Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Garut merupakan salah satu wilayah administratif dari Provinsi Jawa Barat yang luasnya mencapai 3.065 kilometer persegi ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang di bagian utara, Kabupaten Tasikmalaya di bagian timur, Samudera Hindia di bagian selatan, juga Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat. Wilayah ini mempunyai topografi wilayah yang beragam sehingga membuatnya memiliki banyak obyek wisata alam yang potensial, seperti perbukitan, pegunungan, pantai, dan lainnya yang tentu menarik untuk didatangi.

Leuwi Jurig adalah sebuah lubuk yang memiliki air yang jernih dengan kedalaman 1-10 meter. Kata “Leuwi” merupakan kosa kata Bahasa Sunda yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sungai, sedangkan kata “Jurig” merupakan kata yang berarti hantu. Meski terdengar menyeramkan, pada kenyataanya penamaan tersebut tidak membuat lokasi wisata yang unik ini penuh dengan kesan mistis. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke obyek wisata Leuwi Jurig ini, mari simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Leuwi Jurig

Daya Tarik Leuwi Jurig
Image Credit: Google Maps Dewi Gina

Destinasi alam ini kerap kali disebut sebagai Grand Canyon versi Indonesia”. Julukan ini diberikan bukan tanpa alasan, sebab tempat wisata yan indah ini memang memiliki kemiripan dengan wisata yang ada di yang berada di Sungai Colorado, Amerika Serikat. Maka dari itu, anda tidak perlu pergi keluar negeri untuk mengunjungi tempat serupa sebab negeri kita ini pun mempunyai obyek wisata serupa yang tidak bisa diremehkan keindahannya.

Obyek wisata yang masih asri ini memiliki kolam dengan air yang berwarna hijau kebiruan yang jernih. Warna tersebut akan semakin terlihat keindahannya apabila tersorot oleh sinar matahari yang cerah. Selain itu, panorama yang ditawarkan pun semakin menarik sebab adanya dinding batuan yang mengelilingi kolam tersebut.

Kualitas dan kuantitas air Leuwi Jurig yang masih terjaga dengan baik membuat anda akan merasakan kesegaran yang mungkin sebelumnya belum pernah anda rasakan. Anda dapat bebas untuk bermain di kawasan wisata air ini. Namun, anda juga diharapkan untuk selalu berhati-hati sebab tempat ini memiliki kedalaman yang berbeda di setiap titiknya.

Jika anda merasa jenuh dengan udara perkotaan yang sudah tidak segar lagi, maka tempat wisata popular ini dapat menjadi opsi yang tepat untuk menjawab kondisi tersebut. Letaknya yang tidak dekat dari hiruk-pikuk kendaraan dan rimbunnya pepohonan yang tumbuh di sekitar sungai membuat udara yang berhembus di lokasi wisata yang asri ini terasa menyejukkan.

Seperti yang diketahui, menenangkan diri merupakan cara yang efektif untuk melepas rasa penat yang timbul dari rutinitas yang dijalani sehari-hari. Maka dari itu, sejuknya udara, pepohonan yang rimbun, dan air yang jernih juga segar, menjadi hal yang membuat obyek wisata yang menarik ini menjadi tempat yang cocok bagi anda untuk menenangkan diri. Letaknya yang jauh dari kebisingan kota pun menjadi nilai tambah yang membuat Leuwi Jurig menjadi tempat yang cocok untuk melakukan hal tersebut.

Bermain di air menjadi hal yang tidak semua orang dapat menyukainya. Apabila anda malas untuk bermain air, anda tetap bisa merasakan keindahan alam Leuwi Jurig dengan duduk di pinggiran lubuk yang luas sambil menikmati panorama yang ada.

Jika anda ingin berwisata dengan biaya yang murah, maka tempat ini dapat menjadi tujuan yang bisa masuk ke dalam daftar pilihan obyek wisata yang ingin dikunjungi. Hal tersebut dapat menjadi sebuah daya tarik tersendiri sebab masih banyak tempat yang mengharuskan para pengunjungnya untuk mengeluarkan biaya yang tidak kecil untuk menikmati pesona wisatanya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Leuwi Jurig
Image Credit: Google Maps Novrial Nawawi

Leuwi Jurig ini berada di Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165. Untuk mencapai lokasi tersebut, anda akan menempuh jarak kurang lebih 65 kilometer dari pusat Kabupaten Garut dengan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam. Kehadiran peta daring seperti google maps tentu dapat membantu anda dengan lebih baik dalam mencari rute. Selain itu, anda juga dapat bertanya pada penduduk sekitar supaya mendapatkan jalur “tikus” yang membuat perjalanan anda akan menjadi lebih efisien.

Sebagai gambaran, anda dapat pergi ke arah tenggara menuju daerah Marga Mulya yang kemudian dilanjutkan ke daerah Panyindangan setelah kurang lebih menempuh jarak sepanjang 7 kilometer. Setelah itu, anda dapat pergi menuju Jalan Raya Cisompet dan sekitar 9 kilometer kemudian, arahkan kendaraan anda ke Jalan Raya Cigodeg.

Kemudian anda perlu mengarah ke Jalan Raya Pantai Cijayana dan dilanjutkan ke Jalan Rajawali atau yang kerap disebut juga sebagai Jalan Raya Bungbulang. Tidak jauh dari lokasi tersebut, anda akan menemukan tanda yang mengarah ke destinasi alam ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Leuwi Jurig Garut
Image Credit: Google Maps Siti Hajar F

Untuk memasuki kawasan wisata Leuwi Jurig, biaya yang perlu anda keluarkan cukup terjangkau, yakni Rp 5.000 per orangnya. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, maka anda juga harus membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Untuk waktu operasionalnya sendiri, destinasi alam nan indah ini dibuka selama 24 jam penuh. Namun, pada umumnya orang-orang akan berkunjung pada pagi hingga sore hari saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Leuwi Jurig

Kegiatan Menarik Leuwi Jurig
Image Credit: Google Maps ian Meitrawan

1. Bermain Air

Saat berada di Leuwi Jurig, anda dapat berenang dengan menyenangkan sebab airnya yang sejuk dan jernih. Namun jika anda belum terlalu mahir untuk berenang, sebaiknya pilih spot pinggir kolam saja sebab cukup berbahaya jika anda memilih spot tengah kolam mengingat kedalamannya yang mencapai 10 meter. Terdapat beberapa spot yang dapat anda jadikan tempat untuk melakukan lompatan-lompatan air yang unik. Jika anda ingin bersantai di permukaan air, anda dapat melakukannya di tempat ini dengan membawa pelampung atau balon air sendiri.

2. Menjelajahi Badan Sungai

Anda dapat melakukan penjelajahan sungai menggunakan perahu yang dapat anda sewa atau melakukan body rafting yang akan dipandu oleh orang yang lebih berpengalaman. Kegiatan ini merupakan hal yang cocok bagi anda yang suka mengeksplorasi hal-hal baru dengan cara yang tidak biasa.

3. Berpiknik

Berpiknik bersama keluarga atau teman dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Kondisi lingkungan yang asri pun membuat kegiatan bersantap sembari bercengkrama ini dapat menjadi lebih menyenangkan. Jika anda lupa untuk membawa bekal makanan, anda bisa membelinya di penjual yang ada di sekitar tempat tersebut.

Kegiatan Menarik di Leuwi Jurig
Image Credit: Google Maps Budi Surya Nugraha

4. Meditasi

Meditasi menjadi pilihan banyak orang untuk merelaksasikan diri. Tempat yang sunyi menjadi opsi yang dipilih mayoritas orang supaya aktivitas tersebut dapat berjalan dengan efektif. Maka dari itu, Leuwi Jurig dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin bermeditasi.

5. Fotografi

Berbagai panorama yang ditawarkan oleh obyek wisata alam yang indah ini tentu membuat kegiatan fotografi menjadi jauh lebih menarik. Latar belakang sungai yang biru dan memantulkan sinar matahari yang menyorot terang membuat jepretan foto yang diambil lebih unik dan berkesan. Selain itu, terdapat banyak batuan besar yang bisa anda pijak juga duduki untuk mengambil jepretan unik lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Leuwi Jurig
Image Credit: Google Maps Ray Wu

Ketika anda berwisata ke lokasi yang menenangkan ini, anda tidak perlu khawatir sebab terdapat berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan wisata anda. Area parkir yang cukup luas, mushola yang nyaman digunakan untuk menunaikan ibadah sholat, dan kamar mandi yang dapat digunakan untuk membilas diri menjadi contoh dari fasilitas yang ada di obyek wisata Leuwi Jurig. Selain itu, terdapat penyewaan perlengkapan bagi anda yang ingin melakukan rafting di sungai ini. Jika anda ingin sekadar bersantai, maka anda dapat melakukannya di beberapa gazebo yang tersedia di sekitar kolam.

Saat perjalanan menuju tempat wisata alam tersebut, anda akan melewati jalur yang tidak rusak sehingga perjalanan anda akan menjadi lebih nyaman. Anda juga akan mendapatkan bantuan dari penduduk sekitar ketika anda kurang memahami apa yang dilakukan di tempat tersebut. Kendati bukan pemandu secara resmi, hal tersebut tentu dapat membantu anda untuk berwisata dengan lebih aman.

Apabila anda ingin bermalam di sekitar lokasi wisata yang asri ini, terdapat beberapa penginapan dan hotel yang dapat anda sewa. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, tetapi anda dapat memilih untuk bermalam di penginapan warga seab harganya yang lebih minim ketimbang harus menginap di hotel.

Itulah beberapa hal menarik seputar destinasi wisata alam hits di Kabupaten Garut yang masih terjaga keasriannya, yakni Leuwi Jurig. Saat berkunjung ke tempat ini, pastikan anda harus tetap bertutur dan berperilaku sopan sebab terdapat kepercayaan mistis yang masih meruak di tempat tersebut. Untuk berwisata ke lokasi yang indah ini, jangan lupa juga untuk mengecek prakiraan cuaca yang ada sebab lokasi ini menjadi kurang aman apabila dikunjungi saat cuaca hujan.

REKOMENDASI DESTINASI