Jawa Tengah

14 Tempat Wisata di Purworejo

14 Tempat Wisata di Purworejo

Purworejo memang bukan sebuah kota yang populer seperti Malang. Tetapi tak disangka bahwa banyak potensi wisata yang bisa digali serta dikembangkan lagi. Kabupaten ini memiliki jarak dengan waktu tempuh 1 jam saja perjalanan dari Yogyakarta.

Ada banyak tempat wisata yang diandalkan serta menarik kunjungan para wisatawan. Baik itu wisata alam ataupun buatan, Purworejo menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan penat dan jenuh karena beraktivitas.

1. Curug Muncar

Curug Muncar

Lokasi: Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatanasional.net

Objek wisata yang pertama adalah Curug Muncar. Wisata curug ini memang begitu diidolakan karena memiliki kondisi alam yang indah. Memiliki ketinggian 900 m di atas permukaan laut. Untuk sampai di lokasi butuh sedikit perjuangan karena medan yang sulit dan menanjak.

Tetapi selama perjalanan wisatawan bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan. Curug Muncar berada di Brunorejo Purworejo. Wisatawan bisa bermain air atau mandi dengan sensasi air yang dingin dan sejuk.

2. Hutan Alam

Hutan Alam

Lokasi: Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Tribunnews.com

Tempat Wisata di Purworejo berikutnya adalah Hutan Alam. Hutan ini memang dikelola secara langsung oleh pihak pemerintah setempat dan terbukti baik. Seringkali digunakan untuk berkemah dan digunakan seperti aktivitas outbound.

Hal ini terkait adanya hutan pinus dan bersahabat untuk anak-anak. Wisata ini memang sering dijadikan sebagai tempat hunting foto. Wisata ini berada di Desa Mayungsari. Wisata yang sering juga disebut dengan nama Kusumo Asri yang cocok untuk kegiatan adventure.

3. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Lokasi: Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kec. Grabag, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Superadventure.co.id

Berlibur dan bersantia di pantai sering menjadi kegiatan yang diimpikan oleh banyak orang. Kali ini datang dari Pantai Ketawang yang memiliki suasana asri dan natural. Pantai ini masih tergolong sepi karena belum banyak investor yang melirik. Padahal potensi wisata di Pantai Ketawang memang begitu besar karena keindahannya.

Sering ada lomba balap kuda yang diselenggarakan oleh warga sekitar. Pantai Ketawang berada di Desa Ketawang, Purworejo. Jaraknya terbilan cukup dekat dengan pusat kota dan sedikit bangunan yang menunjang untuk akses pantai.

4. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Lokasi: Dusun Kalimaro, Bapangsari, Kec. Bagelen, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Metropolitan.id

Benteng Pendem memiliki daya tarik tersendiri sebagai wisata yang ada di Purworejo. Benteng Pendem ini merupakan benteng kuno yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Menjadi bukti sejarah karena dijadikan sebagai pangkalan militer di masa penjajahan Jepang.

Salah satu buktinya adalah benteng ini digunakan untuk menahan gempuran dari Pantai Selatan. Namun sekarang tidak lagi beroperasi tetapi menjadi objek wisata. Lokasi Benteng Pendem ini berada di Perbukitan Dukuh Kaliwaru, Dusun Bapangsari. Lokasinya ada di ketinggain 200 meter diatas permukaan laut.

5. Goa Seplawan

Goa Seplawan

Lokasi: Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Menggapaiangkasa.com

Goa Seplawan menjadi tempat wisata yang juga favorit. Ciri khas dari goa ini adalah adanya ornamen di dalam goa seperti stalaktit dan stalakmit serta dinding dengan bentuk atau kerangka ikan. Ada juga flow stone, gouwer dan soda strat. Keadaan di sekitar goa juga cukup mengesankan karena pemandangan alam yang indah serta adanya flora seperti lumut dan paku-apkuan di dalam goa.

Ada juga taman bunga di sekitar goa yang bisa dijadikan spot foto. Goa Seplawan ini berada di Desa Donorejo. Jarak tempuhnya sekitar 20 km menuju arah timur dari pusat kota dengan ketinggian goa adalah 70 meter diatas permukaan laut.

6. Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan

Lokasi: Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Allindonesiatourism.com

Objek wisata ini menawarkan berbagai keindahan yang selama ini dicari. Kawasan Gegesr Menjangan ini memiliki banyak objek wisata seperti kolam renang, taman pemancingan dan masih banyak lagi. Untuk menikmati keindahan yang lain, wisatawan harus berjalan 1.8 km menyusuri jalan setapak yang cukup menantang. Mereka juga bisa mendaki bukit yang tingginya adalah 175 meter.

Lokasi Puncak Geger Menjangan ini berada di timur laut yang ada di Kota Purworejo. Tepatnya masuk dalam wilayah Kelurahan Baledono.

7. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

Lokasi: Patu, Jatimalang, Purwodadi, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Gondeztour.com

Tempat wisata Pantai Jatimalang ini patut untuk dikunjungi karena ada banyak penjualan makanan dan keindahan yang ditawarkannya. Pantai Jatimalang ini juga menawarkan ombak yang berukuran cukup besar. Keindahan di sore hari yang diberikan memang memberi panorama alam yang tiada duanya.

Pantai Jatimalang berada di Desa Jatimalang. Jarak wisata ini sekitar 18 km dari pusat kota. Lokasi yang mudah dikunjungi dengan kendaraan pribadi.

8. Wisata Rimba Pinus

Wisata Rimba Pinus

Lokasi: Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Baca.co.id

Purworejo populer dengan Wisata Rimba Pinus yang menawarkan keindahan yang tiada tara. Wisata ini telah dikelola oleh pemerintah setempat. Terbukti dengan adanya beberapa pengembangan serta terlihat lebih terjaga. Objek Wisata Rimba Pinus ini juga sering digunakan untuk tempat foto prewedding. Tak hanya itu saja, wisata rimba ini memiliki nuansa yang dingin dan sejuk.

Wisata Rimba Pinus ini berada di Bener Purworejo. Ada beberapa aktivitas yang dilakukan di tempat ini seperti perkemahan, aktivitas outbound hingga kebun binatang mini yang memiliki koleksi binatang yang cukup banyak.

9. Goa Sikantong

Goa Sikantong

Lokasi: Coco Leal, Tlogoguwo, Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Salah satu dari sekian banyak Destinasi Wisata di Purworejo, Goa Sikantong ini cukup menyita perhatian. Tempat ini begitu indah dengan sensasi yang tak sama ketika ada di keramaian. Goa Sikantong bisa menjadi alternative wisata andalan baik untuk warga sekitar ataupun dari luar kota. Tak sedikit pula para pengunjung yang membawa kamera untuk memotret keindahan disana.

Lokasi dari Goa Sikantong ini berada di Desa Donorejo Purworejo. Menjadi objek wisata yang juga msuk di daerah Kecamatan Kaligesing.

10. Curug Gunung Cenderung

Curug Gunung Cenderung

Lokasi: Singolopo, Cepedak, Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Simon Koko)

Curug Gunung Cenderung juga disebut dengan Curug Kyaiu Kate. Nama ini diambil dari nama sesepuh yang sedang menanti di lokasi. Curug tersebut juga dikelilingi oleh tebing yang penuh rimba pinus dan sebagian juga ada tumbuhan rimbun lainnya. Curug ini terbilang cukup deras dengan aliran sungai. Ada rute trekking yang cukup jauh dan cocok untuk mereka yang suka dengan wisata memacu adrenalin. Tak hanya itu saja, Curug Gunung Cenderung ini sering digunakan sebagai spot memancing oleh warga setempat.

Mereka yang hobby memancing ini bisa mencoba datang dan menikmati bagaimana derasnya curug Kyai Kate. Curug memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan debet air yang deras. Tempat wisata ini berada di Bruno Purworejo. Perjalanan untuk menuju tempat ini akan diwarnai dengan suara sungai dan gemericik airnya.

11. Masjid Agung Purworejo

Masjid Agung Purworejo

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Sindurjan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Masjidku.id

Masjid ini memang menjadi tempat wisata religi sekaligus tempat ibadah yang memiliki daya tarik tersendiri. Masjid Agung Purworejo ini memiliki beduk paling besar di dunia dan terbuat dari kayu jati utuh yang dilubangi di bagian tengah. Beduk ini juga berusia sama tuanya dengan Masjid tersebut. Namanya adalah beduk pandawa yang bergatis tengah 194 cm atau nyaris 2 meter. Sementara di bagian depan berukuran sedang dan segi belakang berukuran 180 cm.

Masjid Agung Purworejo tepatnya ada di Sindurjan. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat bagaimana rupa beduk yang banyak dikenal ini.

12. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Lokasi: Jl. Setia Budi No. 1, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Kekunaan.blogspot.com

Museum Tosan Aji merupakan satu dari banyak hasil budaya bangsa ketika terjadi perundingan sebagai warisan nenek moyang. Disebut tosan aji karena memang semacam senjata atau pusaka dari logam besi yang mendapat tempat terhormat atau dihargai di mata orang-orang zaman dulu. Bentuknya ada yang berupa keris, tombak, pedang hingga menur.

Lokasi museum tosan aji ini berada di Jalan Setia Budi 1 Purworejo. Termasuk sebagai tempat tempat wisata yang penuh edukasi dan sejarah.

13. Hutan Kusumo Asri

Hutan Kusumo Asri

Lokasi: Desa Mayung Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Tempat wisata yang bernama Hutan Kusumo Asri ini merupakan tempat menarik dan sejuk. Ada pohon pinus yang rindang dan ada juga beragam pohon langka. Suhu rata-rata di tempat ini adalah 27 derajat celsius.

Terletak dengan ketinggian lebih kurang 300 m dari permukaan laut. Ada juga beberapa objek lain di sekitarnya seperti kolam pemancingan, bumi perkemahan hingga rintisan kebun binatang mini.

14. Curug Lumbung

Curug Lumbung

Lokasi: Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. – Image Credit by Pesona.travel

Destinasi yang masih terbilang baru ini memiliki nama Curug Lumbung. Curug dengan dinding sungai yang terdapat ornament khas. Selain itu, wisatawan juga bisa masuk sungai dan berfoto ria di dalam sisi sungai. Jika foto di dalam sungai maka latar belakang yang bisa kita dapatkan adalah dinding sungai di kanan kiri sungai. Tinggi dinding ini ada yang mencapai 7 meter dan bisa berwarna kecoklatan airnya ketika musim hujan.

Lokasi Curug Lumbung berada di Desa Karangsari Kecamatan Bener Purworejo. Lokasi ini tak begitu sulit untuk diakses dan harus lebih berhati-hati karena banyak bebatuan yang licin.

Purworejo memiliki banyak keunikan yang sedikit orang tahu. Dari beberapa daftar Objek Wisata di Purworejo ini semoga menjadi referensi tepat untuk menikmati liburan dengan mudah. Mulai dari situs bersejarah, curug hingga hutan dengan nuansa sejuk dan alami.