya lagi, disini Anda bisa menyewa sebuah perahu dari para nelayan untuk sekadar menikmati suasana laut. Tak jarang pula, banyak pengunjung yang memanfaatkan fasilitas tersebut guna memancing di tengah laut. Hal ini tentunya menjadi pengalaman yang sangat menarik bila Anda bertandang bersama anggota keluarga atau sahabat.

Lokasi: Segoro Tambak, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo.

12. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan

Image Credit: Facebook.com @wahyu hestiningdiah

Pantai Kepetingan menjadi salah satu destinasi wisata bahari terkenal di daerah Surabaya. Pasalnya, pantai ini merupakan delta pertemuan muara Sungai Porong dan Sungai Kalimas. Ketika bertandang ke sini, Anda akan disuguhkan panorama yang sangat komplit. Dimana terdapat perpaduan antara keindahan hutan bakau di sepanjang muara sungai dan keindahan lautnya yang masih alami.

Tak hanya itu saja, Anda pun bisa menjumpai kekayaan budaya lokal yang berada di sekitaran pantai. Perlu Anda ketahui, Pantai Kepetingan akan menjadi tujuan kunjungan banyak masyarakat ketika memasuki bulan Ramadhan. Lazimnya, masyarakat lokal akan melakukan ziarah dan upacara Nyadran yang dilakukan di tengah laut.

Lokasi: Kepetingan, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo.

13. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Mangrove

Image Credit: Twitter.com @starindotravel

Meski tidak mirip dengan pantai, namun Ekowisata Mangrove yang terletak di Surabaya ini merupakan wisata bahari tersohor di berbagai kalangan. Bahkan di awal pembangunannya, destinasi ini sempat viral di sosial media. Hal ini tidak lain karena terdapat ribuan pohon mangrove yang mengelilingi lokasi wisata satu ini.

Bukan sekadar pohon mangrove saja, para pengunjung pun akan disuguhkan dengan jembatan yang mengelilingi area wisata. Bahkan berkat adanya jembatan ini, banyak para wisatawan bisa menikmati keindahan serta suasana menenangkan yang dimunculkan dari wisata bahari ini. Tidak jarang pula, pelancong memanfaatkannya sebagai spot foto yang instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya.

14. Pantai Tanjung Gaang

Pantai Tanjung Gaang

Image Credit: Instagram.com @baweanislandtrip

Bosan dengan destinasi wisata pantai yang monoton? Jangan khawatir, Anda masih bisa mengunjungi Pantai Tanjung Gaang yang terletak di daerah Surabaya ini. Dengan pesonanya berupa hamparan batu karang, membuat Pantai Tanjung Gaang tidak pernah luput dari pengunjung. Bahkan disini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Lokasi: Patarselamat, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik.

15. Mangrove Gunung Anyar

Mangrove Gunung Anyar

Image Credit: Facebook.com @ony.suprastio

Tidak jauh berbeda dengan Ekowisata Mangrove, destinasi satu ini pun termasuk kedalam wisata bahari terpopuler di kalangan masyarakat. Ketika bertandang ke sini, Anda akan merasakan suasana yang begitu segar dari pepohonan bakau yang mengelilinginya. Tak hanya hutan bakau semata, Anda pun bisa menjumpai beberapa fauna endemik di sekitar lokasi wisata.

Lokasi: Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota Surabaya.

Meski terkenal sebagai kota paling sibuk di Indonesia, Surabaya masih menyimpan segudang wisata alam yang menakjubkan. Bila ingin menghilangkan penat akibat rutinitas harian yang membosankan, tidak ada salahnya jika berkunjung ke salah satu destinasi wisata pantai di Surabaya yang disebutkan diatas. Apalagi kalau Anda berkunjung bersama orang tersayang, pastinya akan semakin menyenangkan.