12 Wisata Pantai Terindah di Garut yang Wajib Anda Kunjungi

Wisata Pantai Garut

Garut merupakan salah satu kota di daerah Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Daerah yang terkenal dengan makanan dodol ini mempunyai keindahan alam yang mempesona. Tidak hanya pemandangan pegunungan yang indah, Garut juga memiliki banyak wisata pantai yang mengagumkan.

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, berikut ini daftar pantai terhits di daerah Garut yang bisa Anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan.

1. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana

Lokasi: Cijayana, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut. – Image Credit by Pantainesia.com

Ingin menikmati keindahan laut di atas awan? Pantai Cijayana menjadi tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Lokasi wisata ini berada di Desa Cijayana yang terletak agak jauh dari pusat kota Garut. Di sini Anda bisa menikmati keindahan ombak pantai yang tinggi. Ada sebuah tradisi yang masih dilestarikan di pantai ini, namanya nyalawena. Yaitu menangkap ikan di sungai menuju muara laut secara bersama-sama untuk dijual maupun dimakan.

2. Pantai Gunung Geder

Pantai Gunung Geder

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut. – Image Credit by Digarut.com

Berkunjung ke pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan birunya air laut ditambah keindahan ombak yang menggulung. Ditambah semilir angin pantai di siang hari akan membuat Anda semakn betah berlama-lama. Namun akses menuju pantai ini cukup sulit yatu harus menuruni tangga yang terletak direrimbunan pohon. Jika ingin mengunjungi pantai ini, Anda harus melewati jalur Trans Jabar Selatan.

3. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk

Lokasi: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut. – Image Credit by Digarut.com

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan untuk menenangkan pikiran, maka tempat ini sangat cocok. Dengan suasana yang hening dan tenang, dijamin Anda akan terasa lebih nyaman. Keunikan dari pantai ini bisa Anda lihat dari perbedaan warna yaitu biru dan hijau kecokelatan. Perbedaan ini disebabkan karena warna biru berasal dari laut itu sendiri, sedangkan warna hijau berasal dari air sungai yang menuju ke laut tersebut.

4. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak

Lokasi: Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut. – Image Credit by Mapio.net

Jika Anda berasal dari Bandung, perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam. Namun jika Anda datang dari Jakarta, maka membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 6 jam. Keindahan pantai yang airnya biru ditambah hijaunya bukit kecil di pinggir pantai ini akan membuat Anda semakin terpesona. Selain berfoto ria, Anda juga bisa menantikan pemandangan sunset di pinggir pantai.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sebenarnya pantai ini belum dikelola penuh oleh pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar. Namun pengunjung bisa bebas mengunjungi pantai ini asalkan tidak melangar aturan yang ada di sana. Suasana di pantai ini cukup hening dan sepi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan.

5. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

Lokasi: Karyasari, Kec. Cibalong, Kab. Garut. – Image Credit by Klikhotel.com

Jika suasana pantai-pantai yang lain lebih tenang, maka di pantai ini Anda akan menemukan lebih banyak orang-orang yang berkunjung. Pantai yang terletak di Karyasari ini menawarkan keindahan pemandangan pantai ditambah batu karang besar yang membuat pantai Karang Paranje semakin terlihat cantik. Ada gazebo yang dibangun di sekitar pantai, agar para pengunjung bisa lebih mudah duduk sambil menikmati pemandangan.

Jika Anda berkunjung dari Jakarta, perjalanan ke pantai ini akan memakan waktu sekitar 7 jam. Namun Anda tidak akan rugi pergi ke pantai ini, karena pemandangan yang ditawarkan sesuai. Apalagi jika ditambah dengan keindahan ombak pantai yang menghantam batu karang. Berniat liburan ke sini dalam waktu dekat?

6. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu

Lokasi: Cigadog, Kec.Cikelet, Kab. Garut. – Image Credit by Klikhotel.com

Pantai ini menghadirkan pesona alam yang indah ditambah suasana hening yang membuat pikiran semakin tenang. Pantai Manalusu cukup sepi karena jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Dari kota Garut, perjalan menuju pantai ini menempuh waktu sekitar 4 jam. Dinamakan pantai Manaulu karena penemu pantai ini bernama Karl Manasulu.

Anda akan disuguhi beberapa pemandangan yang tidak kalah dengan pemandangan di pantai lain. Diantaranya batu karang yang dipenuhi lumut, beberapa pohon kelapa di pinggir pantai yang membuat suasana di pantai ini semakin sejuk. Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa berenang di tepi pantai atau sekedar mencari ikan di antara batu karang.

BACA JUGA:  Kolam Renang Paragon, Wisata Air Favorit di Depok

7. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha

Lokasi: Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut. – Image Credit by Pegipegi.com

Pesona pantai ini mulai dikenal di kalangan masayarakat karena menjadi salah satu latar dalam novel karangan Dee Lestari yang berjudul Perahu Kertas. Di sini Anda akan menemukan pemandangan unik, dimana terdapat tebing yang berbatasan langsung dengan lautnya. Pantai ini diberi nama Puncak Gua karena di sini, Anda akan menemukan banyak gua. Pantai Puncak Guha berada tidak jauh dengan Patai Rancabuaya.

Tiket masuk ke pantai ini dipatok sekitar harga Rp 5 ribu. Namun, untuk sampai ke pantai ini Anda harus menuruni tebing yang curam. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini diantaranya, bermain air, menikmati pemandangan matahari terbenam, berjemur maupun berfoto selfi dengan menggunakan pantai sebagai back groundnya.

8. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Lokasi: Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut. – Image Credit by Yukpiknik.com

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang terkenal di kota Garut. Berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan di pantai ini mulai dari fasilitas yang lengkap hingga banyaknya pilihan aktivitas yang menarik. Pantai ini setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Dari pusat kota Garut, perjalanan menuju pantai ini memakan waktu sekitar 4 jam.

Meskipun terkesan agak jauh, namun Anda tidak akan kecewa karena di sini Anda bisa melakukan banyak hal. Diantaranya menikmati pemandangan pantai, berenang, membeli dan memancing ikan, bermain banana boat maupun menyewa perahu. Selain itu, di sini Anda tidak akan kesulitan menemukan penginapan dan restoran.

9. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut. – Image Credit by Gunungkidulku.com

Pantai ini merupakan salah satu pantai terkenal di Kota Garut. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini baik pengujung lokal maupun wisatawan asing. Perjalanan pantai ini memakan waktu yang tidak jauh berbeda dengan pantai Santolo. Berbagai keindahan pemandangan yang disuguhkan akan membat Anda takjub. Mulai dari keindahan pantai, batu karang hingga pemandangan saat matahari terbenam.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pantai Karang Nini di Pangandaran

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain, berenang, bersantai-santai di pinggir pantai, berkemah, bermain air dan voli. Di sini Anda juga bisa melakukan relaksasi dengan mengamati ikan-ikan kecil di sela-sela batu karang. Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini anda, maka datanglah ke desa Mancagahar.

10. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Pantai ini cukup jauh dari pusat kota Garut, yaitu berjarak sekitar 135 km. Namun perjalan panjang Anda akan terbayarkan ketika sampai di Pantai ini. Berbagai keindahan pemandagan yang disuguhkan, tidak heran jika pantai ini diberi julukan sebagai surga tersembunyi. Disini Anda akan menemukan air terjun yang dekat dengan pantai. Fasilitas di pantai ini juga sangat lengkap mulai dari gazebo, warung makan hingga penginapan.

11. Pantai Cidora

Pantai Cidora

Lokasi: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut. – Image Credit by Gunungkidulku.com

Pantai ini terletak tidak jauh dengan pantai Rancabaya, jadi Anda bisa menikmati dua pantai secara sekaligus. Pintu masuk menuju pantai ini juga sama dengan pantai Rancabuaya. Namun, berbeda dengan pantai Rancabuaya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, suasana di pantai ini lebih sepi sehingga sangat cocok bagi mereka yang menyukai ketenangan.

Selain suasana yang sejuk dengan pemandangan yang masih asri, keindahan moment sunset di pantai ini juga sangat mempesona. Banyak orang yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahan pemandangan matahari saat terbenam. Jika ingin mendapatkan view sunset yang lebih bagus, sebaiknya Anda mengunjunginya pada musim kemarau.

12. Pantai Karang Tepas

Pantai Karang Tepas

Lokasi: Kp. Cikajar, Karangwangi, Kec. Mekarmukti, Kab. Garut. – Image Credit by Senengpiknik.com

Pantai ini memiliki pesona keindahan yang mengagumkan dimana terdapat tebing yang yang berhadapan langsung dengan pantai sehingga membuat pantai ini semakin eksotis. Belum lagi banyak batu karang di pinggir pantai yang semakin menambah keindahan panta Karang Tepas. Namun sayangnya pantai ini belum ada pengelolaan dari pemerintah sekitar.

Untuk masuk ke pantai ini Anda tidak akan dikenakan biaya parkis alias gratis. Namun, karena memang tidak ada petugas parkir, maka sebaiknya Anda menitipkan kendaraan kepada warga di sekitar pantai ini agar lebih aman. Perjalanan menuju pantai ini bisa Anda tempuh dari arah Cijayana menuju ke Rancabuaya. Di tengah jalan, akan ada kebun kelapa yang akan mengarahkan Anda ke pantai Karang Tepas.

Itulah rekomendasi wisata pantai di Garut yang bisa Anda kunjungi. Keindahan pemandangan pantai disertai riuh ombak yang menghantam batu karang akan membuat liburan Anda semakin seru. Semilir angin pantai yang sejuk akan membuat pikiran semakin tenang. Jika berkunjung ke Garut, jangan lupa mampir ke beberapa pantai di atas. Ajaklah teman maupun kerabat agar liburan semakin mengesankan.