Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pesona Jawa Barat memang tidak ada habis-habisnya. Bukan hanya Bogor dan Bandung, nyatanya masih ada banyak destinasi wisata yang tidak kalah indah. Dari mulai Sukabumi, Purwakarta, hingga Garut. Dari mulai tempat wisata air terjun, pegunungan, sungai, hingga pantai pun ada. Namun, ternyata ada satu lokasi yang memiliki dua pesona, yaitu puncak pegunungan dengan pemandangan laut.

Namun pernahkah anda mengira bahwa terdapat dua jenis wisata dalam satu lokasi. Yaitu perbukitan yang mirip seperti tebing yang mengitari pinggiran laut. Udaranya masih segar karena belum didatangi oleh kerumunan wisatawan. Dan alamnya pun masih sangat alami seperti belum tersentuh oleh manusia.

Nama lokasi dari objek wisata yang memiliki dua jenis keunikan itu bernama Puncak Guha di Garut. Anda bisa merasakan hijaunya pemandangan seperti di dataran tinggi, namun pemandangan yang tersaji merupakan pemandangan pantai dan laut lepas. Perpaduan antara warna hijau dan biru tersebut sangat indah dipandang. Bahkan banyak sekali daya tarik yang membuat para wisatawan merasa takjub.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Guha

Daya Tarik Puncak Guha
Image Credit: Google Maps Gun Sokaraja

Walaupun mungkin anda cukup jarang mendengar tempat wisata bernama Puncak Guha Garut, namun pemandangan dan daya tariknya tidak kalah menakjubkan dengan wisata alam lainnya yang ada di Jawa Barat. Lokasinya yang berada di Kabupaten Garut, namun banyak wisatawan dari berbagai daerah yang turut berkunjung.

Lokasinya yang berada di selatan Jawa Barat dan berhadapan langsung dengan pantai selatan. Banyak daya tarik yang membuat para wisatawan rela datang dari daerah yang cukup jauh untuk menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri.

1. Panorama Laut dari Atas Bukit

Terdapat puncak seperti tebing yang cukup tinggi yang terletak berbatasan langsung dengan laut. Bukit tebing ini diselimuti oleh rerumputan dan tumbuh berbagai pohon kecil di atasnya. Anda tentu saja bisa naik ke bukit ini. Kemudian anda bisa melihat pemandangan dari atas bukit.

Di atas bukit ini, banyak pemandangan yang bisa anda lihat 360 derajat. Adapun primadona dari berbagai pemandangan yang ada di daerah wisata yang indah ini, yaitu pemandangan laut yang terhampar di depan mata. Nyatanya, banyak sekali wisatawan yang datang ke Puncak Guha untuk menikmati birunya pemandangan laut dari atas bukit yang hijau. Jika anda berada di atas bukit, anda akan merasakan menyatu dengan alam karena suasananya yang masih sangat asri.

Jika anda berada di atas bukit dan menoleh ke arah timur, maka anda akan disajikan pemandangan pasir hitam yang merupakan muara dari sungai yang mengalir. Sedangkan jika anda melihat ke arah selatan, maka anda akan disajikan pemandangan birunya laut, deburan ombak, dan pasir yang tampak bersih. Dari atas bukit, anda juga akan merasakan hembusan angin yang sangat sejuk. Hal inilah yang menjadi daya tarik, pemandangan sekeliling yang indah tidak ada batasnya.

2. Gua Kelelawar yang Tersembunyi

Penamaan Guha dari Puncak Guha ini karena terdapat gua kelelawar di bawahnya. Namun siapa sangka, bahwa gua ini hingga saat ini masih dihuni oleh kelelawar. Gua ini menghadap langsung ke Samudera Hindia. Dan anda bisa menyaksikan kelelawar yang akan keluar dari gua di sore hari, jangan lupa untuk membawa masker jika ingin melihatnya karena akan tercium bau kelelawar yang khas.

Daya Tarik di Puncak Guha
Image Credit: Google Maps Agustin Fitry

3. Suasana Pagi dan Sore

Saat pagi hari, anda bisa melihat warna langit yang sangat cantik dari atas puncak tebing. Anda bisa menikmati perpaduan antara jingga langit dan biru laut yang warnanya sangat kontras dan indah. Udaranya pun sangat sejuk saat pagi hari. Sangat lengkap jika anda dapat menikmati indahnya matahari terbit, deburan ombak pagi hari, dan angin laut yang sejuk berhembus.

Adapun anda bisa mengunjungi lokasi wisata yang asri ini pada sore hari. Keindahan pemandangannya tidak kalah menarik dengan yang pagi hari. Warna jingga pada langit juga turut mewarnai langit dan berpadu dengan birunya laut. Anginnya juga tidak kalah sepoi-sepoi. Namun udaranya akan terasa lebih hangat dibanding saat pagi hari.

Pada kenyataannya, dari masing-masing waktu untuk mengunjungi bukit tersebut sama-sama memiliki pesona yang indah. Baik matahari terbit, maupun matahari terbenam. Jangan lupa untuk menyiapkan perangkat memotret. Karena rasanya tidak lengkap jika tidak mengabadikan momen matahari terbit atau terbenam karena warnanya sangat cantik.

4. Deburan Ombak yang Dahsyat

Deburan ombak yang cukup dahsyat bisa anda nikmati dari atas Puncak Guha. Nyatanya, tempat yang masih asri ini masih belum banyak pengunjung. Sehingga tempat ini masih cocok untuk menenangkan pikiran dan berlibur santai. Dari atas tebing, anda bisa bersantai duduk dan menikmati suara deburan ombak.

Deburan ombak yang bisa anda lihat sendiri ini cukup dahsyat karena Pantai Guha yang berada di Garut ini berada di Pantai Selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Maka jika anda ingin turun dari puncak dan ingin bermain di laut, tetaplah waspada karena ombaknya yang cukup dahsyat. Maka dari itu, lebih baik nikmati suara deburan ombak dari atas puncak tebing agar lebih aman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Puncak Guha
Image Credit: Google Maps arie andriana

Puncak Guha Garut beralamat di Kampung Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk menyambangi tempat wisata yang asri ini, anda akan membutuhkan waktu sedikitnya 3 atau 4 jam perjalanan hingga sampai di lokasi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi anda, baik motor maupun mobil. Untuk rutenya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Jika anda berangkat dari Kota Bandung, maka anda bisa melewati Pangalengan, kemudian Rancabuaya. Jika anda berangkat dari pusat Kota Garut, maka anda harus menuju Kota Cikajang sampai ke Pamengpeuk dan akan tiba di daerah Rancabuaya, kemudian anda bisa langsung menuju arah Puncak Guha sekitar 2 km. Jalur ini bisa anda ambil jika rumah anda dekat arah Garut atau area Tasikmalaya. Walaupun banyak jalur alternatif yang tersedia, namun lebih baik mengikuti rute yang telah disebutkan di atas karena jalanannya yang saat ini sudah cukup bagus dan memadai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puncak Guha
Image Credit: Google Maps Sonny Heriawan

Adapun dari yang telah diketahui, bahwa Puncak Guha merupakan tempat wisata yang masih asri keadaan alamnya. Pemandangan yang indah, antara warna hijau dari bukit tebing dan pepohonan, serta birunya laut yang cukup luas. Namun, untuk dapat menikmati keindahan alam tersebut, nyatanya harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Per orangnya hanya akan dikenakan tiket sebesar Rp5000.

Tempat wisata yang sangat menenangkan ini buka 24 jam setiap harinya. Maka anda bisa menyempatkan diri untuk ke atas bukit untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam. Selain harga tiket masuk yang harus anda bayar, ada juga harga penginapan jika anda ingin menginap di sini. Harga penginapannya mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Guha

Kegiatan Menarik Puncak Guha
Image Credit: Google Maps momo denah

Tidak hanya melihat indahnya pantai dari atas bukit. Namun nyatanya banyak sekali kegiatan seru yang dapat dilakukan. Dari yang gratis hingga yang berbayar. Namun semua kegiatannya cukup menarik untuk dilakukan.

1. Hunting Foto

Rasanya tidak lengkap jika pemandangan indah namun tidak berfoto. Terdapat banyak spot foto yang memiliki latar pemandangan yang indah di setiap sudutnya. Apalagi jika anda memiliki hobi memotret, karena pemandangan Puncak Guha sangat menakjubkan dan instagramable. Terlebih lagi saat pagi hari atau sore hari, pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam akan menjadi objek foto yang sangat menarik karena perpaduan warna yang tersaji begitu indah dipandang.

2. Camping di Atas Bukit

Siapa yang menyangka bahwa anda bisa melakukan camping di atas bukit. Anda bisa menggelar tenda di dekat gazebo yang berada di atas puncak. Bayangkan saat malam hari anda akan melihat langit penuh bintang, dan saat pagi harinya saat anda terbangun, anda akan merasakan udara yang sangat sejuk. Pasalnya, anda akan berkemah di atas bukit dengan pemandangan laut yang bisa anda nikmati panoramanya kapanpun.

Kegiatan Menarik di Puncak Guha
Image Credit: Google Maps Rozie Fauzan

3. Touring

Banyak sekelompok wisatawan yang melakukan touring dan menjadikan Puncak Guha ini sebagai tempat singgah dan menginap. Tidak lain dan tidak bukan alasan dari kebanyakan penjelajah mengunjungi tempat yang indah ini adalah karena pemandangannya yang masih asri dan apik. Biasanya, banyak penjelajah menggunakan motor yang singgah di tempat yang asri ini. Anda pun juga bisa melakukannya dengan kelompok anda agar pengalaman berwisata anda semakin seru.

4. Memancing

Selain bermain air di pantai yang tersedia, anda juga bisa memancing. Untuk menyambangi spot memancing yang tersedia, anda perlu menuju ke arah bawah puncak tebing. Namun, anda juga harus memperhatikan derasnya ombak sebelum memancing demi keselamatan anda. Pasalnya, pantai ini merupakan pantai yang berada di daerah selatan yang ombaknya cukup deras.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Guha
Image Credit: Google Maps Thankful Servant

Puncak Guha termasuk destinasi wisata yang belum terlalu ramai pengunjung, nyatanya belum ada fasilitas yang memadai. Belum terdapat fasilitas umum seperti toilet ataupun musholla. Nyatanya, wisata ini masih dikelola oleh warga sekitar. Hanya ada 2 buah gazebo yang berada di puncak tebing yang bisa anda gunakan untuk tempat beristirahat.

Namun, terdapat penginapan yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi jika anda ingin menginap sejenak. Harga penginapan yang tersedia dibanderol dari harga Rp 100.000 hingga Rp 300.000 saja. Di sana anda baru bisa menikmati fasilitas yang memadai. Wajar saja karena lokasi Puncak Guha ini masih dikelola oleh warga sekitar.

Adapun di lokasi yang masih jarang tersentuh oleh pengunjung ini belum memiliki warung yang menjajakan makanan atau minuman. Maka dari itu, jika anda berniat untuk ke sini, lebih baik anda membawa makanan dan minuman sendiri untuk dinikmati sambil menikmati indahnya matahari terbenam bersama dengan angin sepoi-sepoi di sore hari.

Karena belum adanya jasa foto, maka lebih baik anda membawa peralatan untuk memotret sendiri. Walaupun masih belum terdapat fasilitas yang memadai, namun pemandangan disini sangat indah dan masih asri, hal itu dikarenakan belum adanya pengelola dari pemerintah yang mengelola lokasi yang sebenarnya sangat potensial ini.

Itulah beberapa hal menarik seputar Puncak Guha yang hits di Garut. Anda bisa ajak teman-teman atau kelompok touring anda untuk singgah dan menikmati indahnya pantai dari atas puncak tebing. Namun anda tetap perlu berhati-hati untuk selalu mengecek keadaan ombak disini.

REKOMENDASI DESTINASI