15 Minuman & Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Tulungagung

Makanan dan minuman khas Tulungagung memang banyak variasinya, mulai dari yang tradisional hingga modern. Rasanya pun enak dan juga nikmat dapat menggugah selera.

Tulungagung merupakan daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, yang terletak di sebelah barat daya Surabaya. Selain terkenal sebagai penghasil marmer, ternyata kota satu ini juga terkenal dengan makanan dan minumannya yang begitu khas. Yang tentunya dapat membuat Anda ketagihan begitu mencicipinya.

Bagi para pecinta kuliner, Berikut daftar makanan dan minuman khas yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Tulungagung. Simak ulasan lengkapnya.

1. Nasi Lodho

Nasi Lodho

Image Credit: Semangat45.co

Yang pertama ada Nasi Lodho, atau lebih dikenal dengan nama Ayam Lodho. Nasi Lodho ini merupakan makanan asli Tulungagung, dengan cara penyajian yang cukup unik. Sekilas mirip dengan opor, ayam dari Nasi Lodho ini dipanggang terlebih dahulu agar aromanya lebih terasa. Dengan ditambah bumbu santan yang berpadu dengan bumbu yang sangat terasa kuat di dalam mulut, makanan ini akan memanjakan lidah anda.

Daging Ayam Lodho memiliki tekstur yang sangat lembut, dan bumbunya meresap sempurna ke dalam daging. Nama Ayam Lodho sendiri memiliki arti ayam yang empuk, hingga mudah lepas dengan sendirinya dari tulangnya. Makanan ini biasa disajikan bersama dengan lontong, ketupat, nasi putih, ataupun nasi uduk, dengan tidak lupa tambahan sambal.

2. Sompil

Image Credit: KSMTour.com

Image Credit: KSMTour.com

Sompil merupakan makanan khas asal Tulungagung, yang terdiri dari sayur rebung, tahu, nangka muda, kacang, lontong, dan sambal kacang. Dilihat dari wujudnya, mirip sekali dengan lontong sayur. Namun biasanya Sompil ini disajikan dengan tambahan urap-urap yang pedas dan bubuk kedelai yang rasanya lezat. Sangat menggugah selera, dan cocok bagi Anda yang menyukai makanan pedas.

Bagi masyarakat setempat, sajian ini paling banyak disantap saat siang hari. Hidangannya dibungkus dengan daun pisang, bersama dengan tempe goreng atau gablok. Anda dapat dengan mudah menemukan makanan satu ini, karena banyak sekali penjual yang berdagang menjajakan Sompil. Mulai dari di pasar, warung yang dibuka di pinggir jalan, hingga dijajakan keliling. Dan tentunya memiliki harga yang tak akan membuat kantong jebol.

BACA JUGA:  12 Wisata Pantai Terhits di Banyuwangi yang Wajib Anda Kunjungi

3. Kepiting Sambal Ijo

Kepiting Sambal Ijo

Image Credit: Roodjawatimur.blogspot.com

Tulungagung adalah sebuah kabupaten yang terletak di selatan Pulau Jawa, dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga banyak sekali olahan makanan laut yang terkenal di Tulungagung. Salah satunya Kepiting Sambal Ijo, yang rasanya begitu khas. Sepintas, makanan ini mirip dengan balado. Namun ada campuran cita rasa asam manis pada saus cabai hijaunya. Tambahan laos dan rempah-rempah alami juga meresap sempurna di dagingnya.

4. Ayam Goreng Tulungagung

Ayam Goreng Tulungagung

Image Credit: Fimela.com

Kuliner selanjutnya, ada Ayam Goreng Tulungagung. Ayam goreng memang banyak dijual di mana saja, tapi Ayam Goreng Tulungagung ini menyajikan cita rasa yang berbeda. Yang membedakan hidangan ini dengan yang lainnya adalah bumbu rempah ungkepnya, yang akan dapat membuat Anda ketagihan. Salah satu tempat yang paling terkenal Ayam Gorengnya yaitu di kawasan Jalan MT Haryono, Kabupaten Tulungagung.

5. Capar Tape

Image Credit: Wisatakuliner182.wordpress.com

Capr Tape merupakan olahan fermentasi singkong atau tape, yang kemudian diberi kecambah rebus. Dan diatasnya disiram sambal kacang, sehingga banyak orang Tulungagung yang menyebut makanan ini dengan nama Tape Pecel. Hidangan ini memiliki cita rasa manis, asin, dan gurih yang bercampur dalam satu piring yang kaya akan protein dan serat. Karena kandungannya tersebut, Capar Tape ini terkenal sebagai salah satu makanan sepinggan di Tulungagung.

Makanan sepinggan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama one dish meal, adalah suatu istilah yang diberikan untuk hidangan yang memiliki sumber karbohidrat, protein, dan vitamin yang terdapat dalam satu piring. Sumber karbohidrat berasal dari tape, sumber protein berasal dari kacang tanah, dan sumber vitamin berasal dari sayuran atau kecambah rebus. Sehingga selain nikmat, makanan satu ini juga memiliki banyak gizi baik.

6. Jenang Grendul

Jenang Grendol

Image Credit: Disbudpar.tulungagung.go.id

Makanan khas Tulungagung yang satu ini sering menjadi andalan untuk takjil berbuka puasa. Jajanan ini berbentuk bulat dan berasal dari tepung kanji dan ubi kuning yang sudah dihaluskan. Memiliki cita rasa yang manis serta gurih, dengan tambahan santan, menjadikan hidangan ini begitu populer. Jenang Grendol ini banyak dijual di pasar tradisional yang terdapat di Tulungagung.

BACA JUGA:  24 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Terhits Dikunjungi

7. Sredek

Sredek

Image Credit: Bosmeal.com

Sredek atau Sawut adalah makanan khas Tulungagung yang terbuat dari singkong yang diparut kasar. Kemudian diberi campuran gula merah dan ditaburi dengan kalapa parut. Sajian ini memiliki rasa yang manis dan lezat, sehingga banyak disukai oleh semua golongan masyarakat. Tak hanya itu saja, Sredek ini juga dapat mengganjal perut ketika lapar karena mengandung cukup banyak karbohidrat.

8. Ireng-Ireng

Ireng-Ireng

Image Credit: Mytrip123.com

Jajanan Tulungagung lainnya yang terbuat dari singkong, yaitu ireng-ireng. Kue ini diberi nama ireng-ireng yang berarti hitam, karena warnanya yang hitam pekat. Warna hitam ini berasa dari abu merang atau batang padi, jadi tidak menggunakan bahan pewarna kimia. Cara membuat kue Ireng-Ireng ini pun cukup mudah, hanya memerlukan singkong, tepung tapioka, merang, gula pasir, dan air mendidih.

9. Kicak

Kicak

Image Credit: Info-trenggalek.blogspot.com

Kicak termasuk dalam camilan atau jajanan pasar. Bahan dasar makanan ringan ini dibuat dari singkong yang dikupas lalu diparut. Selanjutnya diolah di loyang dan diiris-iris tipis, serta ditambah gula aren dan parutan kelapa. Menemukan kue Kicak di Tulungagung tidaklah sulit, cukup mengunjungi alun-alun atau ke pasar terdekat. Para pedagang jajan di pasar selalu menyediakan kue Kicak dengan warna yang beraneka ragam.

10. Getuk Pisang

Getuk Pisang

Image Credit: Djawanews.com

Salah satu jajanan khas Tulungagung lainnya yaitu Getuk Pisang. Kue ini juga sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh daerah ini. Getuk Pisang sendiri memakai bahas dasar yaitu pisang ambon atau pisang kepok, yang mudah sekali diperoleh. Makanan ini biasa dikemas dengan bentuk yang mirip lontong, namun warna yang terdapat di dalamnya adalah warna merah tua.

11. Jenang Syabun

Jenang Syabun

Image Credit: Ringkaskata.com

Jajanan khas Tulungagung yang juga sering dijadikan oleh-oleh yaitu Jenang Syabun. Jenang ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula pasir, kelapa, dan juga susu kental. Makanan ini melalui proses pembuatan yang cukup lama. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mengaduk jenang di atas tungku api. Agar hasilnya lembut dan halus, besar apinya pun benar-benar harus diperhatikan.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

12. Brondong Ketan

Brondong Ketan

Image Credit: Shopee.co.id

Brondong Ketan atau Jipang berasal dari Tulungagung, dan banyak dijual oleh para pedagang kaki lima di seluruh daerah ini. Kue ini memiliki tekstur yang halus dan kering, serta terdapat campuran rasa manis yang pekat dan menempel di lidah. Rasa manis yang pekat ini berasal dari gula aren yang berfungsi untuk merekatkan ketan. Walaupun rasa manisnya pekat, jajanan ini tidak membuat eneg.

13. Kemplang

Kemplang

Image Credit: Anekawisataseru.net

Camilan khas Tulungagung ini terbuat dari ketela yang diparut, lalu dibubuhi bumbu-bumbu khusus dan kemudian dibentuk pipih. Tidak lupa di bagian atasnya diberi kacang lotho sebelum kemudian digoreng dan disajikan. Jajanan ini sangat cocok bila dicocol dengan saus sambal atau sebagai teman pendamping nasi. Anda dapat menemukan Kemplang di berbagai tempat di Tulungagung, bahkan makanan ini juga banyak dijual di kaki lima.

14. Kerupuk Rambak Asli Tulungagung

Kerupuk Rambak Asli Tulungagung

Image Credit: Timesindonesia.co.id

Kerupuk sangat terkenal di Indonesia, banyak warung di pinggir jalan yang menyediakan kerupuk sebagai pendamping nasi. Di Tulungagung, terdapat kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang sangat terkenal. Kerupuk ini yaitu Kerupuk Rambak, yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Cocok sekali dimakan dengan nasi, maupun dikonsumsi langsung sebagai camilan. Salah satu produsen Kerupuk Rambak yang terkenal di Tulungagung yakni di daerah Botoran Pangungrejo.

15. Kopi Cethe

 

Kopi Cethe ini sering juga disebut dengan Kopi Ijo, karena memiliki biji kopi yang hijau kehitaman. Kopi ini konon sudah ada di Tulungagung sejak zaman sebelum era kolonial. Cara pembuatannya pun masih tradisional, dengan cara biji kopi dipanaskan di atas api tungku yang selalu dijaga agar tetap stabil. Biji kopi yang sudah melalui proses pemanasan kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk kopi.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang khas dari Tulungagung yang bisa Anda coba.

Kopi Cethe

Image Credit: Fachrizal-edyansyah.blogspot.com

Memang beberapa makanan tersebut sudah terkenal luas, bahkan dapat ditemukan di daerah lain. Meski begitu, makanan yang ada di daerah Tulungagung memiliki cita rasa yang berbeda dengan versinya sendiri. Jika Anda berkunjung dan berlibur di kota penghasil marmer ini, tidak ada salahnya untuk mencoba sajian tersebut. Sudah ada yang pernah Anda coba?