Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Sumedang – Cibeureum No.217, Pamoyanan, Kec. Ciawi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa stress atau bosan, dan ingin refreshing tetapi tidak tahu ke mana? Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang ada di Jawa Barat. Provinsi ini terkenal cukup sejuk dan juga memiliki berbagai tempat wisata air, satu di antaranya yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya.

Jika Anda berkunjung ke Tasik, Anda dapat mengunjungi Ampera Waterpark, satu di antara sekian wisata buatan bernuansa kerajaan dengan berbagai pilihan kolam yang dapat dimanfaatkan sesuka hati Anda, yang dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih rileks kembali. Seperti apakah tempat wisata tersebut? Nah, jika Anda penasaran, berikut ini informasi selengkapnya mengenai Ampera Waterpark.

Daya Tarik yang Dimiliki Ampera Waterpark

Daya Tarik Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Dian Novia Ranjaini

Sebagai salah satu tempat rekreasi yang berlokasi di Tasikmalaya, Ampera Waterpark menyediakan berbagai daya tarik tersendiri nan unik yang dijamin dapat menarik perhatian Anda untuk mengunjungi kawasan wisata tersebut. Adapun daya tarik dari wahana yang baru dibuka tiga tahun silam ini adalah sebagai berikut.

1. Lokasi Wisata yang Strategis

Biasanya, kebanyakan tempat wisata berada di lokasi yang cukup terpencil, sehingga mungkin Anda harus menempuh sekian jarak sampai melewati medan jalan yang cukup berliku-liku, naik tanjak, turun curam, dan sebagainya. Taman air ini berlokasi di jalur utama lintas provinsi, jadi bisa dibilang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi apapun, bahkan di sekitarnya pun banyak sekali dijumpai rumah makan/restoran atau bahkan pemandian umum.

2. Suasana Alam di Sekitar Waterpark

Ampera Waterpark tidak hanya menyediakan berbagai fasilitas menarik yang dibuat oleh pengelola, tetapi juga pemandangan alami yang indah di sekitarnya. Selain karena letaknya yang strategis, suasananya sangat membuat nyaman karena dilengkapi panorama alamiah yang indah, yaitu dengan adanya berbagai pepohonan yang rindang serta berada di tengah persawahan. Lantas, hal itu menyebabkan Anda dapat merasakan hawa sejuk sehingga dapat menambah kesan berlibur Anda.

3. Negeri Dongeng-nya Tasikmalaya

Meskipun berada di sekitar persawahan atau pepohonan, ternyata konsep yang diusung waterpark ini tidak kaleng-kaleng lho! Tempat wisata popular ini justru menawarkan konsep negeri dongeng atau kerajaan atau juga disebut puri yang menjadikan kesan mewah bagi kebanyakan orang. Anda akan melihat bangunan-bangunan dan ornamen berbentuk istana atau kastil serba merah dan krem, yang mana, rasanya pasti akan sangat berkesan terutama buat anak-anak yang sangat suka didongengin banyak hal sama orang tuanya.

4. Ikon Unik: Teko Raksasa

Di salah satu kolam renang utama, Anda dapat menemukan suatu teko raksasa, ibaratnya air mancur namun versi uniknya yang bisa mengguyur siapapun pengunjung yang berenang di sana. Anda juga dapat berfoto berlatarkan teko tersebut, terlebih lagi dengan gaya seolah-olah Anda sedang meminum sesuatu dari teko. Mantap banget!

Daya Tarik di Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Ri Ve

5. Kolam Anak-Anak dan Kolam Dewasa

Sesuai namanya, kolam anak jelas aman bagi anak-anak, karena hanya memiliki kedalaman sekitar 30-80 cm. Di sana, Anda akan menemukan suatu wahana unik seperti ember tumpah, di mana Anda dapat merasakan sensasi hujan lebat yang tumpah dan mengguyur sekujur tubuh Anda, apalagi airnya dingin, bukan? Selain itu, Anda juga akan menemukan beragam peluncuran dan perosotan dengan jalur berliku, serta beberapa air pancur berbentuk wortel. Namun, bagi orang dewasa, Anda dapat mencoba kolam renang dengan kedalaman sekitar 1,8 meter.

6. Kolam Berombak dan Kolam Arus

Ombak itu identik dengan sesuatu yang ada di pantai bukan ya? Nah, sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh ke pantai lagi, karena Ampera Waterpark juga menyediakan kolam yang demikian, dengan ukuran yang luas dan sensasi gelombang ombak yang dapat dirasakan layaknya berada di lautan. Agar pengalaman berlibur Anda semakin maksimal, Anda dapat menggunakan bank pelampung, dan rasakan sensasi menyenangkannya ketika hanyut dan terombang-ambing dalam ombak. Namun, Anda harus tetap berhati-hati bahkan ketika volume airnya semakin bertambah.

7. Kolam Air Panas

Taman air ini juga menyediakan sarana untuk relaksasi lho, sebut saja kolam air panas. Layaknya pemandian air panas umum biasanya, dengan suhu yang hangat, Anda dapat bermain-main air yang berasal dari sumber alami sekaligus relaksasi badan di kolam yang luas ini. Namun, jika Anda membutuhkan ruang privasi, Anda juga dapat mencoba fasilitas kolam bak rendam, baik untuk pribadi maupun keluarga, tentu saja dengan suhu air yang lebih panas dan bebas gangguan orang lain tetapi harus membayar tarif khusus untuk itu.

8. Kolam Olympic

Arena waterpark ini juga menyediakan kolam berstandar olimpiade internasional, terkhusus bagi Anda sebagai calon atau bahkan sudah menjadi atlet renang yang ingin berlatih secara serius. Kolam ini memang disediakan untuk meningkatkan prestasi cabang renang daerah. So, berani mencoba kolam berasa menjadi atlet ini?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Elva Rossa

Ampera Waterpark, salah satu wisata taman rekreasi air di Jawa Barat, berlokasi di Jalan Raya Sumedang – Cibeureum No. 217, Desa Pamoyanan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat 46156. Anda dapat pergi ke kawasan wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan manapun.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Tasikmalaya dengan jarak tempuh sekitar 30 km dan memakan waktu sekitar hampir 1 jam perjalanan, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut: Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Siliwangi – Jalan Pembangunan – Jalan SL.Tobing – Bundaran Monumen Pahlawan Nasional – (belok kanan) Jalan Ir. H. Juanda – Jalan Letnan Harun -Jalan Brigjend Wasita Kusumah – Jalan Ibrahim Adjie / Jalan Raya Sumedang-Cibeureum – Jalan Raya Cibodas – Jalan Raya Rajapolah/Pagerageung/Tim – Jalan Raya Sumedang-Cibeureum – Jalan Raya Ciawi. Namun, jika Anda ingin memahami rute perjalanan secara maksimal, silakan manfaatkan aplikasi maps di gadget Anda.

Harga Tiket Masuk Waterpark

Harga Tiket Masuk Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Bohenkz Tv

Untuk memasuki kawasan wisata Ampera Waterpark, Anda tidak perlu merogoh kocek sedalam-dalamnya karena harga yang ditawarkan untuk tiket masuknya cukup terjangkau (dengan catatan minimal anak berusia 2 tahun/tinggi badan 80 cm), yaitu 25 ribu rupiah untuk hari Senin-Jumat serta 35 ribu rupiah untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Untuk menikmati fasilitas kamar rendam, Anda harus merogoh kocek lagi sebesar 15 ribu untuk personal dan 25 ribu untuk keluarga. Selain itu, kawasan wahana air tersebut buka dari jam 08.00 – 17.00 WIB setiap harinya, kecuali di hari Jumat yaitu dari 13.00 – 17.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ampera Waterpark

Kegiatan Menarik Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Ampera Waterpark

1. Bermain Air atau Bahkan Berenang

Bagi Anda yang sudah mengunjungi Ampera Waterpark, tentu saja Anda harus melakukan aktivitas seperti berenang atau bermain air. Terdapat banyak pilihan kolam yang bisa dimanfaatkan, seperti kolam ombak, kolam arus, kolam olimpik, kolam berstandar olimpiade, kolam air panas, dan sebagainya. Untuk menikmati kolam arus, Anda juga dapat menyewa ban yang disediakan oleh pengelola, lho. Jadi, yuk rasakan sensasi berenang di berbagai kolam!

2. Berfoto Ria

Selain bermain air, Anda juga dapat melakukan kegiatan lainnya di Ampera Waterpark, contohnya saja berfoto atau bervideo ria lalu di-post di media sosial, sebagai suatu cara mengabadikan momen liburan terbaik dan terbahagia, baik secara pribadi, bersama keluarga, atau bahkan bersama teman-teman. Anda dapat berfoto di mana saja karena semua spot-nya terkesan sangat indah dan menarik, terlebih lagi bangunan berbentuk kastil, benteng di depan kolam, atau bahkan di puncak kastil yang semuanya dibuat seperti negeri dongeng yang sangat menarik perhatian. Selain itu, beberapa spot instagrammable lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu kolam, jembatan gantung, taman kelinci, taman hobbit, dan lain-lain. Hayo, mau kunjungi yang mana dulu nih?

Kegiatan Menarik di Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Ridwan Sidiq

3. Berendam di Kolam Hangat

Anda merasa penat, lelah, dan ingin beristirahat? Anda dapat mencoba relaksasi di kolam air hangat yang disediakan oleh Ampera Waterpark. Dengan suhu yang hangat serta air yang alamiah, Anda tidak hanya merasakan sensasi bermain air, tetapi juga badan akan menjadi lebih rileks. Tersedia kolam umum atau kolam bak rendam privasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

4. Mencicipi Makanan Khas Sunda

Coba sebutkan apa saja makanan khas Sunda yang Anda ketahui? Sebenarnya cukup banyak ya, seperti belut, nasi liwat, asin jambal, bandeng presto, buktil, ati ampela, dan sebagainya. Mungkin, semua masakan yang demikian bisa dicoba di restoran yang tersedia di kawasan wisata waterpark tersebut, apalagi mencoba menu sambal dan karedoknya. Anda bisa mencoba sepuasnya, terlebih lagi setelah berbasah-basahan di kolam-kolam yang disediakan pengelola, sungguh menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Air

Fasilitas Ampera Waterpark
Image Credit: Google Maps Devi Diarri

1. Warung Makan

Di sekitar kawasan Ampera Waterpark, Anda akan menemukan kedai atau warung makan dengan menjajakan berbagai makanan khas Sunda yang tentu saja dapat membuat Anda penasaran atau bahkan ketagihan, apalagi soal sambal dan karedoknya yang tentu sangat layak untuk dicoba, karena wahana keluarga ini juga berada dalam naungan Rumah Makan Ampera, pusatnya makanan khas Sunda.

2. Toilet/Kamar Bilas Umum dan Kamar Ganti

Bagi Anda yang ingin buang air atau bahkan mengganti pakaian, terutama sebelum atau setelah berbasah-basahan di air terjun atau di kolam, Anda dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas umum seperti kamar bilas dan kamar ganti. Tidak perlu khawatir terkait kebersihannya karena sudah dijaga secara baik oleh pengelola kawasan wisata yang cantik ini.

3. Area Parkir Kendaraan

Anda harus memarkirkan kendaraan pribadi yang Anda bawa di tempat yang telah disediakan. Namun, jangan khawatir, karena area parkir yang disediakan cukup luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal keamanan dan juga penuhnya area parkir oleh banyak kendaraan. Pun kawasan wisata itupun juga terbilang sangat luas (sekitar 3 ha) sehingga area parkirnya pun juga demikian.

4. Mushola/Tempat Ibadah

Bagi Anda yang berstatus Muslim atau beragama Islam, Anda pasti mengetahui tentang kewajiban beribadah, bukan? Nah, jangan khawatir, karena Anda tidak perlu jauh-jauh keluar dari kawasan Ampera Waterpark demi mencari masjid atau mushola. Pihak pengelola juga menyediakan mushola yang bisa digunakan untuk beribadah secara khusyuk.

5. Gazebo

Di sekitar wahana air, Anda juga akan menemukan berbagai tipe gazebo, sejenis tempat yang disediakan oleh pengelola untuk bersantai dan bermanja-manja ria, yang bisa dipilih senyamannya Anda. Anda dapat menikmati keindahan taman rekreasi dari dalam gazebo atau bahkan melakukan aktivitas lain bersama keluarga atau teman-teman dengan bahagia.

Itulah beberapa hal menarik terkait Ampera Waterpark di Tasikmalaya. Suatu tempat rekreasi keluarga layaknya sedang berada di negeri dongeng dengan berbagai fasilitas serta wahana yang seru dan lengkap dapat membuat liburan Anda nantinya menjadi lebih berkesan dan bahkan Anda bisa betah berlama-lama di sana. Jadi, apakah anda tertarik untuk menghabiskan liburan di tempat wisata keren nan eksotis ini?

REKOMENDASI DESTINASI