16 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Sukabumi

Daftar rekomendasi Oleh-oleh khas Sukabumi yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kota Santri Sukabumi.

Setiap singgah di tempat baru, keinginan untuk membawa buah tangan khas dari daerah tersebut akan muncul. Selain menyenangkan orang lain, memberikan oleh oleh bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan kota Jakarta, menjadikannya sebagai aerah singgah yang dipenuhi dengan camilan khas. Berikut beberapa referensi kudapan, yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh terbaik dari kota ini.

1. Bandros Mang Ata

Bandros Mang Ata

Image Credit by Safaatagus.blogspot.com

Rasanya yang mantap, tidak heran bila kudapan satu ini menjadi primadona bagi masyarakat Sukabumi. Kelezatannya tidak hanya dibanggakan warganya sendiri, para wisatwan yang berkunjung pun telah mengakui tingkat kelezatannya yang akan terus dikenang. Akan terasa semakin nikmat, ketika disajikan sebagai teman minum berupa segelas teh hangat di malam hari. Dibandrol dengan harga yang bersahabat, tidak akan membuat kantong bolong.

Berlokasi di Jalan Gedung No. 4 Sukabumi, penjual akan mulai menawarkan produknya mulai pukul setengah sembilan malam hingga 6 pagi. Selama waktu tersebut, penikmatnya bisa merasakan kelezatan tiada dua selagi menikmati dinginnya malam. Kerapkali dijadikan tempat nongkrong anak muda, tempat berjualannya pun tidak pernah sepi pengunjung.

2. Kue Mochi Lampion

Kue Mochi Lampion

Image Credit by Katalogwisata.com

Teksturnya yang begitu lembut nan kenyal, membuatnya begitu disenangi masyarakat. Berasal dari negeri sakura, kudapan satu ini dihadirkan dengan aneka varian warna yang semakin membuatnya menarik. Telah diproduksi sejak tahun 1983, Anda bisa mengunjunginya di Jalan Bhayangkara No. 19, Kaswari 11, Selabatu, Cikole, Jawa Barat.

3. Roti Priangan

Roti Priangan

Image Credit by Deskgram.co

Tingginya peminat, tidak jauh dari rasa dan kualitas yang ditawarkannya. Pembuatannya mengguakan adonan khusus yang kemudian dimasukkan campuran khusus, mampu menciptakan rasa yang luar biasa lezat nan nikmat. Apabila Anda tertarik membelinya, silahkan kunjungi Toko Roti Oey Tjiang Lie yang dikenal legendaris. Bagi Anda yan tertarik mencicipinya, silahkan berkunjung di Jalan Parigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi.

4. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Image Credit by Openrice.com

Miliki cita rasa gurih nan renyah, jajanan ini memang terbuat dari kelapa yang dicampur dengan bumbu lainnya. Tersedia dalam beberapa macam rasa yang terdiri dari original, kopi, keju, cokelat, dan masih banyak lainnya. Baik dikonsumsi bagi Anda yang alergi terhadap terigu, kudapan ini juga baik dikonsumsi ketika sedang diet rendak lemak. Sebab lemak dalam kelapa akan berkurang, saat memasuki porses pengovenan.

5. Kue Jahe

Kue Jahe

Image Credit by Sukabumi.pikiran-rakyat.com

Masuk menjadi salah satu kudapan khas Sukabumi, yang tidak boleh dilewatkan untuk dijadikan buah tangan. Dihadirkan dengan rasa manis, jajanan satu ini juga menghadirkan kehangatan yang baik bagi tubuh. Efek hangat yang dirasakan, berasal dari parutan jahe asli yang digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatannya. Sehingga kudapan satu ini bisa menjadi cemilan yang cocok dikonsumsi, menjelang malam hari tiba.

6. Bolu Pisang Ibu Onih

Bolu Pisang Ibu Onih

Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Dirintis sejak tahun 1988 silam, bolu pisang Ibu Onih ini begitu populer dikunjungi. Bermodalkan dari pisang yang diolah sedemikian rupa, bisa berubah menjadi jajanan yang begitu menggoyang lidah. Bermula dari hobinya membuat kue, kini para wisatawan bisa menemukannya di beberapa gerai terdekat. Dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, jajanan ini mampu  bertahan hingga seminggu lamanya.

7. Pisang Cakra

Pisang Cakra

Image Credit by Abowlofclover.com

Miliki kelezatan yang akan meledak di mulut, jajanan ini sebenarnya adalah sebuah pisang cokelat yang kemudian dibalut dengan kulit lumpia. Meski dibuat dengan bahan sederhana, namun rasa yang dihasilkannya tidak boleh disepelekan. Apabila Anda tertarik membelinya, silahkan mendatanginya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gunung Parang, Cikole, Sukabumi. Tidak perlu takut kehabisan, toko ini akan dibuka mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

8. Coklat Unai choco

Coklat Unai choco

Image Credit by Facebook.com @UnaiChoco

Berkunjung ke Sukabumi, jangan lupa untuk mempir ke dapur coklat Unaichoco. Diolah menggunakan teknik khusus, bahan baku utamanya terbuat dari 100% coklat asli. Rasa yang ditawarkan pun cukup beragam, sehingga bisa dipilih sesuai selera. Untuk satu toplesnya, hanya dibandrol dengan harga kurang dari Rp. 40 ribu saja. Tidak hanya sebagai buah tangan semata, cokelat ini pun tidak jarang dijadikan sebagai souvenir pernikahan.

9. Pepes Ikan

Pepes Ikan

Image Credit by Resep-pepes.blogspot.com

Pepes Ikan Mas Ibu Tatty, cukup populer di berbagai kalangan di Sukabumi. Berikan kemasan yang unik nan menarik, membuat wisatawan penasaran dengan rasa yang dihadirkannya. Anda juga tidak perlu bingung ketika ingin menyantapnya, lantaran durinya yang lunak juga bisa disantap. Tidak bisa bertahan terlalu lama, kuliner satu ini sangat cocok dijadikan buah tangan bagi hunian yang dekat dengan Sukabumi.

10. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Image Credit by Kaskus.co.id

Selagi menikmati dinginnya uadara malam hari, silahkan cicipi sekoteng Singapore. Dapatkan kehangatan sekaligus menambah daya tahan tubuh, ternyata kuliner satu ini miliki rasa yang begitu sedap. Apabila tertarik mencicipinya, silahkan datang ke Jalan Ahmad Yani, Kebonjadi, Sukabumi. Hanya ada satu tempat saja, tempat ini tidak membuka cabang dimanapun. Oleh karenanya, pengunjung wajib mencoba si kuliner khas tersebut selagi senggang.

11. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi

Image Credit by Budaya-indonesia.org

Meski surabi bisa ditemukan di daerah lainnya, surabi dari Sukabumi miliki rasa yang berbeda. Sebab mereka menyediakan surabi rasa durian, yang terasa begitu khas bahkan sejak gigitan pertama. Terutama bagi Anda yang sangat senang dengan rasa durian, tidak ada salahnya mencicipi kuliner khas satu ini. Dijamin tidak ada rasa penyesalan, usai mencoba rasanya yang manis nan unik.

12. Sate Aci

Sate Aci

Image Credit by Sukabumixyz.com

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate aci terbuat dari tepung kanji yang kemudian dibentuk menjadi bulat bulat kecil yang menggemaskan. Adonan yang telah dibentuk, kemudian ditusuk dan disiramkan dengan bumbu kacang spesial. Soal rasa tidak perlu ditanya, karena gigitan pertama saja sudah bisa membuat Anda jatuh cinta. Siapa yang menyangka bila, camilan satu ini bisa dijadikan sebagai pengganjal perut lapar.

13. Deblo

Deblo

Image Credit by Cookpad.com

Mulai langka di pasaran, kudapan satu ini nampaknya terkikis seiring berkembangnya zaman. Terbuat dari bahan yang sederhana, jajanan ini miliki rasa gurih nan asin yang khas. Jajanan khas ini terbuat dari singkong yang diberikan beberapa bumbu seperti kunyit, daun bawang,  bawang putih, garam, dan merica yang kemudian ditumbuk hingga halus. Apabila adonan telah jadi, kemudian digoreng hingga kering.

14. Kerajinan Tanduk

Kerajinan Tanduk

Image Credit by Merahputih.com

Akan menjadi buah tangan yang unik, kerajinan satu ini terbuat dari tanduk kerbau yang kemudian diukir dengan apik. Bentuk ukiran yang dihasilkan pun beragam, membuat tanduk semakin cantik dipandang. Umumnya bentuk yang akan diukir yaitu burung, penggaruk, ikan ikanan, sendok, garpu, sisir, hingga gantungan kunci. Perlu dibanggakan, lantaran kerajinan unik ini pemasarannya pun sudah masuk pasar Jerman.

Banyak pesanan dari negara tersebut, untuk dijadikan sebagai bingkai kacamata Rodenstock. Tidak tanggung tanggung, jumlah pesanannya pun bisa mencapa 1 kontainer sendiri. Sudah terkenal hingga kancah internasional, beberapa negara pun tertarik untuk memesannya. Namun perlu disayangkan karena sumber bahan baku yang terbatas, semua permintaan tidak bisa dipenuhi. Dibandrol hingga ratusan ribu, besaran harga tergantung besar ukurannya.

15. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu

Image Credit by Tokohinspiratif.id

Terkenal akan segudang manfaat yang dibawanya, bambu seringkali dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Agar nilai jualnya bertambah, bambu pun diolah dengan sedikit kreatifitas. Berubah menjadi aneka kerajinan khas dari Sukabumi, kerajinan ini banyak ditemukan di daerah tersebut dengan harga yang sangat ramah di kantong. Tidak jarang para pelancong memburunya, untuk dijadikan sebagai buah tangan terbaik.

Souvenir yang unik nan menarik, kerajinan satu ini miliki beragam bentuk tergantung dari kreatifitas pengrajinnya. Mulai dari tas, kursi, kapal laut, tutup meja, lampu, dan berbagai kerajinan lainnya bisa ditemui dengan mudah disana. Ketika souvenir ini diletakkan di dalam rumah, dijamin akan menambah keindahannya. Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan turis asing pun tertarik untuk memilikinya.

16. Kerajinan Batu

Kerajinan Batu

Image Credit by Inisukabumi.com

Sebagai buah tangan khas Sukabumi, kerajinan batu begitu mudah ditemui di sepanjang sudut daerah tersebut. Termasuk buah tangan yang cukup berat jika dibandingkan dengan lainnya, sebab material pembuatannya berasal dari batu. Dihadirkan dengan berbagai macam bentuk, menambah estetika seni di dalamnya. Terbuat dari bahan yang tidak biasa, membuatnya tampil menarik untuk segera dibeli.

Bentuknya pun beragam mulai dari kura kura, telur, gelang, cincin, kaling, ikan, bebek, piring, gelas, dan masih bentuk banyak lainnya. Sayang untuk dilewatkan begitu saja, souvenir ini mampu menghias hunian menjadi lebih menarik. Tidak hanya digunakan sebagai souvenir semata, kerajinan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk keperluan sehari hari. Ketika membawanya sebagai buah tangan, dijamin orang yang menerimanya akan sangat senang.

Selain berburu spot wisata di Sukabumi, para pelancong tidak lupa meluangkan waktu untuk mencari kuliner khas yang bisa dijadikan buah tangan. Bahkan letaknya yang tidak jauh dari kota Jakarta, menjadikannya sebagai tempat yang sering dilewati para pengemudi. Melihat berbagai tempat yang menyediakan kuliner lezat, mendatangkan keinginan untuk mencobanya. Banyaknya pilihan yang ditawarkan, Anda harus memikirkan buah tangan terbaik untuk dibawa.