10 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Salatiga

Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga yang kekinian dengan harga murah dan wajib Anda bawa pulang.

Rasanya seperti ada yang kurang, ketika pulang tanpa membawa sedikitpun buah tangan. Terutama ketika mampir atau singgah di Salatiga, kurang afdol tanpa membawa buah tangan. Bisa berbagi kebahagiaan dengan orang yang dikenal, akan menjadi sebuah kesenangan tersendiri yang akan didapatkan. Gundah melihat banyaknya buah tangan yang ditawarkan, berikut beberapa daftar oleh-oleh khas Salatiga yang bisa menjadi rekomendasi terbaik.

1. Getuk Kethek

Getuk Kethek

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Sedari dulu masyarakat Jawa begitu menyukai aneka olahan kuliner lezat, yang tebuat dari bahan utama singkong. Dari sekian banyak olahan dari singkong, gethuk menjadi kuliner yang hadir sebagai camilan ringan dikala waktu senggang. Kelezatan yang ditawarkan, membuat warga Saaltiga bangga memiliki kudapan tradisional tersebut. Selain rasanya yang lezat, cara pembuatannya pun cukup sederhana.

Agar singkong terasa lebih empuk, singkong harus direbus dalam beberapa waktu terlebih dahulu. Sebagai sentuhan akhirnya, singkong akan ditambahkan dengan toping berupa parutan kelapa di atasnya. Meski masuk dalam daftar kudapan, namun Anda akan merasa kenyang usai menyantapnya. Mudah dibawa kemanapun, membuatnya cocok sebagai buah tangan bagi kerabat terdekat. Anda bisa mendapatkannya di Jalan Argo tunggal No. 9, Argomulyo, Salatiga.

2. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril

Image Credit by Inibaru.id

Bagi Anda yang gemar mencari jajanan ringan, cobalah untuk mencicipi kudapan satu ini. Miliki cita rasa gurih nan renyah, membuatnya banyak diburu oleh para wisatawan yang singgah di Salatiga. Seperti Getuk Khetek, kudapan ringan ini pun dibuat dari singkong yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga menjadi kerupuk. Agar rasanya semakin nikmat, ditambahkan dengan racikan bumbu dapur rahasia.

Aman untuk dikonsumsi siapa saja, dalam pembuatannya kerupuk Godril tidak menggunakan bahan pengawet sedikitpun. Selain menyehatkan, Anda akan mendapatkan segala kebaikan dari bahan utamanya. Tidak perlu kebingungan untuk menemukannya, lantaran cemilan ini dengan mudah ditemui di pusat pasar tradisional hingga di berbagai toko oleh oleh. Harganya pun cukup bersahabat, sehingga perlu khawatir isi kantong akan ludes.

3. Enting Enting Gepuk

Enting Enting Gepuk

Image Credit by Eventkampus.com

Cukup populer di kalangan masyarakat Salatiga, enting enting menjadi buah tangan yang cukup unik untuk diberikan. Terbuat dari kacang yang dihaluskan, membuatnya cocok masuk kalangan cemilan yang disajikan sebagai teman ngopi anda. Rasa manis yang dihadirkannya, berasal dari tambahan gula saat proses pembuatannya berlangsung. Pada gigitan pertamanya saja, Anda akan dibuat ketagihan untuk terus mengkonsumsinya.

Bagaimana mendapatkan kudapan manis tersebut ? Silahkan kunjungi beberapa toko oleh oleh di Salatiga, yang dikenal sebagai tempat berkumpulnya segala jenis buah tangan. Berbagai merk pun bertebaran, namun Anda bisa memilih Enting Enting gepuk cap Klenteng dan 2 Hoolo. Sebab kedua merk tersebut dikenal dengan rasanya yang lezat, dan akan terus terkenang. Dibandrol sekitar Rp. 20 ribuan, Anda sudah bisa merasakan kelezatan tiada dua.

4. Gula Kacang

Gula Kacang

Image Credit by Tokopedia.com (Lapak Toserba)

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan jajanan ringan, yang terasa manis sejak gigitan pertama ini. Tidak hanya wisatawan yang tertarik untuk membelinya, bahkan warga lokalnya pun ketagihan untuk menjadikannya sebagai teman santai yang cukup memuaskan. Terbuat dari kacang yang kemudian dicampurkan dengan gula jawa, cita rasa manis nan gurih pun dihadirkannya.

Kelezatan yang ditawarkannya, seringkali wisatawan pun memborongnya sebagai buah tangan. Bahan tidak jarang pula mereka membelinya, sebagai camilan selagi menikmati perjalanan menuju tempat tujuan. Mudah didapatkan, Anda hanya perlu mencarinya di setiap toko oleh oleh terdekat tanpa perlu kebingungan. Tidak perlu khawatir akan harganya, lantaran harganya begitu ramah dikantong.

5. Singkong Keju D9

Singkong Keju D9

Image Credit by Kumparan.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, masyarakat Jawa memang erat kaitannya dengan kuliner dari olahan singkong. Seperti kuliner lainnya, singkong keju masuk menjadi kuliner lezat yang bisa dijadikan sebagai teman ngopi terbaik. Ditawarkan dalam beberapa bentuk, konsumennya bisa memilih produk yang siap digoreng ataupun yang sudah jadi. Pilihan tersebut dibuat, bertujuan agar konsumennya bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Apabila Anda memilih singkong yang siap goreng, ada baiknya untuk dibekukan terlebih dahulu di dalam freezer. Hal ini bertujuan, agar produk tetap bertahan lama meski mengalami perjalanan panjang. Terdapat berbagai varian rasa tersedia, agar konsumen tidak bosan mengkonsumsinya. apabila tertarik membelinya, silahkan kunjungi tokonya yang beralamat di Jalan Argowiyo. I No. 8A, Kel. Ledok.

6. Keripik Paru

Keripik Paru

Image Credit by Omiyago.com

Keripik Paru, merupakan salah satu buah tangan yang masuk menjadi rekomendasi terbaik. Terutama bagi Anda yang gemar mengkonsumsi camilan gurih nan nikmat, wajib rasanya untuk membeli jajanan satu ini. Sebenarnya keripik ini terbuat dari prau sapi, yang kemudian diiris tipis tipis agar mudah dikonsumsi. Agar rasanya semakin nikmat, diberikan resep bumbu khusus yang siap menggoyang lidah.

7. Kopi Babah Kacamata

Kopi Babah Kacamata

Image Credit by Tokopedia.com (Makanan Salatiga)

Terkenal sebagai penghasil kopi yang cukup baik, berbagai daerah di tanah air mampu menghasilkan biji kopi berkualitas untuk beragai olahan kopi. Salah satunya adalah kopi Babah Kacamata, yang sudah dikenal dengan rasanya yang khas. Cocok dijadikan sebagai buah tangan, lantaran mudah dibawa kemanapun. Terutama dengan kemasannya yang simpel, cocok untuk diberikan kepada kerabat terdekat.

8. Roti Wonder

Roti Wonder

Image Credit by Eatwithyourbrain.weebly.com

Roti seringkali dijadikan sebagai buah tangan rekomendasi terbaik, dengan cita rasanya yang bervariasi. Sesuai dengan nama yang disandangnya, roti satu ini menawarkan cita rasa yang begitu menakjubkan nan khas. Dengan rasa tersebut, tidak mengherankan bila dirinya menjadi primadona di berbagai kalangan. Bagi Anda yang tertarik membelinya, silahkan datang ke Wonder Bakery di Jalan Semeru No. 11, Kalicacing, Sidomukti, Salatiga.

9. Kopi Biji Salak

Kopi Biji Salak

Image Credit by Travel.kompas.com

Umumnya kopi akan dibuat dari bahan dasar kopi, yang diolah sedemikian rupa. Namun disini Anda bisa menemukan kopi dari biji salak, yang tidak kalah sedap seperti kopi pada umumnya. Keunikannya tersebut, bisa menjadi buah tangan yang akan dikenang oleh penerimanya. Anda bisa mengunjungi Jalan Srikandi, Salatiga untuk mencicipinya langsung ataupun menjadikannya sebagai buah tangan terbaik.

10. Bakpia Pathok Om Tan

Bakpia Pathok Om Tan

Image Credit by Tokopedia.com (Oleh-oleh Oom Tan)

Seakan tidak pernah luput dibeli oleh wisatawan, Bakpia Patok masuk dalam daftar oleh oleh terbaik Salatiga. Dapat dikatakan demikian, lantaran produk satu ini cukup populer daripada produk lainnya yang menjajakan hal yang sama. Tentu saja kepoulerannya tidak didapatkan begitu saja, namun karena ada rasa dan kualitas yang baik di belakangnya. Sehingga tidak perlu heran bila, produk ini begitu diburu wisatawan.

Tawarkan berbagai varian rasa, inovasi ini dilakukan agar konsumennya tidak bosan dengan rasa originalnya. Mulai dari rasa kacang hijau, coklat, keju, hingga berbagai rasa lainnya pun ada. Apabila tertarik membelinya, silahkan kunjungi pusat oleh oleh bernama Oom Tan yang berlokasi di Jalan Sudirman Pertokoan Makutarama No. 03, Kalicacing, Sidorejo, Sidomukti, kota Salatiga. Untuk mendapatkan satu kotaknya, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 25 ribuan saja.

Seringkali menjadi tempat singgah sebelum menuju tempat tujuan utama, membuat para pengemudi yang kemudian mencicipi kuliner lezat di Salatiga. Tak hanya untuk mencicipi kulinernya saja, bahkan aneka buah tangan pun tidak luput dari incaran para wisatawan. Aneka buah tangan pun dengan mudah ditemukan, dengan harga yang cukup bervariasi. Dari sekian banyak pilihan, silahkan memilihnya sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki.