Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terindah di Wonogiri, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari yang Eksotis, Populer & Terhits yang Menarik Anda Jelajahi untuk Petualangan Liburan yang Seru.

Bagi Anda yang kerap kali mengunjungi wisata bahari, jangan sampai melewatkan pantai yang ada di Wonogiri. Sebab, daerah yang memiliki lokasi berdekatan dengan Pacitan ini mempunyai wisata pantai tersembunyi yang tentu saja masih belum banyak terjamah pelancong.

Dengan memiliki lokasi geografis yang mirip dengan daerah Gunung Kidul Jogja, membuatnya memiliki sederet pantai yang eksotis dan masih asri. Berikut daftar wisata pantai hits di Wonogiri yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Kalimirah

Pantai Kalimirah
Image Credit: Kompasiana.com

Pertama, Anda bisa berkunjung ke Kalimirah yang berada di Desa Gudangharjo. Menjadi salah satu pantai yang masih belum terjamah, membuatnya memiliki kawasan pantai yang bersih. Disini, Anda akan langsung menemukan laut lepas dengan airnya yang berwarna biru jernih. Pastinya akan membuat Anda merasa tenang saat mendengar suara ombak disini.

Tak hanya itu saja, keindahan pantai ini juga karena adanya hamparan pasir putih yang sangat eksotis. Ditambah lagi dengan bebatuan karang yang ada disekitarnya akan menambah suasana yang mempesona. Di kejauhan Anda juga akan melihat tebing yang menjulang dengan warna hijau karena adanya lumut dan tumbuhan.

Karena masih jarang diakses oleh pelancong, Pantai Kalimirah memiliki akses dan fasilitas yang terbilang kurang memadai. Akan tetapi, bagi Anda yang pernah berkunjung kesini tentu saja pemandangan dan bentang alam yang disajikan olehnya akan mampu untuk membius siapa saja yang datang kemari.

Lokasi: Dawung, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

2. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono
Image Credit: Detik.com

Masih berada di daerah Wonogiri, tepatnya di Desa Gunturharjo Anda bisa mengunjungi Pantai Pringjono yang terkenal akan keindahannya. Bahkan pantai ini pun telah ada sejak lama dan diketahui masyarakat lokal lantaran panorama indah yang dimilikinya. Anda pun sebaiknya menyempatkan untuk singgah sejenak di destinasi ini.

Meskipun memiliki lokasi yang tersembunyi dan terpencil membuatnya belum banyak wisatawan luar yang berkunjung. Namun pesonanya yang luar biasa akan membuat siapa saja ingin kembali saat mengunjunginya. Akan tetapi, apabila Anda berkunjung kesini persiapkan barang barang yang Anda butuhkan, terutama air mineral dan makanan.

Hal ini dikarenakan wisata satu ini masih memiliki fasilitas yang minim. Bahkan akses untuk menuju ke lokasi satu ini pun masih belum tersedia. Sehingga tak mengherankan jika belum banyak orang mengunjunginya. Namun, berada disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa air laut yang jernih, hamparan pasir putih dan bebatuan kokoh yang sangat indah.

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

3. Pantai Klotok

Pantai Klotok
Image Credit: Twitter.com @nihar_awani

Berada di Pantai Klotok, Anda akan ditawarkan dengan berbagai macam suasana dan pemandangan alam yang menakjubkan. Hal ini dikarenakan lautnya yang memiliki air yang jernih dan suara ombak akan membuat Anda betah berada di lokasi satu ini. Meskipun cukup terpencil, namun Anda tak akan kecewa dengan pesona yang disuguhkan.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai ini, maka Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Wonogiri. Karena masih tergolong pantai yang tersembunyi, maka Anda pun akan mendapatkan akses yang terbilang sulit. Selain itu, fasilitasnya sendiri pun tergolong minim.

Lokasi: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

4. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo
Image Credit: Twitter.com @newsmerahputih

Wisata bahari satu ini menampilkan keindahan pantai yang sedikit berbeda. Pasalnya, terdapat aliran air terjun mini yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke pantai satu ini. Dengan begitu, hal ini akan menjadi salah satu pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai lain yang ada di Wonogiri.

Selain itu, Pantai Banyutowo merupakan salah satu pantai yang terbilang cukup istimewa. Sebab, disini merupakan tempat bertemunya air laut yang asin dan juga air sungai yang tawar. Untuk penamaannya sendiri, wisata ini memiliki nama Banyutowo yang berasal dari bahasa Jawa.

Apabila dipisah, maka nama tersebut dapat berarti Banyu yang merupakan air dan juga towo yang berarti tawar. Sehingga, apabila digabungkan akan menjadi pantai yang memiliki air tawar. Namun, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Selain itu, fasilitas yang ada disini pun cukup lengkap. Sehingga Anda bisa leluasa berlibur disini.

Lokasi: Desa Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

5. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan
Image Credit: Kompas.com

Pantai selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Sembukan. Wisata satu ini menawarkan keindahan tersendiri yakni terletak diantara bukit bukit. Meskipun memiliki lokasi yang bisa dikatakan cukup terpencil, akan tetapi Anda tetap bisa untuk mengaksesnya dengan mudah. Sehingga, bagi Anda yang ingin berkunjung pun bisa dengan gampang melakukannya.

Akan tetapi, Anda harus siap untuk menempuh rute yang cukup panjang. Namun, tak perlu khawatir keindahan alam yang ada di pantai ini memang akan membuat Anda terpukau. Sebagian pengunjung juga mengatakan bahwa wisata bahari satu ini kerap kali mendatangkan rejeki.

Oleh karena itu, terkadang orang mengunjungi pantai ini hanya untuk melakukan beberapa ritual ritual saja. Di samping itu, pantai ini tetap menawarkan keindahan yang tidak bisa untuk Anda tampik begitu saja. Pasalnya, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas saat berada disini. Mulai dari bermain air hingga melihat indahnya matahari tenggelam.

Lokasi: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

6. Pantai Nampu

Pantai Nampu
Image Credit: Instagram.com @bayupermadi_m

Apabila Anda ingin mengunjungi pantai yang memiliki pemandangan eksotis, maka Pantai Nampu dapat menjadi salah satu destinasi yang tepat. Hal ini dikarenakan Anda akan disuguhkan dengan batu karang yang tersusun sangat indah dan rapi. Ditambah lagi, terhamparnya pasir putih di pantai ini akan membuat Anda menjadi betah.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Wonogiri tak ada salahnya untuk menempatkan pantai satu ini sebagai salah satu bucket list. Meskipun memiliki keindahan yang sangat eksotis, namun Pantai Nampu tergolong menjadi salah satu pantai yang masih sepi pengunjung.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin kesini tetap bisa melakukannya dengan mudah. Sebab, akses untuk menuju ke tempat satu ini cukup baik. Ditambah lagi, terdapat fasilitas berupa tangga yang akan menuntun Anda untuk menuju ke bibir pantai yang indah. Tentunya sangat pas bagi Anda yang ingin untuk menenangkan diri.

Lokasi: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

7. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Image Credit: Facebook.com @turwahyudin.xyz

Pantai yang berada tak jauh dari Wonogiri ini juga menyimpan keindahan tersendiri. Untuk itu, apabila Anda telah bosan untuk mengunjungi pantai yang ada di Wonogiri, sebaiknya Anda melakukan perjalanan ke daerah Pacitan. Terletak tidak terlalu jauh, namun Anda akan menemukan pantai yang sangat indah saat berada disini.

Pantai satu ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis. Bahkan Anda pun akan disuguhkan oleh air laut yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Tak mengherankan karena pesonanya tersebut membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga Anda wajib untuk singgah sejenak ketika berada di Wonogiri?

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

8. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Image Credit: Ksmtour.com

Masih berada di Pacitan, namun pantai satu ini sangat wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Wonogiri. Pasalnya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sangat indah saat berada disini. Pantai satu ini memiliki kontur alam berupa tebing yang sangat indah. Dari tebing tersebut terdapat air mengalir yang akan membuat panorama menjadi lebih indah.

Selain dikenal akan keindahan air terjun yang ada di pantai tersebut, Anda juga akan ditawarkan dengan eksotisnya hamparan dari pasir putih yang ada di wisata ini. Berpadu dengan birunya air laut, akan membuat Anda lebih betah untuk berlama lama mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan disini. Mulai mandi di pancuran air terjun hingga berjemur. Namun, bagi Anda yang ingin berenang, Anda harus membuang jauh jauh pikiran tersebut sebab di pantai ini tidak diperbolehkan. Akan tetapi, Anda tetap dapat bermain air, memancing dan berfoto dengan spot yang menarik saat berada disini.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

9. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Buyutan juga menjadi salah satu wisata bahari yang ada di Pacitan. Pantai satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni batu karangnya yang khas. Dengan keindahan tersebut, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan ketika berkunjung ke tempat satu ini.

Tak hanya itu saja, ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada disini. Seperti snorkeling, camping hingga berenang. Sehingga ketika Anda berwisata ke tempat satu ini tentunya tidak akan membuat Anda menjadi bosan. Meskipun belum memiliki banyak fasilitas, namun Anda tetap bisa bermalam di beberapa hotel yang ada di sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Buyutan, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri.

10. Pantai Dadapan

Pantai Dadapan
Image Credit: Pantainesia.com

Wisata satu ini juga wajib masuk destinasi bahari yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Wonogiri. Pasalnya, ketika berada disini Anda akan bisa untuk melihat pantai yang indah. Ditambah lagi dengan pemandangannya yang memukau, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri. Hamparan pasir putih yang membentang, lautan lepas yang jernih tentunya akan membuat pikiran menjadi tenang.

Lokasi: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

Beberapa wisata pantai yang ada di Wonogiri ini dapat menjadi alternatif tempat berlibur ketika Anda dilanda stres. Pasalnya, meluangkan waktu untuk bersantai di alam yang memiliki pemandangan memukau tentu saja akan membuat siapa saja menjadi terhibur. Anda pun pastinya harus wajib untuk mengunjungi destinasi tersebut saat berada di kawasan ini.

REKOMENDASI DESTINASI