Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 07.00-21.00 WIB, Alamat: Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Garut merupakan wilayah di Jawa Barat ini sudah termasyur akan kekhasan dodol Garut. Panganan yang memiliki cita rasa manis dan terbuat dari bahan utama gula merah. Sementara di bidang peternakan, Garut tersohor sebagai penghasil Domba Garut atau Domba Priangan yang berasal dari kawasan Limbangan, Kabupaten Garut.

Tidak ketinggalan, sektor pariwisata Garut ingin unjuk gigi ke hadapan khalayak luas. Pasalnya, Garut juga dianugerahi sang Maha Kuasa berupa lanskap wilayah yang indah. Hal ini yang menjadikan Garut sebagai kota alternatif untuk liburan selain Bandung.

Taman Sabda Alam atau Sabda Alam Water Park menjadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan masyarakat lokal Garut maupun wisatawan luar daerah. Objek wisata hits ini menawarkan keseruan bermain air dengan berbagai wahana. Sabda Alam Garut sebenarnya adalah sarana superblock yang terintegrasi dengan fasilitas lainnya sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Sabda Alam

Daya Tarik Taman Sabda Alam
Image Credit: Google Maps efs speed9

Objek wisata kece ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air dengan pemandangan alam tetapi tidak mau mengeluarkan tenaga terlalu banyak. Pasalnya, saat ini wisata air ke curug atau air terjun menjadi tren di masyarakat. Namun, untuk menuju lokasi curug atau air terjun sangat membutuhkan usaha yang besar.

Hal ini karena titik keberadaan curug atau air terjun berada di tengah-tengah hutan. Oleh karena itu, setiap pengunjung perlu berjalan minimal 30 menit agar sampai lokasi. Situasi ini akan lebih menyulitkan jika hujan turun lalu jalur berubah licin. Paling menyakitkan hati adalah jika air curug yang dalam bayangan adalah jernih tetapi realitanya justru keruh akibat hujan.

Kondisi ini sering terjadi ketika musim hujan sudah mulai tiba. Sudah menempuh jalur yang sulit dan hasil yang didapat pun tidak sesuai ekspektasi. Maka diperlukan rencana yang matang dan perkiraan waktu yang tepat ketika hendak berkunjung ke tempat wisata alam seperti curug.

Keadaan itu tidak akan berlaku jika Anda berkunjung ke Taman Sabda Alam Garut. Wisatawan tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk sampai ke wahana indah ini. Aksesnya mudah dijangkau dan dapat dikunjungi kapanpun asalkan tidak keberatan untuk terguyur hujan saat menikmati air di wahana ini.

Oleh karena itu, objek wisata favorit ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Dengan luas area sekitar 2 hektar, si kecil bisa puas hilir mudik ke sana kemari dan menikmati wahana yang tersedia. Lapangnya tempat wisata air ini membuat orang tua untuk lebih memperhatikan keamanan sang buah hati agar tidak terjadi hal-ha yang tidak diinginkan.

Pengunjung pun akan disuguhkan hijaunya pemandangan Garut dari tempat wisata populer ini. Lokasi Sabda Alam Garut ini seakan-akan dikepung oleh jajaran gunung.

Setidaknya ada tiga gunung terkenal yang mengepung objek wisata hits ini. Di bagian utara terdapat Gunung Guntur dan sisi selatan berdiri tegak gunung Cikuray. Sementara di sebelah barat terdapat kemolekan Gunung Papandayan.

Strategisnya wahana menawan ini memberikan rasa candu kepada para pengunjung untuk kembali lagi. Dari Taman Sabda Alam ini, pengunjung terlihat jelas lukisan keindahan lanskap Garut. Jajaran pegunungan ini seperti menjaga kedamaian dan ketenangan tempat ini dari riuhnya kota Garut sekaligus menjadi keunggulan dan daya tarik dari wahana populer di Garut.

Daya Tarik Dimiliki Taman Sabda Alam
Image Credit: Google Maps Redi Rama

Daya tarik lainnya adalah kemurnian airnya. Dimana objek wisata yang dibangun tahun 2007 silam menggunakan sumber air panas alami dari Gunung Guntur Damai. Air yang berasal dari alam tentu lebih sejuk dan lebih segar daripada wisata kolam renang serupa.

Penggunaan air panas alami membuat pengunjung semakin betah dan tidak mudah merasa kedinginan. Bahkan sebagian orang percaya air panas alami mengandung khasiat bagi kesehatan kulit manusia jadi siapa yang tidak tergoda untuk datang ke tempat wisata indah ini.

Taman Air Sabda Alam dapat dikatakan sebagai tempat wisata teranyar di Garut. Destinasi liburan favorit ini merupakan pecahan area dari Sabda Alam Hotel& Resort Garut. Agar tidak bosan, pengelola menyiapkan berbagai wahana air menarik guna memanjakan para pelancong.

Gazebo kecil dan meja berpayung pun disediakan pengelola supaya pengunjung bisa menaruh barang bawaannya sekaligus menjadi tempat istirahat setelah puas bermain air. Pengadaan payung pada setiap meja bertujuan untuk melindungi para pengunjung dari teriknya sinar mentari di siang hari.

Wahana yang tersedia bukan sekadar perosotan air saja namun terdapat pula beberapa kolam dengan tantangan dan tema yang berbeda-beda. Dengan begitu dari setiap kolam akan merasakan sensasi dan keseruan yang berbeda-beda. Tidak semua objek wisata air atau tempat kolam renang memilikinya tetapi di Taman Sabda Alam semuanya lengkap tersedia.

Untuk menyempurnakan kelengkapan sarana di Taman Air Sabda Alam Garut dihadirkan beberapa wahana permainan air. Antara lain, sliderboom untuk anak-anak dan dewasa, waterboom, ember tumpah, dan spiral.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Sabda Alam
Image Credit: Google Maps Iqbal Maulana Adha

Objek permainan air Taman Sabda Alam ini berlokasi di Jalan Raya Cipanas, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pengunjung yang berasal dari pusat Kabupaten Garut silakan mengarah menuju Kecamatan Cimanganten. Dari itu, wisatawan hanya perlu menempuh sekitar 1,2 km dengan durasi perjalanan kurang lebih lima menit.

Sedangkan untuk pengunjung dari arah Bandung, silakan masuk ke tol dan arahkan untuk memasuki wilayah Rancaekek hingga ke Nagrek. Di pertigaan menuju Tasikmalaya maka berbelok ke kanan ke Garut. Ikuti sampai menemukan pertigaan dan tiba di Kecamatan Narogong, selanjutnya wisatawan hanya perlu mengikuti jalan sampai ke Sabda Alam Garut.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Sabda Alam
Image Credit: Google Maps Yoga Prana

Tarif tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung agaknya seimbang dengan kelengkapan fasilitas dan keseruan yang diperoleh dari sarana di Taman Air Sabda Alam. Harga tiket untuk hari Senin – Jumat sebesar Rp 35 ribu, untuk hari Sabtu senilai Rp 45 ribu sementara harga pada hari Minggu dan Libur Nasional adalah Rp 50 ribu. Tarif ini akan dikenakan bagi setiap pengunjung yang tinggi badanya 80 cm ke atas jika kurang dari ketentuan maka akan digratiskan.

Pada hari Senin sampai Jumat objek wisata mulai dibuka pukul 07.00 – 22.00 WIB sedangkan hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional dari pukul 07.00- 21.00 WIB. Selama pemberlakuan PPKM, objek wisata air populer ini tidak mengharuskan wisatawan membawa surat negatif COVID-19. Pengunjung hanya diminta agar mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan dan memindai barcode sebelum memasuki area taman wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Sabda Alam

Kegiatan Menarik Taman Sabda Alam
Image Credit: Google Maps Nanik Nuning

1. Menjajal Setiap Kolam

Bermain air maupun berenang sudah pasti menjadi tujuan utama para pengunjung. Kegiatan ini akan semakin menyenangkan karena disokong beragam wahana menarik. Bukan Cuma satu kolam, pengelola menyediakan beberapa jenis kolam dengan tema dan sensasi yang berbeda.

Setidaknya terdapat empat kolam yang dapat pengunjung rasakan keseruannya di Taman Sabda Alam. Pertama adalah kolam anak di mana area ini dikhususkan bagi anak kecil. Kedalaman airnya pun hanya sekitar 30 cm sehingga aman dan tidak khawatir anak akan tenggelam.

Kolam anak juga dilengkapi dengan perosotan melingkar sehingga menambah keceriaan bagi anak. Di sisi lainnya tersedia pula pancuran air hangat yang berbentuk jamur dan kuda laut. Jadi anak bisa tambah anteng (tenang) bahkan karena pancurannya cukup deras dapat dijadikan refleksi bagi orang dewasa.

Kedua yakni kolam ombak, seperti namanya di kolam ini pengunjung akan merasakan sensasi terombang-ambing seperti terkena ombak di laut atau pantai. Hal ini karena disebabkan adanya alat pembuatan ombak buatan. Wisatawan dapat merasakan kolam ombak setiap hari di mana untuk weekdays dari pukul 13.00 – 15.10 WIB sedangkan pada weekend mulai jam 09.50 – 16.10 WIB.

Agar lebih menantang dan memacu adrenalin para pengunjung maka disediakan tingkatan level ombak. Totalnya ada enam level dari mulai ombak berkekuatan rendah hingga level tsunami. Jangan khawatir, petugas Taman Sabda Alam akan siap sedia menjaga keamanan para pengunjung saat menikmati wahana tersebut.

Ketiga ada kolam busa yang mana satu kolam akan dipenuhi dengan buih-buih busa. Sayangnya, wahan ini tidak tersedia setiap hari dan hanya beroperasi pada akhir pekan dan tanggal merah saja. Kolam busa dibuka mulai pukul 13.30 – 13.50 WIB.

Selanjutnya adalah kolam yang paling unik dan pasti disukai anak-anak. Kolam ini mengusung tema dinosaurus dengan dekorasi patung-patung besar. Kegiatan yang wajib dilakukan adalah meluncur dari ketinggian 12 meter yang berakhir di air terjun buatan. Selain itu, kolam ini dilengkapi pula kolam arus dan air mancur.

2. Melakukan Terapi Ikan

Taman Sabda Alam juga memanjakan wisatawan dengan kolam terapi ikan sebagai bentuk refleksi. Pengunjung hanya perlu memasukan kaki ke dalam kolam berisi ikan-ikan kecil. Kemudian ikan tersebut akan membersihkan sela-sela jari dari kotoran dan memakan sel kulit mati. Terapi semacam ini dinilai mampu memperlancar peredaran darah khususnya di bagian kaki.

Kegiatan Menarik di Taman Sabda Alam
Image Credit: Google Maps Rony Gipsoin

3. Mencoba Trampoline, Flyingfox dan Sasak Rawayan

Di samping menyediakan wahana yang berkaitan dengan air, tempat wisata air hits ini menghadirkan pula wahana outbound berupa flying fox. Wisatawan akan dibawa guna merasakan terbang di ketinggian yang bawahnya adalah water slide dan kolam arus.

Namun, wahana flying fox ini sudah tidak beroperasi lagi. Pengelola juga menghadirkan trampoline sebagai variasi sarana alternatif agar tidak jenuh. Wisatawan semakin dibuat kagum dengan terbentangnya jembatan gantung bernama Sasak Rawayan.

Saat mulai berjalan di jembatan ini, pengunjung akan merasa sedikit guncangan. Semakin ke tengah dan semakin cepat berjalan sejalan dengan jembatan yang juga akan bergoyang lebih kencang. Keunikan inilah yang wajib dirasakan oleh pengunjung.

4. Hunting Foto

Lagi dan lagi Taman Sabda Alam semakin membuat para pengunjung takjub dan ketagihan untuk berlama-lama. Adanya jembatan gantung Sasak Rawayan sering dimanfaatkan untuk berswafoto oleh para wisatawan. Dari Jembatan yang terbentang di atas kolam itu pemandangan objek wisata favorit ini dapat tergambarkan dengan jelas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Alam Sabda
Image Credit: Google Maps Arnold Damanik

Fasilitas penunjang turut disediakan oleh pengelola destinasi air menawan ini. Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata sejenis ataupun tempat kolam renang lainnya, di Taman Sabda Alam pun tersedia. Seperti kamar ganti, toilet, ban atau pelampung, musola, food court, loker penitipan barang, dan area parkir.

Namun, sejak awal tempat wisata populer ini dibangun sebagai pelengkap superblock Sabda Alam Hotel & Resort Garut maka ada beberapa fasilitas eksklusif lainnya:

1. Gallery dan Sawala Meeting Room

Kedua tempat ini diperuntukan untuk rapat atau acara besar (seperti resepsi pernikahan). Untuk Gallery Meeting Room memiliki kapasitas maksimal 125 orang. Sedangkan untuk Sawala Meeting Room daya tampung sebanyak 200 orang. Untuk memperlancar acara yang terlaksana di dalam ruangan itu maka disediakan fasilitas Theatre Style dengan Standard Sound System, Notebook dan Pensil serta Hotspot.

2. Restoran

Jika pengunjung lupa atau bekal makananya tertinggal tidak perlu riasu sebab telah tersedia restoran Bogarasa Resto. Wisatawan bisa menyantap hidangan lezat seraya menikmati pemandangan pegunungan yang mengelilingi objek wisata Taman Sabda Alam ini.

Sehingga rasa lelah setelah puas bermain air dapat hilang seketika karena mendapat energi tambahan dari menawannya panorama Garut. Lokasi resto persis menghadap langsung ke area kolam renang.

3. Sabda Alam Hotel & Resort

Sabda Alam Garut menyediakan pula penginapan bagi para wisatawan yang berasal dari luar Garut. Hal ini karena objek wisata kebanggan Garut ini merupakan bagian dari kompleks Sabda Alam Hotel & Resort. Penginapan menyediakan banyak kamar dan fasilitas mumpuni dengan harga yang terjangkau.

Di kompleks Sabda Alam Hotel & Resort juga terdapat Oray-orayan. Yang mana ini adalah Jet Coaster kebanggaan Sabda Alam Resort. Jika penasaran ingin mencobanya, Anda cukup menyiapkan dana senilai Rp 20 ribu dan Anda akan diajak melaju dengan kecepatan tinggi dan pasti menguji adrenalin

4. Panggung Hiburan

Fasilitas panggung hiburan terletak di dekat kolam ombak. Panggung ini memiliki tinggi kurang lebih 1,5 meter. Biasanya sambil berenang dan menikmati wahana akan terdengar sayup sayup musik dari panggung hiburan ini. Aliran musik yang paling sering diputar adalah dangdut yang senada dengan pergerakan ombak di kolam ombak.

Itulah beberapa hal menarik seputar Taman Sabda Alam di Garut yang bisa dijadikan tujuan liburan Anda selanjutnya. Beragam daya tarik dan kegiatan menarik menjadikan taman wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.