22 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Bondowoso

Temukan Pilihan Tempat Wisata Favorit di Bondowoso, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Paling Hits yang Menarik Anda Kunjungi untuk Liburan Seru dan Mengesankan.

Berwisata telah menjadi sebuah kebiasaan atau kegiatan yang sering dilakukan banyak orang. Tak perlu jauh-jauh, karena di negara kita sendiri memiliki berbagai surga keindahan yang dapat dinikmati. Salah satunya adalah Bondowoso, yang terkenal dengan berbagai keindahan alamnya. Mulai dari wisata air hingga gunung-gunungnya yang dapat Anda jadikan sebagai destinasi liburan. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Bondowoso yang bisa Anda pilih saat liburan.

1. Air Terjun Busa

Air Terjun Busa

Image Credit: Twitter.com @jalanwisata_id

Kabupaten Bondowoso dengan luas daerahnya yang tak terlalu luas, memiliki sejuta keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terkenal dengan keasrian alamnya, daerah ini memiliki berbagai wisata air seperti air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Busa, berada di daerah Kalianyar yang mana jaraknya sekitar 49 kilometer dari pusat kabupaten Bondowoso.

Begitu tiba Anda akan menikmati pemandangan air terjun dan melihat fenomena unik yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Sesuai dengan namanya, air terjun ini terlihat mirip seperti busa. Tampilan busa yang ada tercipta karena adanya air belerang yang jatuh dari ketinggian. Sehingga mampu menciptakan suatu bentuk gumpalan sebuah busa yang unik.

Lokasi: Kebunjeruk, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

2. Air Terjun Tancak Maesan

Air Terjun Tancak Maesan

Image Credit: Instagram.com @citra_cakra

Selanjutnya ada destinasi wisata air lainnya yang dapat Anda kunjungi, yakni Air Terjun Tancak Maesan. Berada di sekitar area hutan Suco Lor, tak heran apabila ketika akan mengunjunginya Anda akan melewati jalan setapak dan kanan kirinya ada banyak pepohonan. Namun semua lelah Anda akan terbayar dengan keindahannya.

Saat pertama kali tiba, akan disambut dengan pemandangan khas alamnya yang sangat asri, hijau dan rindang. Selain itu, air terjunnya terbelah menjadi dua bagian di antara bebatuan yang tercipta akibat dari perubahan struktur topografi. Air Terjun Tancak Maesan ini memiliki bentuk yang bertingkat, sehingga menambah keunikan dan keindahannya.

Lokasi: Suco Lor, Kec. Maesan, Kab. Bondowoso.

3. Air Terjun Polo Agung

Air Terjun Polo Agung

Image Credit: Facebook.com @widodo tirto

Terkenal dengan keindahan pemandangan air yang sangat cantik dan eksotik, tak heran membuat banyak orang berbondong-bondong untuk datang mengunjungi wisata air satu ini. Air Terjun Polo Agung merupakan salah satu tempat wisata alam yang banyak dikunjungi di Bondowoso, bahkan pengunjungnya dari luar negeri juga banyak.

Berada di Desa Sokorejo, yang mana tak jauh dari pusat kota sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Saat pertama kali tiba di tempat ini, Anda akan disambut dengan bebatuan yang berkilauan. Tebing-tebing yang ada dan terkena cahaya matahari mampu menciptakan perpaduan yang pas untuk dipandang. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk bermain air dan mandi.

Lokasi: Sukorejo, Kec. Sumber Wringin, Kab. Bondowoso.

4. Air Terjun Belerang

Air Terjun Belerang

Image Credit: Instagram.com @shasha.ananta_qhian

Kali ini di Bondowoso ada sebuah wisata air yang sedikit berbeda dengan wisata air lainnya. Sesuai dengan namanya yakni Air Terjun Belerang, memiliki sebuah kandungan belerang di dalam airnya yang mengalir. Zat belerang yang ada di dalamnya aliran air terjun ini berasal dari Kawah Ijen. Dengan keunikan kandungan airnya membuatnya menarik perhatian.

Air terjun ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Hal tersebut dikarenakan medan perjalanan yang menantang, tetapi tak perlu ragu dan dipastikan akan mendapatkan pemandangan air terjun yang sangat indah dan pepohonan sekitar yang masih asri. Dan panorama ini akan membayar lunas perjalanan Anda.

Lokasi: Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

5. Air Terjun Gentongan

Air Terjun Gentongan

Image Credit: Twitter.com @taufiqirohman

Ada sebuah surga tersembunyi di Bondowoso berupa Air Terjun Gentongan. Lokasinya yang memang cukup sulit untuk dijangkau dan sedikit tersembunyi dibandingkan dengan wisata air lainnya. Meskipun Anda harus melalui perjalanan yang panjang, tetapi tak perlu ragu karena pemandangan yang disuguhkan dapat memanjakan mata dan melepas penat.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Pemandangan air terjun yang mengalir dengan deras dan pepohonan rindang di sekitarnya, membuat perpaduan yang pas. Air terjun satu ini memiliki keunikannya tersendiri, yakni airnya yang memiliki bau sangat unik dan berbeda dengan air lainnya. Bau unik ini dikarenakan airnya berasal dari kawah Ijen, tak heran apabila Anda dapat mencium bau belerang.

Lokasi: Kebunjeruk, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

6. Air Terjun Solor Bondowoso

Air Terjun Solor Bondowoso

Image Credit: Facebook.com @arjhun poetra

Kemudian ada tempat wisata di Bondowoso yang memiliki kemiripan dengan salah satu keajaiban dunia, yakni Stonehenge. Sedangkan di kota ini, disebut dengan nama Batu So’on. Tak hanya melihat bebatuan unik, terdapat wisata air terjun yang sangat menarik. Air terjun dengan ukuran sedang ini tercipta dari bebatuan-bebatuan unik.

Air Terjun Solor Bondowoso, sangat dikenal sebagai air terjun yang sangat indah. Dengan pepohonan dan dedaunan yang berada di sekitarnya menambah nilai keindahan dari wisata alam satu ini. Objek wisata ini memiliki aliran air yang tidak terlalu deras, sehingga sangat cocok dan pas apabila Anda gunakan untuk mandi atau bermain air.

Lokasi: Bhuta, Jirek Mas, Kec. Cermee, Kab. Bondowoso.

7. Rawa Indah Almour

Rawa Indah Almour

Image Credit: Instagram.com @lkmnarfc_

Tak hanya memiliki banyak wisata air, Bondowoso juga terkenal dengan wisatanya di sebuah rawa. Terdapat di Desa Alassumur, ada sebuah rawa yang dimanfaatkan menjadi tempat wisata yang tak kalah menarik. Memiliki nuansa yang menyejukkan, sehingga sangat cocok apabila dijadikan sebagai tempat berlibur.

Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan sebuah hamparan air yang sangat jernih serta dipenuhi berbagai jenis ikan air tawar. Anda dapat bersantai di deretan warung sembari menikmati pemandangan dan kudapan khas Kota Tape. Selain itu, di tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas permainan yang sangat lengkap.

Lokasi: Alassumur, Kec. Pujer, Kab. Bondowoso.

8. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Image Credit: Twitter.com @asmaradhanabayu

Selain berbagai wisata air yang ada di Bondowoso, kota ini juga memiliki berbagai gunung-gunung yang dapat dijadikan tempat wisata. Salah satunya adalah Gunung Argopuro , yang mana merupakan gunung berapi kompleks berada di kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Iyang. Argopuro sendiri merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Dengan ketinggiannya sekitar 3.008 meter di atas permukaan laut, wisata gunung ini tentunya menawarkan pemandangan yang sangat indah. Ketika mengunjungi tempat ini dan Anda sudah berada di puncaknya, maka akan merasakan sebuah ketenangan. Hal tersebut karena jauhnya lokasi wisata dari area perkotaan yang tenang.

Lokasi: Kab. Bondowoso.

9. Gunung Raung

Gunung Raung

Image Credit: Twitter.com @widurarudi

Tidak hanya Argopuro, ada sebuah Gunung Raung yang sangat terkenal di kalangan para pendaki. Umumnya mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan atau hobi yang banyak digemari. Seperti yang diketahui bahwa jalur pendakian Gunung Raung sangat menantang. Meskipun begitu banyak orang yang tertarik untuk datang dikarenakan pemandangan alam sekitarnya yang sangat sejuk.

Kini, mendaki Raung merupakan kegiatan yang sangat hits di kalangan para pecinta alam. Memiliki ketinggian sekitar 3.332 meter di atas permukaan laut dan 500 meter untuk kedalaman kalderanya. Namun, perlu diketahui bahwa tempat ini masih menjadi salah satu gunung aktif di Indonesia sehingga butuh persiapan matang dan berhati-hati.

Lokasi: Gunosari, Kec. Tlogosari, Kab. Bondowoso.

10. Pegunungan Hyang Bondowoso

Pegunungan Hyang Bondowoso

Image Credit: Facebook.com @deby okta tyapradana

Apabila Anda tertarik untuk menikmati indahnya pemandangan gunung, namun tidak tertarik untuk mendaki. Maka tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat wisata satu ini, yakni Pegunungan Hyang Bondowoso. Objek wisata ini memiliki sebuah potensi alam yang sangat indah dan menakjubkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sampang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ketika berwisata ke tempat ini, maka Anda dapat merasakan ketenangan yang sangat nyaman bahkan merasa tak ingin meninggalkan tempat ini. Dikarenakan lokasinya yang jauh dari pusat kota dan bisingnya kendaraan yang berlalu lalang, maka dapat menyegarkan pikiran Anda. Selain itu, indahnya pepohonan yang hijau dan asri dapat merilekskan pikiran Anda.

Lokasi: Kab. Bondowoso.

11. Puncak Scorpio Wringin

Puncak Scorpio Wringin

Image Credit: Instagram.com @bebeknya_reza

Jika Anda menyukai tempat wisata yang dingin atau bahkan menyukai ketinggian, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi puncak di Bondowoso ini. Terkenal dengan sebutannya, yakni Puncak Scorpio Wringin. Di sana Anda dapat melihat dan menikmati pemandangan alam yang sangat indah nan elok dari atas puncak gunung.

Suasananya yang tenang tentu akan membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama di tempat ini. Terlebih ketika cuaca sedang cerah, maka akan disuguhkan sebuah pemandangan berbagai gunung yang mengelilingi Bondowoso. Tak heran apabila banyak wisatawan dalam negeri bahkan mancanegara yang menyempatkan untuk menyambanginya.

Lokasi: Arak Arak I, Sumbercanting, Kec. Wringin, Kab. Bondowoso.

12. Puncak P28

Puncak P28

Image Credit: Instagram.com @bang_dian_subairi

Ada salah satu wisata baru di Bondowoso yang saat lagi sedang ngehits, namanya adalah Puncak P28 dengan ketinggian 1674 mdpl. Tempat ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menikmati pesona terbaik panorama alam yang begitu hijau dan menyegarkan. Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

Jika Anda ingin mendapat waktu terbaik saat berkunjung ke tempat ini, pagi dan sore merupakan waktu yang tepat. Anda bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset jika sedang beruntung. Hal lainnya yang menarik saat berkunjung ke tempat ini adalah kabut tipis yang menyerupai hamparan samudera dengan paduan warna langit yang keemasan.

Lokasi: Jl. Patirana, Krajan, Wonosari, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso.

13. Bukit Maha Dewa

Bukit Maha Dewa

Image Credit: Instagram.com @ekoadityasassia

Salah satu tujuan wisata yang dapat Anda jadikan referensi saat berlibur ke Bondowoso yaitu Bukit Maha Dewa. Bukit Maha Dewa terletak sekitar 42 km di arah barat Kota Bondowoso. Bukit ini memiliki pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut, bukit ini akan memanjakan mata Anda.

Ketika melihat ke timur pada malam hari, Anda akan dapat melihat Kota Bondowoso yang kerlap-kerlip seperti bintang. Jika melihat ke selatan, Anda akan disuguhkan pemandangan Gunung Raung yang merupakan paku alam dari Pulau Jawa. Lain lagi saat melihat ke arah barat, Anda akan tertuju pada Tebing Tinggi yang dipenuhi tumbuhan pinus.

Lokasi: Kupang, Kec. Curah Dami, Kab. Bondowoso.

14. Bukit Putus Wringin

Bukit Putus Wringin

Image Credit: Facebook.com @abank roney II

Jika objek wisata berbukit lainnya cenderung cocok untuk wisata sunrise, lain halnya dengan wisata Bukit Putus Wringin ini. Bukit ini sangat cocok untuk dijadikan spot menikmati sunset pada sore hari. Tidak jauh beda dengan objek wisata lainnya di Bondowoso, bukit yang satu ini juga menawarkan pemandangan alam pegunungan yang sangat keren.

Lokasi: Sumber Canting, Kec. Wringin, Kab. Bondowoso.

15. Bukit Seranding Bondowoso

Bukit Seranding Bondowoso

Image Credit: Google Maps (Ryzal Agustian)

Masih sekitar bukit di Bondowoso, objek wisata selanjutnya yaitu Bukit Seranding. Objek wisata ini masih bisa terbilang baru dan jarang diketahui orang. Bukit ini berada di ketinggian 300 meter diatas permukaan air laut. Saat mengunjungi Bukit Seranding ini, Anda akan dapat melihat keindahan alam yang mempesona. Bahkan bisa berburu sunrise atau sunset.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Jombang yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Gudeng Seng, Maskuning Wetan, Kec. Pujer, Kab. Bondowoso.

16. Wisata Kawah Wurung

Kawah Wurung

Image Credit: Google Maps (Andrian Pratama)

Masih seputar objek wisata perbukitannya, yaitu Kawah Wurung. Kawah Wurung ini terkenal akan hamparan padang rumput hijaunya yang menyelimuti perbukitan. Area ini sebenarnya memang kawasan kawah, sama dengan namanya. Namun, kawah pada objek wisata satu ini tidak mengeluarkan lava seperti kawah-kawah pada gunung berapi lainnya.

Kawasan wisata Kawah Wurung ini dikelilingi oleh bukit yang lebih tinggi di sekitarnya yang membuat tempat ini lebih mirip dengan perbukitan dibanding kawah. Lokasinya tidak terlalu jauh, dan hanya berjarak 10 km dengan Kawah Ijen yang bisa ditempuh melalui pusat kota Bondowoso atau Banyuwangi.

Lokasi: Margahayu, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

17. Batu So’on

Batu So’on

Image Credit: Instagram.com @my_adventure_by

Bondowoso juga dijuluki sebagai Kota Megalitikum. Karena kabarnya, desa ini memiliki peninggalan dari zaman megalitikum yang diberi sebutan Batu So’on. Sebutan ini berasal dari bahasa Madura yang berarti bersusun. Batuan ini diperkirakan sudah berusia ribuan tahun dan sangat layak untuk Anda jadikan tujuan wisata selanjutnya.

Ketika memasuki kawasan Solor, Anda akan disajikan panorama yang indah. Akan terlihat gugusan bukit berbatu setinggi 15 hingga 30 meter tersusun rapi menumpuk seolah-olah batu tersebut ditata. Batuan yang menjulang ini terletak di dasar lembah, yang hanya bisa dinikmati dari atas bukit. Batu So’on juga sangat cocok untuk berburu foto kekinian.

Lokasi: Tenggina, Solor, Kec. Cermee, Kab. Bondowoso.

18. Taman Galuh

Taman Galuh

Image Credit: Twitter.com @adventure_super

Tempat ini sebenarnya belum terlalu banyak dikunjungi para wisatawan, namun disana Anda akan dapat menyaksikan surga tersembunyi karena tempat ini berada di kaki Gunung Cerengih yang memiliki keindahan khas sangat menyegarkan. Udara di Taman Galuh ini juga bebas polusi dan masih terasa asri, tidak seperti di kota besar.

Lokasi: Giri Mulyo, Sumber Rejo, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

19. Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Image Credit: Google Maps (Muhammad Arif)

Siapa yang menyangka jika Bondowoso juga punya taman bunga yang indah bak di luar negeri. Taman yang terletak di Villa Afdeling Jampit ini dulunya bekas tanah jajahan Belanda. Villa ini sudah dibuka sebagai destinasi wisata sejak tahun 1927. Anda bisa menikmati cantiknya berbagai bunga dan juga mengunjungi kebun stroberi orgenik.

Lokasi: Jampit, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

20. Taman Krocok

Taman Krocok

Image Credit: Google Maps ( Kaarba A)

Untuk Anda yang merencanakan berlibur namun masih bingung ingin pergi ke tempat seperti apa, Anda bisa mengunjungi Taman Krocok sebagai pilihan. Taman ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa hunting foto keren kekinian disini. Di taman ini Anda bisa melihat air terjun yang indah dan dapat mencoba arung jeram.

Lokasi: Desa Koanyar, Taman, Kec. Taman Krocok, Kab. Bondowoso.

21. Kebun Stroberi Organis Afdeling Jampit

Kebun Stroberi Organis Afdeling Jampit

Image Credit: Instagram.com @cloudinna

Masih satu tempat dengan Taman Bunga Villa Afdeling Jampit, kebun stroberi ini juga bisa dijadikan tempat mampir berwisata. Objek wisata yang satu ini memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan.Tidak hanya berfokus pada perkebunan stroberi nya saja, tempat ini juga melakukan bisnis pada Kopi Arabika dan Robusta.

Lokasi: Jampit, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

22. Museum Kereta Api Bondowoso

Museum Kereta Api Bondowoso

Image Credit: Twitter.com @dianravi

Berlibur ke Bondowoso juga bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi Museum Kereta Api Bondowoso. Perlu Anda tahu museum kereta api ini, merupakan museum yang pertama ada di Indonesia. Sebenarnya, tempat ini dulunya adalah stasiun yang dibangun pada tahun 1893 dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1897.

Memiliki sejarah yang terbilang kelam, karena perlawanan dengan menjajah masa itu membuat banyak pejuang yang gugur. Tetapi di balik peristiwa tersebut, Anda akan dibawa nostalgia setiap memasuki museum satu ini. Beberapa koleksi yang dimilikinya juga patut untuk Anda nikmati. Berwisata sambil menambah wawasan tentunya bukan ide yang buruk.

Lokasi: Mandaluki, Kademangan, Kec. Bondowoso, Kab. Bondowoso.

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Bondowoso yang wajib Anda kunjungi saat berlibur. Bagaimana, menarik bukan? Banyak sekali yang ditawarkan Bondowoso kepada wisatawan mulai dari wisata air, pegunungan hingga taman bunga. Namun, pastikan Anda tetap menjaga lingkungan saat berkunjung mengingat masih banyak tempat alami.