16 Oleh-Oleh Khas Tangerang yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Tangerang

Liburan terasa tidak lengkap tanpa membawa pulang Oleh-Oleh Khas Tangerang yang populer.

Mengunjungi kota sebelah, tidak afdol tanpa membawa buah tangan untuk kerabat terdekat. Begitu pula ketika Anda berkunjung ke kota Tangerang, ada baiknya untuk membawa beberapa oleh oleh. Cemilan hingga beberapa barang khas daerah tersebut, bisa dijadikan sebagai buah tangan terbaik. Berikut beberapa daftar buah tangan dari Tangerang.

1. Kecap Manis

Kecap Manis

Image Credit by Adira.co.id

Bumbu dapur, merupakan jenis oleh oleh yang paling disenangi oleh para ibu rumah tangga. Untuk menyenangkan ibu di rumah, Anda bisa memberikannya kecap manis khas Tangerang. Kecap satu ini, sudah cukup populer di kalangan masyarakat Tangerang sendiri. Rasa manisnya pas dengan tingkat kekentalan tepat, membuat masakan menjadi lebih nikmat. Walaupun mungkin distribusinya tidak sampai pada kota tetangga, namun kualitasnya tidak perlu diragukan.

Sebagai kecap khas lokal, rasa yang dihadirkannya tidak akan ditemui pada kecap yang telah populer di pasar Indonesia. Mencintai produk lokalnya, tidak mengherankan bila menemukan pedagang yang lebih menggunakan produk kecap satu ini. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, lantaran beberapa toko yang ada di wilayah Tangerang telah menjajakannya dengan harga terjangkau.

2. Bolu Tape Benteng

Bolu Tape Benteng

Image Credit by Bukalapak.com

Sebagai kue asli khas Tangerang, produksi serta penjualannya pun hanya bisa ditemukan ketika berkunjung ke tempat ini. Rasanya yang menggoda selera, sangat cocok untuk para pecinta tape yang ingin mencoba varian olahan dari tape. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun, cukup mudah ditemukan di pasaran. Terbuat dari bahan pilihan, menjadikan kue bolu memiliki tekstur lembut dengan citarasa yang tidak bisa dilupakan.

3. Dodol Ny. Lauw

Dodol Ny. Lauw

Image Credit by Mamikos.com

Berkunjung ke kota Tangerang akan terasa kurang lengkap, tanpa membeli Dodol Ny. Lauw. Mungkin dodol memang tidak hanya diproduksi di kota ini saja, namun citarasa dari Dodol satu ini sangat unik daripada jenis dodol lainnya. Ketika mencicipi jajanan ini, Anda bisa merasakan rasa manis dengan teksturnya yang sangat empuk. Bahkan rasa legit dan tidak lengket, membuat penikmatnya tidak bisa berhenti mengkonsumsinya.

Disajikan dalam beberapa varian rasa, kini bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Setidaknya terdapat 2 rasa tambahan, selain rasa originalnya. Namun ada baiknya, Anda membeli versi rasa original dengan varian rasa lainnya, untuk membandingkan rasa aslinya. Ingin menjadikannya sebagai buah tangan pilihan ? Anda bisa menemukannya, dijual bebas di toko oleh oleh khas Tangerang.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Tangerang yang Populer

4. Gantungan Kunci Khas Tangerang

Gantungan Kunci Khas Tangerang

Image Credit by Tokopedia.com (Scarlettegroup)

Buah tangan memang tidak selalu sebuah makanan, namun Anda juga bisa memberikan berupa barang khas buatan kota tersebut. Apabila takut akan resiko jajanan busuk sebelum sampai pada tangan penerimanya, Anda bisa mencari buah tangan yang awet seperti gantungan kunci. Selain lebih simpel, buah tangan ini begitu mudah ditemukan. Pada umumnya, Anda bisa menemukannya di pusat oleh oleh ataupun di pasaran terdekat.

Biasanya gantungan kunci akan memiliki bentuk beragam, dan disesuaikan dengan ikon dari kota tersebut. Bahan dalam pembuatannya pun berkualitas, sehingga awet ketika digunakan. Harganya yang cukup ekonomis, sangat cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas namun ingin memberikan buah tangan. Bahkan para wisatawan bisa membeli dalam jumlah banyak, untuk membelikan beberapa kerabat sekaligus.

5. Tas Khas Baduy

Tas Khas Baduy

Image Credit by Indonesiakaya.com

Selain gantungan kunci, Anda juga bisa memberikan tas khas Baduy yang bisa digunakan sebagai cidera mata terbaik. Tas tradisional tersebut, hingga kini masih sering digunakan oleh penduduk asli Baduy. Pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisonal, memiliki nilai seni tinggi untuk sekedar oleh oleh. Kini tas ini dihadirkan berbagai varian desain, dan pilihan warna yang lebih komplit.

Bentuknya sederhana, namun berbeda seperti tas selempang lainnya. Tidak mengherankan bila tas satu ini banyak diminati  wisatawan. Para wisatawan yang tertarik untuk memilikinya, bisa mendapatkannya dengan mudah di toko souvenir terdekat. Bahkan harga yang ditawarkan, cukup terjangkau dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

6. Emping Menes

Emping Menes

Image Credit by Pecelkembangturi.wordpress.com

Berbeda dengan berbagai emping lainnya, emping menes menjadi salah satu cidera mata terbaik untuk dipilih. Bahan dasar untuk membuatnya, berasal dari melinjo berkualitas yang diolah menggunakan cara tradisonal. Masih menggunakan cara manual, membuat rasa emping begitu nikmat nan renyah. Hanya dibandrol sekitar Rp. 30 ribu per kilonya, Anda sudah bisa menikmati kerenyahan dari emping satu ini.

BACA JUGA:  31 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Cucuer

Cucuer

Image Credit by Sakerapedia.com

Bagi Anda pecinta kudapan tradisional, bisa memilih cuecuer sebagai pilihan alternatif. Cemilan satu ini cukup terkenal,lantaran adanya perpaduan rasa manis sekaligus gurih dalam satu cemilan. Terbuat dari tepung beras pilihan, kudapan ini dihadirkan dengan warna hijau yang berasal dari perasan daun suji. Camilan kenyal tersebut, biasanya disajikan bersamaan dengan parutan kelapa.

8. Kue Jojorong

Kue Jojorong

Image Credit by Putratravel.net

Ingin mencoba jajanan tradisional khas Tangerang lainnya ? Anda bisa mencari jajanan yang bernama kue jojorong, atau biasa disebut kue jorong. Kue satu ini berwarna putih, serta disajikan di wadah yang terbuat dari daun pisang. Nantinya kue tersebut akan disirami dengan gula merah cair, yang menambah kenikmatannya. Karena pembuatannya tidak menggunakan bahan pengawet, maka jajanan satu ini tidak mampu bertahan terlalu lama.

9. Kue apem

Kue apem

Image Credit by Putratravel.net

Hingga kini, popularitas kue apem masih saja belum padam diterpa perbedaan zaman. berbeda dengan kue apem lainnya, jajanan tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan tape singkong. Yang membuatnya semakin nikmat, yaitu adanya tambahan sirup gula merah. Jajanan ini semakin nikmat ketika disajikan bersama teh, dan dikonsumsi saat sore hari.

10. Kue Gipang

Kue Gipang

Image Credit by Pesonanusantara.co.id

Miliki bentuk mungil dengan tekstur renyah, camilan satu ini juga tidak kalah populer sebagai cidera mata. Jajanan satu ini, memiliki rasa manis dengan tekstur yang sedikit lengket di bagian luarnya. Hanya terbuat dari bahan sederhana seperti campuran ketam dan air gula, namun rasanya akan terus terkenang di ingatan. Camilan sat ini cocok sebagai camilan pendamping minum teh, sambil menikmati senja datang.

11. Bebek sate

Bebek sate

Image Credit by Steemkr.com

Pada umumnya, sate dibuat dari bahan dasar daging ayam, daging sapi, maupun daging kambing. Namun sate kali ini cukup berbeda, lantaran menggunakan bahan dasar dari daging bebek. Dengan pengolahan tepat, daging bebek menjadi sangat empuk dan sedap untuk disantap. Semakin lezat dengan baluran berbagai bumbu dan rempah pilihan, mampu menaikkan nafsu makan anda. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 30 ribuan, Anda sudah bisa merasakan kenikmatannya.

BACA JUGA:  10 Tempat Nongkrong di Serang Paling Recommended

12. Sirup Rosella

Sirup Rosella

Image Credit by Tokopedia.com (Rosellafreshop)

Terbuat dari bahan dasar bunga rosella, sirup satu ini tengah naik daun sebagai jenis cidera mata populer yang banyak dicari wisatawan. Sirup satu ini, mampu memberikan kesegaran, nikmat, dan rasa manis meskipun penyajiannya tanpa menggunakan gula sedikitpun. Bahkan warna segar yang dimilikinya, merupakan warna alami yang dibuat tanpa menggunakan bahan pewarna tambahan.

13. Dodol Cilenggang

Dodol Cilenggang

Image Credit by Newsroom.fisip-untirta.ac.id

Berbentuk memanjang dengan warna hiyam gelap, Dodol Cilenggang merupakan jajajan yang seringkali dijadikan sebagai oleh oleh. Walaupun mungkin bentuknya kurang menarik perhatian, namun rasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan. Sebelum mengkonsumsinya, Anda perlu memotongnya hingga berbentuk lebih kecil. Hanya dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 30 ribuan, Anda sudah bisa mencicipi jajanan kuliner tersebut.

14. Bontot

Bontot

Image Credit by Mamikos.com

Hingga kini, kudapan satu ini masih digemari oleh masyarakat Tangerang. Ketika mencicipinya, Anda bisa merasakan rasa gurih sekaligus nikmat menjadi satu di lidah. Terbuat dari teung aci yang dicampurkan dengan ikan dan terasi, ternyata menghasilkan jajanan yang begitu nikmat seperti ini. Pada umumnya, masyarakat mengkonsumsinya sebagai camilan pagi hari.

15. Kacang Cisoka

Kacang Cisoka

Image Credit by Topibambu.com

Menjadi ikon cemilan, kacang Cisoka terbuat dari kacang tanah yang diproses sedemikian rupa. Kudapan satu ini sangat populer, lantaran memiliki cita rasa  gurih namun sedikit ada rasa manis. Distribusi kacang satu ini memang tidak luas, sehingga pecintanya harus mendatangi kecamatan Cisoka untuk mendapatkannya.

16. Bir Pletok Bang Pletok

Bir Pletok Bang Pletok

Image Credit by Republika.co.id

Walaupun masuk dalam minuman khas Betawi, minuman satu ini kerap kali dijadikan sebagai cidera mata bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Tangerang. Meskipun ada nama bir di dalamnya, minuman ini ternyata tidak memabukkan sama sekali ketika dikonsumsi. Terbuat dari bahan dasar berupa aneka rempah, justru minuman ini baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain menyehatkan, minuman satu ini juga mampu memberikan efek menghangatkan.

Tidak ada yang menyangka bila, kota Tangerang ternyata memiliki sederet daftar buah tangan yang bisa dipilih wisatawan. Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi toko pusat oleh oleh khas Tangerang. Pada umumnya toko tersebut, akan menyediakan berbagai makanan, minuman, hingga berbagai barang unik dari kota Tangerang. Apabila Anda lebih tertarik membeli jajanan tradisional,  Anda bisa menemukannya di pasaran terdekat.