Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terbaik di Wonosari, Gunung Kidul. Objek Wisata Bahari Nan Eksotis, Terindah, Populer & Terhits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan Seru.

Wisata pantai menjadi salah satu destinasi yang tak pernah berhenti menarik pengunjung. Bentang alam yang indah, pasir putih dan ombak akan menjadi hal yang selalu dirindukan pelancong. Daerah Wonosari, Gunung Kidul belakangan ini santer terdengar lantaran memiliki wisata bahari yang menakjubkan. Disini, Anda bisa mengunjungi berbagai jenis pantai indah, baik yang populer maupun yang masih tersembunyi.

Penasaran pantai apa saja yang bisa Anda temukan disini? Berikut ulasan pantai terindah di Wonosari, Gunung Kidul yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Image Credit: Twitter.com @dewirahmat_

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang masih alami dan menyuguhkan pemandangan menawan. Dengan memiliki lahan yang tidak begitu luas, membuat Anda bisa menjelajah pantai dengan lebih leluasa. Ditambah lagi ombak dan airnya yang jernih, maka Anda pun bisa bermain di tepi pantai sembari menikmati suara deburan ombak yang khas.

Lokasi: Desa Sidoharjo Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

2. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Gunung Kidul memang dikenal memiliki pantai yang indah. Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Jungwok yang akan menawarkan keindahan luar biasa. Pasalnya, pantai yang dikelilingi oleh dedaunan dan juga bebatuan akan mampu memberikan nuansa yang berbeda dengan pantai lain.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan airnya yang sangat jernih dan berwarna biru. Sesampainya disini, Anda pun akan langsung ingin untuk bermain air karena saking jernihnya. Namun, karena keberadaan pantai yang masih terpencil, fasilitas yang tersedia pun masih belum memadai.

Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

3. Pantai Siung

Pantai Siung
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Siung juga menjadi salah satu wisata bahari yang masih menyuguhkan suasana alami. Hal ini dikarenakan air yang ada disini masih terbilang sangat jernih hingga Anda bisa melihat biota laut yang ada di dalam air. Berada di bawah kawasan tebing yang tinggi, membuat Anda bisa menikmati pemandangan laut dari sudut pandang yang berbeda.

Lokasi: Duwet, Kel. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

4. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Image Credit: Instagram.com @wahyuandhika22

Berada di dekat Pantai Siung, membuat Anda bisa mengunjungi dua pantai sekaligus saat berada disini. Termasuk salah satu pantai yang masih baru, membuatnya menjadi pantai yang sepi dan jarang diketahui oleh wisatawan. Tentu saja, Pantai Jogan akan menjadi lokasi yang sangat pas bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai yang tenang.

Disini, Anda akan disuguhkan dengan air terjunnya yang sangat cantik. Air terjun tersebut mengarah langsung ke samudra. Tentu saja, panorama yang eksotis ini akan menjadi keunikan tersendiri yang bisa Anda dapatkan. Namun, karena masih tersembunyi maka fasilitas yang tersedia pun masih kurang memadai.

Lokasi: Jl. Pantai Siung, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

5. Pantai Ndiri

Pantai Ndiri
Image Credit: Google Maps (Paper Purple)

Memiliki pemandangan yang sangat indah, tak mengherankan pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ketika hari libur tiba. Selain disuguhkan panorama yang indah, ketika berada disini Anda juga akan bisa melihat karang karang kecil yang berada di pinggir pantai. Pasir pantainya yang putih juga akan membuat Anda bisa bersantai sembari menikmati udara segar.

Keindahan pantai ini juga bisa untuk Anda saksikan dari atas bukit. Dengan menaiki bukit karang yang cukup besar tersebut, Anda akan melihat suasana pantai yang berbeda. Lain halnya dengan pantai yang masih tersembunyi, Pantai Ndiri cukup memiliki fasilitas yang memadai. Sehingga, Anda bisa menemukan banyak warung makan di sekitar pantai.

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

6. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Image Credit: Instagram.com @bagas_w_a

Belum puas menjelajah, maka Anda pun bisa melanjutkan destinasi menuju ke Pantai Sadranan. Di pantai ini cenderung memiliki suasana yang masih sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai dalam suasana yang tenang.

Air lautnya pun tergolong masih sangat jernih dan belum tercemar oleh kotoran. Selain itu, panorama yang indah membuat Anda akan betah menghabiskan waktu di tempat satu ini. Untuk Anda yang berencana mengunjungi pantai ini sebaiknya membawa air mineral dan bekal persediaan. Sebab, fasilitas yang kurang memadai membuat Anda akan kesulitan menemukan tempat makan.

Lokasi: Pulegundes I, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

7. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka Pantai Wedi Ombo dapat menjadi jujukan Anda selanjutnya. Sebab, selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa untuk memancing ikan di wisata bahari satu ini. Apabila Anda berada disini, maka Anda pun akan bisa melihat kedua bukit cadas yang sangat tinggi.

Dengan begitu, berfoto dengan latar belakang gunung tersebut akan bisa menghasilkan gambar yang instagramable. Selain itu, pantai yang terbilang cukup alami ini memiliki ombak menggulung yang indah. Untuk fasilitas yang ada disini terbilang lumayan lengkap. Pasalnya, terdapat mushola, kamar mandi hingga pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya.

Lokasi: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

8. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng
Image Credit: Twitter.com @vickyhariyanti

Berada di timur Gunung Kidul, Pantai Sadeng terkenal sebagai pantai dan tempat untuk pelelangan ikan. Pantai Sadeng merupakan tempat bermuaranya dari Sungai Bengawan Solo yang menjadi salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa. Disini, Anda akan melihat banyak sekali perahu perahu nelayan yang menepi. Dimana Anda bisa membeli ikan yang masih segar.

Lokasi: Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

9. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps (Higmah Savitri)

Apabila Anda sedang berada di Gunung Kidul dan ingin menikmati pantai layaknya di Kuta, Bali maka Pantai Sepanjang adalah salah satu lokasi yang bisa Anda kunjungi. Hal yang menjadi daya pikat dari pantai satu ini adalah keragaman biota laut yang bisa Anda temukan di sekitar pantai.

Bahkan apabila beruntung, Anda juga akan bisa untuk menemukan bintang laut yang indah saat berada di pantai ini. Menawarkan pasir putih yang indah, tentu saja akan membuat Anda betah untuk berlama lama di pantai satu ini. Suara deburan ombak juga tentunya membuat Anda ingin untuk bersantai dan bercengkrama lebih lama.

Lokasi: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

10. Pantai Ngrenehan

Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai alami yang bisa Anda kunjungi selanjutnya saat berada di Gunung Kidul adalah Pantai Ngrenehan. Pantai ini memilki panorama yang sangat indah. Sebab, Anda akan bisa melihat indahnya air laut yang biru dan jernih. Sehingga, Anda pun akan melihat keragaman biota laut yang berada di bawahnya,

Ditambah lagi dengan tebing tebing yang berada di pinggir pantai akan membuat pemandangan menjadi lebih memukau. Bagi Anda yang suka berfoto, hunting foto di Pantai Ngrenehan akan menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Pasalnya, lokasinya yang masih asri dan alami akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi: Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul.

11. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Image Credit: Instagram.com @jogjascenery

Pantai Ngobaran mungkin menjadi salah satu pantai yang tampak asing di telinga Anda. Namun, pantai yang berada di Gunung Kidul ini memiliki keindahan yang akan membuat Anda terpukau. Selain memiliki panorama yang indah, wisata satu ini kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk bersemedi ataupun upacara adat Kejawen.

Kecantikan yang ada di pantai ini tak bisa Anda tampik. Sebab, Anda akan melihat hamparan rumput laut yang terlihat layaknya savana di atas air. Dengan adanya batu besar yang Anda temukan di pantai ini akan menambah suasana yang eksotis saat berada di lokasi ini. Untuk fasilitasnya sendiri dapat dikatakan tergolong lengkap karena terdapat warung kecil hingga tempat untuk ibadah.

Lokasi: Bedalo, Krambil Sawit, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul.

12. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @chelisabet1

Meskipun masih tergolong pantai yang baru, pesona dari pantai Pok Tunggal tak bisa dianggap sebelah mata. Dengan keindahan alam yang luar biasa ini akan membuat Anda betah. Ditambah dengan adanya bukit karang cadas akan membuat pantai nampak sangat indah dan eksotis.

Lokasi: Jl. Pok Tunggal, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

13. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Image Credit: Facebook.com @travelokaid

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai terkenal yang ada di Gunung Kidul. Panorama indahnya akan membuat Anda terperanjat. Dengan memiliki ombak yang indah akan membuat Anda betah berada disini. Menikmati indahnya matahari terbenam menjadi salah satu momen yang Anda tunggu saat menghabiskan waktu di Pantai Krakal ini.

Lokasi: Desa Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

14. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Image Credit: Instagram.com @liburan.dijogja

Selain Pantai Krakal, Pantai Indrayanti juga menjadi salah satu wisata bahari yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini cukup populer di Gunung Kidul karena memiliki keindahan yang sangat mempesona. Dengan adanya pasir putih yang ada di pantai ini, biasanya wisatawan akan berjemur ataupun sekedar bersantai disini.

Namun, bagi Anda yang ingin kesini dengan suasana yang cukup tenang maka lebih baik Anda tidak datang ketika akhir pekan ataupun liburan. Hal tersebut dikarenakan Anda akan mendapati suasana pantai yang sangat ramai. Tentu saja hal ini akan membuat Anda tidak bisa berfoto ataupun mendapatkan suasana pantai yang indah.

Lokasi: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.

15. Pantai Baron

Pantai Baron
Image Credit: Pantainesia.com

Pantai Baron juga menjadi salah satu destinasi yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Saat berada disini, Anda bisa berjalan jalan atau memanjat bukit yang ada di sekitar pantai. Ditambah lagi, Anda juga akan mudah menemukan pedagang yang menjajakan dagangannya. Mulai dari ikan laut yang segar, kuliner laut, kaos dan juga beberapa makanan khas yakni Sop Kakap yang wajib dicoba.

Lokasi: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

Berkunjung ke Pantai yang populer di Gunung Kidul dapat menjadi salah satu alternatif berlibur yang bisa Anda lakukan di akhir pekan. Namun, Anda juga perlu untuk memperhatikan apakah fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Sebab, masih banyak pantai di Gunung Kidul yang masih tersembunyi. Oleh karena itu, Anda perlu membawa bekal atau air minum saat singgah di pantai tersebut.