10 Restoran & Tempat Makan di Purwakarta Paling Enak & Murah

 Tempat Makan Purwakarta

Tidak hanya wisata alam, wisata kuliner Purwakarta menjadi destinasi yang banyak diburu oleh wisatawan. Inilah daftar tempat makan dan restoran di Purwakarta untuk menikmati kuliner yang beragam.

Ketika pergi berlibur ke salah satu daerah yang baru, biasanya orang akan melihat berbagai destinasi wisata yang ditawarkan oleh daerah tersebut. Purwakarta menjadi salah satu daerah yang sering dikunjungi karena memiliki berbagai macam wisata kuliner yang sudah terkenal dan cukup populer. Pasalnya, setiap wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta akan langsung menuju kesana. Yuk, simak rekomendasi restoran dan tempat makan enak di Purwakarta yang paling sering dikunjungi.

1. Sate Maranggi Hj. Yetty

Sate Maranggi

Image Credit: Dinasuciwahyuni.blogspot.com

Sate Maranngi merupakan kuliner asli Purwakarta yang sangat terkenal, bahkan namanya menjadi salah satu jajanan kaki lima favorit dunia menurut World Street Food Congress pada tahun 2016. Menyantap sate maranggi menjadi agenda wajib ketika berkunjung ke Kota Sejuta Taman ini. Diantara banyak warung yang menjual sate maranggi di Purwakarta, ada satu warung makan yang terkenal, yaitu warung Sate Maranggi Hj. Yetty. Tempat makan ini sudah cukup populer.

Menu sate maranggi dibagi menjadi tiga jenis daging, yaitu daging sapi, ayam, dan kambing. Selain sate maranggi, warung ini menyediakan menu lait yang tidak kalah lezat. Seperti, ikan gurame bakar, ayam bakar, sop sapi atau kambing, gule sapi atau kambing, pepes, sayur asem, gado-gado, nasi tutug oncom, tutut, dan cobek nila. Pengunjung juga dapat menikmati segarnya es kelapa di warung ini. Harga yang ditawarkan rumah makan ini masih bisa dibilang terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Cibungur Purwarkarta, Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta.

2. Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC)

Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC)

Image Credit: Tripadvisor.com

Rumah Makan Ibu Haji Ciganea merupakan salah satu makanan khas Sunda yang sangat terkenal. Bukan hanya di Purwakarta, akan tetapi rumah makan ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta bahkan hingga sebagian Pulau Jawa. Pantas saja memang, rumah makan ini memiliki banyak menu istimewa dan memiliki daya tarik bagi siapapun yang berkunjung ke Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC) di Purwakarta.

Keramahan pegawai dan cita rasa masakan khas tanah Pasundan membuat pengunjung yang pernah datang akan segera meluangkan waktunya untuk datang lagi. Terlebih, harga yang dipatok di RM ini relatif terjangkau. Ada yang unik dari rumah makan ini, seperti halnya rumah makan Padang, RM IHSC tidak menawarkan buku menu bagi pelanggan. Jika ada pelanggan yang datang, RM IHSC akan mengeluarkan seluruh hidangan andalannya yang berupa makanan khas Pasundan.

BACA JUGA:  Bukit Bintang Bandung, Menikmati Pemandangan Alam di Puncak Paris Van Java

Lokasi: Jl. Veteran No.138, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

3. Istora Resto

Istora Resto

Image Credit: Bobocantik.com

Istora Resto terletak berada di dalam area Wisata Jatiluhur. Selain menu hidangan yang bervariasi, resto tersebut juga menyuguhkan pemandangan yang indah dari waduk Jatiluhur dan Gunung Parang serta Bangkok. Istora Resto memiliki pemandangan sunset yang cantik. Bukan hanya pemandangan sunsetnya yang menawan, penataan taman di sekeliling danau juga mempercantik pemandangan di resto ini. Selain menyuguhkan pemandangan yang cantik, makanannya juga enak.

Lokasi: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

4. Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD)

Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD)

Image Credit: Sambelhejosambeldadak.com

Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan resto yang ada di jawa barat, Sambel Hejo Sambel Dadak juga menawarkan makanan khas Sunda. Di resto ini, pengunjung disuguhkan dengan suasana sunda tradisional. Beberapa bangku dan meja dibuat dari kayu jati yang kokoh dan tebal dan beberapa pajangan antik di sekeliling dinding. Harga yang ditawarkan SHSD ini terbilang cukup terjangkau. Di resto ini juga menawarkan berbagai macam paket nasi yang bisa dipilih pengunjung.

Warung makan tradisional ini menawarkan ragam makanan Sunda yang dikemas dengan konsep a la carte dan siap saji. Tamu tidak perlu memesan makanan karena pelayan akan menghidangkan ​semua makanan​ ke atas meja. Sesuai dengan namanya, resto ini menyuguhkan sambel hejo sebagai menu andalannya. Memang banyak didapati resto-resto lain yang ada di Purwakarta yang juga menawarkan sambel hejo. Namun, SHSD memiliki cita rasa sambal yang khas dan berbeda dari resto lainnya.

Lokasi: Jl. Pemuda No.32, RT.20/RW.6, Mekargalih, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

5. Resto Batu Apung Alam Hijau

Resto Batu Apung Alam Hijau

Image Credit: Facebook.com @batuapungalamhijau

Resto Batu Apung Alam Hijau terletak di suatu kawasan wisata. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Batu Alam Hijau dapat merasakan berbagai sajian lezat yang ada di resto ini. Berbagai sajian lezat juga dapat Anda temui di Batu Apung Alam Hijau. Seperti restoran yang ada di kawasan Sunda, resto ini menawarkan hidangan masakan sunda hingga makanan kekinian seperti, nasi timbel, nasi pecel, sate maranggi, pempek, batagor, siomay, roti bakar, dan banyak lagi.

BACA JUGA:  16 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sajian lezat yang ada di restoran yang ada di Batu Apung Alam Hijau inilah yang juga membuat banyak orang berkunjung ke lokasi wisata ini. Setelah puas bermain air dan mengunjungi berbagai wahana yang ada, Anda dan juga si kecil dapat mengisi perut dengan menyantap aneka sajian lezat yang disediakan. Harga yang terjangkau dari sajian tersebut juga membuat nilai lebih untuk restoran yang berada di tempat wisata yang cukup populer ini.

Lokasi: Wanasari, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta.

6. Rumah Makan Kampung Empang

Rumah Makan Kampung Empang

Image Credit: 2pos.asia

Kampung Empang berdiri diatas tanah seluas 1 hektar yang berlatar belakang areal persawahan ini sering dikunjungi oleh ‘pemburu’ kuliner. Meskipun jaraknya tidak jauh dari pusat kota, rumah makan ini mempertahankan nuansa hijau ala perkampungan. Sehingga, pengunjung yang datang dapat menikmati makanan sambil menikmati sejuknya suasana khas pedesaan yang ditawarkan pada rumah makan ini. Rumah makan ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap.

Kampung Empang menyediakan berbagai makanan mulai dari masakan lokal tradisional, nasional, internasional, hingga aneka jajanan yang sedang ngetrend di masyarakat. Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola juga tidak kalah menarik, seperti cafe dengan live music, meeting room, ruang gathering terbuka, arena bermain anak, saung untuk lesehan, hingga ruang resepsi. Memang, Kampung Empang seringkali dijadikan tempat bagi siapa saja yang memiliki acara.

Lokasi: Jl. Pramuka No.19, Bunder, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

7. Nasi Liwet Bu Dhini

Nasi Liwet Bu Dhini

Image Credit: Anekawisataseru.net

Sesuai namanya, warung makan ini menyajikan nasi liwet sebagai menu andalan. Nasi liwet yang gurih akan semakin nikmat dengan berbagai lauk lezat, seperti ayam dan sambal bledag. Cocok untuk mengobati rasa lapar saat jam makan siang. Selain nasi liwet warung ini juga menyediakan menu lain yang tidak kalah enak yaitu nasi tutug oncom dan juga nasi kabeuleum. Nasi kabeuleum memiliki rasa gurih dengan campuran ikan teri dan parutan kelapa yang lezat.

Makanan tradisional ini, memiliki cita rasa yang lezat karena proses memasaknya yang cukup unik. Nasi liwet dibakar secara tradisional menggunakan arang, sehingga memiliki dan aroma yang sedap. Dengan merogoh kocek sebesar Rp.2000,- hingga Rp.40.000,- maka kita sudah bisa mencicipi aneka menu yang tersedia disana. Tak heran, nasi liwet menjadi salah satu kuliner yang bisa anda cicipi ketika berada di Purwakarta.

BACA JUGA:  Cikao Park Purwakarta, Wisata Air Favorit Dengan Beragam Wahana

Lokasi: Jl. Kapten Halim No.99, Salam Mulya, Kec. Pondok Salam, Kab. Purwakarta.

8. Soto Sadang Asli

Soto Sadang

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Tempat ini menawarkan beberapa menu yang mengenyangkan. Yang menjadi menu unggulannya adalah soto dengan kuah bening ataupun dengan kuah santan. Soto bening ini merupakan kuliner dengan kuah kaldu yang berasal dari daging rebus dengan api kecil dalam waktu yang lama. Sementara itu, pada soto santan akan ada irisan lauk, berkuah santan berwarna kuning pucat dan rasanya gurih kuat. Tempat makan ini semakin ramai dikunjungi karena memiliki jam buka hingga 24 jam.

Lokasi: Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

9. Rumah Makan Sajolna

Rumah Makan Sajolna

Image Credit: Lpplpurwakarta.com

Ayam goreng memang sudah menjadi menu klasik di setiap rumah makan yang ada di Indonesia. Akan tetapi, di Purwakarta terdapat rumah makan yang menyajikan menu ayam goreng kampung yang sangat lezat. Ayam ini dilengkapi dengan sambal dadakan khas sunda yang sangat menggiurkan. Rumah Makan Sajolna, menjadi rumah makan favorit bagi masyarakat setempat maupun pelancong yang singgah di daerah Purwakarta yang ingin merasakan kenikmatan kuliner satu ini.

Menu ayam goreng kampung ini, sangat lekat dengan rasa rempah-rempah yang memikat. Di mana pada kunyahan pertama saja akan terasa sekali bumbu rempah dari gula merah, kunyit, sereh, serai, serta daun jeruk yang digoreng setengah kering. Nasi hangat, bercampur dengan ayam penuh rempah serta sambal yang menggiurkan membuat siapapun yang menyantap makanan ini menjadi ketagihan. Pantas saja, rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.54, Sindangkasih, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta.

10. RM Hj. Ibu Anni

RM Hj. Ibu Anni

Image Credit: Ramahtraveler.com

RM Hj. Ibu Anni akan sangat cocok bagi pecinta ikan. Karena rumah makan ini menyediakan berbagai pepes ikan yang lezat. Rumah Makan Bu Ani berdiri sejak tahun 1985-an. Sejak awal berdiri, rasa pepesnya sudah langsung disukai oleh pemburu kuliner. Tidak heran jika rumah makan ini selalu padat pada jam jam tertentu. Setidaknya ada 49 pepes yang ditawarkan di rumah makan ini. Sajian pepesnya pun unik. Selain aneka pepes, disini juga tersedia ayam bakar.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Cilegong, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta.

Wisata kuliner, menjadi salah satu daya tarik andalan yang ditawarkan oleh berbagai kota. Biasanya, wisatawan tidak hanya mencari kota dengan destinasi wisata yang menarik, namun juga wisata kulinernya yang terkenal lezat. Begitupun di Purwakarta, anda dapat menemukan berbagai macam restoran dan tempat makan yang sering dikunjungi para wisatawan untuk memuaskan hasrat wisata kulinernya.