Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 04.30-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Merapi Golf No.11, Balong, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja sampai saat ini masih menjadi tujuan wisata yang begitu kondang. Bukan tanpa alasan, kota yang terkenal sebagai kota pelajar ini memang menyimpan banyak daya tarik. Bukan hanya memiliki banyak sekali tujuan wisata, aktivitas yang disuguhkan juga beragam. Sala satunya yang banyak menarik perhatian wisatawan yakni Lava Tour Merapi di Sleman.

Mendengar namanya, mungkin ada beberapa orang yang ngeri mengingat hingga kini Merapi masih menjadi gunung yang aktif. Tetapi dalam tour ini, anda justru akan diajak untuk berkeliling dengan kendaran khusus yakni jeep. Melintasi rute serta medan yang menantang dan siap membuat liburan anda di Jogja semakin tidak terlupakan.

Sejarah dari Lava Tour Merapi

Sejarah dari Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps kids 1412

Sebelum mengintip lebih dalam, anda harus lebih tahu sejarah dari aktivitas wisata di Jogja ini. Awal mula kemunculan dari wisata menantang ini di tahun 2010 setelah erupsi Gunung Merapi. Pada saat itu wisata trail lebih dahulu berkembang di kawasan wisata ini. Bahkan warga bisa memiliki trail sampai dengan 56 motor karena perkembangan yang pesat.

Kemudian dikembangkan lagi untuk menjadi wisata jip yang dimulai di pertengahan tahun 2011. Kendaraan yang cocok untuk medan berat ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Wajar jika saat ini sudah begitu dikenal di kalangan wisatawan. Dari sinilah, akhirnya perekonomian warga mulai tumbuh secara perlahan.

Karena kawasan yang menjadi tujuan Lava Tour Merapi banyak dikunjungi. Penduduk bisa menjadi tukang parkir, tukang foto dan juga berjualan makanan hingga bensin. Latar belakang ini sebenarnya terinspirasi dari warga Bromo yang menawarkan tamu untuk menyusuri Pasir Berbisik. Perlahan namun pasti, nama Lava Tour di Merapi begitu dikenal.

Daya Tarik yang Dimiliki Lava Tour Merapi

Daya Tarik Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Diniz Goncalves

1. Menawarkan Perjalanan Seru

Jika anda suka dengan aktivitas luar ruangan yang menantang, maka anda harus mencoba perjalanan satu ini. Dinamakan dengan Lava Tour karena anda akan menyusuri beberapa lokasi yang terkena erupsi Merapi. Dari musibah saat itu, terbentuklah medan medan yang menantang. Sehingga jika dilalui dengan jip akan memberikan keseruan tersendiri.

Perjalanan yang seru dan menantang ini akan semakin berkesan jika dilalui dengan orang orang tersayang. Tenang saja, para pengemudi sudah berpengalaman di bidangnya. Para penumpang juga akan dilengkapi dengan pengaman seperti helm. Anda hanya tinggal duduk sembari menikmati landscape Merapi yang begitu menawan dan eksotis.

2. Mengunjungi Banyak Destinasi

Perlu anda ketahui, kita anda mengambil Lava Tour Merapi anda tidak hanya menyusuri bekas erupsi saja. tetapi ada beberapa destinasi yang juga bisa anda kunjungi dalam perjalanan ini. Anda bisa singgah di Batu Alien, Bunker Kaliadem, The Lost World Castle sampai dengan Museum Sisa Hartaku. Dan tujuan paling favorit Bunker Kaliadem dan Museum Sisa Hartaku.

Daya Tarik Dimiliki Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Alisia Amanda

3. Banyak Spot Foto Keren

Bukan hanya membuat anda melihat saksi bisu dari Tragedi Merapi saja, selama perjalanan ini anda juga akan menemukan spot spot foto yang kekinian. Di era media sosial seperti ini, spot foto yang cantik memang selalu berhasil memikat pengunjung. Begitu juga ketika anda melakukan perjalanan dengan jeep ini, anda bisa melihat banyak spot cantik.

4. Menyajikan Pemandangan Indah

Daya tarik dari Lava Tour Merapi yang berikutnya yakni pemandangan yang begitu menawan. Sepanjang mata memandang akan penuh dengan tumbuhan hijau dan juga beberapa sisa erupsi. Suasana khas pegunungan lengkap dengan udara yang sejuk juga membuat pengunjung ingin berlama lama. Cocok untuk melepas penat di tengah padatnya aktivitas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Jeep Lava Tour Merapi

Sebenarnya untuk melakukan aktivitas ini, ada beberapa komunitas jeep yang bisa membawa anda berkeliling. Namun anda juga bisa langsung mengunjungi daerah utamanya, yakni di kawasan Kaliurang. Dan juga ada starting point yang bisa anda tuju untuk ikut dalam Lava Tour Jogja ini. Yang pertama ada di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang.

Sementara untuk start point yang kedua berada di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kec. Umbulharjo. Lokasi keduanya tidak jauh dari pusat kota, anda bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi. Medan menuju area Lava Tour Merapi juga sudah mudah, sehingga tidak akan membuat anda kesulitan untuk menemukan pusat dari aktivitas seru di Jogja ini.

Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda menuju kawasan Kaliurang, di Kec. Cangkringan ataupun di Pakem, Sleman. Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Waktu yang dibutuhkan dari pusat kota sekitar 30 hingga 45 menit. Anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone anda untuk membantu.

Paket Lava Tour Merapi

Paket Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Winarni Kandar KRC

Untuk menikmati perjalanan seru dan menantang ini, anda tidak perlu membayar tiket masuk. Karena disediakan dalam beberapa paket perjalanan, nantinya juga sudah termasuk dengan tiket di titik pemberhentian yang telah disepakati. Akan lebih nyaman dan juga terjangkau jika anda datang dengan rombongan keluarga atau teman teman.

Beberapa paket yang tersedia dalam Lava Tour Merapi ini, mulai dari Sunrise trip dalam paket ini anda akan bisa menjelajah selama tiga jam. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 450 ribu untuk satu jip, satu jip bisa untuk 4 orang. Atau bisa juga mengambil paket Short Trip yang membutuhkan durasi sekitar 1 hingga 1,5 jam dan bisa diambil oleh 4 orang seharga Rp 350 ribu.

Apabila anda ingin lebih lama lagi, bisa mengambil Medium Trip untuk 2 jam tour, Rp 450 ribu. Long trip yakni perjalanan yang membutuhkan waktu hingga 2,5 jam. Anda harus mengeluarkan budget mulai Rp 550 ribu untuk paket ini. Jam operasionalnya sendiri setiap hari dari Senin sampai Minggu dan buka sejak dini hari sampai menjelang sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lava Tour Merapi

Kegiatan Menarik Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Nasrulloh

1. Menikmati Pemandangan Indah

Walaupun nanti dalam perjalanan Lava Tour Merapi ini anda akan duduk di jip, bukan berarti anda tidak bisa melakukan aktivitas seru. Karena menggunakan mobil yang terbuka, maka anda bebas untuk mengagumi pemandangan yang ada. Gunung Merapi yang begitu megah juga akan terlihat jika anda mengikuti perjalanan yang menyenangkan ini.

Lava Tour menjadi jawaban untuk anda yang ingin menjelajah Merapi tanpa hiking. Anda bisa melewati hutan pinus, area hijau yang luas sampai dengan bebatuan serta pasir yang merupakan sisa erupsi. Aktivitas satu ini pasti akan selalu dilakukan oleh wisatawan, apalagi udaranya juga sejuk. Dijamin anda tidak akan menyesal sudah mencoba Lava Tour ini.2

2. Menikmati Sunrise yang Indah

Sampai saat ini Sunrise masih menjadi fenomena alam yang begitu ditunggu tunggu. Cahaya keemasan matahari dan langit jingga yang indah akan siap memanjakan mata anda. Jika anda tertarik untuk mencoba aktivitas ini, maka anda bisa mengambil paket Sunrise. Apalagi pemandangan yang disuguhkan akan berbeda ketika anda melihat di tempat lain.

Matahari pagi yang dihadirkan dalam Lava Tour Merapi akan terlihat lebih dekat. Terutama jika anda menyaksikannya di kawasan Bunker Kaliadem. Cahaya keemasan yang perlahan muncul membelah genap dan langsung menyajikan panorama gunung yang megah. Perpaduan keduanya membuat banyak orang yang penasaran dan ingin mencobanya.

3. Singgah di Museum Sisa Hartaku

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, erupsi di 2010 meninggalkan banyak kerugian bagi masyarakat. Dan Museum Sisa Hartaku sebenarnya daerah yang dihuni oleh penduduk. Museum mini ini menjadi tujuan yang akan membuat anda menangis mungkin. Karena sisa awan panas saat itu menyisakan beberapa benda yang sudah berubah bentuk.

Mulai dari botol kaca yang meleleh, peralatan dapur yang sudah tertimbun abu sampai dengan kerangka sepeda motor. Beberapa foto juga dipajang untuk memberikan informasi saat awan panas saat itu menyerang. Museum Sisa Hartaku merupakan saksi bisu dari ganasnya merapi dengan berbagai koleksi yang menunjukkan dahsyatnya erupsi saat itu.

Kegiatan Menarik di Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Waluyo 1

4. Offroad Air

Jika anda mengambil Lava Tour Merapi medium Trip ataupun Long Trip, maka anda bisa merasakan meluncur di area sungai dengan menggunakan jip. Offroad ini memang dilakukan di kali kuning yang menjadi aktivitas tambahan bagi wisatawan. Dijamin anda akan deg deg sekaligus merasa excited untuk menyusuri sungai yang artinya kendaraan harus melewati air.

5. Berburu Foto Cantik

Aktivitas yang juga tidak boleh dilewatkan yakni berburu foto yang instagramable. Anda bisa mengambilnya ketika berhenti di Bunker Kaliadem. Di sini, jarak gunungnya hanya sekitar 5 km sehingga sangat cantik dijadikan tempat mengambil foto. Anda juga bisa mengunjungi Tebing Gendol yang menjadi spot foto paling kondang serta Batu Alien yang membuat penasaran.

6. Wisata Edukasi di Bunker Kaliadem

Di Bunker Kaliadem ketika mengikuti Lava Tour Merapi ini, anda akan menikmati gunung yang begitu megah. Bunker yang sebelumnya menjadi tempat berlindung ini sudah tidak gunakan, karena awan panas bisa tembus ke dalam. Dibangun ketika masa Belanda, anda bisa melihat sendiri bagaimana erupsi sudah meluluh lantakkan banyak hal.

Fasilitas yang Bisa Dinikmati di Kawasan Wisata

Fasilitas Lava Tour Merapi
Image Credit: Google Maps Pinan Wicaksono

Dalam Lava Tour Merapi, anda juga akan mendapatkan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati. Mulai dari touring menggunakan jeep yang dalam kondisi prima dan baik. Ada beberapa jenis jeep yang biasanya digunakan oleh para komunitas untuk menjelajah Lava Tour ini. Pengunjung juga tidak perlu membayar tiket masuk beberapa wisata yang ada.

Nantinya anda juga hanya perlu naik saja, karena sudah disediakan sopir yang berpengalaman di sekitarnya. Kemudian anda juga harus menggunakan pelengkap seperti helm untuk keselamatan. Dalam Tour Lava Jogja ini, anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi yang sudah masuk dalam paket yang anda ambil nantinya.

Yang membedakan dari paket yang dihadirkan tidak hanya lama anda akan tour. Tapi tujuan mana yang akan anda kunjungi, tentu Long Trip akan lebih puas karena mengunjungi banyak lokasi. Sementara untuk fasilitas pendukung, anda bisa menemukannya di area wisata yang anda kunjungi. Yang jelas Lava Tour Merapi ini menawarkan keseruan touring yang tidak terlupakan.

Bagi anda yang ingin liburan berbeda ketika di Jogja, tidak ada salahnya untuk mencoba Lava Tour ini. Perjalanan menjelajah daerah daerah terdampak erupsi ini sangat menantang. Anda juga bisa sekalian tahu area area mana yang terkena dampak begitu besar. Bahkan sampai dibuatkan museum mini dengan koleksi sisa sisa dari erupsi Gunung Merapi silam.

REKOMENDASI DESTINASI