10 Wisata Pantai di Cilacap yang Hits & Populer

Wisata Pantai Cilacap

Ingin Liburan ke Cilacap? Periksa List Wisata Pantai Terindah di Cilacap, Jawa Tengah. Objek Wisata Bahari, Eksotis, Populer dan Terhits untuk Liburan dengan Petualangan Seru dan Menyenangkan.

Cilacap mempunyai wisata pantai dengan panorama alam yang begitu mengagumkan. Letak kabupaten ini berada di sebelah selatan Pulau Jawa dan masih satu garis dengan Pantai Selatan. Alhasil banyak destinasi pantai yang Anda temukan ketika berkunjung, Hamparan pasir putih dan warna air laut biru menjadi daya tarik utama wisatanya.

Beberapa kawasan pantainya belum populer dan jarang dikunjungi para wisatawan. Penasaran apa saja wisata pantai yang disuguhkan kota Cilacap? Berikut deretan pantai terindah yang menarik untuk dijelajahi.

1. Pantai Jetis

Pantai Jetis

Image Credit: Facebook.com @cjtindonesia

Bisa dibilang wisata pantai ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Hal ini terbukti dari lahan parkir luas yang selalu penuh setiap akhir pekan dan liburan. Ditambah lagi wahana yang tersedia berhasil menarik perhatian para pengunjung. Jadi tidak heran bila destinasi ini kerap menjadi jujugan para wisatawan untuk liburan bersama keluarga.

Letak pantai ini berada di ujung timur wilayah Cilacap, lumayan jauh apabila ditempuh dari pusat kota. Bentangan pantainya lumayan luas hampir 3 kilometer, lalu pada pintu timur tempat masuk terdapat tempat pelelangan ikan. Gelombang laut Pantai Jetis besar karena termasuk garis Pantai Selatan. Sehingga ombaknya sering dimanfaatkan untuk melakukan olahraga selancar.

Pemandangan alam yang disajikan sangat indah apalagi ketika Anda berkunjung di sore hari. Para pengunjung biasanya akan berburu sunset sembari mengabadikannya dalam jepretan kamera. Lanskap alam berupa bentangan pantai dan pegunungan kapur membuat kawasan ini dicintai para fotografi. Selain itu, Anda bisa bersantai disini sambil menikmati segarnya es kelapa.

Lokasi: Desa Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap.

2. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu

Image Credit: Instagram.com @nyo_item

Dulu pantai ini pernah tercemar tumpahan minyak, namun sekarang justru menjadi ikon wisata Cilacap. Sebagian besar wisatawan datang waktu pagi hari sembari berburu sunrise. Bahkan sudah menyiapkan kamera untuk mengabadikan terbitnya sang cakrawala. Kemudian dilanjutkan dengan jalan-jalan di sekitar bibir pantai, sambil menghirup udara sejuk di pagi hari.

Pantai ini khas dengan pasir warna hitam bersih dan lembut saat berjalan diatasnya. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini terkenal sebagai habitat penyu. Anda akan menemukan tempat penangkaran penyu tidak jauh dari area pantai. Bila beruntung Anda bisa ikut dalam agenda melepaskan penyu remaja untuk berenang ke lautan.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti bersepeda sampai menyantap kudapan di pinggir pantai. Anda juga dapat berkunjung ke Benteng Pendem yang merupakan daya tarik dari pantai ini. Benteng tersebut telah berdiri sejak tahun 1800an dan luasnya sekitar 10 hektar. View pantai dari atas benteng menjadi spot favorit untuk mengambil foto.

Lokasi: Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

3. Pantai Sodong

Pantai Sodong

Image Credit: Instagram.com @rizkicitox

Rute menuju lokasi wisata memang tidak sulit, Anda cukup mengikuti arus jalan dari pusat kota. Posisinya diapit oleh Gunung Selok dan Pantai Bunton, serta dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Paduan alam tersebut yang menjadi alasan mengapa Pantai Sodong begitu dikagumi oleh wisatawan. Ditambah lagi hamparan pasir hitam yang turut menghiasi sepanjang bibir pantai.

Pengelola wisata sudah mempersiapkan beragam wahana yang siap menemani liburan Anda. Ada mobil sport mini yang bisa dimainkan oleh si kecil, serta ayunan di tepian pantai. Tidak ketinggalan jembatan pelangi sebagai spot foto menarik dan kolam renang anak. Tersedia pula tempat makan yang menyajikan beragam menu seafood yang menggugah selera.

Menjelang sore tiba wisatawan dapat menikmati keindahan sunset dari pinggir pantai. Langit berwarna orange keemasan menjadi pemandangan paling menarik di kawasan wisata ini. Ombak lautnya tergolong kecil jadi aman untuk bermain air di sekitar lautan. Namun tetap berhati-hati jangan sampai melebihi batas yang sudah ditetapkan pengelola wisata.

Lokasi: Jl. Laut, Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap.

4. Pantai Kalipat

Pantai Kalipat

Image Credit: Pantainesia.com

Pantai ini letaknya tersembunyi di daerah selatan Pulau Nusakambangan. Suasana yang sepi dan tenang menjadi sisi eksotisme wisata tersendiri. Untuk menuju kawasan pantai Anda perlu perjuangan yang cukup melelahkan. Pertama Anda harus menyebrangi laut menggunakan kapal nelayan. Selanjutnya berjalan kaki untuk menempuh jarak lumayan jauh dan menguras tenaga.

Setelah tiba di Pantai Kalipat rasa lelah Anda langsung terbayar dengan suguhan alamnya. Hamparan pasir pantai putih berhiaskan kerikil dan karang-karang kecil yang tidak melukai kaki. Warna air laut biru begitu elok memanjakan mata, serta menjadi ciri khas dari destinasi pantai ini. Jarangnya wisatawan yang berkunjung membuat kondisi pantai masih alami dan asri.

Lokasi: Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

5. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

Image Credit: Twitter.com @tsel_jatengdiy

Posisi pantai berada di ujung Pulau Nusakambangan bagian timur, dan akses menuju lokasi cukup mudah. Pemandangan yang disajikan begitu menawan berupa pasir putih dan air laut berwarna biru. Ombak lautnya tergolong tinggi jadi disarankan tidak berenang di lautan sebab berbahaya. Paling aman sekedar jalan kaki di tepian pantai atau bersantai sambil menikmati semilir angin.

BACA JUGA:  Umbul Sidomukti, Kawasan Wisata Favorit di Lereng Gunung Ungaran Semarang

Salah satu daya tarik pantai ini ialah situs Benteng Karang Bolong, yang usianya sudah ratusan tahun. Benteng tersebut berdiri megah diantara gelombang laut yang menggulung. Dari atas bangunan bersejarah tersebut Anda dapat melihat pemandangan pantai secara keseluruhan. Keindahan langit sunset menjadi momen yang selalu ditunggu oleh para wisatawan.

Bentuk karang di pantai ini unik dan bagus sehingga kerap menjadi spot untuk berfoto. Kondisi lingkungan wisata di Cilacap ini masih alami dan bersih, jadi cocok sebagai tempat untuk menghilangkan penat. Belum lagi semilir angin sejuk yang menerpa wajah memberikan sensasi damai dan tenang tersendiri.

Lokasi: Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

6. Pantai Kamulyan

Image Credit: Instagram.com @alifah_esti_nur

Waktu pagi merupakan momen yang paling ditunggu oleh para wistawan. Pasalnya panorama sunrise disini berhasil memesona para pengunjung. Disamping itu udara pagi masih terasa segar dan sinar mataharinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi tak heran bila Anda sering menjumpai banyak orang yang datang untuk berolahraga di pantai ini.

Jika tidak berolahraga Anda dapat bersantai di warung penjaja tepian pantai. Sembari menyesap kopi hangat dan menyantap sarapan dengan menu khas Cilacap. Agenda matahari terbit juga dinanti untuk mengambil foto yang instagramable. Bias sinar matahari yang terpancar serta siluet kapal-kapal dari kejauhan membuat panorama pantai kian cantik.

Lokasi: Tegalkatilayu, Tegalkamulyan, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

7. Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana

Image Credit: Facebook.com @cilacapzone.id

Jika ada yang mengatakan bahwa pantai ini merupakan surga tersembunyi Cilacap memang benar adanya. Trek menuju lokasi lumayan menguras tenaga sebab harus ditempuh 3 jam dengan berjalan kaki. Anda diajak berpetualang dulu melewati hutan, naik turun gunung, serta jalan kecil licin dan penuh semak belukar. Namun rasa lelah langsung luntur setelah tiba di kawasan Pantai Kali Kencana.

Keunikan pantai terletak pada pasir putih yang berubah merah muda ketika diterpa sinar matahari. Hal ini karena ada karang-karang kecil yang berada di dalam pasir, sehingga merubah warnanya bila terkena sinar. Air lautnya berwarna biru dengan gelombang yang lebih tenang dibandingkan pantai lainnya. Tidak ada wahana istimewa disini jadi Anda hanya bisa bersantai atau hunting foto.

BACA JUGA:  Punthuk Setumbu, Menikmati Keindahan Alam Magelang dari Ketinggian

Lokasi: Pulau Nusakambangan, Kab. Cilacap.

8. Pantai Logending

Pantai Logending Cilacap

Image Credit: Instagram.com @kebumenzone

Nama Logending sendiri berasal dari penggabungan dua kata, yaitu Lo dan Gending. Lo artinya pohon yang digunakan untuk alat musik, sedangkan Gending adalah istilah dari Java Gending. Warga setempat lebih familiar dengan nama Pantai Ayah, sebab pantai ini merupakan tempat para nelayan pergi melaut.

Jadi pemandangan pertama yang Anda temukan tentu jajaran kapal nelayan di tepi pantai. Lokasi pantai juga berdekatan dengan perkampungan nelayan, sehingga Anda bisa sekaligus mengunjunginya dalam agenda liburan kali ini. Bersantai di pinggir pantai sembari melihat kesibukan para nelayan, rasanya tidak sekedar menyenangkan tetapi belajar untuk menghargai pekerjaan lain.

Lokasi: Desa Ayah, Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

9. Pantai Permisan

Image Credit: Detik.com

Destinasi satu ini sudah populer di kalangan wisatawan dan masuk dalam jajaran wisata hits di Cilacap. Dulunya pantai ini tidak dibuka untuk umum karena aturan khusus di Pulau Nusakambangan. Namun belakangan justru menjadi ikon wisata dari kota Cilacap, sebab eksotisme pantainya tidak dapat ditolak. Belum lagi kombinasi alam sempurna yang memanjakan mata.

Air lautnya berwarna biru dan jernih, serta pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Paduan tersebut menjadi mahakarya yang membuat wisatawan kerap berdecak kagum. Suara deburan ombaknya terdengar sayup-sayup di telinga, menjadikan suasana pantai lebih tenang. Situasi yang cocok sebagai momen melepas penat dan refreshing pikiran.

Di sekitar pantai juga terdapat pulau yang sering digunakan untuk acara militer. Meskipun pantai ini masih alami namun lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Jaraknya dekat dengan Pelabuhan Sondang sehingga akses menuju Pantai Permisan mudah dilalui. Saat sore hari Anda akan disuguhi dengan panorama sunset yang begitu memikat hati.

Lokasi: Permisan, Tambakreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap.

10. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung

Image Credit: Ksmtour.com

Bila Anda merencanakan liburan bersama keluarga, maka pantai ini menjadi pilihan tepat. Pasalnya hampir seluruh wahana khusus disediakan bagi keluarga dan anak-anak. Kegiatan yang dapat dilakukan seperti menunggang kuda, bermain pasir, berburu kepiting, dan hunting foto. Hamparan pasir hitam lembut dan air laut biru menjadi daya tarik yang memesona pengunjung.

Lokasi: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binangun, Kab. Cilacap.

Wilayah Cilacap memang berbatasan langsung dengan Pantai Selatan, sehingga sebagian besar pantainya tampak mirip. Ombak besar menjadi ciri utama yang tidak bisa diabaikan, pasalnya rawan bila Anda berenang. Namun pesona alamnya sangat luar biasa hingga Anda betah berlama-lama disini. Ditambah udara sejuk dan suasana damai membuat liburan lebih berkesan.