10 Taman di Tangerang yang Cocok untuk Refreshing

Taman Tangerang

Mengunjungi taman memang menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat setelah lelah bekerja. Anda bisa berkunjung ke Taman terbuka hijau di Tangerang dan mengajak anak untuk mengenal lebih dekat dengan alam.

Kota Tangerang adalah kota penyangga ibukota Jakarta dan sudah tergolong kota metropolitan. Termasuk kota dengan penduduk yang padat, Tangerang juga memiliki banyak lahan yang difungsikan sebagai taman. Sehingga polusi udara bisa diserap ulang oleh tumbuhan hijau yang ditanam di lahan terbuka hijau ini.

Tak hanya memiliki satu taman, Tangerang memiliki banyak taman yang juga difungsikan untuk refreshing. Yuk simak deretan tempat refreshing di Tangerang yang cocok untuk berakhir pekan.

1. Taman Potret

Taman Potret

Image Credit: Wisatanegeri.com

Taman Potret adalah taman tematik yang penuh dengan ikon spot untuk foto agar terlihat Instagramable. Di taman ini pengunjung akan disambut oleh patung penari lenggang dengan dominasi warna merah. Patung ini sekaligus sebagai penanda area taman ini, dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak anak. Taman ini digunakan sebagai alternatif untuk wisata keluarga yang murah meriah di Tangerang.

Selain patungnya, daya tarik dari taman ini adalah jembatan merah yang bergaya klasik dengan lengkung pilar sebagai pembatas bagian samping. Tepat di sisi kanan dan kiri pembatas jembatan ini, terdapat tugu yang berbentuk seperti anak catur. Anda juga bisa membiarkan anak bermain di area playground yang menyediakan banyak sekali wahana permainan anak anak. Terdapat beberapa jamur raksasa yang memberikan suasana keakraban bagi anak anak.

Lokasi: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

2. Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal

Image Credit: Marjanotmorenot.blogspot.com

Taman Gajah Tunggal adalah taman yang dibangun untuk menyebarkan kesadaran akan kebersihan lingkungan. Saat memasuki area taman, para pengunjung akan disambut patung gajah berwarna hitam yang berdiri dengan satu kaki. Anda juga akan menemukan banyak sekali ban bekas yang di daur ulang menjadi hiasan di area taman tersebut. Bahkan Anda juga akan menemukan beberapa fasilitas yang terbuat dari taman bekas.

Beberapa permainan anak juga akan mudah ditemukan di taman ini diantaranya adalah tempat duduk, pot tanaman hingga penutup lampu yang terbuat dari potongan ban. Tak hanya itu taman terbuka hijau ini juga seringkali digunakan untuk aktivitas rekreasi bagi warga Kota Tangerang. Selain itu Anda juga bisa mengambil banyak sekali foto dengan latar belakang yang unik dari pantai taman gajah tersebut.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Cilegon Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan I No.1, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

3. Taman Bambu

Image Credit: Kumparan.com

Berbeda dengan taman taman modern yang lainnya, taman bambu adalah tempat rekreasi yang memiliki suasana khas Indonesia. Pengunjung yang datang ke taman ini akan disambut oleh berbagai dekorasi dan karya olahan bambu. Taman ini mengusung konsep eduwisata yang menawarkan perbedaan asri nan alami. Ditambah taman ini juga terlihat semakin cantik karena banyak hiasan lampion serta lokasi fotografi jembatan buluh.

Pengunjung bisa mengelilingi taman di jalan setapak yang dilapisi dengan bambu. Jalan setapak ini juga bisa digunakan sebagai trek jogging atau trek sepeda. Di sisi jalan setapak, Anda akan menemukan banyak sekali lampion yang akan menyala pada malam hari dan terbuat dari material bambu. Taman ini memiliki fasilitas umum yang lengkap seperti mushola, toilet, bangku bangku tempat duduk serta jaringan WiFi gratis untuk para pengunjung.

Lokasi: Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

4. Taman Elektrik

Taman Elektrik

Image Credit: Tangerangnews.com

Taman di Kota Tangerang yang gratis dan murah serta bagus untuk dikunjungi adalah Taman Elektrik. Taman ini memiliki pemandangan serba hijau yang terhampar di tempat yang tampak nyentrik. Di taman ini para pengunjung bisa duduk duduk santai tanpa menggunakan alas. Anda bisa melepas penat di atas rumput rumput sintesis yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Memiliki luas kurang lebih 300 meter persegi, taman ini memang dibangun khusus untuk sarana publik.

Tak hanya sebagai tempat wisata saja, ada juga bisa berburu jajanan dan aneka kuliner khas Tangerang yang mampu memanjakan lidah. Selain digunakan sebagai raung terbuka hijau, ada juga spot spot menarik di area taman yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa spot menarik yang bisa Anda coba adalah hobbit village, taman pelangi, taman ekspresi, ubud village ciledug dan fasilitas lain yang sudah disediakan oleh pihak pengelola taman.

Lokasi: Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

5. Arumadalu Farm

Arumadalu Farm

Image Credit: Arumdalu.farm

Armadalu Farm adalah taman yang sangat cocok untuk Anda yang menyukai seni fotografi. Pasalnya taman ini memiliki konsep spot Sunflower yang menampilkan keindahan kebun bunga matahari. Armadalu sendiri adalah kawasan di Scientia Park Gading Serpong, Tangerang dan menjadi salah satu spot selfie terhits bagi anak muda. Anda tidak perlu jauh jauh ke Jogja atau Malang untuk berburu spot sunflower, karena tempat ini sangat cocok untuk hunting foto.

BACA JUGA:  18 Tempat Makan di Tangerang Paling Enak & Murah

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Armadalu Farm adalah pada saat sore hari, karena cuaca sudah tidak terik lagi dan riasan wajah ana tidak terkena keringat. Jika Anda berkeliling ke area taman maka Anda akan menemukan bentuk rumah kerucut yang terletak di bagian tengah tengah taman. Anda juga akan menemukan taman sayur yang ditanami selada, cabai dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kota Tangerang.

6. Bird Park

Bird Park

Image Credit: Tangerangtribun.com

Jika Anda ingin menikmati refreshing gratis, maka Anda bisa mengunjungi Bird Park yang berada tepat di seberang SMKN 3 Kota Tangerang. Taman ini berdiri diatas tanah yang kurang lebih memiliki luas sekitar 30 meter persegi. Kurang lebih terdapat 15 spesies burung endemic yang ada di Pulau Jawa. Di dalam Bird Park Tangerang ini sebagian burung memang dilepas bebas, namun ada juga yang dikurung di dalam sangkar.

Spesies yang ada di dalam Bird Park ini adalah cucak hijau, trucuk hutan, gelatik, perkutut, kakak tua, kecer hingga panca warna daun. Kawasan ini bisa diakses gratis oleh wisatawan atau masyarakat setempat yang bisa mengenalkan anak anak dengan aneka burung yang ada. Anda bisa mengajak anak untuk belajar mengenal burung sambil bermain di area taman burung tersebut.

Lokasi: Jl. Mochammad Yamin, RT.004/RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang.

7. Hutan Kota 1, 2 & 3 BSD

Hutan Kota 1, 2 & 3 BSD

Image Credit: Jakarta.panduanwisata.id

Hutan Kota BSD adalah ruang terbuka hijau yang sangat populer di Kota Tangerang dan selalu ramai di kunjungi oleh warga. Area taman yang teduh adalah salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Taman ini memiliki tiga area hijau dengan dua taman kota yang menyajikan pesona yang menarik serta unik. Memiliki luas 9 hektar, tak heran jika area ini disebut sebagai area hutan kota.

Tercacat terdapat 7000 pohon mulai dari jenis beringin, bintaro, meranti yang tersebar di semua sudutnya. Selain itu ada juga kurang lebih 60 jenis tanaman hias sehingga membuat kawasan wisata ini menjadi lebih indah dan eksotis. Anda bisa mengambil gambar yang sepuasnya di area ini. Di tengah taman Anda akan menemukan jembatan merah cinta yang memiliki hawa sejuk dan bisa langsung dirasakan oleh para pengunjungnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Serang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

8. Taman Buaya Tanjung Pasir

Image Credit: Inews.id

Penangkaran buaya yang berlokasi di dekat Hutan Magrove Muara Teluk Naga ini merupakan destinasi wisata yang aman di Kota Tangerang. Anda bisa mengajak anak untuk mengenal buaya yang dirawat di penangkaran tersebut. Selain bisa mengenal spesies buaya, para pengunjung juga bisa mengambil beberapa spot foto yang instagramable. Tak hanya itu taman buaya ini juga menyediakan deretan rest area, toko kerajinan dan rumah makan yang menyajikan sater berbahan daging hewan tersebut.

Lokasi: Tanjung Pasir, Kec. Teluknaga, Kota Tangerang.

9. Taman Tebing Koja

Taman Tebing Koja

Image Credit: Lagipiknik.com

Tebing Koja adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di kalangan masyarakat Kota Tangerang. Hal ini karena suasana taman hampir mirip dengan latar belakang film Godzilla. Tebing Koja sendiri memiliki beberapa unsur yang menjadikannya wisata alam yang sangat komplit. Anda akan menemukan tebing tebing kapur menjulang indah, sawah, dan kolam hijau pekat yang bisa dijelajahi menggunakan sampan kecil.

Lokasi: Cireundeu, Cikuya, Kec. Solear, Kota Tangerang.

10. Eco Park Tangerang

Eco Park Tangerang

Image Credit: Tangerangtribun.com

Taman Eco Park memiliki lokasi yang sangat strategis dan memiliki banyak sekali fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah. Taman ini juga memiliki beraneka tanaman yang indah, pohon pohon yang rindang dan akan membuat siapa saja nyaman untuk berteduh. Selain memiliki pepohonan yang rindang, Eco Park juga dilengkapi dengan area bermain anak, jogging track serta giant screen untuk menghibur pengunjung.

Lokasi: Jl. Pintu Bar. Air No.41, Mekarsari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang.

Dibalik padatnya penduduk Kota Tangerang, ternyata masih ada ruang taman sebagai terbuka hijau yang berfungsi untuk menyegarkan pikiran. Anda bisa berkunjung ke taman tersebut yang sudah disediakan oleh pemerintah sehingga bisa diakses secara gratis. Dengan berkunjung ke taman dan melakukan banyak aktivitas, sehingga pikiran Anda akan kembali segar dan siap untuk menjalani aktivitas yang padat di hari selanjutnya.