Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cisarua, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Mengunjungi wisata alam di Purwakarta, Jawa Barat, Gunung Bongkok tentunya wajib dimasukkan ke dalam tujuan destinasi alam Anda. Gunung satu ini tidak terlalu tinggi, sehingga bisa didaki oleh siapa saja, termasuk pendaki pemula. Terlebih panorama alam yang disuguhkan pun tidak kalah cantik dari wisata alam lainnya. Penasaran dengan keindahan gunung satu ini ? Yuk simak selengkapnya ulasan berikut.

Sekilas Tentang Gunung Bongkok

Tentang Gunung Bongkok
Image Credit: Twitter.com @ronsimawan

Gunung ini menjadi salah satu wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan ketika bertandang ke Purwakarta. Karena gunung satu ini termasuk sebagai salah satu pegunungan cukup ramah pemula. Bagaimana tidak, ketinggiannya kurang lebih hanya 900 meter di atas permukaan laut, sehingga puncaknya dapat dicapai dengan 1 sampai 2 jam perjalanan saja.

Dengan begitu, berangkat di siang hari pun bisa membuat Anda menikmati sunset sekaligus sunrise sekaligus di keesokan harinya apabila Anda memutuskan untuk mendirikan tenda di sana. Selain terkenal dengan puncaknya yang dapat dicapai tidak lebih dari 2 jam perjalanan, Gunung Bongkok juga dikenal mempunyai 2 puncak.

Dimana masing masing puncak dari gunung ini pun mempunyai karakter berbeda, sehingga mampu menghadirkan pesona dan keunikan yang berbeda pula untuk dinikmati selama di sana. Tentunya tidak ada yang lebih unggul dibandingkan satu sama lain, sebab kedua puncak dari gunung tersebut memiliki pesonanya tersendiri yang mampu membuat Anda terpukau.

Daya Tarik yang Dimiliki Gunung Bongkok

Daya Tarik Dimiliki Gunung Bongkok
Image Credit: Google Maps (Wahyu Tri)

1. Legenda Gunung Bongkok

Menurut cerita yang hidup di masyarakat, sejarah terciptanya gunung cantik ini berkaitan erat dengan legenda Jonggrang Kalapitung. Jonggrang Kalapitung merupakan sosok yang mempunyai kesaktian mandraguna dengan tubuh yang begitu besar, nyaris seperti raksasa dan tidak layaknya manusia pada umumnya.

Alkisah diceritakan pula bahwa Jonggrang Kalapitung mempunyai kemampuan untuk meloncat dari satu gunung ke gunung lain berkat kesaktian yang dimiliki. Seperti meloncat dari Gunung Parang, yang berada tidak jauh dari Gunung Bongkok. Loncatan Jonggrang Kalapitung inilah yang membuat gunung ini menjadi bongkok, atau membungkuk.

Jadi konon katanya gunung ini mulanya tidak memiliki kondisi seperti sekarang atau dengan ketinggian yang lebih dari 900 mdpl. Namun karena besarnya tubuh Jonggrang Kalapitung yang meloncat ke arah gunung ini, membuat gunung tersebut menjadi bongkok saat kakinya menginjakkan kaki di sana.

Dari legenda inilah, sejarah dari terciptanya gunung dan bagaimana gunung tersebut diberi nama demikian. Percaya tidak percaya, cerita sejarah dan legenda maupun misteri yang hidup di sekitar objek wisata memang menjadi sisi lain dari pesona keindahannya.

2. Trek Pendakian Ramah Pemula

Sampai di area parkir Gunung Bongkok, nantinya para pengunjung diminta terlebih dahulu untuk registrasi dan menyerahkan satu KTP terlebih dahulu pada pihak pengelola. Baru kemudian perjalanan menuju puncak gunung dilakukan dengan trekking atau berjalan kaki. Inilah yang membuatnya menarik, karena jalur trekking gunung satu ini terbilang cukup mudah dan ramah pemula.

Dimana dari basecamp, hanya ada satu pos saja yang akan Anda lewati di perjalanan sebelum mencapai puncaknya. Sehingga trek pendakian ini bisa ditempuh oleh para pendaki hanya dengan estimasi waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam perjalanan saja. Bahkan keindahan alamnya sudah bisa dinikmati selama perjalanan ini.

3. Panorama Alam yang Tersaji

Setelah lelah mendaki selama kurang lebih 1 sampai 2 jam perjalanan, Anda akan langsung disambut dengan keindahan tak tertandingi dari puncaknya. Yang mana semua lelah dan keringat yang telah dikeluarkan akan terbayar lunas berkat pemandangan tersebut. Baik ketika Anda sampai ketika sunset maupun sunrise, keduanya adalah keindahan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata kata.

Memang sebegitu mengesankannya, ditambah Purwakarta merupakan salah satu daerah dengan wisata alam terbaik. Sehingga dari arah puncak Gunung Bongkok ini Anda bisa melihat berbagai keindahan alam sekitar. Mulai dari Gunung Parang, Gunung Lembu, Waduk Cirata, Sungai Citarum, sampai keindahan dari kota Purwakarta itu sendiri.

Daya Tarik Gunung Bongkok
Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

4. Memiliki 2 Puncak

Tidak seperti gunung lainnya yang memiliki satu puncak tertinggi, gunung ini mempunyai 2 puncak dengan masing masing mempunyai keunikan dan karakteristik berbeda antara satu sama lain. Puncak pertama memiliki area yang cukup luas, dan puncak satu ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunrise.

Sementara puncak satunya terkenal dengan nama lokasi Watu Tumpuk atau Batu Tumpuk. Karena di area puncak ini terdapat bebatuan besar, sehingga diberi nama demikian. Puncak ini pun menjadi spot terbaik untuk melihat pesona alam purwakarta sembari berburu foto instagenic. Namun Anda sebaiknya berhati hati saat berada di area ini, karena lokasinya belum dilengkapi pagar pembatas.

5. Sasak Panyawangan

Sasak Panyawangan menjadi salah satu destinasi pilihan para wisatawan, ketika berkunjung ke Gunung Bongkok atau Gunung Parang. Karena Sasak Panyawangan yang merupakan jembatan bambu yang telah diikat dan disusun dari sabut kelapa ini, berada di antara dua gunung terkenal di Purwakarta tersebut.

Sasak Panyawangan sendiri bangun secara swadaya oleh masyarakat setempat, yang bertujuan untuk menjadikan gunung ini sebagai salah satu keunggulan wisata di Purwakarta. Dimana jembatan ini membentang dan menempel di badan gunung batu, sehingga terlihat sangat menantang dan begitu memacu adrenalin.

Oleh karena itu, bagi Anda yang suka dengan wisata ekstrim dan menegangkan seperti ini, tidak boleh ketinggalan untuk menjajal Sasak Panyawangan tersebut. Nantinya Anda dapat berjalan jalan di atas jembatan babu dan melihat indahnya alam sekitar. Dimana dari atas sini akan terlihat pula pemandangan Waduk Jatiluhur dari kejauhan.

6. Kolam Renang

Tidak hanya Sasak Panyawangan saja yang dibangun untuk membuat Gunung Bongkok menjadi destinasi pemikat para wisatawan. Namun di daerah kaki gunungnya juga telah dibuat sebuah kolam renang, yang bisa Anda gunakan untuk berenang sembari menikmati pemandangan alam nan indah.

Dari kolam renang ini, Anda bisa melihat pemandangan nan indah gunung ini dari dekat tanpa harus mendaki. Cocok sekali bagi Anda yang ingin merasakan suasana pegunungan, namun tidak ingin capek mendaki terlebih dahulu. Ditambah dengan hijaunya pohon rimbun di sekeliling membuat kolam renang di sini makin menyegarkan mata, tubuh, dan pikiran.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gunung Bongkok

Alamat Gunung Bongkok
Image Credit: Google Maps (Raw Win)

Secara administratif, Gunung Bongkok berada di daerah Cikandang, Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Yang mana gunung satu ini berada di sebelah tenggara Waduk Jatiluhur. Aksesnya menuju gunungnya sendiri terbilang cukup mudah, dan dapat dilalui menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Dari arah pusat Purwakarta, Anda bisa langsung menuju ke daerah Plered, dan dari sini langsung saja teruskan ke arah Desa Cikandang. Nantinya Anda dengan mudah dapat menemukan Pos Munclu. Di pos ini pula para pengunjung dapat menitipkan kendaraan yang dibawa dengan aman.

Dari basecamp atau yang disebut dengan nama Pos Munclu, trek menuju ke puncak Gunung Bongkok dipenuhi dengan hutan bambu. Yang mana trek ini juga banyak didominasi oleh tanjakan. Dan ketika sudah dekat dengan puncak, Anda akan bertemu dengan cukup banyak jurang sehingga harus selalu waspada.

Meski begitu, di sana juga telah disediakan tali yang akan membantu para pendaki untuk lebih mudah melewati trek dan sampai di puncak. Tidak butuh waktu lama, kurang lebih setelah 1 jam perjalanan, Anda bisa sampai ke puncaknya. Puncak datar dengan area luas bisa dijadikan sebagai area camping bagi para pendaki.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gunung Bongkok

Kegiatan di Gunung Bongkok
Image Credit: Instagram.com @dinabawden87

1. Menikmati Sunrise atau Sunset

Salah satu kegiatan menarik yang wajib untuk dilakukan ketika mendaki gunung adalah menikmati sunrise atau sunset dari puncaknya. Menariknya lagi, di Gunung Bongkok ini and bisa mendapatkan keduanya dengan lebih mudah. Kenapa begitu ? Mengingat bahwa tinggi gunung tidak lebih dari 1.000 mdpl, maka tidak akan butuh waktu lama untuk mencapai puncaknya.

Sehingga dengan berbekal perlengkapan yang secukupnya seperti makanan dan minuman, baju ganti, tenda untuk berkemah, serta obat obatan memadai. Maka Anda hanya membutuhkan 2 hari 1 malam saja untuk menikmati kedua momen tersebut, baik sunrise maupun sunset yang akan tampak sangat mempesona dari arah puncak gunung.

2. Camping

Untuk menikmati sunrise dan sunset sekaligus, tentunya Anda harus bermalam dan mendirikan tenda di gunung ini. Pengalaman camping ini akan menjadi momen seru bersama dengan teman atau keluarga yang mendaki bersama. Apalagi di sini ada dua spot camping yang bisa dituju, yaitu di sekitar Pos Munclu dan di Puncak Datar.

3. Hunting Foto

Berburu foto di gunung satu ini akan membuat Anda mendapatkan banyak sekali potret instagenic. Karena selain di lokasi puncak gunungnya, Anda juga dapat hunting foto sembari menguji adrenalin dengan menjajal jembatan Sasak Panyawangan. Kebanyakan pendaki selalu mampir ke jembatan tersebut untuk berswafoto.

4. Berenang

Di sekitar kaki gunung dan tidak jauh dari Sasak Panyawangan, terdapat kolam renang yang bisa dijadikan sebagai tempat refreshing untuk menghilangkan capek setelah menuruni gunung. Di sini Anda bisa bersantai dan membersihkan diri sembari menikmati pemandangan hijau yang ada di sekitar.

5. Outbound

Di atas kolam renang, telah dipasangi flying fox yang bisa Anda jajal untuk membuat liburan makin seru. Anda bisa meluncur dari pepohonan yang rindang sambil melihat pemandangan kolam renang di bawahnya, juga pemandangan dari Gunung Bongkok dan Gunung Parang yang berada tidak jauh dari sana.

Fasilitas yang Tersedia di Gunung Bongkok Purwakarta

Fasilitas Gunung Bongkok
Image Credit: Google Maps (Micky Haris)

Meski wahan seperti Sasak Panyawangan yang ada di gunung ini dibuat secara swadaya oleh masyarakat, namun bukan berarti destinasi satu ini tidak mempunyai fasilitas memadai untuk menunjang para pendaki selama berada di lokasi. Yang mana di sini telah tersedia beberapa fasilitas penting bagi para pengunjung.

Mulai dari tempat parkir berbagai kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang ada di Pos Munclu, mushola untuk tempat beribadah para umat muslim, toilet bersih, dan beberapa warung makan yang berada di kaki gunung. Warung makan di sini menjajakan banyak menjajakan makanan dan minuman kemasan, sehingga bisa sebagai bekal untuk mendaki.

Untuk menikmati suasana alam hijau lebih dekat, mendaki gunung memang menjadi salah satu kegiatan yang paling tepat. Sayangnya banyak orang yang khawatir tidak kuat mencapai puncaknya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Gunung Bongkok memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl. Sehingga gunung ini tentunya cocok dijadikan sebagai destinasi untuk para pemula.