Candi Prambanan termasuk situs warisan dunia dan salah satu ikon wisata Indonesia. Kompleks candi Hindu terbesar yang kaya pesona wisata dan legenda yang tertuang dalam relief tentang kisah cinta bertepuk sebelah tangan.

Lokasi: Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman.
Map: Cek Lokasi

Yogyakarta menyimpan banyak tempat wisata yang pesonanya dikenal sampai mancanegara. Salah satunya Candi Prambanan yang memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Hampir setiap hari pengunjung memadati area situs sejarah ini, dan penasaran dengan legenda yang tersebar ke segala penjuru. Penasaran seperti apa keistimewaannya? Simak ulasan berikut.

Cerita Legenda Dibalik Megahnya Candi Prambanan

Legenda Candi Prambanan
Image Credit: Google Maps (Tommy Tjahjono)

Bangunan bersejarah ini sarat akan kisah cinta yang berujung menyakitkan hati. Legenda yang paling terkenal ialah perjuangan Bandung Bondowoso untuk mendapatkan cinta Roro Jonggrang. Konon cerita pemuda tersebut jatuh cinta kepada Roro Jonggrang yang cantik jelita. Namun sang wanita enggan menerima pinangan dari Bondowoso dan memberikan sebuah syarat.

Kala itu Bondowoso menerima tantangan Roro Jonggrang untuk membuatkan 1000 arca dalam satu malam. Jonggrang beranggapan bahwa pemuda tersebut tak mampu memenuhi persyaratan itu. Namun di luar perkiraan, Bondowoso mampu menyelesaikan tantangan tersebut. Jonggrang yang menyadari hal itu berupaya membangunkan warga desa untuk segera menumbuk padi.

Pada zaman tersebut alunan penumbuk padi menandakan bahwa waktu pagi telah tiba. Fajar pun datang dan ayam mulai berkokok ketika Bondowoso baru mencapai arca ke-999. Ketika tahu bahwa Roro Jonggrang mencuranginya, Bondowoso langsung mengutuknya menjadi arca ke-1000. Sampai hari ini kisah cinta tersebut masih menjadi legenda yang tak lekang oleh waktu.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Candi Prambanan

Daya Tarik Candi Prambanan
Image Credit: Facebook.com @kurmaamuda

Candi ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia. Hal ini karena kemegahan bangunannya yang sudah berdiri sejak ratusan tahun silam. Bila ditelusuri sejarahnya, situs ini mulai dibangun pada pertengahan abad ke-9. Namun di akhir abad ke-10 candi megah ini terbengkalai dan sebagian besar tertimbun oleh material letusan Gunung Merapi.

Upaya pemugaran candi terus dilakukan demi menyimpan napak tilas sejarah Indonesia. Diperkirakan ada 240 candi besar dan kecil yang tersebar di area kompleks Candi Prambanan. Materialnya terbuat dari batuan yang sangat kokoh, terbukti dari bangunannya yang tidak rapuh sampai hari ini. Itulah mengapa seluruh lanskap candi ini tampak begitu megah dan gagah.

Situs sejarah ini terkenal sebagai kompleks Candi Hindu tercantik dan tertinggi di Indonesia. Bangunan ini memiliki tiga candi utama yang melambangkan Trimurti dari agama Hindu. Dipersembahkan untuk 3 dewa Hindu yang diagungkan yaitu Dewa Brahma Sang Pencipta, Dewa Wisnu Sang Pemelihara, dan Dewa Siwa Sang Pemusnah.

Image Credit: Facebook.com @losttemple7

Ketiga candi utama tersebut memiliki candi pendamping yang tak kalah kokohnya. Masih ada lagi beberapa candi yang tersebar di area kompleks wisata ini. Bila Anda memasuki blok Candi Siwa maka akan menemukan 4 ruangan yang berisi arca Siwa. Salah satunya Arca Durga yang kerap dianggap sebagai arca Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bondowoso.

Tidak hanya pemandangan arca-arca megah yang berjajar di area kompleks candi ini. Anda bisa mengamati keindahan relief pada dinding candi yang mengisahkan legenda Ramayana dan Krishnayana. Salah satu pahatan relief yang terkenal ialah kisah cinta Rama dan Dewi Shinta. Hingga kini legenda yang ditorehkan tersebut mendasari adanya pertunjukan Sendratari Ramayana.

Selain relief Ramayana, Anda akan menemukan relief Kalpataru yang dianggap sebagai pohon kehidupan di agama Hindu. Pahatan Kalpataru yang digambarkan seperti tengah mengapit singa. Tidak ketinggalan panorama sore hari di Candi Prambanan yang sayang dilewatkan. Kombinasi bangunan candi yang menjulang dengan langit kemerahan menjadi epik yang tiada dua.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan
Image Credit: Instagram.com @prambananpark

Lokasi candi ini berbatasan antara Kabupatan Sleman dan Kabupaten Klaten. Posisi tepatnya berada di tepi jalan raya Jogja-Solo, sehingga mempermudah akses dari arah manapun. Akses jalurnya tidak rumit bahkan dapat dilakukan dalam sekali tempuh. Mengingat bahwa peninggalan sejarah ini menjadi ikon wisata dari kota Yogyakarta.

Jika Anda wisatawan dari luar kota dan kebetulan berangkat dari bandara Adisucipto, berarti jarak ke area candi tidak terlalu jauh. Anda bisa menggunakan angkutan umum yang menyusuri jalur Jogja-Solo. Lain cerita bila Anda naik Trans Jogja, jadi perlu mengambil jalur 1A dan 2A kemudian turun di halte Prambanan. Anda tinggal berjalan kaki sebentar lalu sampai di tempat tujuan.

Sedangkan bila datang dari arah Solo atau Klaten, Anda bisa naik bus yang mengambil rute Yogyakarta. Kemudian turun di terminal Prambanan selanjutnya dilanjutkan jalan kaki atau naik becak ke arah kompleks candi. Lebih mudah lagi jika Anda berkunjung menggunakan kendaraan pribadi. Sebab waktu tempuhnya cenderung pendek dan bisa lebih cepat menikmati keindahan kawasan candi.

Untuk biaya masuk ke wisata ini berbeda setiap wisatawannya, namun tetap tidak terlalu mahal. Wisatawan lokal usia dewasa akan dikenakan harga tiket sekitar 30 ribu rupiah. Sedangkan untuk wisatawan domestik usia anak-anak perlu keluar budget kisaran 12 ribu rupiah. Lalu wisatawan asing dipatok retribusi tiket masuk agak mahal yaitu 18 dolar, atau setara sekitar 200 ribu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Candi Prambanan

Aktivitas di Candi Prambanan
Image Credit: Facebook.com @twcmediaa

1. Hunting Foto di Area Candi

Candi Prambanan memang terkenal dengan spot-spot foto cantik yang wajib diabadikan. Bisa dikatakan bahwa situs sejarah ini digemari oleh para fotografer. Tujuannya untuk mengambil sisi keindahan dari megahnya bangunan ini. Salah satu spot populer ialah reruntuhan candi perwara, yang menggambarkan foreground dramatis berlatar candi-candi utama.

Waktu senja biasanya menjadi momen yang ditunggu untuk mengambil gambar. Meskipun tidak berada di dalam kawasasan candi, namun Anda bisa memotret dari lapangan Siwa Mandala. Paduan warna langit jingga dengan kompleks candi yang tinggi menjulang, sepertinya siap membuat Anda terkagum. Anda dibuat tidak bosan dengan mengambil banyak hasil jepretan.

2. Mengelilingi Kompleks Candi

Bangunan bersejarah ini mempunyai setiap sudut yang layak untuk dikagumi. Arca-arca yang beridiri megah mampu menawan hati siapapun. Kompleks candi tampak begitu asri sebab dikelilingi oleh taman yang indah dan terawat. Tentunya segala keelokan tersebut perlu dijelajahi, sembari mempelajari budaya dan sejarah dari peninggalan jejak masa lalu ini.

Pihak pengelola wisata sudah mempersiapkan tour guide yang menuntun Anda untuk napak tilas situs ini. Bersama pemandu tersebut Anda akan menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan wisata Candi Prambanan. Mungkin juga mengetahui legenda sebenarnya tentang kisah cinta Bondowoso dan Roro Jonggrang ataupun Rama dan Shinta.

3. Mengunjungi Museum di Candi Prambanan

Museum ini terletak di rute jalan keluar wisata sejarah ini, dan memang lebih pas dikunjungi setelah puas berkeliling. Di dalam bangunan berbentuk joglo ini terdapat berbagai koleksi benda bersejarah. Diantaranya arca, gerabah, gambar struktur awal Candi Siwa, beberapa fosil hewan, hingga kisah Roro Jonggrang. Untuk memasuki museum ini pengunjung tidak dikenakan biaya tambahan.

Tempat ini bisa menjadi salah satu sarana untuk belajar sejarah Indonesia, terutama kebudayaan Hindu yang berkembang di nusantara. Napak tilasnya dapat Anda amati pada relief serta peninggalan yang ada di dalam museum. Sehingga memberikan satu pengetahuan baru tentang bagaimana budaya tersebut melebur dalam kesatuan.

4. Bersepeda di Sekitar Candi

Pengelola wisata menyediakan tempat sewa sepeda bagi Anda yang ingin berkeliling kompleks candi. Penyewaan ini terbuka untuk anak-anak dan dewasa, jadi tidak perlu malu untuk memanfaatkan kesempatan ini. Nikmati suasana yang sejuk dan damai ketika berkeliling, yang mana dapat Anda lakukan pada pagi hari atau sore hari.

5. Menikmati Kuliner dan Berburu Oleh-Oleh

Setelah puas menjelajahi seluruh kemegahan candi, maka agenda beralih ke wisata kuliner. Anda dapat menemukannya di sepanjang jalan keluar kompleks Candi Prambanan. Sejumlah pedagang disini menawarkan makanan ringan dan kue-kue kecil. Hanya ada satu atau dua makanan berat disini, rata-rata berjualan di wilayah luar candi. Soal harga pun tak usah risau karena masih ramah kantong.

Tidak hanya menjajakan makanan, para penjual di rute keluar tersebut juga menjual beragam souvenir. Anda bisa melihat-lihat sebentar sambil menandai mana saja yang akan dijadikan buah tangan. Ada banyak oleh-oleh yang dapat Anda buru mulai dari gelang, tas, baju, hingga gantungan kunci. Harganya pun lebih terjangkau dan pastinya bisa Anda tawar menyesuaikan jumlah budget.

6. Menyaksikan Sendratari Ramayana

Bukan hanya menceritakan kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, namun ada pula legenda cinta Ramayana. Bahkan kisah Rama dan Shinta diabadikan dalam bentuk sendratari khas Candi Prambanan. Pertunjukan tersebut biasanya berlangsung pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat. Di hari tersebut lokasi wisata ini justru naik volume pengunjungnya.

Sendratari ini memadukan seni drama, seni tari , dan musik jawa. Tidak ada dialog dalam pertunjukan, hanya mengandalkan gerakan tari serta tabuhan alat musik. Meskipun begitu Anda tetap bisa mengikuti alur ceritanya. Pada musim hujan pagelaran kolosal ini akan dilangsungkan di Gedung Trimurti. Sedangkan saat musim kemarau diadakan di pelataran candi ini.

Penginapan Murah di Sekitar Candi Prambanan

Penginapan di Candi Prambanan
Image Credit: Booking.com

Jika Anda ingin menambah masa liburan di kawasan wisata ini, tak perlu khawatir masalah akomodasi menginap. Karena Anda berada di pusat wisata yang populer di kalangan traveler lokal maupun mancanegara. Sehingga penginapan mudah ditemukan di sekitar kompleks candi. Rata-rata menawarkan harga terjangkau dengan fasilitas memadai untuk tempat istirahat.

Bila ingin fasilitas sekelas bintang lima, mungkin Anda perlu bergeser sedikit ke jantung kota. Kawasan pusat ini cenderung mempunyai banyak referensi soal tempat menginap. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan serta budget. Biasanya jika datang rombongan lebih nyaman menyewa homestay. Jika beruntung Anda mendapatkan harga miring per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Prambanan

Fasilitas di Candi Prambanan
Image Credit: Google Maps (Rendie De Jong)

Situs sejarah ini merupakan tempat wisata tersohor di seluruh penjuru dunia. Hal yang wajar apabila fasilitasnya sangat layak untuk umum. Anda mudah menemukan kamar mandi yang tersebar di berbagai sudut. Ada tour guide lokal yang siap memandu Anda selama liburan disini. Selain itu tersedia area bermain anak-anak hingga resto dan pasar oleh-oleh untuk mengisi perut saat lapar.

Candi Prambanan mempunyai pesona wisata tersendiri yang begitu memikat hati. Pemandangan bangunan yang megah dan tinggi menjulang, membuat Anda terkagum saat melihatnya. Setiap detailnya menyiratkan legenda kisah cinta yang dikenang sampai hari ini. Belum lagi banyak aktivitas seru dan fasilitas memadai yang siap membuat liburan Anda berkesan kali ini.