15 Minuman & Makanan Khas Mojokerto yang Wajib Anda Coba

Minuman Makanan Khas Mojokerto

Berkunjung ke kota Mojokerto, tentu saja akan menjadi momen yang membahagiakan. Hal ini dikarenakan Anda akan melihat berbgai macam situs bersejarah Trowulan dan wisata lain yang berada di daerah Pacet. Setelah lelah mengelilingi kota Mojokerto, pastinya Anda akan merasa lapar dan haus.

Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa makanan dan minuman khas dari kota Mojokerto yang bisa untuk Anda cicipi. Oleh sebab itu, simak ulasannya berikut ini.

1. Es Cendol

Es Cendol

Image Credit by Makananoleholeh.com

Minuman satu ini merupakan salah satu minuman yang khas di kota Mojokerto. Minuman satu ini pun ternyata telah menjadi salah satu es yang legendaris di kota satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di kota Mojokerto, ada baiknya Anda mampir dan mencoba es satu ini. Dijamin Anda pun akan merasakan kesegaran yang berpadu dengan manisnya gula jawa di dalam es cendol ini.

2. Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Majapahit

Image Credit by Gotravelly.com

Minuman yang masih tetap eksis hingga sekarang ini adalah es gronjongan manjapahit. Minuman satu ini merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh masyarakat Mojokerto terutama saat bulan Lebaran. Minuman satu ini terdiri dari agar-agar, santan yang telah direbus dengan daun pandan, sirup dan juga es batu. Untuk itu, es satu ini pun akan sangat cocok untuk Anda nikmati ketika cuaca sedang panas dan akan menyegarkan dahaga anda.

3. Sinom

Sinom

Image Credit by Misteraladin.com

Jika Anda sedang berkunjung ke kota Mojokerto, maka Anda pun juga akan sering menemukan minuman satu ini di berbagai tempat. Minuman yang terbuat dari daun asam muda ini juga kerap kali dijadikan wisatawan sebagai salah satu bentuk oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang ketika sedang mengunjungi Mojokerto. Untuk itu, jika Anda belum pernah merasakan kesegaran dari sinom ini, maka tak ada salahnya untuk mencoba ketika sedang berada disini.

4. Nasi Wader

Nasi Wader

Image Credit by Ksmtour.com

Ketika Anda sedang berwisata ke Pacet Mojokerto, maka Anda pun tak boleh melewatkan untuk mencoba makanan khas nasi ini. Kelezatan yang ditawarkan oleh nasi wader ini menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda coba. Untuk cita rasa dari kuliner satu ini, maka Anda pun akan merasakan sensasi rasa yang pedas dan berpadu dengan rasa segar dalam satu porsi nasi wader ini.

BACA JUGA:  20 Minuman & Makanan Khas Madiun yang Wajib Anda Coba

Untuk satu porsi nasi wader sendiri biasanya terdiri dari nasi putih dan juga ikan wader yang telah diberikan bumbu sehingga akan menambah rasa nikmat ketika Anda mencicipinya. Anda pun juga bisa menambahkan lalapan dan juga segelas es teh untuk menyantap hidangan satu ini. Dijamin, Anda pun nantinya akan ketagihan dan ingin menambah satu porsi lagi.

5. Botok Tempe

Botok Tempe

Image Credit by 7Terbaik.com

Makanan satu ini pun juga termasuk salah satu makanan yang wajib untuk Anda coba saat sedang berada di Mojokerto. Botok tempe sendiri merupakan makanan yang terbuat dari bahan berupa ampas kelapa yang kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya seperti udang, tahu dan teri serta tempe. Umumnya, Anda akan menemukan sajian satu ini ketika sedang mengonsumsi nasi jagung.

Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, maka Anda pun bisa mengunjungi Botok Mbak Parti yang berada di depan Masjid Al Fatah yang letaknya tidak jaug dengan Alun-Alun Mojokerto. Karena memiliki rasa yang sangat khas, tak heran jika kuliner satu ini kerap kali dijadikan oleh-oleh untuk para wisatawan ketika sedang mengunjungi kota Mojokerto.

6. Gulai Menthok

Gulai Menthok

Image Credit by Cookpad.com

Gulai menthok juga merupakan makanan khas yang wajib untuk Anda coba ketika sedang berada di kota Mojokerto. Kuliner satu ini terbuat dari bahan itik atau daging menthok yang memang banyak diternak oleh peternak di sekitar kawasan Jawa Timur. Karena memiliki tekstur daging yang tebal, maka tentu saja daging ini akan sangat cocok untuk dijadikan gulai.

7. Sate Bangil

Sate Bangil

Image Credit by Flickr.com @Satya Witoelar

Makanan satu ini sebenarnya adlah berupa sate yang terbuat dari daging kambing. Akan tetapi, perbedaannya dengan sate yang lain adalah Anda bisa memilih sendiri isi dari sate tersebut, yakni mulai dari jeroan, tanpa jeroan ataupun tanpa lemak. Untuk satu sajian biasanya akan terdiri dari 10 tusuk sate yang disajikan dengan bumbu kacang dan juga irisan bawnag merah sebagai pelengkapnya.

BACA JUGA:  10 Mall di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi

8. Kerupuk Memble

Kerupuk Memble

Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Meskipun memiliki nama yang sedikit aneh, akan tetapi kerupuk satu ini merupakan kerupuk yang wajib untuk Anda coba ketika sedang berada di Mojokerto. Tak jarang banyak wisatawan membawa kerupuk satu ini sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib untuk dibawa pulang ketika sedang berada di Mojokerto. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh kerupuk satu ini pun cukup terjangkau sehingga Anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak.

9. Bubur Sruntul Bu Saudah

Bubur Sruntul Bu Saudah

Image Credit by Cookpad.com

Selain itu, Anda pun perlu untuk mampir ke bubur sruntul Bu Saudah ketika sedang berada di Mojokerto. Salah satu makanan yang menjadi favorit dari masyarakat kota Mojokerto ini terbuat dari tepung sagu yang selanjutnya diolah menjadi sruntul. Untuk rasanya sendiri tentu saja sangat legit, ditambah lagi dengan kuah buburnya yang kental tentu saja akan menambah selera anda. Untuk itu, ketika sedang berada disini tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas satu ini.

10. Pangsit Mie Benteng Pancasila

Pangsit Mie Benteng Pancasila

Image Credit by Gotravelly.com

Bagi Anda yang sedang ingin mencari pangsit mie ayam ketika sedang berada di Mojokerto, pastinya Anda perlu untuk mamput ke pangsit mie Benteng Pancasila yang terkenal di kota ini. Disini, Anda akan disediakan makanan berupa pangisit mie dengan harga yang sangat terjangkau yakni mulai dari harga 7 ribu rupiah saja. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi tempat makan satu ini jika sedang berada di Mojokerto.

11. Sambal Wader

Sambal Wader

Image Credit by Masakandapurku.com

Selain nasi wader, di Mojokerto pun Anda juga harus mencicipi sambal wader yang terkenal satu ini. Untuk bahan utamanya sendiri yang pasti adalah ikan wader yang berasal dari air tawar. Untuk cara membuatnya pun mudah, ikan yang telah dibersihkan tersebut dicampur dengan bumbu sambal sehingga akan menghasilkan sambal yang sangat pedas. Untuk itu, Anda pun bisa mencicipinya dengan sepiring nasi hangat.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah

12. Sate Keong

Sate Keong

Image Credit by Tokomesin.com

Ada lagi jenis sate yang cukup unik ketika Anda berkunjung ke kota satu ini, yakni sate keong. Bahan utama untuk membuat sate ini pun banyak sekali ditemukan di area sawah msyarakat di Mojokerto. Untuk itu, ketika Anda sedang berada di kota ini, maka Anda pun wajib untuk mencoba makanan khas satu ini karena jenis sate keong merupakan jenis sate yang mungkin tidak akan Anda bisa temukan di tempat lain.

13. Onde-Onde

Onde-Onde

Image Credit by Beritagar.id

Makanan lain yang sangat khas Anda temui di daerah satu ini adalah onde-onde. Kota Mojokerto sendiri pun memang terkenal dengan sebutan kota Onde-onde karena hampr di setiap penjuru kota tersedia pedagang yang menjajakan makanan satu ini. Untuk itu, Anda pun bisa membawa jajanan satu ini sebagai buah tangan untuk keluarga Anda ketika sedang berada di Mojokerto.

14. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Image Credit by Cookpad.com

Makanan satu ini merupakan salah satu jenis kuliner yang akan sering untuk Anda jumpai ketika sedang berada di Mojokerto. Kerupuk rambak sendiri merupakan jenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan kemudian diolah dengan cara khusus sehingga akan membuat rasa yang sangat khas dari kerupuk satu ini.

15. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil

Image Credit by Idntimes.com

Selain kerupuk rambak, ada pula kerupuk upil yang bisa untuk Anda coab ketika berada di Mojokerto. Memiliki nama yang unik, ternyata cara pengolahan dari kerupuk satu ini pun juga cukup unik. Hal ini dikarenakan dalam proses pengolahannya kerupuk ini menggunakan pasir untuk menggorengnya sehingga akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Untuk itu, ketika Anda sedang berada di Mojokerto, Anda pun bisa mencoba makanan dan minuman khas yang berada di kota satu ini. Dengan begitu, Anda pun bisa mencoba kuliner lezat yang belum tentu ada di daerah tempat Anda berasal. Untuk itu, ketika Anda sedang berada disini, pastikan untuk mencoba satu atau beberapa jenis makanan dan minuman yang tersedia di kota satu ini. Jadi, ingin mencoba yang mana dulu?