Jawa Barat

16 Tempat Wisata di Karawang

16 Tempat Wisata di Karawang

Karawang merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Purwakarta dan Bogor. Meski memang tak terlalu besar tetapi Karawang mendapat julukan sebagai kota Industri karena banyaknya pabrik dan ribuan pegawai.

Ada banyak hal unik di Karawang seperti kuliner khas yang terkenal yakni Ikan Gabus. Terjadinya peristiwa di Rengasdengklok di Karawang hingga adanya goyang Karawang yang muncul dari kebiasaan para ibu dan remaja wanita yang sedang asyik menumbuk padi.

Ada satu lagi yang tak boleh dilupakan yakni tempat wisata yang ada di Karawang tersebar indah. Berikut beberapa rekomendasi Tempat Wisata di Karawang yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Lokasi: Tanjungpakis, Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Disparbud.jabarprov.go.id

Pantai Tanjung Baru merupakan tujuan wisata keluarga yang ada di Karawang dan terbilang indah. Pantai ini juga tak seperti pantai lain yang memiliki pasir berwarna putih. Tetapi pantai tersebut memiliki pasir dengan warna coklat muda. Pantai Tanjung Biru berasal dari pembabatan hutan bakau yang ada di sepanjang pantai. Maka dari itu tak heran jika air pantai ini cenderung berwarna keruh dan banyaknya endapan lumpur di beberapa bagian.

Pantai Tanjung Biru berada di Desa Pasirjaya tepatnya di kecamatan Cilamaya. Jarak pantai ini dari kota Karawang sekitar 45 KM dan aksesnya pun kurang baik karena banyak bagian yang bergelombang.

2. Curug Bandung

Curug Bandung

Lokasi: Mekarbuana, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Bukuwisata.com

Curug Bandung merupakan air terjun yang cukup terkenal di Karawang. Kepopuleran curug ini juga karena pemandangan yang indah. Apalagi dalam kawasan ini ada 7 buah air terjun. Beberapa diantaranya adalah Curug Picung, Curug Peuteuy, Curug Bandung yang menjadi paling besar dan lain sebagainya

Untuk mencapai curug ini diharuskan untuk berjalan sejauh 3 KM dari Dusun Jayanti yang merupakan salah satu dusun di Desa Mekarbuana. Letak dari Curug Bandung ini ada di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru. Jaraknya sekitar 42 KM dari Kota Karawang karena letak dari curug ini ada di kaki gunung Sanggabuana.

3. Danau Cipule

Danau Cipule

Lokasi: Jl. Demang, Mulyasari, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Disparbud.jabarprov.go.id

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya, kali ini ada Danau Cipule yang disebut merupakan danau dari lahan penambangan pasir. Setelah dikembangkan ternyata danau ini makin populer dan menjadi tempat wisata indah. Sebab ada keunikan tersendiri yakni di tengah danau ada pemandangan gunung dari kejauhan.

Keunikan lainnya adalah dijalankannya perahu menggunakan kabel baja yang terbentang dari tepi danau ke tepi pulau Cinta. Danau Cipule ini berada di Desa Walahar Kecamatan Ciampel. Jaraknya sekitar 11 KM dari kotaKarawang yang bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi.

4. Candi Jiwa

Candi Jiwa

Lokasi: Desa Segaran, Kec. Batujaya, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Jika di Pandaan, Pasuruan ada Candi Jawi maka berbeda dengan yang ada di Karawang. Namanya adalah Candi Jiwa yang merupakan wisata sejarah dengan lokasi tidak jauh dari garis pantai utara Jawa Barat. Beberapa keunikan dari candi ini adalah dimulainya penelitian pada tahun 1922 berdasarkan laporan masyarakat.

Candi memiliki bentuk seperti padma atau bunga teratai dimana bagian tengahnya juga ada denah struktur melingkar seperti bekas stupa atau lapik patung Buddha. Lokasi dari Candi Jiwa ini berada di Desa Segaran Kecamatan Batujaya dan Desa Tegaljaya Kecamatan Pakisjaya. Wisatawan sebaiknya berkunjung pada sore hari karena pemandangan sekitar juga terlihat indah.

5. Green Canyon

Green Canyon

Lokasi: Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kec. Pangkalan, Loji, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatajabar.com

Green Canyon merupakan sebuah ngarai yang mana terbentuk dari erosi tanah. Erosi ini berasal dari adanya aliran sungai yang mengalir selama kurang lebih ratusan tahun di dalam gua. Tak hanya ada di Amerika tetapi Green Canyon juga ada di Karawang. Untuk sampai di lokasi ini wisatawan bisa berjalan kaki kurang lebih 1 KM dari perkampungan di Dusun Cipaga.

Awalnya tempat ini memang menjadi tempat wisata untuk warga sekitar namun makin lama makin populer yang dan terkenal hingga wisatawan luar Karawang. Letak Green Canyon ini ada di Kampung Tonjong Roke Desa Medalsari. Tidak ada pintu masuk utama di kawasan objek wisata alam ini dan biaya tiket masuk pun hanya beberapa rupiah saja.

6. Vihara Sian Djin Ku Po

Vihara Sian Djin Ku Po

Lokasi: Jl. Muhamad Toha, Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Bnet.id

Dulu Vihara Sian Djin Ku Po ini merupakan tempat rombongan Tionghoa yang mendarat dari Teluk Ujung Karawang. Kemudian rombongan tersebut menuju Muara Cabangbungin, Bekasi dan menyusuri sungai Citarum. Didirikan tahun 1770 oleh rombongan dan kebanyakan mereka memang memiliki marga Tjiong, Khouw dan juga Lauw. Rombongan sendiri juga membawa abu luhur mereka yang disebut Sian Djin Ku Poh dimana nama ini dijadikan nama Vihara

Pihak pengelola juga sering mengadakan acara besar seperti hari ulang tahun vihara, upacara pergantian tahun baru hingga atraksi barongsai. Letak dari Vihara Sian Djin Ku Po ini adalah di Desa Tanjung Pura Kecamatan Karawang. Letaknya sekitar 4 KM dari Kota Karawang.

7. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark

Lokasi: Perumahan Grand Taruma Jl. Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Jdlines.com

Tempat wisata bertema waterpark ini menjadi yang cukup ramai saat liburan tiba. Cocok untuk liburan keluarga yang mana memiliki posisi di tengah kota di sebuah kawasan hunian terpadu. Hal ini membuatnya memiliki atmosfir sejuk dan juga menyegarkan. Taruma Leisure Waterpark ini mengakomodir berbagai wahana yang ada untuk tiap kalangan keluarga. Ada beberapa wahana seperti water slide, kiddy pool, wave pool hingga leisure pool.

Taruma Leisure Waterpark ini berada di Jalan Tarumanegara, Perumahan Grand Taruma. Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini biaya tiketnya adalah Rp. 50.000 per orang di hari Senin sampai Jumat dan akhir pekan atau hari libur sebesar Rp. 65.000.

8. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Lokasi: Jl. Raya Rengasdengklok, Rengasdengklok Selatan, Rengasdengklok, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Rappler.com

Akan lebih baik jika memilih wisata yang tidak hanya menyegarkan pikiran karena pemandangan alam tetapi juga karena nilai sejarah dibaliknya. Seperti yang ada di Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Area dari monumen ini cukup luas dengan bagian luar dikelilingi para besi dengan jalan semen di bagian tengahnya.

Monumen terbentuk berupa tugu dengan teks proklamasi dibagian dinding depannya. Menjadi saksi sejarah yang dimiliki oleh Karawang. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok ini berada di Jalan Raya Rengasdengklok. Ada perasaan haru melihat monumen sejarah tepat di depan mata.

9. Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Lokasi: Desa Mekar Buana, Tegal Waru, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Tempatwisataunik.com

Sayang rasanya jika berkunjung ke Karawang tetapi tidak mampir ke Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis. Sebab, Objek Wisata di Karawang ini memiliki waterboom dengan konsep back to nature. Selain bermain air, wisatawan bisa menikmati indahnya pegunungan dimana kampung ini cocok untuk wisata keluarga. Terasa suasana hutan yang sangat segar dan menjadi penenang hati atau sekadar bersantai.

Lokasi Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis ini berada di Desa Mekar Buana, Tegal Waru. Ada banyak permainan yang bisa digunakan dengan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 di hari Senin sampai Jumat sementara di akhir pekan dan hari libur sebesar Rp. 20.000 per orang.

10. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Lokasi: Tanjungpakis, Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Bersapedahan.wordpress.com

Pantai ini terkenal di Karawang dan selalu ramai di akhir pekan atau liburan. Wisatawan bisa mengunjungi Pantai Pakis untuk menikmati kesegaran suasananya. Ada pasir pantai yang putih dan ombak yang relatif tenang serta pemandangan indah yang membuat wisatawan betah. Di pantai ini bisa menyewa ban untuk bermain air dan cocok sebagai tempat wisata untuk anak-anak. Ada para penjual makanan yang membuat pengunjung tak perlu repot untuk membawa bekal.

Lokasi pantai Tanjung Pakis ini berada di kecamatan Pakisjaya dengan jarak sekitar 70km dari Ibu Kota Kabupaten Karawang. Mengunjungi pantai Tanjung Pakis ini tak akan sulit mengingat tempatnya sudah populer dan terbilang mudah untuk ditemukan.

11. Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan

Lokasi: Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Yukberwisata.org

Namanya adalah Curug Cipanundaan. Curug yang memiliki curahan air dari atas masuk ke kolam satu kemudian turun lagi ke kolam dua dan ketiga. Kondisi dari curug ini memang masih alami dan memiliki dua curug lagi yakni Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak.

Agar bisa sampai di curug ini memang membutuhkan perjuangan. Sebab lokasinya cukup jauh dan harus melewati jalan setapak serta melewati sungai berbatu hingga menerabas semak dan hutan belukar. Curug Cipanundaan berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru. Aksesibilitasnya memiliki jarak sekitar 42 KM dari pusat kota Karawang dan jalannya memang cukup menantang.

12. Danau Kalimati

Danau Kalimati

Lokasi: Desa Walahar, Kec. Klari, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Namanya mungkin terdengar seram tetapi danau ini justru terlihat indah. Di sekitar danau ada banyak warung makan sederhana dengan menu yang bervariasi. Mulai dari sate maranggi hingga jajanan umum yang juga disukai pengunjung.

Ada juga warung makan lesehan yang memiliki posisi menghadap ke arah danau dengan panorama indah. Lokasi Danau Kalimati ini berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari. Tepatnya 11 KM dari Ibu kota, Kabupaten Karawang yang cukup mudah untuk ditemukan lokasinya.

13. Situ Kamojing

Situ Kamojing

Lokasi: Desa Kamojing, Kec. Cikampek, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisata-tanahair.com

Situ Kamojing merupakan daerah resapan air yang sekarang menjadi destinasi wisata di Karawang andalan. Danau atau Situ Kamojing ini merupakan daerah resapan air yang berada di kawasan hutan konservasi dan sering menjadi tempat syuting sinetron atau film. Di sekitar lokasi ini ada restoran dengan gaya klasik modern dan ajang rekreasi bagi anak-anak hingga dewasa.

Ada juga hotel dengan fasilitas bintang tiga yang menjadi solusi untuk mereka yang ingin menginap. Lokasi Situ Kamojing ini berada di Desa Dawuan Kecamatan Cikampek 22 KM dari Ibu kota Kabupaten Karawang. Tempat wisata ini memang menenangkan terutama ketika hari libur mengunjunginya bersama orang tersayang.

14. Monumen Rawagede

Monumen Rawagede

Lokasi: Desa Balongsari, Kec. Rawamerta, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Merahputih.com

Masih ada monumen sejarah yang bisa ditemukan di Karawang selain Rengasdengklok. Monumen ini dibangun untuk mengenang tewasnya 200 orang warga sipil yang mempertahankan tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan. Digambarkan pula kebiadaban dan kekejaman tentara Belanda yang membantai rakyat tak berdosa termasuk anak-anak dan perempuan. Sementara di lingkungan ini ada 200 makam rakyat yang rela mati demi mempertahankan kemerdekaan.

Monumen Rawagede ini berada di pinggir sebelah utara jalan Dusun Rawagede, Kecamatan Rawamerta. Tepatnya di komplek monumen berpagar tembok dan sekitarnya berupa perkampungan serta persawahan.

15. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Lokasi: Sungaibuntu, Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Wisatabagus.net

Selain adanya pantai Pakis, ada juga Pantai Samudera Baru yang cukup ramai saat di akhir pekan. Pantai ini juga memiliki ombak yang tak terlalu besar dimana anak-anak bisa bermain pasir sepuasnya.

Pasir pantai Samudera Baru ini memang tak seputih pantai Pakis tetapi tetaplah terasa seru. Lokasinya ada di Kecamatan Pedes, sekitar 30 KM dari Ibu kota Kabupaten Karawang. Pantai yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

16. Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak

Lokasi: Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat. – Image Credit by Triptrus.com

Ada sebuah air terjun yang bisa dikunjungi ketika liburan yakni Curug Cikarapyak. Curug ini berada di atas curug cipanundaan. Perjalanannya juga cukup berat sehingga membutuhkan kondisi fisik yang fit.

Tetapi wisatawan bisa melihat panorama alam yang masih begitu terjaga. Curug Cikarapyak berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru. Jaraknya sekitar 42 KM dari Ibu kota Kabupaten Karawang.

Setidaknya ada 16 Destinasi Wisata di Karawang favorit dan tersebar dengan keindahannya masing-masing. Pengunjung yang datang bisa memilih tempat wisata seperti pantai, danau, curug ataupun wisata berkonsep waterpark. Karena berlibur adalah kebutuhan, saatnya menjelajah Karawang di setiap sudutnya.