Saat berada di Jogja, kurang lengkap rasanya apabila anda tidak berkunjung ke destinasi pantainya. Sebab, pantai yang ada di provinsi ini dikenal memiliki pasir putih yang sangat menawan. Bagi anda yang ingin melepas penat akan aktivitas harian yang membosankan, maka anda pun bisa mengunjungi beberapa destinasi pantai pasir putih di Jogja, seperti pada ulasan berikut ini.

1. Pantai Sundak

Pantai Sundak
Image Credit: Google Maps Pavol Bučko

Rekomendasi pantai yang memiliki pasir putih pertama adalah Pantai Sundak. Wisata bahari ini tak kalah keren dengan pantai pantai yang lain. Bahkan namanya sendiri pun memiliki makna yakni Sundak yang berasal dari perkelahian antara anjing yang mana dalam bahasa Jawa disebut dengan Asu dan landak.

Namun, tidak hanya memiliki legenda yang cukup menarik, ternyata pemandangan yang ada di lokasi satu ini pun sangat memikat hati. Perpaduan pantai pasir putih dengan air lautnya yang biru jernih akan membuat anda betah untuk berlama lama menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Selain itu, saat berada disini, anda juga wajib untuk menjelajah daerah pantai. Sebab, ketika anda berjalan jalan, nantinya anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa bukit kapur yang sangat eksotis. Bahkan lokasi ini pun kerap kali digunakan sebagai tempat untuk pemotretan. Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, pastikan anda mengunjungi pantai indah ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

2. Pantai Drini

Pantai Drini
Image Credit: Google Maps Ayu Wijayadi

Selanjutnya, anda bisa berkunjung ke Pantai Drini yang memang memiliki keindahan akan pasir putihnya yang mempesona. Berkunjung kesini, anda pun tak perlu khawatir, sebab akses menuju kesini terbilang cukup mulus. Meskipun pada jalan masuk menuju pantainya anda akan melewati jalanan yang berkelok kelok.

Pantai yang sepi dan masih belum terjamah banyak wisatawan ini tentunya menjadi salah satu lokasi yang pas bagi anda untuk menyendiri. Jika anda mencari pantai yang tenang, maka Pantai Drini adalah lokasi yang tepat. Udara yang ada di sini pun masih terasa sejuk dan dingin. Selain itu, untuk aliran airnya sendiri juga tidak terlalu deras.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Image Credit: Google Maps Wisata Jogja

Masih belum puas menjelajah pantai pasir putih yang ada di Jogja, maka saatnya anda melanjutkan perjalanan ke Pantai Sepanjang. Destinasi satu ini terbilang hampir sama dengan nuansa Pantai Kuta tempo dulu. Dengan memiliki garis pantai yang panjang dan pasir berwarna putih, tentunya akan membuat anda betah menghabiskan waktu di lokasi ini.

Selain itu, untuk ombaknya sendiri pun tidak terlalu tinggi alias sedang. Sehingga, anda bisa bermain air di pinggir pantai. Anda juga bisa untuk berjemur di pantai dengan matahari yang terik. Bagi anda yang ingin menikmati aktivitas selancar, maka anda pun juga bisa melakukannya di Pantai Sepanjang yang memiliki jarak cukup dekat dengan Pantai Sundak.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. nglolang, Saglen, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan
Image Credit: Google Maps Wariadi 88

Selain memiliki keistimewaan berupa pantai pasir putihnya, Pantai Ngrenehan yang ada di Jogja ini juga dikelilingi oleh bukit kapur yang indah. Sehingga tak heran banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahannya. Selain itu, air laut yang berwarna hijau kebiru biruan jernih ini akan membuat anda betah berada disini.

Lebihnya lagi, ombak yang ada di Pantai Ngrenehan tidak terlalu kencang. Sehingga anda pun bisa bermain dengan aman di pinggiran pantai. Ada hal lain yang bisa anda saksikan ketika berada disini yakni kegiatan para nelayan. Anda pun juga bisa menikmati hasil tangkapan ikan nelayan tersebut. Sebab, di sekitar pantai anda akan menemukan rumah makan yang menyediakan menu khas laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kota Wonosari, DI Yogyakarta.

5. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Image Credit: Google Maps ida agus sutarto

Jika anda berencana untuk mengunjungi pantai yang tersembunyi di Jogja, maka anda pun bisa datang ke Pantai Sadranan. Destinasi satu ini terletak di tempat yang jarang diketahui oleh wisatawan. Sehingga bagi anda yang ingin mencari tempat tenang untuk menghabiskan waktu luang, maka Pantai Sadranan adalah tempat yang cocok.

Saat berada di pantai ini, anda pun akan menemukan gubuk yang memiliki ukuran cukup besar. Disini, anda pun bisa bersantai dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Ada banyak hal yang bisa anda nikmati saat berada di pantai satu ini. bahkan jika anda ingin menginap, maka anda pun bisa bermalam di villa yang berada di atas bukit karang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pule Gundes II, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Image Credit: Google Maps Asdiansyah Saputra

Rekomendasi pantai dengan hamparan pasir putih lainnya adalah Pantai Indrayanti. Destinasi satu ini berada di sebelah timur Pantai sundak. Letaknya sendiri dibatasi oleh bukit karang sehingga dapat dikatakan menjadi salah satu pantai indah yang bisa anda temukan di Jogja. Disini, anda pun juga akan disuguhkan dengan air lautnya yang jernih.

Tidak hanya itu saja, anda juga akan bisa menikmati beragam fasilitas yang tersedia. Mulai dari restoran dan juga cafe yang menyediakan menu menu khas laut yang terbaik. Apabila anda datang di malam hari, maka anda pun bisa bersantai di gazebo pantai sembari menikmati indahnya pantai yang gemerlap akibat sinar lampu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

7. Pantai Siung

Pantai Siung
Image Credit: Google Maps Amri pradipta alfirdausi

Anda juga bisa mengunjungi Pantai Siung yang letaknya masih sangat terpencil. Untuk bisa sampai ke pantai ini, disarankan anda menggunakan sepeda motor atau mobil. Sebab, anda akan sulit menemukan angkutan umum saat berada disini. Meskipun jalan menuju ke destinasi ini terbilang sulit, namun anda pun akan merasa lega ketika telah sampai.

Hal ini dikarenakan anda akan disambut dengan indahnya Pantai Siung yang mempesona. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai satu ini adalah batu karangnya yang menawan. Anda pun akan mendapati batu karang dengan ukuran raksasa di sepanjang kanan kiri pantai. Tentunya hal ini akan membuat Pantai Siung terlihat lebih eksotis.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

8. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan
Image Credit: Google Maps Yulia Angelina

Pantai Nguyahan adalah salah satu pantai di Jogja yang memiliki pasir putih indah. Nama Nguyahan sendiri diambil dari kata Uyah, yang berarti garam di dalam bahasa Jawa. Berada disini, anda pun akan disuguhkan hamparan pasir putih yang sangat luas. Tidak hanya itu saja, pantai yang tergolong bersih inipun akan membuat anda puas bermain seharian.

Selain itu, apabila anda ingin berkunjung ke banyak tempat sekaligus, maka anda bisa mengunjungi Pantai Ngobaran yang berada tak jauh dari pantai ini. sehingga, sekali mendayung dua pantai pun bisa anda singgahi. Pantai Nguyahan ini sangat pas dijadikan tempat untuk melepas penat lantaran pesonanya yang memang mengagumkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, Kanigoro, Kec. Sapto Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

9. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Image Credit: Google Maps wisata Jogja21

Belum puas menikmati pantai pasir putih, maka selanjutnya anda bisa mengunjungi Pantai Wediombo. Disini, ada banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan. Mulai dari memancing ikan di beberapa spot yang tersedia hingga menunggu momen matahari terbenam.

Disini, anda tidak perlu takut kepanasan. Sebab, di Pantai Wediombo anda pun akan menemukan banyak sekali deretan pepohonan yang berbaris di lokasi satu ini. tentunya akan menambah suasana menjadi lebih asri. Bagi anda yang suka melakukan kegiatan surfing, sebaiknya juga mampir ke pantai ini.

Sebab, ombak yang ada di pantai ini terbilang cukup besar. Hal ini dikarenakan Pantai Wediombo berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Untuk itu, jika anda memiliki hobi berselancar, jangan lupa untuk membawa papan selancar yang anda miliki saat berada di pantai satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta

10. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Google Maps Gilang Primada

Kurang lengkap rasanya jika membahas pantai pasir putih namun tak mencantumkan Pantai Pok Tunggal didalamnya. Akses jalan menuju ke lokasi satu ini dapat dikatakan cukup baik. Hal ini dikarenakan telah banyak wisatawan yang mulai tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini.

Di pantai ini, anda tak hanya akan disuguhkan pasir putih lembu dan menawan saja, melainkan anda juga akan bisa melihat keindahan pantai dari atas tebing. Pihak pengelola pun juga telah menyediakan akses jalan yang mudah untuk menuju tebing tersebut. Dari atas tebing, anda pun akan bisa melihat indahnya Pantai Pok Tunggal dari sudut yang berbeda.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

11. Pantai Seruni

Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Fadjari Wibowo

Pantai satu ini juga dikenal akan pasir putihnya yang khas. Berada diapit oleh tebing tebing yang tinggi membuat pantai ini pun seakan akan bersembunyi. Namun, sesampainya anda di pantai satu ini, maka anda pun akan langsung disambut dengan airnya yang sangat jernih dan berwarna biru.

Tidak hanya itu saja, di sebelah timur dari pantai satu ini, anda juga akan disuguhkan sumber air tawar yang memiliki aliran cukup deras. Sehingga anda pun akan melihat layaknya air terjun kecil di kawasan satu ini. untuk itu, anda pun tak boleh melewatkan kesempatan mengunjungi pantai ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pantai pasir putih yang ada di Jogja tersebut merupakan destinasi menarik yang bisa anda kunjungi. Di Jogja sendiri memang dikenal memiliki banyak pantai yang menghadirkan pesona keindahan tersendiri. Salah satunya adalah pantai pasir putih yang bisa anda temukan di beberapa daerah terkenal dengan destinasi baharinya.