10 Oleh-Oleh Khas Situbondo yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Situbondo

Situbondo memiliki sederet wisata menarik dan oleh-oleh khas yang tak boleh Anda lewatkan. Buah tangan berupa makanan ringan, berat, hingga cinderamata yang sangat cantik.

Jawa Timur memiliki sederet makanan khas serta oleh-oleh yang tidak boleh Anda lewatkan, salah satunya yang berasal dari kota Situbondo. Kota yang sering disebut sebagai Surga Burung ini menawarkan sederet buah tangan yang sangat unik. Selain itu, dapat dipastikan tak mungkin Anda temui di kota lain bahkan di beberapa kota di dekatnya.

Oleh sebab itu, banyak yang mengincar buah tangan yang disuguhkan oleh masyarakat lokal tersebut. Berikut daftar rekomendasi oleh-oleh khas dari Situbondo yang menarik untuk dibawa pulang.

1. Tape Sorgum

Tape Sorgum

Image Credit: Mangyono.com

Nama makanan satu ini terdengar sangat asing, bahkan oleh masyarakat Jawa Timur sendiri. Belum banyak yang mengenal jajanan dengan teksur lengket satu ini, padahal biji sorgum telah dikenal hingga ke mancanegara. Oleh sebab itu, pemerintah setempat dalam program memperkenalkan tape sorgum sebagai salah satu ikon baru dari kota Surga Burung ini. Program satu ini bertujuan agar masyarakat luar Sitobondo semakin mengenal oleh-oleh satu ini.

Masyarakat umum lebih mengenal sorgum yang dipakai sebagai salah satu pakan ternak. Padahal makanan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber karbohidrat karena kandungannya cukup tinggi. Tak heran, para petani di Situbondo menanam biji sorgum secara berkelanjutan. Bahkan diklaim sebagai salah satu hasil bumi yang utama dari petani setempat. Harapannya, biji sorgum dapat diolah semakin baik dan penjualannya meningkat pesat.

2. Manisan Kelapa

Manisan Kelapa

Image Credit: Shopee.co.id

Oleh-oleh bercita rasa manis dan warna yang cantik mampu menarik minat pengunjung lebih tinggi. Tak heran manisan kelapa dari kota ini digemari oleh wisatawan dari berbagai daerah. Para pengunjung juga dapat menemui manisan berwarna warni ini di beberapa pusat oleh-oleh dengan sangat mudah. Membawakan buah tangan serupa untuk keluarga atau rekan di kota asal dapat mempererat hubungan agar tetap terjalin dengan baik.

Kelapa menjadi salah satu komoditas utama masyarakat Situbondo, sehingga banyak olahan berbahan dasar buah satu ini. Anda bisa menjumpai beberapa di antaranya, yaitu manisan dengan balutan gula warna warni. Manisan ini dibuat dari bahan yang sederhana, yaitu buah kelapa yang setengah tua, gula pasir, air, dan pewarna makanan. Pewarna makanan dipakai untuk mempercantik tampilannya, sehingga saat dipajang di pusat oleh-oleh menarik perhatian.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Jombang yang Wajib Anda Coba

3. Mangga

Mangga

Image Credit: Caritanamanonline.blogspot.com

Yang tak kalah populer di kalangan pelancong kota Situbondo, yaitu buah mangga. Anda akan menjumpai buah dengan daging buah yang sangat tebal dan rasa manis. Buah ini pun berkualitas premium, sehingga digemari oleh banyak orang bahkan turis dari luar negeri. Tak heran, buah satu ini diborong hingga puluhan kilo oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Pastikan tidak absen untuk membawa buah ini sebagai buah tangan untuk orang tercinta.

Terdapat dua jenis buah mangga yang bisa Anda pilih, yaitu arum manis dan mangga madu. Keduanya memiliki cita rasa manis dan kualitas tinggi, sehingga digemari oleh banyak orang. Kualitas buah yang dihasilkan bergantung pada pemilihan bibit dan cara perawatan. Selain itu, buah berwarna orange terang ini harus tumbuh di tanah yang cenderung kering. Hal itu dimiliki oleh Situbondo, maka tak heran mangga dapat tumbuh dengan baik di kota ini.

4. Ikan Bakar Asap

Ikan Bakar Asap

Image Credit: Instagram.com @kuliner_with_mark

Letak geografis dari kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa, sehingga menghasilkan ikan yang sangat melimpah. Tak heran, salah satu oleh-oleh yang paling terkenal yaitu ikan bakar asap. Cita rasa yang unik dari ikan menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan kepada para pengunjung. Pengolah ikan asap memakai ikan segar yang ditangkap langsung oleh nelayan dari pantai utara Pulau Jawa dan segera diolah agar tetap terjaga kesegarannya.

Yang tidak kalah penting, yaitu pemakaian sabut kelapa sebagai bahan bakaran dan tidak memakai bara api. Para pedagang ikan asap ini juga tidak memakai rempah rempah karena rasa gurih hanya mengandalkan kesegaran ikan. Dengan begitu, cita rasa yang dihasilkan sangat unik dan alami, sehingga membuat banyak orang ketagihan. Anda bisa mendapatkan ikan asap ini di beberapa pantai yang ada di Situbondo dengan harga terjangkau tentunya.

5. Kerajinan Kerang

Image Credit: Lokalkarya.com

Situbondo terkenal dengan kekayaan biota laut, salah satunya kerang. Hewan laut satu ini diolah menjadi berbagai macam masakan yang menggugah selera. Akan tetapi, bukan olahan tersebut yang jadi buah tangan khas Situbondo. Melainkan kerajinan yang memakai cangkang kerang sebagai barang barang yang bernilai cukup tinggi. Pengolahan cangkang ini sangat penting agar dapat mengurangi limbah dan menambah pemasukan secara cerdas.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Surabaya yang Hits & Populer

Cangkang kerang diolah sedemikian rupa, hingga menjadi salah satu mata pencaharian karena diminati oleh banyak wisatawan. Cinderamata yang dihasilkan, antara lain kalung, gelang, figura, jam dinding, dan lain sebagainya. Para wisatawan dapat menemukan buah tangan satu ini di sepanjang pantai yang ada di Situbondo. Pernak pernik beraneka warna ini siap dipakai sebagai aksesoris atau sebagai hiasan di dinding rumah Anda.

6. Sate Lalat

Sate Lalat

Image Credit: Kompasiana.com

Mendengar namanya cukup membuat banyak orang bergidik ngeri. Akan tetapi, sate ini tidak memakai lalat sebagai bahan utamanya. Anda akan disuguhi olahan ayam yang ditusuk dan dibakar dalam ukuran kecil kecil. Nama lalat dipilih karena ukuran potongan daging ayamnya sangat kecil. Mengenai rasa, Anda tidak perlu khawatir karena telah diakui oleh banyak orang. Bumbu kacang yang dipakai sangat khas dan mampu menggoyang lidah para penikmatnya.

Anda bisa membawa sate lalat ini sebagai buah tangan, tetapi pastikan dibungkus secara terpisah. Sate yang telah dibakar dipisahkan dengan bumbu kacangnya agar dapat bertahan lebih lama. Hal ini berlaku untuk Anda yang berasal dari luar kota Situbondo dan jarak yang ditempuh cukup jauh. Sesampainya di rumah, Anda hanya perlu menghangatkan kembali sebelum menyantapnya agar sate dan bumbu tetap nikmat saat dinikmati bersama.

7. Batik Situbondo

Batik Situbondo

Image Credit: Alfinrusmindari.wordpress.com

Selain kerang, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa kain batik untuk orang orang tercinta. Setiap daerah memiliki keunikan masing masing untuk motif yang dipakai, begitu pula dengan kota Surga Burung ini. Motif yang dipakai untuk membuat batik, yaitu sebagian besar motif alam terutama daerah pesisir. Para wisatawan banyak yang mengincar batik ini karena gambar dan warna yang dipakai sangat padu.

Sebagian besar motif yang dipakai, yaitu motif kerang karena menjadi salah satu hasil laut yang paling banyak. Tak heran, penamaan motif batik ini memakai nama kerang, seperti kerang tempel, kerang bertopeng, gelang bahari, dan berbagai motif lainnya. Keunikan dari batik khas Situbondo ini membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Kain bermotif unik bisa Anda pakai sebagai pakaian atau hanya sebagai hiasan di dinding rumah.

BACA JUGA:  5 Pulau Cantik di Jawa Timur Menarik untuk Dijelajahi

8. Nasi Karak

Nasi Karak

Image Credit: Cookpad.com

Makanan satu ini terdengar asing karena karak biasanya perwujudan dari nasi yang sudah kering. Tak heran timbul pertanyaan di benak masyarakat luar Sitobondo karena menyantap nasi yang telah kering. Akan tetapi, hidangan ini telah melekat erat dengan masyarakat sekitar dan biasa disantap di malam hari. Bagi para wisatawan, tak perlu khawatir karena nasi yang dipakai di hidangan ini telah dimasak dengan teknik khusus agar teksturnya mirip karak.

Selain tekstur, tak ada masalah dengan hidangan ini atau bahkan cita rasanya. Anda akan disuguhi hidangan dengan lauk pauk ikan tongkol, oseng tempe tahu, dan taburan kelapa parut di atasnya. Uniknya, dalam proses memasak nasi lebih dulu ditambahkan garam sebelum benar benar matang. Garam ini berfungsi agar nasi tidak menggumpal, baik saat masih panas maupun sudah dingin.

9. Nasi Sodu

Nasi Sodu

Image Credit: Cookpad.com

Olahan nasi unik dari Situbondo satu ini juga tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Meskipun tergolong makanan berat, Anda wajib membelinya sebagai oleh-oleh karena cita rasanya yang sangat unik. Cita rasanya unik ini berasal dari pengolahan nasi yang sempurna dan lauk yang ditambahkan, yaitu ikan, sayur, sedikit kuah, dan kerupuk. Bagi yang berasal dari luar kota, Anda bisa membungkusnya secara terpisah agar tidak mudah basi.

10. Tajin Palappa

Tajin Palapa

Image Credit: Belanga.id

Banyak yang bertanya tanya terkait ikon kota Situbondo satu ini karena perpaduan dari dua etnis yang berbeda. Pada dasarnya, tajin palappa merupakan bubur yang diolah dengan bumbu khas Madura. Keunikan lainnya, yaitu pelengkap yang dipakai untuk menghidangkan tajin palappa. Santapan ini dihidangkan bersama sayur kangkung, tauge, kuah khas dengan bumbu dasar kacang, serta bakwan sebagai pelengkap.

Bertandang ke Situbondo tak lengkap bila tidak membawa oleh-oleh khas untuk kerabat atau teman dekat. Anda bisa membawa berbagai jenis makanan atau cinderamata dengan harga yang terjangkau. Untuk makanan berat, Anda bisa membungkusnya secara terpisah agar tidak mudah basi. Batik dan kerajinan kerang bisa Anda peroleh dengan harga murah, bila membelinya dalam jumlah banyak. Dengan begitu, bisa Anda berikan ke beberapa orang terdekat.