Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Saat ini, museum serta galeri seni sudah menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal ini tentu terjadi karena pada dasarnya, museum ataupun galeri seni menawarkan pengalaman berwisata yang cukup menarik dan berbeda dibandingkan destinasi wisata lainnya. Selain itu, objek wisata kesenian juga dapat dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga sebagai sarana edukasi yang mendidik sekaligus menyenangkan.

Kali ini, kami akan menghadirkan ulasan lengkap mengenai salah satu destinasi wisata seni dan budaya yang cukup popular di Kota Bandung, Jawa Barat, yakni Wot Batu. Lokasi wisata hits yang satu ini sangatlah unik, sehingga cocok bagi para pecinta seni. Seperti apakah seluk beluk mengenai Wot Batu ini? Yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Wot Batu

Daya Tarik Wot Batu
Image Credit: Google Maps Dewi Purwanti

Wot Batu merupakan sebuah destinasi wisata seni dan budaya yang memamerkan beragam karya seni instalasi berskala ruang yang dibuat oleh seorang seniman terkemuka asal Bandung, Sunaryo. Sepak terjang dari seniman yang satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sunaryo sendiri merupakan lulusan dari pendidikan seni patung di ITB (Institut Teknologi Bandung). Beberapa tahun setelah memperoleh gelar sarjana, ia kemudian pergi ke Carrara, Italia untuk belajar seni pahat marmer.

Karya-karya dari seniman ini bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara. Oleh sebab itu, Sunaryo juga tertarik untuk membagikan ragam karya seninya yang dipamerkan di Wot Batu Bandung, sehingga dapat diakses oleh para pecinta seni di Indonesia. Namanya sendiri diambil dari penggabungan Bahasa Jawa Kuno ‘Wot’ yang artinya jembatan, serta Bahasa Indonesia ‘Batu’. Oleh sebab itu, secara harfiah arti dari Wot Batu adalah Jembatan Batu.

Selain berbagai instalasi seni dengan nilai artistik yang tinggi, tempat wisata terbaik ini juga menawarkan beragam daya tarik lainnya. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang ditawarkan:

1. Kolam Batu

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan di tempat wisata terbaik ini adalah kolam batu. Kolam batu merupakan karya seni yang menampilkan sebuah kolam, lengkap dengan bebatuan di dalam air serta teratai. Di kola mini pula, terpampang sejumlah karya seni batu pahatan yang sekilas mirip dengan salah satu ikon batu di Britania Raya. Namun, karya seni batu pahatan di atas kola mini memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda, serta memiliki makna yang cukup dalam.

Secara sekilas, mungkin karya seni ini hanya menarik secara estetika. Namun bila ditelaah lebih lanjut, karya seni kolam batu ini memiliki intepretasi makna yang cukup mendalam. Pasalnya, kolam karya yang satu ini sebenarnya menggambarkan sebuah perspektif damai dengan kematian. Selain itu, makna lain yang terkandung dalam karya ini adalah antara bumi dan langit yang menunjukkan dua komposisi bebatuan bersatu sebagai lambang keseimbangan dalam hidup.

2. Lawang Batu

Lawang Batu merupakan salah satu instalasi seni dari batu yang paling popular di tempat ini karena keunikan bentuknya. Sesuai dengan namanya, dalam Bahasa Jawa kata ‘lawang’ dapat diartikan sebagai pintu, sehingga Lawang Batu secara harfiah berarti gerbang batu atau pintu batu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, instalasi seni yang satu ini memang sangatlah menarik perhatian karena bentuknya yang unik, sehingga sering dijadikan objek berfoto oleh para pengunjung.

Jika dilihat secara sekilas tanpa menggunakan kaca mata seni, Lawang Batu ini mungkin bisa dikatakan indah secara estetika saja. Namun, bagi orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi, instalasi batu ini menyimpan makna filosofis yang cukup dalam mengenai kehidupan. Lawang Batu dimaknai sebagai batas antara dimensi kehidupan manusia dengan alam semesta. sebagai unsur Yin dan Yang yang saling melengkapi, karena terlihat dari bentuk sidik jarin Sunaryo yang saling mengunci.

3. Lorong Panjang

Saat pengunjung pertama kali masuk ke dalam Wot Batu, pasti langsung disuguhkan dengan pemandangan yang cukup menarik yakni lorong batu yang cukup panjang. Lorong yang satu ini sangatlah unik dan artistik, sehingga seringkali dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai spot berfoto yang instagrammable.

Sebenarnya, lorong panjang ini tidak hanya berfungsi sebagai lorong penghubung antara pintu masuk dan area belakang saja. Namun, lorong yang satu ini juga memuat beberapa karya seni yang dipamerkan, sehingga menambah kesan estetika tersendiri. Tak hanya itu, lorong panjang ini juga seringkali dimanfaatkan oleh para seniman sebagai tempat mencari inspirasi serta melukis karya seni secara langsung.

Daya Tarik Dimiliki Wot Batu
Image Credit: Twitter Hade-El Holiday

4. Bale Batu

Bale Batu merupakan sebuah bangunan multi fungsi yang memiliki konsep terbuka. Arsitektur dari bangunan Bale Batu ini sangatlah menarik, karena dirancang sendiri oleh sang seniman, Sunaryo. Salah satu daya tarik utama dari Bale Batu adalah adanya kedai minuman dengan menu yang cukup beragam, sehingga pengunjung dapat duduk bersantai sambil menikmati minuman ringan yang disuguhkan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bagunan berarsitektur unik ini memang memiliki fungsi yang beragam. Tak hanya menyediakan kedai minuman, Bale Batu ini juga kerap digunakan sebagai area pameran seni, acara amal, ataupun seminar. Selain itu, biasanya grup yang melakukan wisata ke Wot Batu juga akan mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai tempat wisata ini di area Bale Batu.

5. Taman yang Luas

Daya tarik lainnya yang dihadirkan dalam tempat wisata hits ini adalah taman yang cukup luas. Pada dasarnya, taman ini merupakan area outdoor yang juga memiliki fungsi sebagai tempat dipamerkannya instalasi seni batu karya Sunaryo. Selain itu, di taman ini juga tersedia kursi dan meja yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bersantai sambil menikmati berbagai instalasi seni yang sangat menarik.

Karena areanya yang luas, taman ini juga kerap digunakan sebagai lokasi diselenggarakannya berbagai aktivitas menarik, seperti yoga bersama, screening film, pagelaran musik, dan aktivitas seni lainnya yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Tak hanya itu saja, taman ini juga memiliki arsitektur yang yang cukup artistik, sehingga sering dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai salah satu spot foto yang menarik.

6. Kopi Selasar Sunaryo

Tempat selanjutnya yang sangat menarik minat pengunjung adalah Kopi Selasar, atau yang sering dikenal sebagai Kopi Selasar Sunaryo. Tempat yang satu ini merupakan sebuah kedai kopi dengan arsitektur yang sangat modern dan menarik, ditambah lagi dengan pemandangan alam Dago Pakar yang indah sehingga semakin diminati oleh para pengunjung yang datang. Selain itu, kedai kopi yang satu ini juga menawarkan ragam menu makanan serta minuman yang pastinya menggugah , selera.

Sebenarnya, lokasi Kopi Selasar ini terpisah dari kawasan Wot Batu, namun masih sangat dekat sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Lokasi dari Kopi Selasar ini terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100 yakni tepat di seberang objek wisata ini. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung yang mampir untuk menyantap hidangan di kedai kopi ini setelah berkunjung ke galeri seni Wot Batu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Rute Lokasi Wot Batu
Image Credit: Twitter ay • works on comms & projects

Wot Batu ini terletak di daerah Dago Pakar, Bandung, tepatnya di Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Lokasi dari tempat wisata hits ini sangatlah strategis dan mudah dijangkau, karena masih di dalam wilayah administrasi Kota Bandung. Perjalanan ke Curug Cimahi dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, melalui Gerbang Tol Pasteur. Jarak dari Gerbang Tol Pasteur menuju ke lokasi wisata hanya sekitar 10 km saja, dengan waktu tempuh yang cukup singkat yakni sekitar 30 menit.

Dari arah Gerbang Tol Pasteur, pengunjung hanya perlu lurus dan naik ke Jalan Layang Pasupati. Setelah itu, turun ke arah Jl. Tamansari, kemudian belok kanan ke Jl. Dago. Kemudian, rute yang ditempuh sangat mudah, yakni mengikuti jalur hingga ke Jl. Ir H Juanda kemudian belok kiri ke Jl Bukit Pakar Timur. Wot Batu akan terlihat di sebelah kanan jalan, dan hanya berjarak sekitar 1 km setelah belok kiri ke Jl Bukit Pakar Timur.

Untuk dapat masuk ke area wisata terbaik ini, pengunjung hanya perlu membeli tiket yang dibanderol seharga Rp 50.000 per orangnya. Bagi pengunjung kategori manula yang berusia antara 65-70 tahun, maka tidak dikenakan biaya masuk. Perlu diketahui, karena kebijakan PPKM yang ditetapkan pemerintah terkait pandemi COVID 19, maka usia pengunjung dibatasi dari 12-70 tahun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wot Batu

Kegiatan Menarik Wot Batu
Image Credit: Google Maps Calvin Qiu

Pada ruang terbuka, terdapat lebih dari 135 batu yang berasal dari berbagai pegunungan di Pulau Jawa. Batu-batu ini ditanam secara konseptual dalam harmoni sebagai karya seni yang sangat menarik. Oleh karena itu, banyak sekali pengunjung yang memilih untuk menghabiskan waktu di ruang terbuka, untuk menikmati ragam instalasi seni sambil ditemani suasana serta pemandangan alam yang indah. Sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas yang menarik di Wot Batu, antara lain yaitu:

  • Mengabadikan segala aktivitas dan kejadian selama berwisata di tempat paling eksotik ini dengan cara berfoto ria dengan keluarga, teman, kerabat, maupun teman spesial
  • Menikmati pagelaran seni yang di sediakan oleh paguyuban setempat demi menyalurkan hobi sekaligus melestarikan kesenian daerah yang indah nan asli.
  • Menikmati Minuman dan makanan yang di jual di sekitaran tempat wisata yang serba indah ini. Anda dapat menikmati berbagai makanan dan minuman khas daerah setempat yang dikenal sangat enak dan nikmat.
  • Dapat melakukan Trekking bagi Anda yang menyukai daerah-daerah yang tergolong ekstrim dan menakjubkan ini, dengan berbagai keindahan alam yang di berikan langsung oleh alam untuk Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Wot Batu
Image Credit: Twitter ay • works on comms & projects

Sebenarnya, penamaan Wot Batu ini memiliki makna yang lebih dalam. Sunaryo menciptakan tempat ini dengan tujuan sebagai “jembatan spiritual” yang menjadi penyeimbang antara jiwa manusia dengan wujud ragawi kehidupan serta penghubung antara empat elemen alam. Karenanya, ragam instalasi karya seni yang terdapat di tempat wisata terbaik ini masing-masing memiliki makna yang sangat dalam, serta mengundang para pengunjung untuk mengintepretasikannya berdasarkan nurani dan jiwa seninya.

Ragam fasilitas yang tersedia di Curug Cimahi tergolong sangat lengkap, seperti toilet, Mushola, pos penjagaan, tempat bersantai, area outdoor, kedai minuman, ruangan serbaguna, area parkir, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Itulah ulasan lengkap mengenai destinasi wisata seni dan budaya yang cukup terkenal di Kota Bandung, yakni Wot Batu. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik ini, tiket masuk dapat diperoleh dengan mengunjungi situs resminya di https://wotbatu.id. Untuk pertanyaan seputar kunjungan atau pameran seni, dapat diajukan melalui nomor (+62) 22 82524480.