Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Margahayu, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Anda dapat menemukan berbagai destinasi wisata di wilayah Jawa Timur. Salah satunya adalah Kawah Wurung. Wisata kawah ini berada di daerah Bondowoso. Meskipun tidak begitu dikenal seperti kawah Ijen, wisata ini tetap banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Kegiatan yang bisa anda lakukan di destinasi wisata Bondowoso ini cukup Beragam.

Bagi anda yang mencintai dunia fotografi, wisata kawah ini saat cocok untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini juga sering disebut sebagai sabana atau padang rumput karena ditumbuhi oleh rumput liar di sekitar tanah. Anda akan dapat menyaksikan indahnya padang rumput hijau yang terbentang luas dari atas ketinggian.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawah Wurung

Daya Tarik Kawah Wurung
Image Credit: Google Maps Ros Sita

Kawasan wisata ini dikenal dengan perbukitannya yang ditumbuhi dengan padang rumput hijau. Sesuai dengan namanya, wisata ini berdiri di sekitar kawah yang ada di Bondowoso. Namun kawah ini tidak aktif sebagaimana kawah lainya yang dapat mengeluarkan isi perut bumi. Ketika berada di wilayah ini, anda akan melihat pemandangan yang dikelilingi bukit.

Itulah mengapa destinasi wisata ini justru terlihat seperti bukit bukan kawah. Lokasi dari tempat wisata alam ini tidak jauh dari kawah Ijen. Jarak antara keduanya perkiraan hanya sekitar 10 km dan dapat dicapai dengan melalui pusat kota bondowoso dan banyuwangi. Kawah Wurung dalam bahasa Jawa diartikan sebagai kawah yang tidak jadi terbentuk.

Selain itu, ada juga yang menerjemahkan sebagai kawah yang gagal terbentuk. Jika berdasarkan pengetahuan, setiap kawah pastinya memiliki debit air yang cukup besar seperti halnya di Kawah Ijen. Ini lah yang menjadi pembeda dari Kawah Bondowoso ini dengan kawah lainnya. Pasalnya, Kawah di Bondowoso ini tidak memiliki air sama sekali.

Meskipun begitu, anda dapat melihat pemandangan yang sangat menarik dan unik dari atas ketinggian yang mencapai 1500 meter diatas permukaan laut. Kawasan wisata Kawah ini menawarkan berbagai jenis aktivitas yang bisa dilakukan. Medan dari lokasi wisata ini bisa anda manfaatkan sebagai background foto yang menarik dan juga indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kawah Wurung
Image Credit: Google Maps iussoe

Untuk bisa sampai ke wisata alam Kawah Wurung akses yang perlu dilalui cukup mudah. Saat menuju ke kawasan wisata ini, anda akan melalui jalur hutan dan pegunungan yang berkelok-kelok. Ketika anda menggunakan mobil pribadi untuk menikmati keindahan alamnya, anda perlu memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi yang cukup baik.

Begitu sampai di kawasan Bondowoso, anda akan melalui jalan yang sangat sempit. Saat berkendara dari Bondowoso, anda perlu mengarahkan kendaraan ke kawasan Wonosari. Selanjutnya anda akan menemukan pertigaan yang bercabang menuju Situbondo dan Kawah Ijen. Kemudian anda perlu mengambil jalur ke arah kawah Ijen.

Sebelum sampai ke kawasan kawah ijen, bawalah kendaraan anda menuju daerah Sempol Kabupaten Bondowoso. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi kawah dengan berjalan kaki. Objek wisata kawah yang mempesona ini merupakan wisata yang terletak di Desa Jampit yang berada di kecamatan Sempol, Sidoarjo.

Meskipun lokasi dari tempat wisata ini berada jauh dari pusat kota, namun akses menuju ke sana sudah sangat bagus dan mudah. Jika anda berasal dari wilayah Jember, bisa menuju Situbondo kemudianke arah wonosari. Kawasan ini memiliki simpang T yang masing-masing terhubung ke objek wisata yang berbeda. Anda bisa melihat rambu-rambu jalan.

Di Sepanjang jalur, anda akan melihat rambu-rambu yang memberikan jalan atau arahan menuju lokasi wisata ini. Bagi anda yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat pastinya akan sangat mudah untuk bisa sampai dan menemukan lokasi tempat wisata. Jika masih bingung, anda juga bisa mengandalkan google maps yang ada di smartphone.

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung
Image Credit: Google Maps Budiharjo budiharjo

Biaya yang anda keluarkan ketika berkunjung ke Kawah Wurung tidak terlalu mahal. Bagi para wisatawan domestik, bisa menikmati keindahan alam hanya dengan mengeluarkan biaya seharga Rp 5.000 sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp 20.000. Jika anda ingin menggunakan paket prewedding mka biaya yang perlu dikeluarkan yaitu Rp 300.000.

Banyak penyewaan lainnya yang bisa anda temukan. Jika anda ingin melakukan kegiatan komersial perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 1,5 juta, ATV 30 menit dikenakan biaya Rp 50.000. selain itu, untuk sewa tenda dikenakan biaya Rp 50.000 dengan sewa sepeda gunung per jam Rp 10.000. untuk uang parkir sendiri berkisar antara Rp 2000 sampai Rp 20.000.

Biaya parkir kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp 2.000, dan mobil Rp 4.000. selain itu, untuk elf/minibus perlu membayar parkir seharga Rp 10.000 sedangkan pickup/truck Rp 20.000. area wisata ini dibuka mulai pagi hari hingga sore hari. jangan mengunjungi wisata Kawah Wurung ini saat cuaca sedang hujan dengan curah tinggi karena cukup berbahaya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawah Wurung

Kegiatan Menarik Kawah Wurung
Image Credit: Google Maps Noveri Tahalea

1. Bersepeda dan Berkemah

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan pada destinasi Kawah Wurung ini adalah dengan bersepeda. Kegiatan ini bisa anda lakukan untuk melatih adrenalin, karena medan yang perlu dilalui yaitu disertai dengan tanjakan, turunan, dan juga tikungan perbukitan yang cukup tajam. Jika tidak ada sepeda, anda bisa menyusuri wisata ini dengan jalan kaki.

Dengan berjalan kaki, anda akan lebih dapat menikmati indah dan sejuknya suasana pegunungan dari atas ketinggian sekitar 1500 meter diatas permukaan laut. Pastikan jika anda berjalan kaki, tetap mengikuti jalur setapak yang telah disediakan. Anda juga dapat melakukan berbagai jenis aktivitas di lokasi ini dengan tetap menaati peraturan yang ada.

Pilihan lainnya, anda juga dapat berkemah bersama keluarga di wisata ini dengan membuka karpet atau kursi lipat yang telah dibawa. Tidak lupa dengan hidangan perbekalan yang digunakan sebagai pendamping untuk menikmati keindahan alam. Pastikan anda meminta izin kepada petugas sebelum melakukan aktivitas kemah di lokasi ini.

Jika anda memilih untuk menghabiskan waktu di destinasi wisata alam ini dalam waktu yang cukup lama dengan aktivitas berkemah, jangan lupa untuk membawa persediaan air yang cukup. Karena di lokasi ini, anda akan sangat sulit menemukan sumber air. Agar wisata anda tidak terhambat, akan lebih baik jika anda telah mempersiapkan segala sesuatunya.

2. Berburu Foto dengan Background Menarik

Banyak dikatakan bahwa tujuan utama dari pada wisatawan mengunjungi lokasi ini adalah untuk mengambil gambar di kawasan Kawah Wurung. Ketika berada di destinasi alam ini, anda tidak akan kesulitan untuk menemukan spot foto yang unik dan menarik. Anda bahkan bisa berfoto di berbagai tempat atau sudut dari wisata kawah di Bondowoso ini.

Pastinya sebagai wisatawan, anda menginginkan background foto yang menakjubkan. Dengan mengambil gambar di lokasi ini, foto anda akan terlihat cantik dengan hamparan bukit yang hijau sebagai latarnya. Jika berkunjung ke wisata alam ini, tak jarang anda akan menemukan beberapa pasangan yang melakukan sesi pemotretan prewedding.

Spot foto lainnya yang dapat dijadikan sebagai latar foto adalah pada pohon besar yang berdiri sendiri diantara hijaunya padang rumput. Selain itu, anda juga dapat mengambil gambar di tempat gazebo yang telah disediakan oleh pihak wisata. Bentuk dari gazebo tersebut menyerupai menara yang cukup tinggi dengan suasana yang menyejukan.

3. Menikmati Pemandangan yang Berbeda di Tiap Musim

Salah satu keunikan dari kawasan Kawah Wurung adalah bentangan alam yang sangat dipengaruhi dengan curah hujan yang turun. Ketika memasuki musim hujan, wisata ini akan ditumbuhi dengan rerumputan yang sangat lebat sehingga sebagian besar didominasi oleh warna hijau. Sebaliknya, saat memasuki musim kemarau semua tanaman terlihat sangat layu.

Hal tersebut terjadi karena jumlah suplai air di sekitar kawah semakin berkurang sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, kawasan wisata ini akan terlihat seperti karpet dengan warna kekuningan saat musim kemarau. Sehingga sangat disarankan bagi anda untuk menikmati keindahan dengan datang ke kawasan ini saat musim hujan.

Kegiatan Menarik di Kawah Wurung
Image Credit: Google Maps Yuni Safitri

4. Mengunjungi Tanjakan Cinta

Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini, anda tidak hanya dapat melihat hamparan perbukitan yang hijau saja. Anda juga dapat menjelajahi tempat yang diberi nama Tanjakan Cinta. Untuk bisa sampai di tempat tersebut, anda perlu melakukan perjalanan dengan jarak tempuh 100 meter sebelum akhirnya bisa menikmati keindahan alamnya.

Di tanjakan cinta tersebut, anda akan dapat menyaksikan pemandangan kawah yang dikelilingi dengan bukit-bukit dari puncak bukit. Pemandangan tersebut dikenal sebagai Bukit Cincin oleh para wisatawan. Selama perjalanan menuju kawah, anda juga akan ditemani dengan pemandangan hutan pinus, kebun kopi, dan juga taman bunga yang unik.

5. Mengunjungi Kawah Ilalang

Traveler bisa melanjutkan dari Kawah Wurung jika ada waktu untuk Jelajahi kawah Ilalang. Kawah Ilalang ini ada di desa Curah Macan di kecamatan Sempol masih sebelahan dengan wisata Wurung. Disebut kawah Ilalang karena Bukit-bukit yang terbentuk di sekeliling kawah ditumbuhi dengan vegetasi atau Ilalang.

Penduduk sekitar menyebut tempat ini sebagai Bukit Glaman atau lawang seng. Kawah Ilalang juga bisa diakses dari atas. Ketika Anda datang Musim hujan dari Januari hingga Maret, gulma di tempat ini berubah menjadi hijau dan mekar seperti yang terlihat dari atas bukit. Sebaliknya pada musim kemarau Kawah ini seperti hamparan emas yang menutupi semua sisi kawah.

Jika masih kurang puas, traveller juga bisa mencoba paralayang Bukit Megasari, masih di Kecamatan Sempol pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Jarak lepas landas untuk mendarat di bukit Megasari berjarak sekitar 3 km dan titik awalnya berada di sebuah dataran dengan tinggi mencapai 1.100 meter di atas permukaan laut.

Ketika berada di atas, anda akan dapat menyaksikan megahnya jajaran bukit di Gunung Raung, Kawah Wurung, Gunung Ijen, dan Perkebunan Kopi. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk take off menggunakan paralayang. Anda perlu mencobanya saat berkunjung ke tempat wisata alam yang ada di Bondowoso.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Kawah

Fasilitas Kawasan Kawah Wurung
Image Credit: Google Maps BUDHI ASTUTIK

Kawasan Kawah Wurung, anda akan menemukan berbagai fasilitas seperti toilet dan mushola di kawasan wisata. Penduduk setempat juga memiliki beberapa warung makan sederhana, jadi jangan takut kelaparan di tempat ini.

Pengunjung disarankan untuk membawa payung dan jas hujan karena kawah ini merupakan area terbuka dan tidak banyak tempat berteduh.

Bagi anda yang menyukai destinasi wisata alam, Kawah Wurung ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika berlibur ke daerah Bondowoso. Banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kawasan ini. Namun anda tidak boleh melewatkan yang satu ini. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan liburan anda dan menyegarkan pikiran.

REKOMENDASI DESTINASI