15 Tempat Wisata Unik & Hits di Tretes & Prigen Pasuruan

Wisata Tretes Prigen Pasuruan

Ingin Liburan ke Pasuruan? Periksa Pilihan Tempat Wisata Populer di Tretes & Prigen, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaik, Kekinian, Unik dan Hits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan.

Pasuruan, Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan wisata religinya. Terletak di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Jawa Timur dengan Pulau Bali. Pasuruan juga tidak jauh dengan Surabaya. Potensi wisata yang ada di Pasuruan juga tak kalah indah dari kota-kota lainnya, utamanya di Kawasan Prigen.

Meski tempatnya belum begitu populer, di Kawasan ini banyak sekali objek wisata yang menarik dikunjungi. Berikut daftar tempat wisata favorit di Tretes & Prigen Pasuruan yang bisa Anda pilih.

1. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Image Credit: Instagram.com @totok.art

Ada yang sudah pernah nonton film Lion King? Jika Anda ingin merasakan suasana yang sama layaknya di kerajaan milik Simba, Anda bisa berkunjung ke salah satu taman safari terbesar di Indonesia ini, yaitu Taman Safari Prigen. Tempat ini terletak di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Di Taman Safari ini terbagi dalam beberapa area menurut asal satwa liar tersebut.

Ketika di zona Afrika, Anda bisa menjumpai hewan-hewan yang berasal dari Afrika, seperti zebra, jerapah, dan singa, di zona Amerika terdapat byson, di zona Akuatik terdapat pinguin, di zona Asia terdapat gajah dan orangutan. Yang terbaru zona Australiana terdapat hewan seperti kangguru dan masih banyak lainnya.

Pada tiap zona dibagi lagi menjadi area karnivora dan feeding area. Saat Anda melihat papan bertulis ‘karnivora’ sebaiknya segera tutup jendela mobil dengan rapat karena hewan yang ada pada area ini adalah hewan pemakan daging yang ganas. Jika ada papan bertulis ‘feeding area’ Anda bisa bebas memberi makan hewan tersebut dengan sayuran dan wortel yang dijual disana.

Lokasi: Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

2. Baobab Safari Resort

Baobab Safari Resort

Image Credit: Agoda.com

Pernah membayangkan betapa asyiknya hidup di alam bebas dimana kita bisa bermain dan berenang bersama satwa liar seperti pada film Tarzan? Di Baobab Safari Resort ini Anda akan dibuat seakan-akan berada di tengah padang savana. Karena pemilihan warna-warna alam dan motif yang bercorak tribal serta unsur interior yang senada.

Dari balkon hotel akan terlihat hewan khas Afrika seperti jerapah, zebra, impala, kuda nil, serta bison yang tengah berkeliaran. Selain bisa menginap dan melihat satwa liar secara dekat, di resort ini juga disediakan program yang seru pagi pengunjung salah satunya live music lengkap dengan api unggun. Tempat satu ini juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi: Gunung Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

3. INNA Tretes Hotel

INNA Tretes Hotel

Image Credit: Twitter.com @innahotels

Tidak perlu khawatir soal tempat menginap saat berlibur di Pasuruan. Disini terdapat salah satu tempat bermalam yang bisa Anda pilih, yaitu INNA Tretes Hotel. Hotel ini merupakan salah satu hotel tertua yang ada di Indonesia, siapa sangka jika hotel ini sudah ada sejak tahun 1922, bahkan sebelum Indonesia merdeka.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Situbondo yang Wajib Anda Bawa Pulang

Bukan hanya sejarahnya yang membuat hotel ini istimewa, namun juga areanya yang sekilas mirip dengan negeri sakura, Jepang. Di dalam hotel ini ternyata terdapat Goa Jepang yang bersejarah yang konon, goa ini berakhir di dekat Wana Wisata Kakek Bodo. Wajar jika banyak yang menjadikan hotel ini sebagai tujuan wisata yang menyenangkan.

Lokasi: Jl. Pesanggrahan No.2, Semeru, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

4. Wisata Kebun Kurma

Wisata Kebun Kurma

Image Credit: Twitter.com @mukraminaslim

Tidak perlu jauh-jauh ke Arab, kebun kurma yang satu ini masih di Jawa Timur. Kebun kurma pertama di Pasuruan ini pohonnya juga berbuah lebat. Selain dapat melihat pohon kurma dengan buahnya yang masih segar, Anda juga bisa membeli bibit dan belajar membudidayakannya.

Tidak hanya menyuguhkan seputar wisata buah kurma saja, di tempat ini juga menawarkan berbagai permainan seru yang patut Anda coba. Seperti berkeliling seru-seruan menggunakan kendaraan ATV hingga menguji keberanian dengan bersepeda di udara. Dengan begitu berwisata ke tempat ini dapat menambah pengalaman berlibur Anda.

Lokasi: Karanglo, Kec. Sukorejo, Kab. Pasuruan.

5. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Image Credit: Instagram.com @fotoindongkip

Jika Anda sudah pernah mendengar legenda tentang cinta sejati Joko Truno, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan air terjun yang satu ini. Tempat ini konon adalah tempat bertemunya Joko Truno dengan sang pujaan hati. Tak heran jika banyak orang mempercayai berendam di air terjun ini membuat hubungan cintanya akan abadi.

Bagi Anda yang tidak percaya dengan mitos tersebut, tidak apa-apa. Anda bisa menikmati kesejukan gemericik air terjun. Air terjun ini juga sangat cocok dikunjungi saat bersama dengan keluarga. Spot favorit yang tidak boleh dilewatkan adalah jembatan kayunya yang menjorok ke arah air terjun.

Lokasi: Jl. Putuk Truno, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

6. Candi Jawi

Candi Jawi

Image Credit: Facebook.com @irsamsoetarto

Tidak hanya wisata air dan alam yang bagus untuk dikunjungi. Bagi Anda yang menyukai berlibur mengunjungi tempat-tempat bersejarah, di Prigen terdapat objek wisata candi yang bisa dijadikan pilihan. Candi ini merupakan sebuah sisa-sisa peninggalan kejayaan Kerajaan Singasari di masa lalu.

Anak-anak pasti merasa senang jika berlibur ke tempat ini. Karena disini terdapat kolam ikan yang mengelilingi candi dan Anda juga bisa memberinya makan. Meski bangunannya tidak terlalu besar, tetapi relief di sekitar candi tetap tampak terlihat. Akses menuju Candi Jawi juga sangat mudah karena Candi Jawi ini terletak dekat dengan jalan raya.

Lokasi: Jl. Raya Candiwates, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

7. Wana Wisata Kakek Bodo

Wana Wisata Kakek Bodo

Image Credit: Google Maps (Ananta Ary)

Nama tempat wisata yang satu ini cukup unik bukan? Tempat ini dibilang bisa menjadi destinasi wisata dengan paket lengkap. Wana Wisata ini terletak di jalur pendakian menuju Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Tidak heran jika kawasan ini memang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Pacitan yang Hits & Populer

Suasana yang sejuk dan gemericik air terjun membuat banyak wisatawan betah dan ingin berlama-lama menghabiskan waktu disini. Jika Anda ingin menuju air terjun, tidak perlu menuju ke titik air terjun itu langsung. Karena airnya mengalir ke kolam yang ada di pintu masuk Wana Wisata Kakek Bodo ini.

Lokasi: Jl. Taman Wisata, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

8. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark

Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Sudah pernah melihat pesawat di kolam renang? Jika belum pernah, Anda bisa melihatnya di Prigen. Hal yang menarik yaitu, pesawat ini bukan pesawat bohongan. Pesawat asli ini jenis Boeing 737 seri 400 yang memang sengaja ditempatkan di waterpark untuk mengenalkan dunia penerbangan ke masyarakat.

Lokasi: Sengon, Pucangsari, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan.

9. Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi

Image Credit: Instagram.com @yoiki_pasuruan

Prigen memang sudah banyak mempunyai destinasi alam yang dikelola dengan baik meski berada di pegunungan. Salah satunya yaitu kebun Pak Budi, disini Anda tidak hanya melihat aneka tanaman tetapi juga dapat belajar bagaimana cara membudidayakan tanaman dengan benar.

Berlibur di kebun Pak Budi ini akan terasa seperti Anda bermain di kebun sendiri karena suasana yang nyaman. Disini Anda dapat memetik sayuran, memancing di kolam, dan juga memberi makan hewan. Anak-anak yang diajak kesini juga akan lebih mencintai alam dengan pengenalan yang pas.

Lokasi: Sekar Mojo, Kec. Purwosari, Kab. Pasuruan.

10. Tretes Treetop Adventure Park

Tretes Treetop Adventure Park

Image Credit: Tripadvisor.com

Objek wisata ini merupakan wahana outbound yang berada di tengah hutan. Wahana yang populer salah satunya yaitu zipline. Anda harus menggantungkan nasib pada seutas kabel yang membentang sejauh 1 km yang melintasi lembah dan sungai di ketinggian sekitar 40 meter. Cukup memacu adrenalin, bukan?

Paling seru jika berlibur ke tempat ini beramai-ramai bersama keluarga atau sahabat. Anda bisa mencoba semua wahana yang ada tempat wisata hits ini dan mengetahui siapa diantara rekan Anda yang pantas untuk julukan ‘Si Pemberani’. Cocok sekali untuk melepaskan penat setelah sepekan penuh melakukan aktivitas.

Lokasi: Jl. Raya Trawas, Sumber Wekas, Lumbangrejo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

11. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

Image Credit: Google Maps (Jhon Wid)

Bagi Anda yang pecinta alam, jangan mengaku pecinta alam jika belum menaklukkan air terjun yang satu ini, yaitu Air Terjun Gumandar. Terletak di jalur pendakian menuju Gunung Arjuno, objek wisata yang satu ini bisa dijadikan pemanasan sebelum mendaki gunung yang sesungguhnya.

Boleh juga jika ingin mengadakan camping di tempat ini. Anda bisa membangun tenda di pinggiran sungai yang landai. Namun, karena tidak adanya tempat parkir kendaraan khusus, pastikan Anda memarkirkan kendaraan di tempat yang aman atau menitipkannya di rumah warga sekitar.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Batu Malang yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Raya Ledug, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

12. Fresh Green Trawas

Fresh Green Trawas

Image Credit: Twitter.com @delfinatiara

Siapa disini yang merupakan pecinta durian? Di tempat ini Anda bisa makan durian sepuasnya. Buah yang dihasilkan berasal dari pohon-pohon yang juga ada disini. Selain durian, disini juga terdapat pohon alpukat dan pohon coklat. Disini selain berlibur, Anda juga bisa menambah wawasan.

Anda juga bisa berkeliling tempat ini sambil menunggangi kuda. Atau bisa juga menjajal keberanian dengan ikut berbagai permainan outbound yang ada di area ini. Jika sudah lelah berkeliling, Anda bisa menjajal kuliner yang ada di tempat ini. Salah satu menu yang wajib dicoba saat disini yaitu rujak uleg yang dicampur dengan buah durian dan ote-ote alas.

Lokasi: Buntal, Duyung, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto.

13. Gunung Arjuno-Welirang

Gunung Arjuno-Welirang

Image Credit: Youtube.com (Matthias Günther)

Untuk yang sering mendaki gunung, mencapai puncak tertinggi dari sebuah gunung bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Bagi Anda yang pecinta alam dan hobi mendaki gunung, Gunung Arjuno dan Welirang bisa jadi destinasi pendakian selanjutnya ketika Anda sedang ingin berkunjung ke Pasuruan.

Kedua puncak ini terletak di ketinggian sekitar 3000 mdpl. Seperti namanya, pada puncak Gunung Welirang Anda akan menemukan kolam belerang yang mengeluarkan aroma cukup tajam. Pemandangan yang disuguhkan ketika sampai di puncak sangat indah. Diperlukan waktu selama 14 jam mendaki untuk sampai ke puncak gunung ini, jadi siapkan stamina dengan baik.

Lokasi: Pecalukan, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan.

14. Pantai Karang Hitam

Image Credit: Instagram.com @novita_eka_pratiwi

Nama dari pantai ini diambil dari indahnya pemandangan pantai yang memukau terutama ketika menjelang matahari tenggelam. Karang yang ada di pantai ini perlahan akan berwarna hitam dan mempunyai hamparan pasir yang berwarna coklat bersih. Anda juga bisa melihat perahu yang sedang berlayar dengan ukuran yang bervariasi.

Lokasi: Wates, Kec. Lekok, Kab. Pasuruan.

15. Pemandian Alam Banyu Biru

Pemandian Alam Banyu Biru

Image Credit: Twitter.com @hiksscompany

Pemandian alam yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Pasuruan. Pemandian ini bersumber dari mata air alami yang bisa digunakan sebagai tempat melepas lelah sambil berenang. Lingkungan sekitar yang masih asri sangat mendukung saat ingin berelaksasi di tempat ini.

Di tempat ini konon ada ikan yang dipercayai sebagai keramat. Tidak ada seorang pun yang berani mengusik dan membawa ikan-ikan ini pulang ke rumah, karena akan mendapatkan musibah. Namun, tidak perlu takut jika Anda ingin berenang di tempat ini, karena ikan ini semuanya jinak. Anda tetap bisa berenang dan berbagi tempat dengan ikan yang ada disini.

Lokasi: Jl. Raya Banyubiru Rt/Rw 02/02, Sumber Rejo, Kec. Winongan, Kab. Pasuruan.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Tretes dan Prigen yang menarik untuk dijelajahi. Dari beberapa daftar diatas, tempat wisata mana yang saat ini masih menjadi favorit Anda? Ternyata di Prigen, Pasuruan memang menyimpan banyak sekali tempat seru. Anda akan benar-benar mengetahui betapa bagusnya tempat wisata tersebut setelah berkunjung kesana. Liburan ke Pasuruan bukanlah ide yang buruk jika melihat banyaknya destinasi yang dimilikinya.