Pesona Keindahan Alam Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.
MapCek Lokasi

Pulau Pramuka memiliki daya tarik tersendiri bagi warga yang berada di sekitar Jakarta untuk berlibur. Pasalnya, di pulau ini dapat ditemukan penangkaran penyu dan menjadi tempat snorkeling terbaik.

Tak jauh dari kota Jakarta, terdapat gugusan Kepulauan Seribu yang memiliki daya tarik tersendir bagi wisatawan. Memiliki loasi yang tidak jauh bagi warga ibukota, membuat Pulau Pramuka cukup diminati bagi warga untuk menghabiskan liburan di akhir pekan. Seperti apa saja kegiatan yang bisa untuk anda lakukan di tempat satu ini? Berikut simak ulasan selengkapnya.

Sekilas Tentang Pulau Pramuka

Image Credit: Weebly.com

Pulau Pramuka adalah salah satu pulau yang terletak dalam satu gugsan Kepulauan Seribu. Dimana seara administratif akan berada di Keluraha Panggang, Kecamatan Kepulaua Seriu Utara. Pulau ini sendiri memiliki jumlah penduduk yakni sekitar 2.000 jiwa dan memiliki banyak perkantoran dkarenakan sebagai pusat pemerintahan dan administratif dari Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu

Pulau ini sendiri awalnya lebih dikenal dengan nama Pulau Elang. Hal ini dikarenakan dulunya terdapat burung Elang Bondol yang dijadikan sebagai lambang atau ikon dari Provinsi DKI Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, maka pulau yang befungsi sebagai perkampungan ini pun membuat burung burung elang tersebut hilang dengan sendirinya.

Rute Menuju Lokasi Pulau Pramuka

Rute Menuju Lokasi Pulau Pramuka

Image Credit: Berilxaquila.bigcartel.com

Bagi anda yang ingin untuk melakukan perjalanan menuju tempat satu ini maka anda pun bisa melakukannya dengan membeli paket wisata yang tersedia pada jasa tours and travel. Tentu saja ketika anda mengikuti open trip tersebut, maka anda pun nantinya tak perlu khawatir dengan masalah transportasi lagi. Akan tetapi, bagi anda yang pergi secara solo maka anda pun harus agak bersusah payah di dalam mencari sarana transportasi untuk menyebrang Pulau Pramuka.

Untuk anda yang ingin menuju pulau ini maka anda bisa menggunakan dua tempat yang dituju untuk mencari perahu, yakni di Pantai Ancol atau dermaga Marina. Serta anda pun juga bisa mencari perahu di pelabuhan Kali Adem yang berada di Muara Angke. Untuk anda yang memiliki budget liburan berlebih, maka anda pun bisa menyewa speedboat dengan biaya penyebrangan yakni berkisar 250 rupiah per orang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Paling Hits

Untuk perjalanan menggunakan speed boat ini kurang lebih yakni sekitar 45 menit hingga 1 jam. Sedangkan bagi anda yang ingin menghemat biaya perjalanan, maka anda pun bisa menempuh dengan menggunakan kapal ferry atau kapal tongkang yang berada di Pelabuhan Kali Adem. Anda pun nantinya hanya tinggal merogoh kocek yakni sekitar 50 ribu rupiah per satu orang. Ditambah dengan biaya asuransi sekitar 4 ribu rupiah.

Sedangkan untuk kecepatan dari kapal ferry ini sekitar 30 km/jam. Sehingga nantinya anda akan melakukan perjalanan selama 1,5 jam dengan jarak antara pelabuhan Muara Angke dengan Pulau Pramuka yakni sekitar 50 km. Ketika sampai di Pulau Pramuka, maka anda pun akan langsung dikenakan biaya retribusi yakni sekitar 5 ribu rupiah. Harga tersebut tentu saja cukup murah untuk tempat wisata yang memiliki pemandangan indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pramuka

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pramuka

Image Credit: Paradisotraveling.com

Pulau Pramuka ini sendiri memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga nantinya akan terlihat lebih memukau. Selain itu, pulau satu ini pun memiliki kelebiha dari segi eko wisat dan juga wisata untuk edukasi. Salah satunya adalah tersedia area untuk konserasi mangrove yang berada di bagian belakang pulau. Tak hanya itu saja, juga terdapat penangkaran Penyu Sisik dan juga tempat untuk penangkaran ikan hiu.

Dengan adanya area untuk konservasi mangrove tersebut akan membuat tempat ini pun menjadi cukup teduh. Ditambah lagi, wisatawan juga bisa belajar tentang bagaimana cara untuk lebih paham mengenai lingkungan. Hasil pembibitan dari pohn mangrove ini sendiri juga didistribusikan dan ditanam di pulau lainnya yang masih dalam satu gugusan kepulauan Seribu.

Selain itu, daya tarik lain yang akan memikat pengunjung adalah adanya penangkatan Penyu Sisik dan Ikan Hiu. Dengan adanya dua hal tersebut akan bisa memberikan pembelajarn tentang cara memperlakukan hewan langka yang telah dilindungi. Nantinya, pengunjung pun akan bisa melihat secara langsung bagaimana bentuk dari anak penyu, sebelu akhirnya dilepas ke laut. Bahkan ikan hiu yang berusia masih muda pun juga bisa anda temukan di pulau satu ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Hits

Pada area penangkaran hiu, maka pengunjung pun juga akan bisa menikmat kuliner khas dari Kepulauan Seribu. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah restoran yang terapung di atas permukaan laut. Sehingga anda pun aka bisa untuk merasaan nikmatnya sensasi makan di atas permukaan air laut. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memesan makanan tersebut ketika sedang berada di rumah makan terapung tersebut.

Anda pun juga bisa bermain wahana air bersama keluarga tercinta seperti di pulau pulau lain yang ada di sekitar Pulau Pramuka. Ada berbagai macam wahana air yang bisa untuk anda coba. Mulai dari donat boat, banana boat, dan juga kano. Anda pun juga bisa menjelajah pulau dengan menyewa sepeda kepada penduduk sekitar. Pastinya hal tersebut akan menjadi salah satu pengalaman yang mengasyikkan.

Aktifitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Pramuka

Image Credit: Wukitravel.com

Ketika anda berada di Pulau Pramuka ada berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan. Pertama, anda pun wajib untuk mangabadikan momen di pulau satu ini. tidak hanya pemandangan pantainya saja yang perlu untuk anda potret, melainkan anda jangan sampai ketinggalan untuk menjelajah taman bawah laut. Apabila anda kelupaan untuk tidak membawa kamera underwater, maka anda pun bisa dengan mudah untuk menyimpannya di pulau ini.

Selain itu, bagi anda yang memiliki hobi untuk menjelajah bawah laut maka tak ada salahnya untuk mencoba snorkeling dan diving di pulau satu ini. Pasalnya, Pulau Pramuka memiliki perairan yang jernih. Belum lagi terumbu karang yang masih alami, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda pun bisa melihat berbagai jenis ikan dan juga binatang laut lainnya ketika melakukan snorkeling di sini.

BACA JUGA:  Kebun Binatang Ragunan, Tempat Liburan Favorit Sekaligus Belajar Satwa

Untuk anda yang pemula, melakukan snorkeling di taman bawah laut Pulau Pramuka telah menjadi salah satu hal yang pas untuk melepas penat. Sebelum itu, anda pun juga bisa menyewa peralatan snorkeling terlabih dahulu sebelum menaiki ojek perahu. Untuk harga penyewaan dari peralatan tersebut yakni mulai 35 ribu rupiah. Disitu, anda bisa mendapatkan pelampung, kacamata bawah air dan juga sepatu katak.

Tak hanya itu saja, bagi anda yang menyukai kegiatan camping maka anda pun bisa melakukannya di pulau satu ini. Meskipun di kawasan Pulau Pramuka cukup banyak penginaan dengan harga yang terjangkau, namun menginap dengan berkemah akan memberikan sensasi yang tersendiri. Pemandangan berupa pepohonan yang rindah dan juga air laut yang jernih menjadi hal yang bisa anda dapatkan ketika berkemah disini.

Bagi anda yang memiliki hobi memancing, maka anda pun bisa melakukannya di pulau satu ini. Anda pun bisa menjelajahi pulau pulau yang ada di sekitar pulau ini dengan menyewa ojek perahu. Dimana nantinya anda pun akan bisa diantarkan oleh pemilik perahu ke pulau tersebut. mulai dari Pulau Air, Pulau Semak Daun, Pulang Gosong dengan pemandangan yang eksotis dan dipenuhi oleh banyak ikan.

Wahana permainan air dan watersport menjadi salah satu hal yang bisa anda lakukan. Pasalnya, jika anda pergi bersama keluarga untuk mengunungi pulau ini maka anda pun bisa melakukan berbagai permainan air dengan harga yang cukup murah. Untuk menyewa single cano maka anda pun akan dikenakan biaya yakni sekitar 35 ribu rupiah, sedangkan untuk double cano yakni mulai dari 50 ribu rupiah. Anda juga bisa bermain jetski, banana boat dan juga donat boat.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa untuk anda lakukan di tempat satu ini. untuk anda yang bingung menghabiskan waktu akhir pekan, melakukan camping di Pulau Pramuka dapat menjadi salah satu aktifitas yang mengasyikkan. Sehingga nantinya anda pun akan bisa untuk melepas penat dan menikmat pulau cantik satu ini.