Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 10.00 – 17.00 WIB, Alamat: Drono, Desa Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika anda sedang berada di Sleman, Puri Mataram tampaknya menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi. Disini, kesan wisata yang tradisional memang akan langsung kental terasa. Konsep wisata yang memadukan antara keindahan alam dan budaya Jawa ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk liburan anda.

Selain itu, lokasinya sendiri yang berada berdekatan dengan wisata lain membuat anda bisa sekaligus mengunjungi destinasi tersebut. Namun, tak perlu khawatir anda tetap akan dibuat terpukau dan tidak bosan akan indahnya wisata satu ini. berikut intip daya tarik yang bisa anda dapatkan ketika berada di Puri Mataram.

Daya Tarik yang Dimiliki Puri Mataram

Daya Tarik Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Haruyuki

1. Nuansa Wisata Khas Jawa

Salah satu hal yang menjadikan destinasi satu ini cukup unik adalah nuansanya yang kental dengan budaya Jawa. Bagaimana tidak, di tempat ini memang menjadi salah satu jenis wisata budaya yang berpadu dengan alam. Namun, untuk konsepnya sendiri memang sengaja dibuat layaknya pada jaman Kerajaan Mataram.

Di Sleman sendiri, anda mungkin baru saja menemukan konsep yang unik tersebut ketika sedang berada di wisata satu ini. sesampainya di Puri Mataram, anda pun akan disambut dengan bangunan joglo. Bangunan tersebut tak lain adalah sebuah restoran yang memang disediakan untuk pengunjung.

Selanjutnya, anda akan bisa melihat adanya kolam buatan yang mana wahana permainan air bisa anda temukan. Lebih jauh anda berjalan menyusuri wisata satu ini, maka anda pun akan disuguhkan dengan areal persawahan yang hijau. Disini, bau padi akan langsung membuat pengunjung semakin betah dan ingin meneruskan penjelajahan.

Nantinya, anda pun akan menemukan jembatan bambu yang cukup panjang untuk dilewati. Adanya jembatan bambu ini memang terlihat cukup estetik. Hal ini dikarenakan adanya ranting ranting bambu yang sengaja diletakkan sebagai hiasan. Tak hanya itu saja, ornamen bambu yang berbunyi tertiup angin juga bisa menjadi keunikan tersendiri dari jembatan ini.

2. Adanya Pasar Ndelik

Daya tarik lain yang bisa anda temukan ketika berada di Puri Mataram adalah adanya Pasar Ndelik. Destinasi wisata satu ini memang sengaja hadir di kala hari Minggu atau hari libur nasional saja. penyebutan nama Pasar Ndelik tersebut lantaran lokasinya yang terbilang cukup unik.

Dimana berada di gubuk kecil dan juga tertutup oleh pohon. Perlu anda tahu, Ndelik dalam bahasa Jawa memiliki arti yakni Sembunyi. Sehingga nama pasar ini pun sesuai dengan tempatnya yang tersembunyi. Di pasar ini, anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjual jajanan pasar dan juga jajanan tempo dulu.

Ada banyak jajanan tradisional yang bisa anda temui disini. Mulai dari klepon, pisang goreng, jenang, cenil hingga pecel dan makanan lain tersedia disini. Ada satu lagi keunikan yang bisa anda temukan di Pasar Ndelik. Dimana anda tidak akan membayar barang yang dibeli dengan menggunakan uang rupiah.

Melainkan anda akan membayar dengan menggunakan pandel yang merupakan uang kayu. Untuk 1 pandelnya sendiri memiliki nilai yakni 1000 rupiah. Anda pun bisa menukarkan mata uang tersebut sebelum masuk ke Pasar Ndelik. Namun, untuk sisa dari uang pandel tersebut tidak bisa diuangkan kembali. Melainkan anda bisa menggunakannya di hari selanjutnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Hanifah Azizah

Apabila anda penasaran dan ingin langsung untuk mengunjungi destinasi satu ini, anda bisa saja datang ke Dusun Drono yang berada di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman. Untuk lokasinya sendiri cukup dekat dengan kompleks perkantoran dari Kabupaten Sleman. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah bagi anda untuk menemukannya.

Sedangkan untuk rutenya sendiri, anda bisa menggunakan aplikasi peta digital agar bisa sampai ke lokasi. Selain itu, dengan tempatnya yang dekat dengan perkantoran Kabupaten Sleman, pastinya anda akan sangat mudah untuk menemukannya. Akses jalannya pun cenderung mudah dilalui, bagi kendaraan roda dua maupun untuk anda yang membawa mobil.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps ragil nugroho

Ingin liburan dengan harga yang tidak akan membuat kantong jebol, maka anda pun bisa saja langsung datang ke Puri Mataram yang berada di Sleman. Sebab, jika ingin kesini anda hanya perlu untuk membayar apabila ingin mencicipi menu makanan yang tersedia di restoran. Kemudian, untuk tiket masuk terusan atau semua wahana akan dikenakan biaya yakni sekitar 25 ribu rupiah.

Dengan tiket masuk tersebut, anda pun sudah bisa masuk ke berbagai wahana. Sebut saja mulai dari Taman Kelinci, Taman bunga Botol, Kandang Merino, Tangkap Ikan, Kebon Kaktus, Terapi Ikan dan juga Taman Kuda. Sedangkan jika anda ingin menaiki beberapa fasilitas lain yang tersedia juga akan dikenakan biaya tambahan.

Diantaranya bagi anda yang ingin mengajak di kecil naik delman, maka kisaran biaya yang perlu untuk anda keluarkan antara lain adalah sekitar 50 ribu rupiah. Tak hanya itu saja, anda juga bisa mengajak anak untuk naik kuda. Dimana untuk naik kuda sendiri akan dikenakan biaya yakni 30 ribu rupiah.

Untuk jam operasional dari Puri Mataram sendiri buka setiap hari. Sehingga anda bisa kesini kapan pun yang anda mau. Apabila anda ingin menghindari agar pengunjung tidak membludak atau keramaian, maka anda pun bisa datang di hari weekday. Sebab, ketika akhir pekan, biasanya tempat wisata satu ini akan selalu ramai dikunjungi oleh pelancong.

Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri yakni mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore di hari Senin hingga Sabtu. Dan bagi anda yang ingin berkunjung di hari Minggu, maka anda bisa datang mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Di hari Minggu sendiri, juga kerap kali diselenggarakan Pasar Ndelik mulai jam 7 pagi. Namun, untuk restorannya sendiri akan buka hingga pukul 9 malam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puri Mataram

Aktivitas Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Wildan GZ

1. Berfoto

Ada banyak spot foto yang bisa anda temukan saat berada di Puri Mataram. Salah satunya adalah taman bunga. Bagi anda yang ingin kesini, maka anda pun diharuskan untuk melewati jembatan bambu terlebih dahulu. Sesampainya di taman bunga, nanti anda akan langsung disambut dengan berbagai macam bunga yang bermekaran.

Bunga bunga tersebut tentu saja akan sangat cantik apabila menjadi latar belakang foto anda. Selain itu, memang taman bunga ini menjadi salah satu spot yang ramai dikunjungi oleh pelancong. Banyak wisatawan yang memang sengaja menyempatkan diri untuk singgah sejenak di Taman Bunga untuk berfoto dan mengabadikan momen.

2. Bermain dengan Kelinci

Aktivitas berikutnya yang bisa anda lakukan di Puri Mataram adalah bermain dengan kelinci. Ketika anda mengajak si kecil untuk berwisata kesini, pastinya akan sangat menyenangkan dan tidak akan membuat bosan. Hal ini dikarenakan di wisata dengan teman budaya dan alam ini terdapat salah satu taman yang unik, yakni Taman Kelinci.

Di taman ini, anak anak pun akan bisa berinteraksi secara langsung dengan kelinci. Ketika melihat dan bermain dengan kelinci secara nyata, akan membuat si kecil menjadi betah untuk menghabiskan waktu di sini. Anak anak pun juga bisa menggendong, membelai hingga memegang kelinci. Bahkan anda juga bisa memberikan pakan kepada kelinci tersebut.

Aktivitas Seru Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Budiono Santoso

3. Memainkan Permainan Air

Kegiatan berikutnya yang bisa anda lakukan adalah bermain permainan air. Di kolam renang yang berada di Puri Mataram ini, anda pun bisa menghabiskan waktu dengan beragam permainan air yang tersedia. Disini, anda bisa bermain berbagai wahana seru. Sebut saja seperti becak air ataupun sepeda air yang berbentuk hewan.

Selain menjadi salah satu wahana untuk berkeliling kolam, dengan menggunakan sepeda air dapat menjadi salah satu bentuk kegiatan berolahraga. Ketika anda mengayuh sepeda menggunakan kaki ini pun akan membuat kalori yang ada di dalam tubuh menjadi ikut terbakar. Oleh karena itu, kegiatan satu ini memang memiliki manfaat lain, tak hanya untuk hiburan.

4. Makan di Restoran

Puri Mataram memang merupakan destinasi wisata yang didalamnya terdapat restoran. Bangunan utama berbentuk Joglo ini memang menyediakan berbagai macam menu tradisional. Diantaranya adalah tempe bacem, mangut lele hingga sayur lodeh dan lainnya. Untuk harga tak perlu khawatir, hanya berkisar mulai dari 8 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Puri

Fasilitas Puri Mataram Sleman
Image Credit: Google Maps Halimul Lathif

Fasilitas yang tersedia di tempat ini tergolong cukup lengkap. Mulai dari adanya restoran untuk mengganjal perut hingga berbagai wahana permainan yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang saat berlibur kesini. Disini, anda juga bisa menemukan lahan parkir yang aman bagi kendaraan pribadi yang anda bawa.

Jika anda menginginkan destinasi wisata dengan tema alam sekaligus budaya, maka Puri Mataram dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, di destinasi sejarah ini, anda akan disuguhkan keindahan alam hingga berbagai wahana seru untuk dinikmati. Selain itu, anda juga bisa bersantap dengan menu lokal dan suasana khas budaya Jawa yang kental.

REKOMENDASI DESTINASI