15 Wisata Pantai di Madura yang Hits & Populer

Wisata Pantai Madura

Inilah List Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Madura, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Eksotis, Populer dan Terhits yang Layak Anda Eksplor untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Madura adalah salah satu pulau yang masih berada di Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura memiliki keindahan alam yang tak kalah cantik dari daerah-daerah lainnya di Pulau Jawa. Dengan sedikit sentuhan dari tangan masyarakatnya, membuat tempat wisata di Madura menjadi semakin cantik dan terlihat kekinian.

Pulau Madura dikelilingi oleh laut yang membuatnya memiliki banyak pantai yang begitu mempesona. Banyak pantai yang menyuguhkan ragam keindahan dan keunikannya tersendiri. Mulai dari pantai dengan pasir putih, pantai dengan warna airnya yang jernih, hingga pantai dengan batuan karang yang cantik. Jika berminat berkunjung ke Pulau ini, berikut deretan wisata pantai populer di Madura yang bisa Anda jadikan referensi berlibur.

1. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak

Image Credit: Instagram.com @gililabak.id

Wisata pantai yang pertama adalah Pantai Gili Labak. Lokasinya terletak di Desa Kombang, Talango, Sumenep. Tempat ini terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang eksotis. Adanya pasir putih yang halus dan bersih bersatu dengan pemandangan air laut yang terlihat kebiruan membuatnya terlihat eksotis.

Selain terkenal dengan pesona pemandangannya yang begitu cantik, kawasan ini juga menawarkan keindahan pemandangan bawah laut yang tidak kalah cantik. Terdapat batuan terumbu karang dan aneka fauna laut yang bisa Anda nikmati keindahannya ketika snorkeling di sekitar kawasan Pantai Gili Labak ini.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

2. Pantai Gili Iyang

Pantai Gili Iyang

Image Credit: Google Maps (Fauzan Aja)

Masih mirip dengan suasana Gili Labak, Gili Iyang juga menawarkan wisata pantai yang eksotis. Tempat ini bisa Anda jadikan tempat berlibur bersama dengan teman dan keluarga. Pemandangan yang ditawarkan cantik dan berpasir putih dengan ombak lautnya cukup tenang. Disini Anda bisa berenang-renang agak ke tengah pantainya, namun juga harus tetap waspada.

Suasana di pantai ini memang terkenal masih asri, semilir angin segar dan pemandangan laut biru bisa Anda jadikan relaksasi untuk melepas lelah. Wisatawan yang berkunjung juga bisa melakukan aktivitas seru di sekitar pantai, seperti berfoto dengan latar belakang pantai dan juga snorkeling untuk melihat indahnya batuan karang secara langsung.

Lokasi: Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

3. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan

Image Credit: Twitter.com @syamlan7

Pantai ini berlokasi di kabupaten paling barat dari Pulau Madura. Tepatnya di Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan. Daya tarik utama yang membuat para wisatawan ingin datang kesini adalah adanya bangunan mercusuar peninggalan Belanda. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1879 ini memiliki tinggi kurang lebih 78 meter dan memiliki 17 lantai.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Madura Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pengunjung Pantai Sambilangan banyak yang berkunjung ketika menjelang sore, ini dikarenakan pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam sembari bersantai di sekitar mercusuar. Sangat menarik bukan? Pastikan untuk memasukkan Pantai Sambilangan ke dalam list destinasi liburan Anda!

Lokasi: Desa Sambilangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

4. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng Sumenep

Image Credit: Tribunnews.com

Pantai Slopeng terletak di Kabupaten Sumenep. Bagi masyarakat Madura, tentu tidak asing mendengar nama objek wisata yang satu ini. Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata andalan yang berada di daerah Sumenep karena kondisi pasir putihnya yang bersih membuat wisatawan betah berada disini.

Selain itu, kondisi lautnya bisa dibilang bersih dan tenang. Daya tarik utamanya terletak pada kehadiran berbagai pepohonan seperti kelapa, cemara, dan siwalan. Anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan seperti gazebo, tempat bermain anak, tempat makan, toilet dengan kondisi yang masih baik dan terawat.

Lokasi: Jl. Raya Ambunten No.34, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep.

5. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Google Maps (Imam Fattah)

Destinasi wisata ini cukup hits di kalangan wisatawan. Bagaimana tidak, Pantai Jodoh memiliki daya tarik spot foto yang menarik. Cantiknya pemandangan alam bisa Anda jadikan background foto Anda. Wisatawan banyak yang bergaya sambil memegang papan-papan nama unik, yang membuat hasil foto Anda menjadi makin ceria.

Fasilitas yang anda di pantai ini juga mempunyai nama unik, seperti adanya kamar janda yang merupakan sebutan untuk tempat makan-makan, ayunan jodoh untuk spot ayunan, dan masih banyak lagi. Namun jika Anda lebih senang berfoto dengan suasana alami, Anda cukup mendekat ke arah pantai dan duduk-duduk menikmati pemandangan yang ada.

Lokasi: Jl. Batulenger, Sokobenah, Bira Barat, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

6. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Image Credit: Instagram.com @antiri92

Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di Madura. Pantai yang berada di Kabupaten Bangkalan ini tidak pernah sepi akan pengunjung karena adanya pemandangan yang begitu mempesona. Pasir putih yang sedikit kecoklatan dan ombak yang tidak begitu besar menjadi daya tarik pantai ini.

Anda bisa berenang di sekitar pantai atau sekedar bermain air bersama dengan teman atau keluarga. Selain itu, ada aktivitas seru lain yang tidak mungkin Anda lewatkan saat kesini, yaitu berfoto-foto. Yang perlu Anda siapkan saat akan berkunjung kesini adalah bekal makan, makanan ringan, dan tikar, karena fasilitas di pantai ini belum cukup memadai.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

7. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan Sumenep

Image Credit: Instagram.com @photomadura

Pantai ini berada Instagram.com @photomaduradi kawasan Pulau Genting yang pemandangannya terkenal eksotis. Disini Anda akan disuguhkan laut biru dengan ombak yang cukup tenang. Anda bisa menikmati suasana yang asri dengan fasilitas yang memadai. Pantai Sembilan juga bisa menjadi tujuan wisata saat Anda ingin menikmati kegiatan snorkeling.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

8. Pantai Badur

Pantai Badur

Image Credit: Kompas.com

Hamparan pasir putih yang sedikit kecoklatan dengan pemandangan lautan yang begitu indah cocok untuk Anda jadikan tempat bersantai. Tidak hanya pantai, Anda akan melihat adanya aliran air tawar yang terhubung dengan laut. Pesona Pantai Badur akan bertambah saat sore hari dan matahari mulai terbenam.

Lokasi: Sergang, Kec. Batuputih, Kab. Sumenep.

9. Pantai Batu Sulung

Pantai Batu Sulung

Image Credit: Google Maps (Syahrul Fauzi)

Pantai Batu Sulung menjadi pantai yang cukup unik. Mengapa? Karena di pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya yang dikelilingi hamparan pasir. Di pantai ini Anda tidak akan menemui hamparan pasir yang luas, seperti namanya, Anda hanya akan menemui bebatuan. Jadi disarankan saat berkunjung kesini untuk menggunakan alas kaki yang nyaman.

Meski hanya hamparan bebatuan, keindahan pantai ini akan tetap memikat dan menarik untuk dinikmati. Untuk pengunjung yang suka berlibur ke tempat sepi dan sunyi, Pantai Batu Sulung bisa dijadikan pilihan. Karena pantai ini masih belum memiliki banyak pengunjung seperti pantai lain di Madura. Keindahannya disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Madura.

Lokasi: Blajut, Karduluk, Kec. Pragaan, Kab. Sumenep.

10. Pantai Ponjuk

Pantai Ponjuk

Image Credit: Google Maps (Kukuh Prasetyo)

Pantai Ponjuk terletak di ujung timur Pulau Madura, tepatnya di Sumur Asin, Talango, Sumenep. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai ketenangan dan mencari tempat berlibur yang sepi. Deburan ombak di pantai ini cukup kencang dan saling berbenturan dengan tebing yang ada.

Lokasi: Galisek Daja, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

11. Pantai Ropet

Pantai Ropet

Image Credit: Twitter.com @kakariki_

Letak Pantai Ropet berada di dekat Pantai Gili Iyang, yang memudahkan Anda untuk sekaligus mengunjungi dua pantai dalam sekali perjalanan. Keindahan dan keeksotisannya tidak perlu diragukan lagi. Disini Anda tidak akan menemui hamparan pasir seperti pada pantai pada umumnya, dan hanya didominasi oleh terumbu karang yang cantik.

Terdapat dua tebing yang cukup curam yang mengapit Pantai Ropet. Jernihnya air laut di pantai ini sangat mendukung untuk Anda melakukan kegiatan snorkeling maupun diving. Adanya pohon kelapa di pinggiran pantai juga menambah keindahan panorama dan menambah sejuk suasana.

Lokasi: Gili Iyang, Banraas, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

12. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang Pamekasan

Image Credit: Facebook.com @masiwanmp

Berada di Pamekasan, Madura, Pantai Jumiang adalah salah satu objek wisata yang terkenal. Anda akan disuguhkan pemandangan yang cantik dengan hamparan pasir coklat yang membentang luas. Suasana di pantai ini cukup tenang dan asri, serta ombaknya pun tidak begitu besar sehingga Anda bisa bermain-main di pinggir pantai.

BACA JUGA:  12 Minuman & Makanan Khas Kediri yang Wajib Anda Coba

Pemandangan yang ada di Pantai Jumiang akan lebih cantik saat sore hari tiba. Ini karena momen matahari terbenam. Pengunjung bisa menikmati bias warna jingga yang menghiasi langit dan permukaan air laut dengan diiringi suara deburan ombak yang menenangkan. Sungguh suasana yang sangat romantis, bukan?

Lokasi: Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

13. Pantai Lombang

Pantai Lombang Sumenep

Image Credit: Twitter.com @jullyhoney

Pantai Lombang memiliki pesona yang menakjubkan dan wajib untuk dikunjungi. Di pantai banyak ditumbuhi tumbuhan bernama Cemara Udang yang kini menjadi ciri khas. Pantai ini mulai populer pada awal tahun 2000an dan menjadi tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan, karena berada di dekat jembatan Suramadu yang menghubungkan Jawa Timur dan Madura.

Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung karena merupakan destinasi favorit wisatawan mancanegara ketika berlibur ke Jawa Timur, tepatnya Madura. Terlebih lagi saat liburan tiba, wisatawan akan memenuhi pantai ini sejak pagi hingga sore. Daya tarik utamanya terletak pada hamparan pasirnya yang luas, mencapai 12 km.

Lokasi: Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

14. Pantai Camplong

Pantai Camplong

Image Credit: Detik.com

Pantai Camplong mempunyai tempat yang strategis karena berada di pinggir jalur utama Pulau Garam. Kepopulerannya tidak surut meski sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan kini, Pantai Camplong tetap menjadi destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Sungguh luar biasa!

Wilayah pantai ini memiliki hamparan pasir putih kecoklatan yang membentang landai. Udara yang relatif sejuk membuat suasana menjadi lebih baik. Sudah tidak diragukan lagi jika pantai ini menjadi tempat rekreasi andalan di Sampang. Fasilitas yang ada pun sudah lengkap, seperti toilet, taman bermain, warung, tempat parkir yang luas, dan juga hotel dan restoran.

Lokasi: Jl. Raya Camplong No.153, Sorogan, Kec. Camplong, Kab. Sampang.

15. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean

Image Credit: Facebook.com @kangeannet

Saat berada di Madura, Anda wajib untuk mengunjungi Kepulauan Kangean ini. Wisata pantai yang satu ini merupakan sebuah pulau yang termasuk ke dalam Kabupaten Sumenep. Tempat ini menjadi salah satu destinasi andalan di Madura. Lalu apa yang membuatnya menarik dan menjadi destinasi andalan?

Yang membuat Kepulauan Kangean ini menjadi destinasi menarik adalah adanya hamparan pasir putih yang sangat bersih dan lembut. Air laut yang berwarna tosca membuatnya berbeda dengan pantai pada umumnya, membuat keindahannya bertambah. Sangat sayang bukan, jika Anda berlibur ke Madura namun tidak menyempatkan untuk berkunjung kesini!

Lokasi: Pulau Kangean, Kec. Kangayan, Kab. Sumenep.

Itulah beberapa wisata pantai di Madura yang hits dan populer. Keindahan pantai-pantai tersebut seringkali disebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Jawa Timur. Saat merencanakan liburan ke Madura bersama keluarga atau teman, Anda bisa mengunjungi salah satu dari rekomendasi pantai di atas. Mana yang menurut Anda menarik untuk dikunjungi?