15 Wisata Pantai di Pacitan yang Hits & Populer

Wisata Pantai Pacitan

Temukan Beragam Pilihan Wisata Pantai Terbaik di Pacitan, Jawa Timur. Objek Wisata Bahari Eksotis, Populer, Terindah & Terhits yang Menarik Anda Kunjungi Saat ingin Liburan yang Mengesankan.

Kepopuleran Pacitan disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor tokoh, tempat, kondisi geografis atau destinasi wisatanya. Daerah ini mendapatkan julukan Kota 1001 Goa, hal itu karena banyaknya jumlah Goa yang menarik untuk dijelajahi. Memiliki potensi pariwisata menjanjikan dan keunikan yang patut dikenal juga menjadi bagian dari Pacitan.

Salah satu destinasi wisata yang menjadi unggulan di kota ini adalah wisata pantai. Memiliki keunikan dan daya tarik sendiri membuat siapapun menjadi ingin mengunjunginya. Berikut deretan wisata pantai populer dan hits di Pacitan.

1. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul

Image Credit: Twitter.com @zabhiesites

Wisata alam yang tersembunyi dari keramaian kota ini memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Pacitan. Anda dapat mengunjungi Pantai Ngandul setelah melakukan trekking selama beberapa waktu. Namun jangan terkejut ketika melihat pantai ini, Anda tidak akan menemukan pasir putih yang membentang luas.

Disuguhkan dengan pemandangan tebing karang beserta sungai yang dilengkapi air terjun kecil,membuat pemandangannya terasa begitu spesial. Saat Anda mengunjunginya, maka akan merasa enggan untuk beranjak. Bagaimana tidak, di Pantai Ngandul terdapat celah seperti teluk sehingga air laut akan menjorok menuju daratan. Pantai ini sangat cocok dijadikan spot foto yang kekinian.

Lokasi: Krajan Wetan, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar

Image Credit: Instagram.com @aditjangkung

Identik dengan ombaknya yang besar membuat Anda tidak diperbolehkan berenang di Pantai Klayar. Namun Anda tak perlu merasa khawatir, karena masih terdapat daya tarik lainnya dengan pesona yang memukau. Semburan air dan gulungan ombak yang tak biasa menjadikan keunikan yang tidak dimiliki oleh semua pantai di Kota Pacitan.

Karena derasnya gulungan ombak yang masuk melalui sela sela karang mengakibatkan terjadinya semburan air itu. Toilet, mushola, warung makanan dan minuman, area parkir, gazebo dan penginapan merupakan fasilitas Pantai Klayar memadai bagi para pengunjung. Anda juga akan dimanjakan dengan fenomena alam yang unik, yaitu atraksi air mancur dengan tinggi mencapai 10 meter.

Lokasi: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

3. Pantai Pangasan

Pantai Pangasan

Image Credit: Instagram.com @ryansaf99

Mengunjungi Kota Pacitan rasanya tidak lengkap jika Anda belum mengunjungi Pantai Pangasan. Pemandangan alamnya yang mengesankan dilengkapi dengan deburan air berwarna biru jernih menjadi salah satu alasannya. Untuk sampai ke pantai ini cukup sulit dikarenakan belum tersedianya jalanan yang memadai.

Namun keberadaan batu karang yang tinggi menjulang menjadikannya salah satu pantai di Pacitan dengan monumen laut yang menakjubkan. Kealamian lingkungan sekitar pantai tetap terjaga karena lokasinya yang tersembunyi. Laut lepasnya dibatasi oleh perbukitan hijau yang indah nan elok. Anda juga akan merasakan suasana yang nyaman karena banyaknya pohon rindang di sekitarnya.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba

Saat melihat ke sisi timur pantai, akan terlihat tebing yang lain dan tak kalah memukau dibandingkan sebelumnya. Jika berpindah ke lain arah akan nampak muara yang menjadi pembatas antara 2 pantai. Aktivitas yang dapat dilakukan pun juga beragam, bahkan Anda bisa berkemah dan menyalakan api unggun sembari menikmati pemandangan Pantai Pangasan.

Lokasi: Kalipelus, Krajan, Ketro, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan.

4. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Image Credit: Twitter.com @wahyushant

Pantai Buyutan terletak di Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pemandangan yang disuguhkan sangat eksotis dengan diiringi hembusan angin yang kencang. Daya tarik yang berada di pantai ini meliputi bebatuan karang yang kokoh, air berwarna biru jernih dan hamparan pasir putih yang luas.

Derasnya gelombang Laut Selatan dapat dihadang dengan bebatuan karang yang menampilkan sensasi pemandangan menyegarkan. Anda akan dikejutkan dengan fenomena unik di Pantai Buyutan. Fenomena tersebut karena kehadiran beberapa karang dengan bentuk bentuk unik seperti perahu, mahkota dewa dan masih banyak lagi.

Sebagai bentuk untuk menikmati eksotisnya pantai yang satu ini, Anda dapat berjemur, berenang, dan bertemu kera berekor panjang. Tak cukup sampai disitu, dapat ditemukan air terjun mini di sisi timur Pantai Buyutan. Pemandangan yang mengesankan itu dapat dijumpai dengan melewati tracking tebing yang cukup memacu adrenalin.

Lokasi: Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

5. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria

Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Banyaknya wisatawan yang datang terutama saat akhir pekan, tentunya membuat pantai ini cukup populer bagi warga lokal atau pendatang. Untuk memanjakan pengunjung, pantai Teleng Ria menghadirkan banyaknya wahana wisata. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat Anda dapat bermain pasir, berenang, berselancar, melakukan olahraga pantai bahkan bersepeda.

Saat Anda menginjakkan kaki di Pantai Teleng Ria, Anda akan merasa enggan untuk beranjak. Latar belakang pemandangan yang indah dan dikelilingi oleh rangkaian Gunung Limo tentu cukup menjadi alasannya. Fasilitas yang disediakan membuat pengunjung merasa nyaman meskipun harus berlama lama berada disini. Fasilitasnya berupa penginapan mewah, fasilitas resort dan masih banyak lagi.

Lokasi: Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

6. Pantai Srau

Pantai Srau

Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Jika Anda ingin menikmati sunrise dan sunset yang mengasyikkan maka Pantai Srau menjadi pilihan yang sangat tepat. Memiliki 3 bagian pantai membuat siapa saja yang berkunjung merasa ingin menjelajahinya. Tiga bagian itu terdiri dari bagian barat untuk matahari terbenam, bagian timur untuk melihat matahari terbit.

Dan bagian tengah untuk menikmati pemandangan Laut Selatan yang memukau. Hadirnya pesona yang alami tercipta karena pantai ini memiliki lokasi yang tersembunyi. Dengan air kebiruan dan pesona karang di tengah lautan membuat Pantai Srau nampak eksotis. Daya tarik lainnya adalah pantai dengan pasir putih dan air jernih yang berwarna kebiruan.

BACA JUGA:  10 Mall di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Candi Pringkuku, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

7. Pantai Taman Ngadirojo

Pantai Taman Ngadirojo

Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

Hal lumrah yang dapat dilakukan saat mengunjungi pantai pada umumnya adalah berenang, berselancar, snorkeling dan sejenisnya. Namun di Pantai Taman Ngadirojo Anda ditantang oleh sensasi yang berbeda. Sensasi berbeda itu adalah ber-flying fox di ketinggian 74 meter dengan kecepatan meluncur hingga 50km/jam.

Pantai Taman Ngadirojo cocok untuk menjadi tujuan wisata bahari Anda. Dengan hamparan pasir putih yang luas ditambah dengan keberadaan konservasi penyu tentu menambah daya pikat tersendiri. Dengan beragam jenis penyu yang ada, menjadikan liburan akan menarik dan menambah pengetahuan.

Fasilitas yang ditawarkan pun akan membuat Anda merasa betah ditambah dengan hadirnya ayunan di tengah pantai. Foto instagramablepun bisa didapatkan dengan mudah. Rimbunnya pepohonan dengan lingkungan pantai yang indah dan bersih menjadi alasan banyaknya pengunjung Pantai Taman Ngadirojo.

Lokasi: Hadiwarno, Ngadirojo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

8. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Image Credit: Instagram.com @dolansolo

Pantai Banyu Tibo menawarkan banyak pemandangan indah yang siap untuk memanjakan Anda. Air terjun yang berada di pantai ini menjadi main attraction, meskipun dengan bibir pantai yang tidak terlalu panjang. Kawasan ini menyajikan pemandangan sungai yang indah. Menampilkan air yang jernih dengan nuansa pedesaan, membuat wisatawan tidak akan menyesal telah berkunjung.

Suasana yang sejuk, ombak air yang tenang dan hamparan pasirnya membuat keindahan Pantai Banyu Tibo semakin lengkap. Pasir pantai ini berwarna kecoklatan yang menjadikannya berbeda dengan kebanyakan pasir pantai di Kota Pacitan. Eksotisme pantai bertambah dengan pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

9. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong, Pacitan

Image Credit: Twitter.com @chandraandrey

Batu bolongnya Pacitan menjadi nama lain dari Pantai Karang Bolong. Panorama alam yang memukau ditambah dengan karang berongga besar di bawahnya, menjadikan pantai ini sebagai pilihan wisata bahari bagi banyak orang. Anda dapat menikmati momen sunset ditemani dengan air terjun yang unik.

Karang bolong dan air terjun tentunya bukan satu satunya pesona yang ditawarkan oleh pantai ini. Keindahan panorama pantai meliputi banyaknya pepohonan rimbun, ombak yang tenang, suasana sejuk dan air jernihnya yang akan menyegarkan mata wisatawan. Area sabana yang tersedia dapat dijadikan area parkir dan lahan camping bersama kerabat atau keluarga.

Lokasi: Karang Bolong, Kec. Donorejo , Kab. Pacitan.

10. Pantai Seruni

Pantai Seruni

Image Credit: Ksmtour.com

Bukit yang berada di dekat bibir pantai menjadi daya tarik bagi Pantai Seruni. Saat ombak menerjang maka akan menghantam bukit tersebut. Pesonanya yang indah dan percikan air akan menyegarkan mata yang memandang. Karena termasuk dalam wisata yang tersembunyi, membuat pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Panorama yang dimilikinya masih sangat alami. Dengan sentuhan ombak khas Laut Selatan, pasir putih dan bebatuan karang hitam membuat Pantai Seruni cocok sebagai tempat pelarian dari hiruk pikuk padatnya kota. Untuk menemani waktu liburan Anda di pantai ini, telah disediakan beberapa fasilitas, antara lain area parkir, kamar mandi dan tempat beristirahat.

BACA JUGA:  Pantai Boom, Tempat Nongkrong Hits Kawula Muda di Banyuwangi

Lokasi: Kalak, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

11. Pantai Pancer Door

Pantai Pancer Door

Image Credit: Instagram.com @edit.studio_

Menyediakan beberapa opsi ombak membuat pantai yang satu ini menjadi salah satu destinasi surfing populer di Kota Pacitan. Tak hanya unggul dalam surfingnya, Pantai Pancer Door menyajikan pemandangan dengan potensi alam yang mengesankan. Air yang berwarna biru dengan gradasi kehijauan ditambah dengan pemandangan alam sekitar membuat Anda akan betah berada di sana.

Lokasi: Baleharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan.

12. Pantai Langitan

Pantai Langitan

Image Credit: Twitter.com @idbcpr

Saat berada di Pantai Langitan akan merasakan atmosfer alaminya yang begitu kental. Dengan panorama pantai yang menyerupai teluk kecil dan menjorok ke dalam, pasir putih serta banyak dihiasi batu karang akan membuat Anda terpukau ketika mengunjunginya. Pantai Langitan menyajikan sensasi petualangan yang berbeda karena untuk bisa sampai pantai harus menuruni bukit yang terjal.

Fasilitas yang disediakan memang belum memadai, namun hal itu tak mengurangi pesonanya. Pada area sekitar pantai terdapat perbukitan, ketika malas untuk turun ke pantai secara langsung maka keberadaan bukit ini dapat membantu menampilkan pemandangan keindahan Pantai Langitan.

Lokasi: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan.

13. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh

Image Credit: Twitter.com @dolandolencom

Membutuhkan perjalanan yang cukup sulit tentu tidak akan menghalangi niat siapapun untuk berkunjung ke Pantai Kali Uluh. Bagaimana tidak, saat sampai pada kawasan ini disuguhkan oleh hamparan pasir putih yang luas dengan pepohonan yang sangat rindang dipadukan dengan air laut biru yang jernih.

Saat berada di pantai ini, banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Berkemah, bermain pasir, bermain bola voli dan berfoto menjadi pilihan aktivitas yang tepat. Kealamian dan kedamaian pantai ini terjaga dengan baik karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya.

Lokasi: Klesem, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan.

14. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale

Image Credit: Facebook.com @tintin.moerni

Tanpa dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang luas, Pantai Watu Bale memiliki daya tarik sendiri. Di pantai ini aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah menikmati deburan ombak dahsyat yang menabrak batu karang Laut Selatan. Percikan air yang dihasilkan sangat kencang sehingga menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan sensasi mendebarkan.

Lokasi: Jl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Kec. Tulakan, Kab. Pacitan.

15. Pantai Pikatan

Pantai Pikatan

Image Credit: Facebook.com @eira.arie

Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan dengan cara yang berbeda. caranya adalah harus mendaki tebing yang memacu adrenali setiap orang. Airnya yang berwarna biru dengan gradasi tosca dan dikelilingi tebing membuat pesonanya memiliki nilai tersendiri. Meskipun tidak memiliki pasir putih, namun suasana dan sensasi yang ditawarkan membuat Anda wajib mengunjunginya.

Lokasi: Desa Kalipelus, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan.

Itulah beberapa wisata pantai di Pacitan yang populer. Deretan wisata bahari di atas dapat menjadi pelengkap rencana liburan Anda. Tentunya wisata pantai dapat membuat lelah dan penat akibat aktivitas sehari hari akan hilang begitu saja. Namun perencanaan dan persiapan Anda harus matang terutama terkait transportasi dan perbekalan.