10 Wisata Pantai di Tegal yang Hits & Populer

Wisata Pantai Tegal

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Tegal, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari Memesona, Eksotis, Populer dan Terhits yang Menarik Dijelajahi untuk Liburan dan Akhir Pekan.

Indonesia merupakan negeri yang diberkahi dengan banyak sekali wisata bahari yang mengagumkan. Salah satu daerah yang dikarunia wisata bahari yang indah adalah Tegal. Ombak landai yang cenderung tenang berhasil memikat hati siapa pun yang mengunjungi pantai di kota ini.

Bagi Anda yang sedang menapakkan kaki di Kota ini, sempatkanlah untuk mengunjungi salah satu wisata pantai di Tegal yang memiliki pesona alam yang menakjubkan.

1. Purwahamba Indah

Purwahamba Indah

Image Credit: Facebook.com @vivacoid

Wisata Pantai Purwahamba Indah adalah salah satu wisata bahari yang berlokasi di Kecamatan Tegal. Pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan di setiap harinya. Ada yang berkeliling ruas pantai, ada yang bermain main air, dan ada pula yang sekedar menikmati suasana pantai sore hari. Suasana kian sempurna tatkala pohon lebat berayun akibat terpaan angin.

Suburnya tanaman yang nyiur berpadu dengan panorama laut yang terlihat eksotis. Perlu Anda ketahui, Pantai Purwahamba Indah ini merupakan salah satu pantai terindah yang ada di kawasan Laut Jawa. Ombaknya yang cenderung tenang pun semakin menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjungnya. Tak sedikit orang yang mengabadikan setiap momen di pantai tersebut.

Ketika mengunjungi pantai ini, Anda bisa menggunakan beragam fasilitas yang dibangun untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Adapun fasilitas tersebut mulai dari lahan parkir luas, mushola, kamar mandi atau MCK, penginapan, pusat oleh oleh, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu, sempatkanlah diri Anda untuk mengunjungi Pantai Purwahamba Indah.

Lokasi: Jl. Pemuda No.40, Purwahamba, Kec. Suradadi, Kota Tegal.

2. Pulau Kodok Beach

Pulau Kodok Beach

Image Credit: Google Maps (Marsito Nur Irchas)

Singgah ke Kota Tegal, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Kodok Beach. Pantai ini masih satu lokasi dengan Purwahamba Indah yang merupakan ikon wisata Kota Tegal. Setiap harinya, wisata bahari Pulau Kodok ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Selain itu, kebebasan retribusi juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai informasi, Pulau Kodok Beach terletak jauh dari hiruk pikuk kota. Hal tersebut membuat suasana pantai tersebut kian menenangkan. Sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat setelah bekerja seharian penuh. Dengan modal sepuluh ribu saja, Anda sudah bisa menikmati kudapan makanan yang sangat menggugah selera.

BACA JUGA:  Candi Plaosan, Candi Kembar Eksotis Dengan Kisah Romantis di Klaten

Bonusnya, Anda bisa menyantap sajian makanan sembari memandangi panorama laut yang begitu eksotis. Menjelang sore hari, suasana kian syahdu dan sanggup menghipnotis sanubari. Birunya laut yang dipadukan dengan langit jingga menjadi pemandangan yang ciamik. Tak sedikit para fotografer yang menjadikan pantai ini sebagai objek potret mereka.

Lokasi: Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

3. Muarareja Indah

Muarareja Indah

Image Credit: Instagram.com @infotegal

Wisata bahari di Kota Tegal yang tak kalah eksotis adalah Pantai Muarareja Indah. Pantai ini terletak tak jauh dari lokasi Pantai Alam Indah yang juga merupakan ikon wisata Kota Tegal. Ketika mengunjungi pantai tersebut, Anda bisa melihat hiruk pikuk aktivitas penduduk yang mayoritas bermatapencaharian sebagai nelayan. Anda pun bisa melihat banyaknya ikan yang sedang dijemur.

Sepanjang mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan struktur batu pantai yang seakan menjorok ke lautan. Kualitas dari objek wisata pantai Muarareja Indah semakin meningkat karena dilengkapi fasilitas yang memadai. Pihak pengelola membangun sarana dan prasarana mulai dari area parkir kendaraan, mushola, hotel, kamar mandi, dan lain lain.

Lokasi: Jl. Brawijaya, Muarareja, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

4. Pantai Alam Indah

Image Credit: Twitter.com @ninjahatori_id

Sempat disinggung dalam penjelasan sebelumnya, Pantai Alam Indah menyimpan sejuta keindahan yang sayang jika dilewatkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pantai ini menjadi ikon wisata bahari Kota Tegal. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Panorama laut yang biru bercampur dengan hamparan pasir eksotis merupakan perpaduan yang amat sempurna.

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai tersebut mulai dari berenang, mengelilingi ruas pantai dengan perahu, memancing, berfoto, menaiki andong, dan masih banyak lagi. Namun, untuk Anda yang ingin berenang harus mematuhi peraturan yang ditetapkan pihak pengelola. Mulai dari penggunaan pelampung dan batas batas berenang.

Lokasi: Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

5. Pantai Larangan

Pantai Larangan

Image Credit: Twitter.com @panjiadsaputra

Sesuai dengan namanya, pantai ini berisi peraturan atau larangan dikarenakan ombaknya yang sedikit tinggi. Meski demikian tak sedikit para pengunjung yang melakukan aktivitas berenang di sekitar bibir pantai. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengunjungi pantai ini adalah tidak diperbolehkan berenang hingga ke tengah tengah laut.

Meskipun pantai ini punya banyak larangan, keindahannya tak kalah jauh dari pantai lainnya yang ada di Tegal. Di sekitar bibir pantai berdiri tumbuhan rindang yang sanggup menyejukkan mata. Suasana kian menarik ketika birunya laut beradu dengan pasir pantai yang sangat bersih. Berkunjung ke Tegal, sempatkanlah untuk melipir ke Pantai Larangan ini.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Bandeng, Munjung Agung, Kec. Kramat, Kota Tegal.

6. Pantai Dampyak Balongan

Pantai Dampyak Balongan

Image Credit: Google Maps (Rizki Triana)

Sebenarnya wisata bahari ini diberi nama Duyundayani yang berarti Pantai Durung Diarani (dalam bahasa Jawa artinya belum dinamai). Karena lokasinya tertelat di Dampyak, pantai ini kemudian lebih dikenal dengan nama Pantai Dampyak Balongan. Daya tarik utama wisata bahari ini yakni kondisinya yang sangat bersih dan jauh dari keramaian perkotaan.

Teruntuk Anda yang mencari destinasi wisata yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, maka Pantai Dampyak Balongan bisa menjadi opsi yang sangat tepat. Meskipun pasir pantai tidak berwarna putih namun keeksotisannya tidak berkurang sedikit pun. Menghabiskan waktu dengan bersantai di Pantai Dampyak Balongan merupakan opsi yang menyenangkan untuk isi liburan.

Lokasi: Dampyak, Kec. Kramat, Kota Tegal.

7. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga

Image Credit: Twitter.com @travellatour

Pantai Randusanga sebenarnya terletak di perbatasan Tegal dan Brebes. Ada banyak sekali fasilitas yang bisa Anda gunakan ketika mengunjungi Pantai Randusanga ini. Mulai dari atraksi wisata, gazebo, waterboom area, arena wisata remaja dan dewasa, panggung hiburan, cafe, mushola, toilet, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Objek wisata bahari Randusanga dapat menjadi trip alternatif yang bisa digunakan untuk bersepeda atau jalan jalan. Pasalnya, Randusanga ini memiliki garis pantai yang membentang panjang. Berjalan jalan sembari menikmati udara pantai yang sejuk merupakan momen terbaik untuk melepas penat sejenak dari aktivitas harian.

Lokasi: Krajan, Randusanga Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

8. Batam Sari

Batam Sari

Image Credit: Instagram.com @anftsa.id

Dari sekian banyak pantai di Tegal, salah satu wisata bahari yang juga wajib Anda kunjungi adalah Pantai Batam Sari. Wisata pantai ini tergolong sebagai lokasi yang terbilang masih baru dan mudah dijangkau. Pantai ini hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Jalur Pantura Tegal. Uniknya, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seikhlasnya sesuai kebijakan pihak pengelola.

Meski Anda hanya perlu membayar seikhlasnya, tetapi ada fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari lahan parkir yang luas, tempat kuliner, hingga toko souvenir bisa Anda temukan di lokasi tersebut. Adapun sajian kuliner yang wajib Anda coba ketika mengunjungi Batam Sari adalah Soto Tauco yang berpadu dengan tempe mendoan setengah matang. Rasanya sungguh lezat dan nikmat.

BACA JUGA:  Lawang Sewu, Tempat Bersejarah di Semarang yang Penuh Misteri

Berbicara mengenai sajian makanan, Anda hanya perlu membayar seporsi Soto Tauco dengan harga sekitar 10 ribuan saja. Sebagai pelengkap menu santap, Anda juga bisa mencoba Teh Poci Gula Batu yang merupakan minuman khas Kota Tegal. Rasanya yang autentik juga siap menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan dahaga yang menerpa.

Lokasi: Batam III, Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

9. Padaharja Beach

Padaharja Beach

Image Credit: Google Maps (Arton Ortega)

Pantai Padaharja terletak di posisi strategis yang tak jauh dari Pantai Tegalretno Kebumen. Wisata bahari di Kota Tegal yang wajib Anda kunjungi ini menawarkan panorama yang begitu menyenangkan hati. Padaharja Beach menyuguhkan panorama yang tak kalah cantik dengan pantai terkenal lainnya yang ada di Kota Tegal.

Kawasannya yang terbilang masih sepi, bersih dan sangat terawat jauh dari keramaian kota. Teruntuk Anda yang sedang mencari destinasi pantai yang memiliki suasana tenang, Pantai Padaharja bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Pantai ini bisa dikunjungi kapanpun Anda inginkan. Pasalnya, Padaharja Beach memiliki jam operasional yang buka 24 jam non stop.

Menjelang senja, Anda akan melihat perpaduan langit yang sangat eksotis. Seketika suasana romantis kian tercipta. Sangat cocok bagi Anda yang mengunjungi bersama keluarga maupun pasangan. Tak sedikit pula orang yang mengabadikan momen tenggelamnya matahari sebagai kenangan dan penanda kunjungan Pantai Padaharja.

Lokasi: Padaharja, Kec. Kramat, Kota Tegal.

10. Pantai Marlin

Image Credit: Facebook.com @elley.elley

Wisata bahari yang satu ini tergolong belum terjamah. Oleh sebab itu, keindahan panoramanya sungguh masih terjaga dan masih alami. Sayangnya, pantai ini masih belum banyak dilakukan pengembangan maupun penambahan fasilitas. Meski demikian, masih ada banyak sekali wisatawan lokal maupun luar daerah yang datang mengunjungi pantai ini.

Meski pasir pantai berwarna kecokelatan tidak mengurangi keindahan panorama pantai itu sendiri. Udaranya yang sejuk dipadukan dengan air laut yang tenang dan aman. Oleh sebab itu, ketika sedang menapakkan kaki di Tegal jangan lupa untuk mampir ke Pantai Marlin. Dengan demikian, liburan Anda akan terasa semakin berkesan dan menjadi momen paling indah.

Lokasi: Jl. Raya Pantura No.KM11, Pandan Laut, Sidoharjo, Kec. Suradadi, Kota Tegal.

Itulah deretan pantai populer di Tegal yang wajib Anda kunjungi saat liburan. Anda pun bisa menjadikan penjelasan tersebut sebagai list untuk mengisi waktu liburan. Nikmati setiap keindahan beberapa pantai dalam ulasan tersebut agar badan dan pikiran terrefresh. Hal yang patut untuk Anda lakukan adalah senantiasa menjaga kebersihan dan keelokan pantai apa pun yang dikunjungi.