Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Cikajang, Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Objek wisata umumnya adalah objek alam seperti pantai, gunung, curug, dan lainnya. Namun, apakah anda pernah mendengar objek wisata yang merupakan sebuah batu? Batu Tumpang Garut merupakan sebuah objek wisata yang ada di Garut yang merupakan sebuah bongkahan batu besar yang terletak di pinggir jalan dan menempel pada permukaan tanah. Dikatakan sebagai Batu Tumpang karena batu besar ini menumpang dan menempel pada permukaan tanah sehingga berbentuk seperti bukit.

Banyak bukit yang ada di Indonesia, namun tempat ini dijadikan sebagai salah satu objek wisata karena pemandangannya yang indah dan dilengkapi dengan aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Batu Tumpang semakin terdengar ke telinga masyarakat karena objek wisata unik ini sering dijadikan sebagai tempat persinggahan saat seseorang atau sekelompok orang melakukan perjalanan.

Batu Tumpang ini sendiri merupakan batu yang sudah ada sejak zaman dulu dan bukan merupakan hasil dari letusan gunung berapi. Untuk anda yang penasaran dengan objek wisata satu ini, yuk simak ulasan lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Tumpang

Daya Tarik Batu Tumpang
Image Credit: Google Maps chusna fitria

Destinasi alam satu ini menjadi terkenal karena banyak hal menarik dan unik yang ditawarkan bagi pengunjung. Berikut beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh wisata alam eksotis ini.

1. Batu Besar

Batu Tumpang ini terbilang unik karena adanya batu besar sebagai objek yang menjadi daya tarik utama. Batu besar ini umumnya dijadikan sebagai objek swafoto pengunjung karena bentuk, posisi, dan letaknya yang terbilang unik dan langka. Batu Tumpang ionic ini berdiri tegak setinggi 150 meter dengan lebar yaitu 100 meter. Ukuran yang sangat besar untuk ukuran batu tentunya.

Batu unik ini juga dijadikan sebagai lokasi panjat tebing bagi pengunjung yang menyukai olahraga panjat tebing. Jika anda menaiki batu ini hingga ke puncak, anda akan dapat menikmati keindahan alam yang luas serta udara sejuk karena batu besar ini sangat banyak pohon-pohon hijau yang menjadi sumber oksigen dan udara bebas. Batu besar ini terletak di sekitar hamparan pohon teh yang cukup luas sehingga akan menambah kesan hijaunya lingkungan yang dapat anda pandang secara bebas.

2. Hamparan Kebun Teh

Wisata alam unik ini terletak tepat bersebelahan dengan hamparan kebun teh hijau. Garut terkenal dengan kebun teh yang menghasilkan teh dengan kualitas bagus. Selain hasil produksi, kebun teh juga memberi kesan hijau dan indah kepada pengunjung yang membuat pengunjung dapat berelaksasi. Hamparan kebun teh luas ini dapat anda nikmati baik dari atas bukit batu maupun dari pinggir jalan.

Anda juga diperbolehkan untuk mengambil gambar dari kebun teh ini sebagai kenangan untuk anda. Hamparan kebun teh ini juga membantu para pengunjung yang singgah dari perjalanan jauh untuk dapat menghirup udara segar sembari mengembalikan stamina tubuh. namun, anda tidak diperbolehkan untuk melakukan pemetikan terhadap daun tehnya, ya.

3. Beragam Kuliner

Batu Tumpang dikelilingi oleh beberapa warung makan sederhana yang dapat anda nikmati dengan harga yang terbilang murah. Untuk menunya sendiri terdiri dari makanan khas Sunda dan juga banyak jenis camilan. Warung makan yang ada di tempat wisata indah ini juga sering dijadikan sebagai wilayah singgah untuk para supir maupun penumpang yang melakukan perjalanan jauh dan melewati lokasi wisata unik satu ini.

Kuliner yang ditawarkan adalah seperti jagung bakar dan minuman ringan yang umumnya akan disukai oleh masyarakat secara umum. Warung makannya merupakan warung makan lesehan yang semakin menambah keunikan dari wisata cantik satu ini. Anda dapat menikmati hidangan murah dan lezat sekaligus menikmati indahnya pemandangan serta sejuknya udara di lokasi wisata unik satu ini.

Daya Tarik di Batu Tumpang
Image Credit: Google Maps Ridwan Hsydn

4. Terdapat Wahana Panjat Tebing

Lokasi batu besar ini menjadi salah satu lokasi wahana panjat tebing yang sudah terkenal di telinga yang menyukai olahraga panjat tebing. Sudah banyak pecinta panjat tebing mengunjungi lokasi wisata untuk satu ini dengan membawa rombongan teman sekomunitas. Selain menjadi tempat panjat tebing profesional, batu besar ini juga dijadikan tempat berlatih orang-orang baru pecinta panjat tebing.

Jadi, jika anda ingin melakukan panjat tebing namun anda belum terlalu menguasainya tidak perlu khawatir karena di lokasi wisata unik ini bukan hanya ada profesional, namun ada pula pemula.

5. Destinasi Bersepeda

Selain dijadikan tempat olahraga panjat tebing, Batu Tumpang Garut ini juga sering digunakan sebagai destinasi track sepeda oleh pecinta olahraga sepeda. Kondisi jalan yang sepi dan menantang membuat para penggiat olahraga sepeda menyukai lokasi wisata cantik ini dijadikan sebagai trek sepeda.

Pengguna sepeda yang datang ke batu besar ini umumnya merupakan sebuah komunitas atau organisasi karena disarankan untuk bersepeda dengan rombongan karena track nya yang tinggi sehingga akan lebih baik jika ada teman yang akan dapat membantu jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Batu Tampang
Image Credit: Google Maps Mochamad Fadil

Batu Tumpang terletak di Jalan Raya Cikajang-Pameungpeuk, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Garut. Posisi ini sudah ada di Google Maps, jadi jika anda tertarik menuju lokasi ini, anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk sampai ke lokasi. Wisata unik ini terletak 32 kilometer dari pusat Kota Garut. Destinasi alam ini sendiri terletak di antara perkebunan teh Giriawas dan Pamegatan Cikajang.

Wisata elok ini akan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tempat ini menawarkan sejuta keindahan dengan harga yang cukup murah. Harga yang harus pengunjung bayar hanya sebesar Rp 5000 per orang. Biaya ini sudah dapat membawa anda menikmati seluruh pemandangan alam yang ada di batu besar yang sedang hit sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Batu Tumpang

Kegiatan Menarik Batu Tumpang
Image Credit: Google Maps Nur Diana

Walaupun wisata alam ini belum dikelola dengan baik dan belum termasuk wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat, wisata ini sudah dapat melayani banyak aktivitas menarik yang dapat anda lakukan di wisata un8k ini. Berikut merupakan beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di lokasi wisata hits satu ini. Anda dapat memilih salah satu dari aktivitas berikut untuk anda pilih sebagai alasan untuk anda mendatangi wisata unik satu ini

1. Berswafoto

Berswafoto adalah aktivitas yang paling sering dilakukan di Batu Tumpang, khususnya para pengujung kaum muda dan dewasa. Pasalnya pemandangan yang ditawarkan sangat cocok dijadikan sebagai latar foto sehingga menghasilkan kualitas foto yang akan membuat anda dan orang lain merasa kagum. Hamparan kebun teh, sawah, batu, dan hijaunya pohon menjadi perpaduan lengkap untuk koleksi foto anda. Anda dapat memilih lokasi foto yang sesuai dengan selera dan keinginan anda.

2. Bersepeda

Aktivitas bersepeda ini banyak dilakukan oleh komunitas penggiat olahraga sepeda. Anda dapat melakukan aktivitas tracking sepeda bersama teman, sahabat, atau keluarga anda. Wisata indah ini akan memberi kesan abu dalam pengalaman sepeda anda karena track nya cukup menantang dan pemandangannya akan membantu anda dalam menikmati perjalanan sepeda anda.

3. Menikmati Pemandangan

Anda dapat menikmati indahnya pemandangan dengan berjalan di sekitar batu besar yang menjadi simbol dari wisata unik satu ini. Pemandangan yang dapat anda nikmati diantaranya adalah sawah, kebun teh, deretan rumah makan, jalanan sepi, batu besar, dan lainnya. Kegiatan ini akan membantu anda dalam mengurangi penat dan pikiran anda sehingga anda akan dapat berpikir lebih jernih lagi.

Kegiatan Menarik di Batu Tumpang
Image Credit: Google Maps Helmi Azi

4. Panjat Tebing

Panjat tebing merupakan aktivitas yang paling terkenal di Batu Tumpang. Pasalnya sudah banyak yang menggunakannya sebagai lokasi tetap dalam berlatih panjat tebing. Selain itu sudah banyak yang membagikan aktivitas panjat tebingnya di lokasi wisata iconic satu ini ke sosial media sehingga banyak yang menjadi tertarik dan mencobanya.

5. Kulineran dan Bersantai

Anda akan dapat menikmati makanan dan minuman anda di lokasi wisata unik ini karena sudah tersedia rumah makan yang akan melayani anda. Anda dapat juga sembari beristirahat setelah perjalanan jauh dari suatu lokasi ke lokasi lain. Aktivitas anda baik makan, minum, maupun istirahat anda akan semakin bermakna karena dilengkapi dengan pemandangan dan sejuknya udara.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Batu Tampang
Image Credit: Google Maps hesti aprilia

Karena merupakan wisata yang belum terkenal dan belum dikelola oleh pemerintah, fasilitas yang ada belum terbilang lengkap. Namun, fasilitas penunjang yang ada di lokasi wisata eksotis satu ini sudah mampu memenuhi kebutuhan umum pengunjung dalam melakukan kegiatan wisata, Berikut merupakan beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata Batu Tumpang Garut:

1. Area Parkir

Terdapat area parkir di sekitar wisata menarik satu ini sehingga anda dapat menikmati indahnya wisata Batu Tumpang tanpa khawatir meninggalkan kendaraan pribadi anda di area parkir. Area parkir cukup luas karena lokasi wisata cantik satu ini juga menjadi salah satu rest area kendaraan lalu lalang sehingga parkiran yang ada cukup luas. Anda dapat menitipkan kendaraan anda baik kendaraan roda dua maupun empat di lokasi yang sudah disediakan.

2. Mushola

Pengelola menyediakan Mushola sehingga anda dapat melakukan kewajiban sebagai umat Muslim sembari menikmati kegiatan liburan anda. Mushola yang disediakan akan cukup digunakan untuk pengunjung. Jadi, jangan khawatir dengan kecukupan tempatnya, ya.

3. Toilet

Tersedia toilet yang dapat digunakan untuk aktivitas MCK. Toilet yang disediakan juga terbilang cukup layak dan bersih sehingga anda akan nyaman dalam menggunakannya. Untuk anda yang ingin berkunjung ke lokasi cantik satu ini tidak perlu khawatir akan ketersediaan toilet layak lagi karena wisata hits ini telah menyediakan fasilitas tersebut.

4. Warung Makan

Terdapat warung makan yang menyediakan mulai dari makan berat hingga makanan ringan, makanan khas tradisional hingga makanan umum. Anda menikmati makanan dan minuman ini dengan cara lesehan sehingga anda dapat makan bersama rombongan anda dengan nyaman dan aman. Warung makan disediakan di sekitar wisata unik ini sehingga jika anda lapar sewaktu-waktu, anda langsung dapat mengisi energi anda kembali di warung makan ini.

Itulah beberapa hal menarik mengenai wisata Batu Tumpang di Garut yang dapat anda jadikan referensi wisata karena keunikan, keindahan alam, serta fasilitas yang disediakan akan membuat wisata akan semakin berkesan. Semoga bermanfaat.

REKOMENDASI DESTINASI