DI Yogyakarta

15 Tempat Wisata di Sleman

15 Tempat Wisata di Sleman

Liburan keliling dunia mungkin terdengar sebagai satu hal yang tidak mungkin. Sebab kita butuh banyak biaya, banyak waktu dan persiapan yang matang. Menggapai mimpi untuk berkeliling dunia dan menikamti tempat wisata yang tersebar disana tentu tak apa. Tetapi, jangan lupa untuk mengenali daerah sendiri. Sebab seringkali banyak yang tak mengenal potensi wisata di daerahnya namun sudah terbayang tempat indah dengan jarak yang jauh.

Seperti yang ada di Sleman, tempat wisata disini terbilang top dan menarik perhatian dari wisatawan mancanegara. Jadi jangan pernah melewatkan objek wisata di bawah ini saat berkunjung ke Sleman.

1. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi

Lokasi: Jl. Kaliurang KM 20, Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Dakatour.com

Tak ada salahnya berlibur dengan si kecil dan menemukan tempat wisata ramah anak. Tempatnya ada di Agrowisata Bhumi Merapi. Spot terbaik ini bisa dimanfaatkan agar berlibur makin menyenangkan. Ada atraksi yang menyenangkan dan menarik perhatian pengunjung. Ada rumah hobbit yang desainnya unik dan terlihat dari atas. Ada aktivitas seperti bercocok tanam dan berkuda.

Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi ini berada di Jalan Kaliurang KM 20 Sawangan. Tempat yang unik dan menawarkan udara segar cocok untuk rekreasi keluarga.

2. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi

Lokasi: Ngipiksari, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Enaknyakemana.com

Ada lagi aktivitas yang pas diikuti untuk mereka yang suka memacu adrenalin. Para wisatawan bisa menjelajahi aliran lava merapi menggunakan jeep. Tantangannya juga terasa begitu istimewa.

Tak hanya dengan rute berbatu tetapi juga pemandangan indah dimana para pengunjung bisa datang ke rumah mbah maridjan, juru kunci merapi yang tersapu awan panas. Ada juga bunker kali adem dan lain sebagainya. Lokasi Lava Tour Merapi ini ada di berada di sekitar gunung merapi yang sering dimanfaatkan wisatawan terutama wisatawan asing.

3. The Lost World Castle

The Lost World Castle

Lokasi: Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

Benteng ini merupakan benteng yang dibuta secara khusus bagi wisatawan. Namanya adalah The Lost World Castle. Benteng ini memiliki sjumlah fasilitas yang cocok bagi mereka yang suka fotografi. Ada pemandangan awan putih, sepada motor terbang hingga banyak atraksi lainnya yang membuat siapa saja menjadi betah.

Lokasi benteng ini berada di Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Tiketnya seharga Rp. 25.000 per orang dengan banyak spot foto keren.

4. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Taman Gardu Pandang Kaliurang

Lokasi: Kaliurang Barat, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Tripisia.id

Destinasi berikutnya adalah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Tempat Wisata di Sleman ini membuat siapa saja bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Wisatawan juga bisa dimanjakan oleh sejumlah spot slefie kekinian yang lengkap dengan lampu-lampu cantik. Meski terbilang menjadi tempat yang cukup tua, gardu pandang ini tetap berdiri kokoh dan menikmati pagelaran Festival of Light.

Lokasinya berada di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem. Tiket yang dikenakan juga murah hanya Rp. 3000 per orang.

5. Merapi Park

Merapi Park

Lokasi: Jl. Kaliurang, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Caripengetahuanilmu.blogspot.com

Wisatawan akan merasa berkeliling dunia jika datang ke tempat ini. namanya adalah Merapi Park yang merupakan landmark ikonik dari seluruh dunia. Pengunjung bisa meliaht replika sejumlah destinasi ternama seperti Eiffel yang ada di Paris, menara Pisa, kincir angin yang khas dari Belanda atau BigBen yang ada di London. Tentu tempat indah ini cocok dijadikan spot selfie.

Lokasinya berada di jalan Kaliurang KM 22 Hargobinangun, Pakem. Tiket yang dikenakan adalah Rp. 15.000 per orang.

6. Candi Sambisari

Candi Sambisari

Lokasi: Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Ksmtour.com

Kalau selama ini bangunan candi didirikan lebih tinggi dari tanah di sekitarnya, berbeda dengan yang ada di Candi Sambisari. Permukaannya berada jauh lebih rendah dari tanah yang ada di sektiarnya. Keunnikan ini yang membuat Candi Sambisari makin terkenal.komplek candi memiliki satu candi induk dan juga tiga candi pendamping. Selain karena lokasinya yang cukup tenang, wisatan juga bisa datang ke museum mini yang memberi gambaran dan sejarah tentang candi.

Lokasi Candi Sambisari ini berada di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan. Untuk tiket yang dikenakan adalah Rp. 3000 per orang.

7. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko

Lokasi: Jl. Raya Piyungan – Prambanan, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Republika.co.id

Ada keistimewaan dari Istana Ratu Boko. Melihat dari sejarahnya, istana ini adalah bekas kompleks yang terdiri dari beberapa bagian bangunan megah. Ratu Boko sendiri merupakan spot yang bagus untuk menikmati sunset di Jogja. Lokasinya ada di atas bukit dan lengkap dengan lingkungan yang asri serta nyaman. Banyak yang menikmati sunset di tempat ini.

Lokasinya berada di Gatak, Bakohartjo, Prambanan. Tiketnya seharga Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 25.000 untuk pengunjung dewasa.

8. Bay Pirates Adventure Waterpark

Bay Pirates Adventure Waterpark

Lokasi: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Pegipegi.com

Tempat wisata berikutnya adalah Bay Pirates Adventure Waterpark. Objek Wisata di Sleman ini cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Ada banyak fasilitas seperti perosotan hingga wave pool dan dijamin membuat liburan makin berwarna. Lokasinya juga mudah dijangkau serta banyak pengunjung yang datang di hari libur atau akhir pekan.

Bay Pirates Adventure Park ini berada di Jalan Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo. Tiketnya Rp. 90.000 utnuk dewasa dan Rp. 60.000 untuk usia anak-anak.

9. Taman Pelangi

Taman Pelangi

Lokasi: Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Hargatiket.net

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa di Sleman ini pengunjung bisa menemukan banyak tempat wisata yang cantik dan indah. Seperti yang ada di Taman Pelangi yang memamerkan banyak lampion cantik sebagai atraksi yang disuguhkan. Ada juga alunan musik merdu yang membuat siapa saja menjadi betah untuk berlama-lama. Ada banyak spot foto yang instagrammable di taman pelangi ini.

Tempat wisata ini berada di Jalan Ringroad Utara, Sariharjo. Harga tiketnya adalah Rp. 10.000 per orang di weekdays dan Rp. 15.000 per orang di weekend.

10. Tebing Breksi

Tebing Breksi

Lokasi: Gunung Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Beritagar.id

Taman Tebing Breksi ini menajdi salah satu taman wisata yang populer. Bentuknya memang instagenic dan menjadikannya sebagai spot foto kesayangan. Tak hanya itu, lokasi tebing juga terletak di dataran tinggi sehingga bisa menjadi tempat untuk melihat sunset di Jogja dari ketinggian. Taman Breksi menawarkan keindahan tersendiri pada sore hari.

Lokasinya berada di Sambirejo, Prambanan. Tak dikenakan biaya tiket ketika datang ke tempat ini hanya saja harus membayar retribusi parkir kendaraan.

11. Green Kayen

Green Kayen

Lokasi: Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Lensanasrul.com

Ternyata aliran sungai bisa menjadi destinasi wisata yang mengensakan. Hal ini ada di Sleman yang disebut Green Kayen. Tempat wisata ini menggunakan arus dari Kali Boyong sebagai daya tarik utamanya. Menjadi spot wisata menarik dan utama bagi para pecinta selfie. Ada bentuk bebatuan yang ada di sektiar sungai yang begitu unik. Ada juga tebing setinggi 5 meter yang memberi kesan tersendiri untuk para pengunjung.

Green Kayen ini berada di Dusun Kayen, Condongcatur, Depok. Tempat wisata ini gratis dan hanya dikenakan retribusi parkir oelh warga lokal.

12. Kids Fun Park

Kids Fun Park

Lokasi: Jl. Kaliurang, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Bonvoyagejogja.com

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk si kecil karena memiliki 21 wahana bermain ramah anak yang bisa dicoba. Ada permainan air, darat dan udara. Tak hanya itu saja, Destinasi Wisata di Sleman ini memiliki pertunjukan opera dengan cerita bajak laut, wisata edukasi seperti membuat pizza dan lain sebagainya.

Lokasi wisata berada di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Tiket yang dikenakan adalah Rp. 55.000 untuk usia 1 hingga 13 tahun. Sementara Rp. 45.000 untuk dewasa.

13. Blue Lagoon

Blue Lagoon

Lokasi: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Gudeg.net

Tak asing mendengar Blue Lagoon? Nama aslinya adalah Sendang Tirta Budi. Tetapi juga dikenal dengan nama Blue Lagoon. Tak hanya karena air yang jernih dan biru, tetapi naunsa alami yang dihadikan di pemandian ini juga menambah keseruan saat berlibur. Panorama alam di sektiarnya memang menenangkan serta begitu eksotis.

Alamatnya berada di Area Sawah, Widodamartani, Ngemplak. Biaya tiket hanya Rp. 3000 saja per orang.

14. Candi Ijo

Candi Ijo

Lokasi: Kikis, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sudah tahu candi mana yang tertinggi di Yogyakarta? Jawabannya adalah Candi Ijo. Candi ini terkenal sebaga candi tertinggi bukan karena bangunan yang menjulang tetapi karena letaknya yang ada di ketinggian mencapai 375 meter diatas permukaan laut. Karena letaknya inilah Candi Ijo cocok sebagai spot untuk menikmati sunset dari ketinggian.

Candi Ijo berada di Kikis, Sambirejo, Prambanan. Tiket yang dikenakan hanya Rp. 5000 saja per orang.

15. Sabo Bronggang

Sabo Bronggang

Lokasi: Suruh, Argomulyo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. – Image Credit by Rri.co.id

Sabo Bronggang merupakan Bendungan atau infrastruktur yang berjasa bagi warga. Sebab, fungsinya adalah untuk menahan aliran lahar dan material merapi menuju kota di sekitarnya. Mereka yang ingin melihat pemandangan gunung merapi dengan sempurna maka bisa melihat dari bendungan ini.

Lokasinya berada di Argomulyo, Cangkringan. Tempat yang sederhana untuk menikmati pemandangan yang luar biasa.

Sleman dan sekitarnya memiliki potensi besar untuk tempat-tempat wisata indah. Bukan hanya warga lokal tetapi juga wisatawan mancanegara mengakui bahwa Indonesia memang menyimpan banyak wisata alam menakjubkan. Tak terkecuali dari Sleman dengan letak geografisnya yang menguntungkan pemandangan menjadi lebih indah.