Wisata Situ Mustika, Destinasi Wisata Sejuk & Asri di Kota Banjar

Wisata Situ Mustika Banjar

Lokasi: Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.
MapCek Lokasi

Berbicara objek wisata di Indonesia memang tak ada habisnya, banyak objek wisata kuliner, pantai, alam, budaya, sejarah dan spot menarik yang layak dijadikan objek wisata. Salah satu objek wisata alam yang menarik perhatian adalah wisata Situ Mustika yang terletak di Jawa Barat, objek wisata danau tersebut sangat asri dan sejuk sehingga memanjakan wisatawan.

Seiring berkembangan waktu, objek wisata tersebut selalu diperbaharui sehingga menghasilkan objek wisata yang menarik dan instagramable. Dijamin wisatawan betah berlama-lama mengeksplor objek wisata tersebut, didampingi orang tercinta pasti liburan sangat berkesan dan tidak merasakan lelah selama perjalanan.

Mengenal Wisata Situ Mustika yang Eksotis

Mengenal Wisata Situ Mustika yang Eksotis

Image Credit by Travelspromo.com

Perlu diketahui, wisata Situ Banjar terletak di Karangpanimbal, Purwaharja, Banjar, Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan ekstotis sehingga membius wisatawan dalam sekejap. Bahkan terdapat banyak spot baru dan keren yang wajib di coba pengunjung, pengunjung akan merasakan nuansa alam yang sangat kental. Tentunya jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tak ayal wisata tersebut didatangi para pekerja yang ingin menenangkan diri dari rutinitas kantor.

Selain itu di Situ Mustika memiliki wahana yang beragam sehingga pengunjung dapat memilih wahana kesukaan. Pilihlah wahana yang sesuai dengan kemampuan sehingga Anda menikmati setiap adrenalin yang dihasilkan, Anda dapat mengunjungi objek wisata tersebut saat hari libur maupun hari libur nasional. Jangan salah loh, suasana hutan disekitar wisata yang menyejukkan membuat wisatawan dapat menghilangkan penat selama menjalani rutinitas sehari-hari.

Menariknya lagi, di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil loh. Alhasil menambah keeksotisan wisata tersebut, apalagi terdapat sebuah jembatan gantung yang kokoh yang menghubungkan pulau tersebut dengan pinggiran situ. Hal tersebut membuat wisata tersebut selalu dinantikan setiap bulan, bahkan dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pesona Keindahan & Spot Foto di Situ Mustika

Pesona Keindahan & Spot Foto di Situ Mustika

Image Credit by Twitter.com @BJRpatroman

Sejatinya, banyak panorama indah yang disuguhkan wisata Situ Mustika. Salah satunya adalah menyaksikan keindahan di dalam danau Situ Mustika. Apalagi setibanya di Situ, pengunjung akan menyaksikan keindahab danau yang luas. Airnya yang jernih dan hijaunya tumbuhan membuat objek wisata tersebut sangat asri, apalagi terdapat pepohonan besar di tepi danau yang menampilkan bayangab terpantul di dalam air.

Hal tersebut dipastikan wisata Situ Mustika sangat instagramable kekinian, apalagi banyak spot menarik yang harus dicoba untuk wisatawan. Lingkungannya yang teduh membuat banyak wisatawan menjadikan wisata tersebut sebagai tempat penenang loh, tujuannya agar beban pikiran dan masalah yang dihadapi sirna sehingga liburan dapat maksimal.

Bahkan banyak loh wisatawan yang sambil bekerja sekaligus berwisata. Misalnya seseorang yang pekerjaannya frelancer karena dapat dikerjakan dimana saja, tentunya wisata Situ membuat pikiran Anda luas dengan imajinasi yang pesat karena didukung pemandangan indah nan eksotis. Selain itu objek wisata Situ Mustika memiliki luas sampai 8,5 hektar, yaitu terbagi antara 3,5 hektar untuk danau dan 5 hektarnya lagi untuk daratan.

Fasilitas yang Ada di Situ Mustika

Fasilitas yang Ada di Situ Mustika

Image Credit by Dayeuhluhur.net

Objek wisata Situ Mustika memang instagramable dan membuat pengunjung puas karena fasilitas dan wahana yang disuguhkan lengkap dan memadai. Pasalnya, pengunjung dapat menyusuri tepian danau maupun tengah danau. Tentu hal tersebut sangat menarik dan harus dicoba karena sensasinya pasti menyenangkan.

Menariknya lagi, pengunjung dapat menyusuri pulau kecil di tengah di tengah danau dengan berjalan kaki. Pengunjung dapat dapat melewati jembatan gantung dari kayu sambil membawa kamera canggih, dengan begitu Anda dapat mengabadikan setiap moment. Dijamin menjadi pengalaman indah yang tak terluapkan, usahakan mengajak orang tercinta ya saat berjalan kaki menyusuri pulau kecil tersebut.

Hebatnya lagi di tengah pulau terdapat Gazebo untuk berkumpul pengunjung. Pengunjung dapat menikmati kuliner khas Banjar maupun camilan ringan yang dibawa sebagai pelepas lelah dan dahaga, dijamin menjadi pengalaman indah tak terlupakan. Selain itu suasana menikmati hamparan danau di tengah pulau sangat unik layaknya destinasi wisata di luar negeri karena kebersihannya terjamin. Apalagi seluruh pihak wsiata berupaya memkasimalkan segala finansial, fasilitas dan lain-lainnya agar pengunjung puas menikmati keindahan wisata.

Selain itu falitas perahu bebek dan , taman Anggrek wajib dicoba karena menawarkan suasana yang menawan. Dijamin liburan snagat berkesan dan patut dicoba, sementara di taman Anggrek, pengunjung dapat melihat ratusan bunga Anggrek dengan puluhan jenisnya. Tak ayal taman tersebut menjadi spot selfi andalan pengunjung karena hasilnya yang menawan.

Lokasi Situ Mustika Banjar

Lokasi Situ Mustika Banjar

Image Credit by Twitter.com @BJRpatroman

Wisatawan dengan mudah menjangkau objek wisata Situ Mustika dari berbagai arah karena semua arah mudah dijangkau. Pastinya dapat dilaju menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dijamin sepanjang perjalanan akan menyenangkan menikmati suasana perjalanan yang indah. Sementara letak lokasinya di Kelurahan Karangpanimbal, kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Lokasinya yang strategis membuat destinasi wisata alam tersebut selalu ramai dikunjungi. Setiap harinya terdapat banyak wisatawan lokal maupun asing yang memadati wisata Situ Mustika, pasalnya suasananya instagramable dan menyenangkan, bahkan tak ada kabut maupun polusi yang mencemari wisata tersebut.

Hal tersebut membuat wisata tersebut menjadi wisata andalan keluarga di berbagai bulan, pasalnya baik sangat ramai maupun tidak terlalu ramai tetap menarik dikunjungi.

Cara Menuju Situ Mustika

Cara Menuju Situ Mustika

Image Credit by Porosjabar.com

Sejatinya, Wisata Situ Mustika terletak di jalur Selatan Trans Jawa. Tepatnya pada lalu lintas yang cukup ramai lantaran dilalui 3 arah, namun pengunjung dapat menempuh jalur dari jalan raya Ciamis menuju Banjar sekitar 30 menit. Jika Anda dari arah Jawa Tengah dapat meggunakan jalan raya Cilacap menuju Ciamis sekitar 20 menit dari batas provinsi, agar tidak jenuh selama perjalanan sebaiknya membawa perbekalan sehingga dapat istirahat saat lelah atau lapar. Apalagi perbekalan sangat penting jika Anda membawa anak-anak atau balita, pastikan istirahat agar kesehatan mereka tetap terjaga.

Untuk wisatawan dari arah Pangandaran dapat melalui jalan raya Pangandaran menuju Ciamis, kemudian masuk ke kota Banjar menggunakan jalan Jendral Soewarto. Anda menuju jalan tersebut sebelum melewati Parungsari, sementara waktu tempuh antara Banjar ke Pangandaran membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan.

Jangan salah loh, sejarah Situ mustika sangat menarik diikuti karena digunakan untuk memnuhi kebutuhan air masyarakat sekitar maupun untuk rumah sakit banjar. Tak ayal tempatnya sangat dikenang masyarakat, hal tersebutlah yang membuat wisata tersebut sangat diminati. Apalagi pada tahun 1950 sampai 1960 an digunakan sebagai objek wisata masyarakat banjar Patroman, tentunya masih sangat asri dan menarik dikunjungi.

Anda tak boleh melewatkan setiap faslitas yang disuguhkan objek wisata Situ Mustika karena semuanya sangat menarik. jangan sampai Anda menyesal karena tidak mencoba wahana yang disediakan, apalagi mencoba wahana tersebut menjadi pengalaman indah tak terlupakan dan menjadi kenangan bernilai tinggi.